Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    May 2009
    Posts
    1,925
    Rep Power
    6

    Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Berapa kali ngisi Freon di tukang ac, hasilnya kurang maximal.

    Setelah ngubek2x di Google, akhirnya bisa disimpulkan cara mengisi Freon R12 yang benar.

    Sediakan alat
    1. manifold gauge (alat pembaca tekanan rendah dan tinggi)
    2. tabung Freon R12.


    Perhatikan langkah berikut.
    1. Pada Manifold Gauge, terdapat 3 selang. Warna kuning yang di tengah terhubung ke Tabung Freon, Warna Biru terhubung ke Low Pressure Pentil (Pentil yang dekat dengan selang ac yg dingin saat ac dinyalakan), dan selang terakhir berwarna merah terhubung ke High Pressure Pentil (selang yg menuju kondenser di bagian depan mobil, yg biasanya dekat dengan radiator dan juga didinginkan dengan kipas elektrik).
    2. Pastikan semua valve dalam keadaan tertutup, lalu hubungkan tiap selang ke portnya masing2x.
    3. Buka sedikit valve dari tabung, lalu longgarkan sedikit mur selang kuning yang menempel ke Manifold gauge. Tunggu sampai terdengar bunyi Hiss selama 4 detik. Tujuannya untuk membuang udara yang ada dalam selang kuning dan menggantinya dengan Freon.
    4. Tutup/rapatkan kembali mur pada selang kuning di manifold gauge tadi, dan tutup juga valve pada tabung freon.
    5. Nyalakan mesin dan ac pada setting fan yg paling cepat dan suhu yang paling rendah / dingin dalam keadaan jendela terbuka.
    6. Setel engine hingga running pada rpm 1100 sampai 1500.
    7. Buka ke 2 valve manifold (Low dan High) hingga terbaca penunjukkan.
    8. Idealnya, Tekanan rendah maximum 40 PSI, tekanan tinggi maximum 225 PSI.
    9. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.
    10. Tutup kembali semua valve, lalu buka sedikit valve tabung.
    11. Buka Valve Biru atau low pressure -disinilah proses pengisian froen berlangsung. Tunggu sesaat sampai penunjukkan akan naik dan terbaca 35 (hingga 40) PSI.
    12. Dengan mesin tetap menyala, tutup valve low press dan tutup valve tabung.
    13. Buka kembali ke 2 valve low and high. Step ini dalah prose pembacaan penunjukkan, jika high pressure belum mencapai 200 PSI, ulangi langkah 10.
    14. Begitu seterusnya sampai pembacaan maximal pada point 8.
    15. Jika terjadi ketidak sesuaian pembacaan antara Low and High, berarti ada sistem yang tdk bekerja sempurna, indikatornya bisa baca di:
    Adding Freon to Car AC - Gauge Readings Explained | Denlors Auto Blog


    NB. 1. Untuk tabung dengan isi Liquid freon, sebaiknya tabung direbahkan atau dibalik saat pengisian.
    2. Sebaiknya setelan suhu paling dingin (bisa diputar maximal dari thermostat yg dipasang dekang evaporator ac). Tujuannya agar saat proses pengisian berlangsung, ac tetap hidup terus, tdk mati karena terputus oleh Thermostat. Dan itu juga salah satu alasan kenapa Jendela atau pintu sebaiknya di buka.
    3. Pengisian sebaiknya dilakukan dengan bukaan valve tabung yg kecil saja, hingga freon yang masuk sedikit demi sedikit (bukan sekaligus).
    Tidak tahu persis alasannya, mungkin supaya Kompresor tdk mendadak bekerja berat akibat mendapat tekanan yang langsung besar.

    Semoga bermanfaat,
    jika ada masukan lain,
    boleh ditambahkan.

  2. #2
    Senior Member Fang's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    CX532
    Posts
    1,354
    Rep Power
    8

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    nambahin dikit ya om....

    Prinsip pendingin adalah:
    Kompresor - kondensor - (filter) + expansion valve - evaporator (radiator)
    Kompresor itu untuk mengkompresi gas, bukan liquid. Kalau liquid yg dikompresi, bakalan rusak itu kompresor.
    Jadi setelah evaporator menuju kompresor itu freon sdh berbentuk gas. Di evaporator inilah terjadi pemindahan panas. Panas diserap evaporator yg merubah liquid freon jadi gas, dan udara dingin masuk kedalam mobil.

    1. kalo ngisi freonnya setelah kondensor, tabung hrs dibalik karena yg masuk adalah liquid nya.
    2. kalo ngisinya sebelum kompresor, tabung hrs tegak dan pentil diatas karena yg dimasukkan adalah freon bentuk gas, untuk menjaga supaya kompresor tidak rusak.
    3. kalo soal pelan2 itu mungkin karena tabung freon masih baru, volume dan tekanan masih penuh jadi masuknya lebih cepat. Tapi ngisinya kan pake presure gauge, jadi gak masalah.


    Salam....

    ------------------------------------
    "FORGIVE EVERYONE EVERYTHING"

  3. #3
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,242
    Rep Power
    10

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by Fang View Post
    nambahin dikit ya om....

    Prinsip pendingin adalah:
    Kompresor - kondensor - (filter) + expansion valve - evaporator (radiator)
    Kompresor itu untuk mengkompresi gas, bukan liquid. Kalau liquid yg dikompresi, bakalan rusak itu kompresor.
    Jadi setelah evaporator menuju kompresor itu freon sdh berbentuk gas. Di evaporator inilah terjadi pemindahan panas. Panas diserap evaporator yg merubah liquid freon jadi gas, dan udara dingin masuk kedalam mobil.

    Salam....
    sedikit koreksi :

    Condensor <radiator/ext.unit>; Dryer<filter>; Evaporator<blower/internal unit>

    smua freon tersimpan dalam dryer, sekaligus sebagai filterisasi...kontrol freon berkurang/habispun ada di sini...cukup lihat ujudnya pada lingkaran kaca sebesar koin...jika AC sedang bekerja dan nampak bening pada kaca <bagus> tapi jika berbuih <berkurang/kurang bagus/tekanan rendah>
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    108
    Rep Power
    5

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    thanks for the info, selama ini gue jarang perhatiin kalo ganti...hehe

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    124
    Rep Power
    5

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by pedessambe View Post
    thanks for the info, selama ini gue jarang perhatiin kalo ganti...hehe
    hmmm yang kaya gini nih, macam orang yang bisa dikelabuhi...hati-hati boss

  6. #6
    Senior Member Fang's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    CX532
    Posts
    1,354
    Rep Power
    8

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    sedikit koreksi :

    Condensor <radiator/ext.unit>; Dryer<filter>; Evaporator<blower/internal unit>

    smua freon tersimpan dalam dryer, sekaligus sebagai filterisasi...kontrol freon berkurang/habispun ada di sini...cukup lihat ujudnya pada lingkaran kaca sebesar koin...jika AC sedang bekerja dan nampak bening pada kaca <bagus> tapi jika berbuih <berkurang/kurang bagus/tekanan rendah>
    trims koreksinya......

    dryer berfungsi sebagai pengering, yaitu gas yg mungkin bercampur dgn oli kompresor atau embun air dikeringkan di dryer. Dryer isinya Silica Gel yg mudah menyerap air. Jadi Dryer bukan menyimpan (menampung) semua freon. Secara logika aja dryer yg sebesar bola golf apa mampu menyimpan freon yg ada di system.

    Salam..

    ------------------------------------
    "FORGIVE EVERYONE EVERYTHING"

  7. #7
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,242
    Rep Power
    10

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by Fang View Post
    trims koreksinya......

    dryer berfungsi sebagai pengering, yaitu gas yg mungkin bercampur dgn oli kompresor atau embun air dikeringkan di dryer. Dryer isinya Silica Gel yg mudah menyerap air. Jadi Dryer bukan menyimpan (menampung) semua freon. Secara logika aja dryer yg sebesar bola golf apa mampu menyimpan freon yg ada di system.

    Salam..
    Sorry...sepertinya anda belum pernah melihat bentuk dryer??? terus terang saya agak bingung waktu anda bilang sebesar bola golf??? apakah dryer sudah mengalami penyusutan???
    jika tidak di tampung dalam dryer lalu di manakah freon di simpan...sebelum di kompress oleh compressor???

    ini bentuk dryer dari sejak adanya system AC mobil sampai dengan hari ini...
    mohon pencerahan jika ada yg sebesar bola golf...




    DRYER/FILTER:
    Saringan dikonstruksi berupa tabung silinder <bukan Bola Golf> yang di dalamnya terdapat sel silika yang menyerap uap air pada zat pendingin. Pada bagian atas saringan kebanyakan dilengkapi dengan kaca pengontrol untuk melihat zat pendingin yang beredar dalam sistem.Biasanya pada saringan dua buah saklar yang bekerja berdasarkan tekanan atau temperatur (saklar menghubung bila tekanan atau temperatur dalam saringan melebihi melebihi dari batas maksimal). Kadang-kadang saringan dilengkapi juga dengan tutup pengaman yang terbuat dari wood metal, tutup pengaman ini akan cair bila temperatur zat pendingin mencapai batas yang ditentukan.


    RECEIVER DRIER
    Receiver dryer berfungsi untuk menampung refrigerant cair. Receiver drier dilengkapi dengan filter, desiccant, sight glass dan fusible plug. Filter berfungsi membersihkan kotoran yang ada dalam refrigrant. Fungsi filter tersebut sangat penting sebab jika refrigerant kotor akan menyebabkan karat pada komponen-komponen pada sistem AC. Desiccant berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam lubang katup expansi dan evaporator. Kotoran yang membeku tersebut menghambat aliran refrigrant, fusible plug berfungsi sebagai alat sebagai alat pengaman . Jika kondensor rusak atau beban pendinginan berlebihan, maka tekanan aakan merusak komponen, dalam keadaan ini solderan khusus pada fusible plug meleleh sehingga refrigrant dapat keluar. Dengan demikian, komponen tidak rusak dan solderan khusus tersebuh meleleh pada suhu 95derajatC sampai dengan 100derajatC



    Last edited by OJO DUMEH; 13-10-09 at 05:12 PM.
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  8. #8
    Senior Member Fang's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    CX532
    Posts
    1,354
    Rep Power
    8

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    Sorry...sepertinya anda belum pernah melihat bentuk dryer??? terus terang saya agak bingung waktu anda bilang sebesar bola golf??? apakah dryer sudah mengalami penyusutan???
    jika tidak di tampung dalam dryer lalu di manakah freon di simpan...sebelum di kompress oleh compressor???

    ini bentuk dryer dari sejak adanya system AC mobil sampai dengan hari ini...
    mohon pencerahan jika ada yg sebesar bola golf...




    DRYER/FILTER:
    Saringan dikonstruksi berupa tabung silinder <bukan Bola Golf> yang di dalamnya terdapat sel silika yang menyerap uap air pada zat pendingin. Pada bagian atas saringan kebanyakan dilengkapi dengan kaca pengontrol untuk melihat zat pendingin yang beredar dalam sistem.Biasanya pada saringan dua buah saklar yang bekerja berdasarkan tekanan atau temperatur (saklar menghubung bila tekanan atau temperatur dalam saringan melebihi melebihi dari batas maksimal). Kadang-kadang saringan dilengkapi juga dengan tutup pengaman yang terbuat dari wood metal, tutup pengaman ini akan cair bila temperatur zat pendingin mencapai batas yang ditentukan.


    RECEIVER DRIER
    Receiver dryer berfungsi untuk menampung refrigerant cair. Receiver drier dilengkapi dengan filter, desiccant, sight glass dan fusible plug. Filter berfungsi membersihkan kotoran yang ada dalam refrigrant. Fungsi filter tersebut sangat penting sebab jika refrigerant kotor akan menyebabkan karat pada komponen-komponen pada sistem AC. Desiccant berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam lubang katup expansi dan evaporator. Kotoran yang membeku tersebut menghambat aliran refrigrant, fusible plug berfungsi sebagai alat sebagai alat pengaman . Jika kondensor rusak atau beban pendinginan berlebihan, maka tekanan aakan merusak komponen, dalam keadaan ini solderan khusus pada fusible plug meleleh sehingga refrigrant dapat keluar. Dengan demikian, komponen tidak rusak dan solderan khusus tersebuh meleleh pada suhu 95derajatC sampai dengan 100derajatC



    Tenang..bos...gak perlu sense dan spanning gitu....
    diskusi sehat aja....bagi2 ilmu.....

    Kan diatas sudah saya bilang urutannya bos.....

    Kompresor - untuk mengkompresi gas ke dalam system.
    Condensor/Receiver - untuk menampung freon setelah kompresor. Di condensor ini gas freon diubah menjadi liquid lagi dg media kipas radiator.
    Dryer/Filter - berfungsi sbg penyaring gas agar tdk tercampur dg uap air. Boleh dibilang gas yg keluar dr filter adalah gas kering.
    Expantion Valve - untuk meng expansikan gas tsb.
    Evaporator - disini terjadi pemindahan panas yg kita butuhkan, dg media kipas yg ditiupkan kedalam ruang mobil...

    Setiap produsen ac memodifikasi sendiri alat2nya (namanya jg jualan).
    Tapi prinsip dasarnya adalah sprt diatas.
    Maaf bos,..hehehe....memang bukan bola golf, ini hanya untuk membandingkan kalo barang sebesar itu apa bisa menampung semua liquid dalam system ac mobil.
    Mungkin yg anda maksud dlm gmbr, dryer itu sdh di-combine dg condensornya sekaligus, itu masuk akal, sesuai modifikasi produsen masing2 ac. Produsen yg satu beda dg produsen yg lain, macam2 bentuknya tapi fungsinya tetap sama......

    Penyebutan secara teknis adalah seperti diatas, tapi biasanya kalo kita beli, asal sebut aja sambil nunjukin contoh barangnya.
    Nggak peduli alat tsb fungsinya bagaimana....
    Yg penting ac bisa adem dan mobil nyaman.....

    hehehe....

    salam.
    Last edited by Fang; 13-10-09 at 08:11 PM.

    ------------------------------------
    "FORGIVE EVERYONE EVERYTHING"

  9. #9
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,242
    Rep Power
    10

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by Fang View Post
    Tenang..bos...gak perlu sense dan spanning gitu....
    diskusi sehat aja....bagi2 ilmu.....

    Kan diatas sudah saya bilang urutannya bos.....

    Setiap produsen ac memodifikasi sendiri alat2nya (namanya jg jualan).
    Tapi prinsip dasarnya adalah sprt diatas.
    Maaf bos,..hehehe....memang bukan bola golf, ini hanya untuk membandingkan kalo barang sebesar itu apa bisa menampung semua liquid dalam system ac mobil.
    Mungkin yg anda maksud dlm gmbr, dryer itu sdh di-combine dg condensornya sekaligus, itu masuk akal, sesuai modifikasi produsen masing2 ac. Produsen yg satu beda dg produsen yg lain, macam2 bentuknya tapi fungsinya tetap sama......


    salam.
    Ha..ha..ha..gak ada yg sense or spanning...saya nyante koq...
    ini bukan sekedar diskusi..tapi info yg benar buat orang awam...jauh lebih penting..

    cuman saya bingung ajah, klo ada deskripsi yg menggangu pikiran saya terhadap sesuatu yg gak lazim dan bertolak belakang dari hal yg sebenere dah umum banget....

    Klo buat saya pribadi no problem mo di bilang unjud bola golf kek, atau bola pingpong sekalipun..karena saya ngerti or paham...

    lha klo buat orang yg gak tahu or awam....??tar dia nyari-nyari yg namanya dryer ujud BOLA GOLF...dimana?? sampai kapanpun juga gak bakal nemu tuh....kan informasi ini jatohnya jadi salah...
    nah gitu juga klo dia coba beli ke toko, kebetulan selama ini yg ada di mindset dia kayak BOLA GOLF..bisa di ketawain sama penjual tokonya....bukankah info ini akan menyesatkan.....???

    bukankah forum ini buat Sharing bagi yg awam??? terutama soal bahasa-2 teknik or ujud-2 benda teknik dalam kinerja AC MOBIL...jgn sampai salah INFO...

    Seperti yg saya bilang diatas...bentuk drayer dari sejak adanya AC mobil ya seperti itu...<TABUNG...bukan BOLA GOLF>....ini yg mesti di luruskan....

    yg saya bold....dryer is dryer....gak ada tuh istilah di gabung dengan kondensor???
    nah anda merancukan lagi soal istilah kondensor....atau anda juga blum tahu ujud kondensor??

    Pict-2 ini adalah ujud yg ada di semua AC MOBIL <yg paling umum dan beredar di sini>
    ....semoga gak rancu lagi......

    COMPRESSOR



    CONDENSOR



    DRYER



    EVAPORATOR



    EXPANSI

    Last edited by OJO DUMEH; 14-10-09 at 09:45 AM.
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  10. #10
    Senior Member Fang's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    CX532
    Posts
    1,354
    Rep Power
    8

    Re: Sharing Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    Ha..ha..ha..gak ada yg sense or spanning...saya nyante koq...
    ini bukan sekedar diskusi..tapi info yg benar buat orang awam...jauh lebih penting..

    cuman saya bingung ajah, klo ada deskripsi yg menggangu pikiran saya terhadap sesuatu yg gak lazim dan bertolak belakang dari hal yg sebenere dah umum banget....

    Klo buat saya pribadi no problem mo di bilang unjud bola golf kek, atau bola pingpong sekalipun..karena saya ngerti or paham...

    lha klo buat orang yg gak tahu or awam....??tar dia nyari-nyari yg namanya dryer ujud BOLA GOLF...dimana?? sampai kapanpun juga gak bakal nemu tuh....kan informasi ini jatohnya jadi salah...
    nah gitu juga klo dia coba beli ke toko, kebetulan selama ini yg ada di mindset dia kayak BOLA GOLF..bisa di ketawain sama penjual tokonya....bukankah info ini akan menyesatkan.....???

    bukankah forum ini buat Sharing bagi yg awam??? terutama soal bahasa-2 teknik or ujud-2 benda teknik dalam kinerja AC MOBIL...jgn sampai salah INFO...

    Seperti yg saya bilang diatas...bentuk drayer dari sejak adanya AC mobil ya seperti itu...<TABUNG...bukan BOLA GOLF>....ini yg mesti di luruskan....

    yg saya bold....dryer is dryer....gak ada tuh istilah di gabung dengan kondensor???
    nah anda merancukan lagi soal istilah kondensor....atau anda juga blum tahu ujud kondensor??

    Pict-2 ini adalah ujud yg ada di semua AC MOBIL <yg paling umum dan beredar di sini>
    ....semoga gak rancu lagi......

    COMPRESSOR



    CONDENSOR



    DRYER



    EVAPORATOR



    EXPANSI

    makanya bos......dari awal komen saya kan bilang prinsip pendingin yg 4 itu beserta penjelasannya .
    Saya bilang diatas Dryer bukan untuk menyimpan semua freon...

    Kalau pada akhirnya pembicaraan dialihkan ke hal lain..ya...

    ------------------------------------
    "FORGIVE EVERYONE EVERYTHING"

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0