Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Diesel Engine


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Diesel Engine

    SEJARAH MESIN DIESEL

    Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).
    Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

    PRINSIP KERJA MESIN DIESEL

    Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa ke ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat.

    Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung pengeluaran crankshaft.

    Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger meningkatkan efisiensi.

    Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.

    Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.

    Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.

    KONFIGURASI MESIN DIESEL

    Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak mesin diesel besar beroperasi dalam dua-stroke cycle. Mesin yang lebih kecil biasanya menggunakan empat-stroke cycle.
    Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.

    KELEBIHAN & KEKURANGAN MESIN DIESEL
    Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.

    Kekurangannya hanya terletak suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat utk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo ato Supercharger

    Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit.

    TEKNOLOGI DIESEL COMMON RAIL ( DIESEL MODERN )

    Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan common rail, mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil premium seperti Jaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan mesin diesel dengan teknologi terbaru tersebut.

    Sebagai contoh, Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal.

    Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya dengan mesin diesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah, seperti Kijang Innova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail kesulitan mendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsennya.

    Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina, makin sulit diperoleh. Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak lain. Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah harga bensin terbaik.

    Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka akan kembali mendapatkan nilai ekonomisnya dibandingkan mobil bermesin bensin.

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Diesel Engine

    DIESEL VS BENSIN

    Sebelum mendalami common rail, kita bahas dulu tentang mesin yang digunakan secara umum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak. Untuk ini, hanya ada dua jenis, yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya solar.

    Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression ignition) atau mesin dengan penyalaan kompresi. Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition), mesin dengan penyalaan bunga api (busi).

    Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang dimampatkan atau dikompresi di dalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara menjadi sangat tinggi. Begitu juga suhunya, mencapai titik bakar solar. Karena itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu, langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaan atau percikan bunga api.

    Untuk mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi. Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 - 12 : 1. Perbandingan kompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi perbandingan kompresi, lebih efisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan kompresi tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus juga mempertimbangkan sifat dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan

    DIESEL COMMON RAIL VS DIESEL KONVENSIONAL

    Perbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan konvensional adalah cara memasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada antara pompa injeksi dan injektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa injeksi atau mekanik awam menyebutnya Bosch pump dan injektor.



    Skema sistem bahan bakar Diesel Konvensional



    Skema bahan bakar Diesel Common Rail

    Cara kerja common rail layaknya seperti konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan satu wadah atau rel yang sama dari Pompa Injector. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi bensin. Sedangkan mesin diesel konvensional, setiap injektor memiliki pasokan solar sendiri-sendiri langsung dari pompa injeksi. (perhatikan skema)

    Tekanan bahan bakar dalam rel sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakan sekarang menjadi 26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji 25 bar dan CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkan tentu saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin makin efisien. That's Why mesin Diesel Common Rail Direct Injection macem Ford Ranger/Nissan Navara/Chevrolet Captiva VCDI lebih terlihat minim asap hitam ketimbang mesin Diesel Jadul

    Sesuai dengan perkembangan mesin Diesel, Para ahli mngembangkan sistem yang paling mutakhir pada mesin Diesel yakni yang dikenal dengan CRDI (Common Rail Direct Injection) teknologi ini telah digunakan oleh Chevrolet Captiva Diesel CRDI/VCDI dengan kapasitas mesin 2000cc 16 katup segaris memuntahkan tenaga 150 Daya Kuda pada kitiran 4000 Rpm dengan torsi max 320 Nm pada kitiran 2000 Rpm Wow! fantastis! tenaga besar namun efisien.


    Bandingkan dengan versi mesin bensinnya 2400cc segaris 16 katup yg memuntahkan tenaga 142 Daya Kuda pada kitiran 5,200rpm and a torsi maksimum 220Nm pada putaran 4,000rpm.

    Sumber
    http://otomotif.kompas..com-wikipedi...Pub.com-Diesel World-www.hangtuah.com[/QUOTE]

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Diesel Engine

    maspras:
    ada bagian yang dihilangkan karena termasuk iklan.



    Tips Menghemat Solar paling ampuh...

    1. klw bener-bener ingin mengurangin global warming jgn pke mobil klw kemana-mana..... :Peace:

    2. kaki kanannya mesti di sekolahin, trik ini umum bagi setiap mobil baik bensin dan diesel.

    3. lihat karakter diesel, untuk berakselerasi diesel tdk bisa kya bensn yang tinggal d gas pol. klw ini di lakukan, mobil akan kebul yang artinya bnyk solar yg kebuang,boros dan justru tdk bisa lari. jadi driver harus menekan gas secara berurut atw d ayun, dgn patokan asap d blkng, klw sudah biasa sya jamin bisa lebih irit dan kencang dan tdk kebul.

    4. diesel umumnya punya powerband d RPM rendah sehingga jgn membuang-buang solar dgn menggeber d RPM tinggi, karena percuma...

    5. untuk diesel turbo sebisa mungkin gunakan jgn sampai turbonya nyala, karena itu memicu injektor menyemprotkan solar lebih bnyk.

    6. diesel memang unggul karena bisa lebih irit saat idle/diam d tempat macet d banding bensin, namun ada biknya saat menunggu d matikan sja mesinnya...

    7. manfaatkan engine brake, saat jalan menurun atw hendak berhenti.

    8. lakukan perawatan berkala, purging dll....


    Oia rajin2x deh yang namanya ganti filter solar, setiap 5000Km soalnya kalo gak kotoran lumpur bisa masuk ke injektor, kalo udh gitu bisa berabe Boss!! nih kalo mau liat kotoran yang ngendap di Solar


    Nah kalo tanya bagaimana sebenarnya solar yang bagus?

    makin bening, bisa jadi indikasi kandungan sulphur lebih rendah
    selain biosolar, klw di kocok tidak menimbulkan busa(foaming)

    shell diesel


    petronas


    biosolar kiri dan DEX kanan


    Total performance diesel


    shell dan petronas bnyk yg bilang kualiatasnya mirip dgn solar biasa tapi di beri bnyk aditif untuk ningkatin kualitasnya.. akibatnya saat di beri aditif aftermarket lgi hampir tidak ada perbedaan..
    Last edited by maspras; 23-07-09 at 08:10 AM.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    15
    Rep Power
    0

    Re: Diesel Engine

    yg total kyk nya lebih bening ya

  5. #5
    Junior Member cointreau's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    021
    Posts
    409
    Rep Power
    7

    Re: Diesel Engine

    ada juga yang buat thread ini ikutan ah

    yang pasti DIESEL perawatanya lebih simple cuma ganti Filter & oli aj.kadang harus kalibrasi aj tapi itu jarang.

    Diesel Punya power yang besar, tapi ngak punya speed.. tapi itu bukan mslh, bener kata bro judiyuk bisa dipasang Turbo, kalau mobil harian bisa pakai turbo kecil, itu sudah cukup mendongkrak performa.mungkin kalau pernah lihat truk- truk roda 6 tapi yang kecil, pas lihat tapi ngebut itu jangan heran kenapa tuch truk bisa ngebut..

    yang pasti kenapa truk ngak pakai mesin bensin?. y mungkin bisa aj truk2 itu pakai bensin, tapi perawatannya pasti mahal.

    mending pake yang murah meriah aj

  6. #6
    Junior Member hendito's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Bintaro Jaya 3A
    Posts
    140
    Rep Power
    7

    Re: Diesel Engine

    busi cuman pematik aja, jadi jarang ganti busi

    yang penting saringan bahan bakar dicek, oli yang bagus, radiator

    btw .. warna solar kayak bensin ke jemur ya ...

    torsi gede, jadi bisa narik beban lebih besar dari mesin bensin ... pas ditanjakan terutama ... pelan tapi pasti ..

    palagi bentuk mobil diesel udah keren-keren sekarang ....


    I Love U Full Indonesia


  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    15
    Rep Power
    0

    Re: Diesel Engine

    kalau perawatan diesel commonrail lebih susah ga yah? yah secara garis besar dia udah pake ECU juga....

    oh ya kemaren nge test drive Ford Everest baru... yg velg 16" AT...
    tarikan awal nya asli... lemot bangeeeeeeeeeeet!!!
    tp gitu dah maen di rpm 2000an, turbo nya berasa banget... ngekorin Honda Jazz i-VTEC bukan masalah....sangar juga...

  8. #8
    Junior Member cointreau's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    021
    Posts
    409
    Rep Power
    7

    Re: Diesel Engine

    Quote Originally Posted by PHO3N1X View Post
    kalau perawatan diesel commonrail lebih susah ga yah? yah secara garis besar dia udah pake ECU juga....

    oh ya kemaren nge test drive Ford Everest baru... yg velg 16" AT...
    tarikan awal nya asli... lemot bangeeeeeeeeeeet!!!
    tp gitu dah maen di rpm 2000an, turbo nya berasa banget... ngekorin Honda Jazz i-VTEC bukan masalah....sangar juga...
    ngak juga Bro basis mesin masih tetap seperti yang lama, paling y itu ada perubahan di kelistrikan, DSB.

  9. #9
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,410
    Rep Power
    5

    Re: Diesel Engine

    menarik juga, menambah wawasan tentang diesel nich...

  10. #10
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    317
    Rep Power
    2

    Re: Diesel Engine

    woowww, panjang banget. ane bookmark dulu deh. baca nya nanti

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0