Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 33
Like Tree1Likes

Thread: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,244
    Rep Power
    0

    Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Jakarta Kepemilikan senjata api di kalangan pengusaha dan politisi tidak terlepas dari murahnya tarif izin di kepolisian. Berapa biayanya? Ini dia daftarnya.

    Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menerangkan, aturan izin senjata api tercantum dalam UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian. Sementara untuk biaya pengurusan izin diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kepolisian negara Republik Indonesia.

    Sejak awal tahun 2012, Polri mencatat ada sekitar 18.030 izin kepemilikan senjata api pada warga sipil. Hal itu wajar saja, mengingat tarif permohonan izinnya pun tidak terlalu mahal, berkisar di angka Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta.

    Berikut tarif resmi izin senjata api berdasarkan PP no 50 tahun 2010:

    1. Untuk Olah Raga
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 50.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)

    b. Izin Penggunaan untuk Olah Raga
    1) Tembak Reaksi (Rp 50.000 per surat izin)
    2) Target (Rp 50.000 per surat izin)
    3) Berburu (Rp 100.000 per surat izin)

    2. Untuk Koleksi
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 150.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)
    b. Izin Menyimpan (Rp 50.000 per izin)

    3. Untuk Bela Diri
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 150.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)
    b. Izin Penggunaan (Rp 1.000.000 per izin)


    http://news.detik.com/read/2012/05/...i-dia-tarifnya
    ----------------------------------------


    beli ah...
    lumayan buat nembmakin nyamuk di rumah.................

  2. #2
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,646
    Rep Power
    6

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    ndak mahal mahal amat ya, pantas banyak yang punya, hehe..

    btw maksudnya per buku itu gimana ya...?

  3. #3
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,696
    Rep Power
    7

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Quote Originally Posted by priyatin View Post
    Jakarta Kepemilikan senjata api di kalangan pengusaha dan politisi tidak terlepas dari murahnya tarif izin di kepolisian. Berapa biayanya? Ini dia daftarnya.

    Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menerangkan, aturan izin senjata api tercantum dalam UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian. Sementara untuk biaya pengurusan izin diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kepolisian negara Republik Indonesia.

    Sejak awal tahun 2012, Polri mencatat ada sekitar 18.030 izin kepemilikan senjata api pada warga sipil. Hal itu wajar saja, mengingat tarif permohonan izinnya pun tidak terlalu mahal, berkisar di angka Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta.

    Berikut tarif resmi izin senjata api berdasarkan PP no 50 tahun 2010:

    1. Untuk Olah Raga
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 50.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)

    b. Izin Penggunaan untuk Olah Raga
    1) Tembak Reaksi (Rp 50.000 per surat izin)
    2) Target (Rp 50.000 per surat izin)
    3) Berburu (Rp 100.000 per surat izin)

    2. Untuk Koleksi
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 150.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)
    b. Izin Menyimpan (Rp 50.000 per izin)

    3. Untuk Bela Diri
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 150.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)
    b. Izin Penggunaan (Rp 1.000.000 per izin)


    http://news.detik.com/read/2012/05/...i-dia-tarifnya
    ----------------------------------------


    beli ah...
    lumayan buat nembmakin nyamuk di rumah.................
    ternyata syaratnya mudah ya...asal yg punya duit gampang tuh dapetin senpi...he he he

  4. #4
    Member ariss's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    565
    Rep Power
    0

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    murah amat???pantes bnyak yang punya para penjaht skrng....jdi pengn izin juga nehc,,buat jaga2 dri..

    SehatQue

  5. #5
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,837
    Rep Power
    17

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Quote Originally Posted by priyatin View Post
    Jakarta Kepemilikan senjata api di kalangan pengusaha dan politisi tidak terlepas dari murahnya tarif izin di kepolisian. Berapa biayanya? Ini dia daftarnya.

    Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menerangkan, aturan izin senjata api tercantum dalam UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian. Sementara untuk biaya pengurusan izin diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kepolisian negara Republik Indonesia.

    Sejak awal tahun 2012, Polri mencatat ada sekitar 18.030 izin kepemilikan senjata api pada warga sipil. Hal itu wajar saja, mengingat tarif permohonan izinnya pun tidak terlalu mahal, berkisar di angka Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta.

    Berikut tarif resmi izin senjata api berdasarkan PP no 50 tahun 2010:

    1. Untuk Olah Raga
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 50.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)

    b. Izin Penggunaan untuk Olah Raga
    1) Tembak Reaksi (Rp 50.000 per surat izin)
    2) Target (Rp 50.000 per surat izin)
    3) Berburu (Rp 100.000 per surat izin)

    2. Untuk Koleksi
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 150.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)
    b. Izin Menyimpan (Rp 50.000 per izin)

    3. Untuk Bela Diri
    a. Buku Pas
    1) Buku Pas Baru (Rp 150.000 per buku)
    2) Buku Pas Pembaruan (Rp 25.000 per buku)
    b. Izin Penggunaan (Rp 1.000.000 per izin)


    http://news.detik.com/read/2012/05/...i-dia-tarifnya
    ----------------------------------------


    beli ah...
    lumayan buat nembmakin nyamuk di rumah.................
    Ohhh...Rupanya para sipil bisa mempunyai senjata api (Gun)...Wow...Syarat2nya sangat mudah sekali untuk mendapatkan izin mempunyai senjata...Nice...=)

    Regards...

  6. #6
    Junior Member FirdaCutez's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    jakarta
    Posts
    325
    Rep Power
    0

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    ngurusnya dimana sih? klo harganya segitu masih sangat terjangkau...

  7. #7
    Contributor paswa's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    4,789
    Rep Power
    14

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Kalau murah begini bisa bikin rental senjati neh....kan konsumennya udah banyak yang dar der dor

    Peraturan ini harus lebih tegas dan harus mahal karena nyawa manusia taruhannya, kalau perturan ini mudah dan murah sama saja nyawa manusia dihargai murah dan mudah untuk dicabut??????

  8. #8
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,435
    Rep Power
    35

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Kembali ke jaman Koboi yee haaaa

  9. #9
    Junior Member nohmenshow's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Indonesia
    Posts
    183
    Rep Power
    6

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Quote Originally Posted by Cicilia, FL, + ND, USA View Post
    Ohhh...Rupanya para sipil bisa mempunyai senjata api (Gun)...Wow...Syarat2nya sangat mudah sekali untuk mendapatkan izin mempunyai senjata...Nice...=)

    Regards...
    share jg dong disana ijinnya gimana

  10. #10
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,696
    Rep Power
    7

    Re: Mau Memiliki Izin Senjata Api? Ini Dia Tarifnya

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    Kembali ke jaman Koboi yee haaaa
    sekalian main serang-serangan naik kuda, antar gw ngumpet di benteng sambil nyelametin raja...he he he...main catur kali...

Page 1 of 4 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0