Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Ketapang-kayong bertuah...


  1. #1
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Ketapang-kayong bertuah...

    ketapang adalah kabupaten yang berada di bagian selatan kalimantan barat, dengan karakter geografis paduan antara pantai dan daratan/pedalaman, memiliki banyak potensi alam baik hutan dan tambang. ketapang sempat menjadi selebrity tatkala kasus illegal logging mencuat ke kancah nasional dan menjadi berita di berbagai media nasional dengan ditangkapnya kapolres ketapang dan kepala dinas kehutanan kab.ketapang serta sejumlah oknum serta cukong yang diduga terkait praktek illegal logging di kabupaten ketapang.
    potensi alam yang melimpah membuat banyak investor tertarik untuk berinvestasi di ketapang, misalnya perkebunan sawit dan tambang emas serta bauksit.
    saat ini kabupaten ketapang merupakan wilayah dengan investasi perkebunan sawit serta penghasil cpo terbesar di kalimantan barat.
    perkembangan pembangunan juga sangat cepat dan terasa jika dibandingkan dengan kabupaten lain di kalbar. ketapangmerupakan satu-satunya kabupaten di kalbar yang memiliki hotel bertaraf internasional sekelas bintang 4, yaitu hotel Aston Internasional.
    ale-ale dan amplang adalah icon ketapang yang dikenal secara meluas di kalangan masyarakat kalbar. ingat ketapang pasti ingat ale-ale (sejenis kerang laut).
    mantan Wapres Hamzah Haz adalah putera ketapang yang lahir di kampung sampit kota Ketapang, begitu pula mantan wakil ketua MPR dan pengusaha nasional Oesman Sapta adalah putera ketapang (sukadana, sekarang Kabupaten Kayong Utara).
    namun, kemajuan dan kebanggaan terhadap kabuaten ketapang tanah kayong bertuah bukanlah tidak menyimpan berbagai persoalan. kondisi keterbatasan infrastuktur terutama jalan, listrik dan air bersih masih merupakan persoalan yang dihadapai ketapang.
    jalan-jalan yang menghubungkan kota ketapang dengan kecamatan-kecamatan se kabupaten hampir sebagian besar masih berupa jalan tanah yang kondisinya sangat memprihatinkan terutama pada musim hujan. jalan aspal dengan kondisi yang relatif baik umumnya berada diwilayah pantai.
    Berbagai persolan persoalan pembangunan, yang salahsatunya keterbatasan infrastruktur inilah yang perlu kita diskusikan untuk dicari jalan keluarnya bagi kemajuan dan perkembangan kabupaten ketapang yang kita cintai.
    ide, saran, masukan dan informasi tentang kabupaten ketapang dan untuk kemajuan kabupaten ketapang sangat diharapkan di forum ini.

  2. #2
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Lightbulb Re: Ketapang-kayong bertuah...

    Sekilas Kabupaten Ketapang


    Sejarah


    Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, sejak tahun 1936 Kabupaten Ketapang adalah salah satu daerah Afdeling yang merupakan bagian dari Keresidenan Kalimantan Barat (Residentis Western Afdeling van Borneo) dengan pusat pemerintahannya di Pontianak. Kabupaten Ketapang ketika
    itu dibagi menjadi tiga Onder Afdeling, yaitu:
    1. Onder Afdeling Sukadana, berkedudukan di Sukadana
    2. Onder Afdeling Matan Hilir, berkedudukan di Ketapang
    3. Onder Afdeling Matan Hulu, berkedudukan di Nanga Tayap
    Masing-masing Onder Afdeling dipimpin oleh seorang Wedana.
    Tiap-tiap Onderafdeling dibagi lagi menjadi Onder Distrik, yaitu:

    1. Onder Afdeling Sukadana terdiri dari Onder Distrik Sukadana, Simpang Hilir dan Simpang Hulu
    2. Onder Afdeling Matan Hilir terdiri dari Onder Distrik Matan Hilir dan Kendawangan
    3. Onder Afdeling Matan Hulu terdiri dari Onder Distrik Sandai, Nanga Tayap, Tumbang Titi dan Marau
      Masing-masing Onder Distrik dipimpin oleh seorang Asisten Wedana.
    Afdeling Ketapang terdiri atas tiga kerajaan, yaitu:

    1. Kerajaan Matan, yang membawahi Onder Afdeling Matan Hilir dan Matan Hulu
    2. Kerajaan Sukadana, yang membawahi Onder Distrik Sukadana
    3. Kerajaan Simpang, yang membawahi Onder Distrik Simpang Hilir dan Simpang Hulu
    Masing-masing kerajaan dipimpin oleh seorang Panembahan. Sampai tahun 1942, kerajaan Matan dipimpin oleh Gusti Muhammad Saunan, kerajaan Sukadana dipimpin oleh Tengku Betung dan kerajaan Simpang dipimpin oleh Gusti Mesir
    Masa Pendudukan Jepang. Masa pemerintahan Hindia Belanda berakhir dengan datangnya bala tentara Jepang pada tahun 1942. Dalam masa pendudukan tentara Jepang, Kabupaten Ketapang masih tetap dalam status Afdeling, hanya saja pimpinan langsung diambil alih oleh Jepang.
    Masa Pendudukan NICA. Pemerintahan pendudukan Jepang yang berakhir kekuasaannya pada tahun 1945 diganti oleh Pemerintahan Tentara Belanda (NICA). Pada masa ini bentuk pemerintahan yang ada sebelumnya masih diteruskan. Kabupaten Ketapang berstatus Afdeling yang disempurnakan dengan Stard Blood 1948 no. 58 dengan pengakuan adanya Pemerintahan Swapraja. Pada waktu itu Kabupaten Ketapng terbagi menjadi tiga pemerintahan swapraja, yaitu Sukadana, Simpang dan Matan. Kemudian semua daerah swapraja yang ada digabungkan menjadi sebuah Federasi.
    Pembentukan Kabupaten Sintang. Undang-undang nomor 25 tahun 1956 menetapkan status Kabupaten Ketapang sebagian bagian Daerah Otonom Propinsi Kalimantan Barat yang dipimpin oleh seorang Bupati.
    GEOGRAFI
    Kabupaten Ketapang merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Propinsi Kalimantan Barat, terletak di antara garis 0º 19’00” - 3º 05’ 00” Lintang Selatan dan 108º 42’ 00” - 111º 16’ 00” Bujur Timur.
    Dibandingkan Kabupaten lain di Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten terluas, memiliki pantai yang memanjang dari selatan ke utara dan sebagian pantai, yang merupakan muara sungai, berupa rawa - rawa terbentang mulai dari Kecamatan Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, dan Kendawangan, Sedangkan daerah hulu umumnya berupa daratan yang berbukit - bukit dan diantaranya masih merupakan hutan.
    Sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang adalah sungai Pawan yang menghubungkan Kota Ketapang dengan Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur serta merupakan urat nadi penghubung kegiatan ekonomi masyarakat dari desa dengan kecamatan dan kabupaten. Adapun batas-batas wilayah administrasi Kabupaten Ketapang adalah sebagai berikut:

    • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Sanggau.
    • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kabupaten Kayong Utara dan Selat Karimata.
    • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Laut Jawa.
    • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Sintang.
    Daerah Kabupaten ketapang mempunyai luas wilayah 35.809 Km² (± 3.580.900 Ha) yang terdiri dari 33.209 Km² wilayah daratan dan 2.600 Km² wilayah perairan serta memiliki 20 Kecamatan yaitu Kecamatan Matan Hilir Utara, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kecamatan Kendawangan, Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Marau, Kecamatan Manis Mata, Kecamatan Jelai Hulu, Kecamatan Sandai, Kecamatan Nanga Tayap, Kecamatan Sei Laur Kecamatan Simpang Hulu, Kecamatan Simpang Dua, Kecamatan Hulu Sungai, Kecamatan Air Upas, Kecamatan Singkup, Kecamatan Sungai Melayu Rayak dan Kecamatan Pemahan.

    Topografi
    Daerah pantai memanjang dari utara ke selatan dan daerah aliran sungai merupakan dataran berawa-rawa, yakni mulai dari kecamatan Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, dan Kendawangan. Sedangkan wilayah perhuluan umumnya berupa daerah berbukit-bukit. Sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang adalah sungai Pawan. Juga terdapat sungai-sungai besar lainnya, yakni sungai Merawan/Matan, Kualan, Pesaguan, Kendawangan dan Jelai.
    Geologi
    Jenis tanah yang terdapat di Kabupaten Ketapang berupa tanah podsolik merah kuning, litosol/regosol, latosol, andosol dan organosal. Tanah podsolik merah kuning terdapat di daerah hulu bagian tengah, memanjang dari utara ke selatan, meliputi kecamatan Tumbang Titi, Jelai Hulu, Marau, Simpang Hulu, sandau, Nanga Tayap, Sungai Laur dan sebagian kecamatan Manis Mata. Tanah litosol/rigosol terdapat di daerah hulu agak ke timur, sebagian besar terdapat di kecamatan Sungai Laur, Simpang Hulu, Sandai dan Nanga Tayap. Tanah latosol terdapat di kecamatan Sandai dan Sungai Laur. Jenis tanah andosol hanya terdapat di kecamatan Sandai bagian timur. Tanah organosal sebagian besar terdapat di daerah pantai, memanjang dari utara ke selatan, yaitu di kecamatan Simpang Hilir, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Kendawangan dan Manis Mata.
    I k l i m
    Kabupaten Ketapang ber iklim tropis dengan suhu rata - rata 23,70° C - 26,70° C dan suhu pada siang hari mencapai 30,80° C serta memiliki curah hujan rata - rata 3696,1 mm / th dengan curah hujan rata - rata per tahun sebanyak 214 kali, sedangkan kecepatan angin adalah 3,1 knot dan merupakan yang tertinggi di Kalimantan Barat.


  3. #3
    Contributor rienta's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    3,735
    Rep Power
    11

    Re: Ketapang-kayong bertuah...

    wah.....keren...
    saya lahir di ketapang...tapi sekarang tinggal di depok....
    thanks buat infonya...jadi sedikit tau sejarahnya ketapang....

  4. #4
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Re: Ketapang-kayong bertuah...

    Quote Originally Posted by rienta View Post
    wah.....keren...
    saya lahir di ketapang...tapi sekarang tinggal di depok....
    thanks buat infonya...jadi sedikit tau sejarahnya ketapang....
    hello oom rienta..senang akhirnya ada jg yang gabung..he.e.e..gmn nih critanya sampe kenal ketapang..asli ketapang atau cuman stay aja di ketapang??

  5. #5
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Re: Ketapang-kayong bertuah...

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    tau ketapang cuam waktu belajar ilmu bumi dan peta buta dulu waktu di SD
    wuakakakk...skali2 maen kesini oom...dijamin deh..bakalan susah balik lagi....jadi aku ada pantun nih oom..gini bunyinya :

    ..anak cicak hinggap di gayung
    entah berkaki entah tidak
    sekali terinjak ke tanah kayong
    entah kembali entah lah tidak...

    gimana oom??

  6. #6
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Peta Ketapang

    teman-teman yang ingin tau lebih jauh tentang ketapang, berikut saya tampilkan petanya :
    Ketapang-kayong bertuah...-ketapang-peta.jpg

  7. #7
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Re: Ketapang-kayong bertuah...

    Ketapang-kayong bertuah...-org-utan.jpg

    "orang utan"..salah satu spesies langka khas kalimantan yang dilindungi oleh negara

  8. #8
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Ketapang musim durian

    Ketapang-kayong bertuah...-durian.jpg

    ketapang sekarang sedang musim durian, manis harum dan lunak buahnya..kebanyakan berasal dari durian lokal sukadana.
    kisaran harga? dari 5000rp - 20.000rp...ada yang mau??
    nanya doank seehh...

  9. #9
    Newbie -debbu-'s Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    cibiru, bandung
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Re: Ketapang-kayong bertuah...

    Ketapang tuh sejenis durian ya...

  10. #10
    Junior Member alexandw's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    **undetect**
    Posts
    445
    Rep Power
    7

    Re: Ketapang-kayong bertuah...

    Objek wisata alam Pulau Maya Karimata terletak di Kec. Pulau Maya Karimata, Kab. Ketapang(sekarang kabupaten kayong utara/KKU)

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0