Results 1 to 6 of 6

Thread: Tips Menyetir bagi Wanita Hamil


  1. #1
    Newbie otomotif's Avatar
    Join Date
    Oct 2009
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Post Tips Menyetir bagi Wanita Hamil



    Hamil mestinya tidak menghalangi kaum hawa untuk mengemudi sendiri. Banyak yang bilang, ibu hamil tidak dianjurkan untuk menyetir mobil. Pasalnya, menyetir mobil tergolong aktivitas berisiko tinggi. Benarkah? Perlu diketahui, bahwa ibu hamil bukanlah perempuan yang sedang sakit. Asalkan tidak menganggu kehamilan, ibu justru disarankan untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Wanita hamil boleh saja mengemudi sendiri, asalkan menyadari kondisi fisik dan mentalnya. Tapi apabila wanita hamil sedang mengalami pendarahan, fisik lemah dsb, sebaiknya jangan. Karena tubuhnya sedang dalam keadaan tidak fit, dan akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan tentunya.

    Biasanya secara fisik, fase rawan pada kehamilan yakni saat berusia 3 bulan, sebab janin masih dalam proses pembentukan dan belum menempel kuat dirahim, kemudian 7 bulan terakhir sebab air ketuban yang berfungsi sebagai peredam benturan pada janin mulai berkurang.

    Sedangkan secara mental, yang mengetahui siap atau tidaknya, baik atau buruknya kondisi adalah sang ibu sendiri. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi ibu hamil diantaranya faktor mood, emosional, dan stres. Pada saat ibu sedang mengalami stres, sebaiknya jangan mengemudi karena beresiko sang bayi akan mengalami kontraksi tentunya, dan ini berakibat si ibu mengalami kejang-kejang dan mules. Biasanya timbulnya stres ini disebabkanoleh kondisi jalan yang sedang macet. Kalau begini lebih baik tidak usah mengemudi, karena dapat mencelakakan sang bayi dan si ibu tentunya.

    Pada dasarnya mengemudi pada saat kondisi hamil itu beresiko besar, terlebih 7 bulan keatas. Selain mengemudi tidak nyaman lantaran perut mulai membesar, si ibu pun akan mengalami trauma yang diakibatkan adanya benturan atau guncangan yang besar. Akibatnya si janin mengalami kontraksi, kelahiran prematur bahkan ari-ari lepas.

    Prioritas dasar mengemudi aman bagi wanita hamil tidak jauh berbeda dengan halnya pengemudi pada umumnya. Kalau si ibu selamat, otomatis si janin pun juga akan selamat.
    Hal yang harus diketahui adalah diwajibkannya menggunakan sabuk pengaman, sisi sabuk pengaman jangan sampai melintang diatas perut, ini dapat mencederai si janin, bahkan bisa mengakibatkan kematian pada si janin didalam rahim tentunya.

    Tak perlu panjang lebar, langsung saja berikut tips bagi wanita hamil yang mengemudi, diantaranya sebagai berikut :

    1. Pilihlah jenis kendaraan yang memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan
    yang optimal.
    2. Hindari kaki menggantung, hal ini akan membuat otot perut tertarik dan merangsang terjadinya kontraksi.
    3. Penuhi kebutuhan amunisi bagi ibu untuk mencegah stres dan kelelahan. Jangan sekali-kali menunda-nunda kebutuhan ini karena akan mengakibatkan fatal.
    4. Jangan menyelipkan bantal di atas perut, bukannya melindungi malah jadi penghantar benturan. Sabuk pengaman saja sudah cukup.
    5. Pilih sabuk pengaman tiga titik yang dapat disetel atau dapat mengikuti gerak tubuh supaya lebih aman. Kemudian pasang sabuk pengaman melewati paha sampai ke samping tulang pinggul, tepat di bawah kandungan dan pastikan agar perut tidak tertekan terlampau keras. Lalu atur bagian sabuk yang lain mulai bagian pundak melewati tengah dada.
    6. Hindari jalan berlubang untuk mengurangi guncangan dan pastikan pula mobil berada dalam kondisi yang benar-benar prima, termasuk penyejuk ruangan dan kebersihannya.


    Demikianlah tips bagi para ibu hamil, kalau mau aman patuhilah peraturan yang ada, dan yang terpenting lindungi dengan sungguh-sungguh untuk diri sendiri maupun si janin, agar tidak terjadi kontraksi dan hal-hal lainnya yang tidak kita inginkan tentunya.
    Last edited by otomotif; 26-10-09 at 01:49 PM.

  2. #2
    Senior Member red_devil's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    2,126
    Rep Power
    8

    Re: Tips Menyetir bagi Wanita Hamil

    jangan ngebut

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    210
    Rep Power
    6

    Re: Tips Menyetir bagi Wanita Hamil

    jangan lupa ya mommy sebelum berangkat untuk "memberitahu" baby di dalam perutmu bahwa kalian akan naik kendaraan jadi supaya si baby agak tenang sedikit dalam perjalanan jang lupa jg berdoa untuk keselamatan

  4. #4
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,813
    Rep Power
    13

    Re: Tips Menyetir bagi Wanita Hamil

    sekedar tambahan pula...bila ada panggilan hp sebaiknya menepi sejenak, dikarenakan pergerakan yang serba terbatas dan sudah ada pula kasus dimana telepon genggam bisa menyebabkan kecelakaan karena mengurangi konsentrasi mengemudi....

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    surabaya
    Posts
    284
    Rep Power
    2

    Re: Tips Menyetir bagi Wanita Hamil

    Jangan lupa bawa dukun bayi kale om... soalnya jaga2 kalau mau melahirkan saat nyetir.. hahaha

  6. #6
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    200
    Rep Power
    2

    Re: Tips Menyetir bagi Wanita Hamil

    bawa smartphone biar tahi letak rumah sakit pake google map

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0