Results 1 to 7 of 7

Thread: Lima Teknik Dasar Mengemudi


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    218
    Rep Power
    7

    Cool Lima Teknik Dasar Mengemudi

    1. Latihan mengemudi dengan mempertahankan kestabilan kecepatan.
    Ikuti arus lalu lintas. Usahakan agar saat melewati tanjakan atau turunan, kekuatan kaki menginjak gas selalu sama.
    Tujuan latihan ini agar kecepatan kendaraan bisa selalu stabil. (Praktiknya lebih susah dari kedengarannya!)

    2. Latihan Mengerem
    Pertama, tentukan dulu titik sasaran berhenti. Tujuan latihan ini untuk mempertahankan tekanan kaki pada pedal gas hingga bisa menghentikan mobil pada titik berhenti yang ditargetkan. (Tidak boleh dibantu dengan nginjak rem, gas harus stabil).

    3. Latihan Accel Work (=mengatur gas, mobil stasioner)
    Injak pedal gas lalu hentikan tepat pada jumlah putaran yang ditargetkan sendiri sambil melihat Tachometer. Tapi, bukan di-adjust setelah overshoot (Baru disesuaikan setelah RPM terlanjur lewat dari target). Tujuannya, saat menginjak atau melepas pedal gas, sebisa mungkin pas dengan jumlah putaran sebelumnya.

    4. Latihan Menggerakkan Setir (=Mobil Stasioner)
    Dongkrak sedikit bagian depan, lakukan lock to lock (=Kondisi di mana ban bisa bergerak ke kiri maupun ke kanan hingga maksimal). Gerakkan setir ke kanan, lalu ke kiri. Tujuannya, untuk selalu dapat mengukur sejauh mana kita telah menggerakkan setir dengan mengembalikan posisi ban ke arah netral.

    5. Latihan Merasakan Posisi Ban
    Tetapkan benda yang menjadi target (misalnya : batu kecil atau kaleng kosong, dsb). Lindas dengan ban yang kita tentukan sendiri, tapi…lakukan latihan ini dengan hati-hati sekali…kalau tidak… benda yang kita lindas tidak bisa kita prediksi akan terlempar ke arah mana, jangan sampai mengenai orang or benda/mobil/motor/jendela kaca orang lain.

    Info: www.myboil.co.cc
    Last edited by yogyacraft; 17-02-11 at 09:42 AM.

  2. #2
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    2,311
    Rep Power
    8

    Re: Lima teknik dasar mengemudi

    Quote Originally Posted by yogyacraft View Post
    1. Latihan mengemudi dengan mempertahankan kestabilan kecepatan.
    Ikuti arus lalu lintas. Usahakan agar saat melewati tanjakan atau turunan, kekuatan kaki menginjak gas selalu sama.
    Tujuan latihan ini agar kecepatan kendaraan bisa selalu stabil. (Praktiknya lebih susah dari kedengarannya!)

    2. Latihan Mengerem
    Pertama, tentukan dulu titik sasaran berhenti. Tujuan latihan ini untuk mempertahankan tekanan kaki pada pedal gas hingga bisa menghentikan mobil pada titik berhenti yang ditargetkan. (Tidak boleh dibantu dengan nginjak rem, gas harus stabil).

    3. Latihan Accel Work (=mengatur gas, mobil stasioner)
    Injak pedal gas lalu hentikan tepat pada jumlah putaran yang ditargetkan sendiri sambil melihat Tachometer. Tapi, bukan di-adjust setelah overshoot (Baru disesuaikan setelah RPM terlanjur lewat dari target). Tujuannya, saat menginjak atau melepas pedal gas, sebisa mungkin pas dengan jumlah putaran sebelumnya.

    4. Latihan Menggerakkan Setir (=Mobil Stasioner)
    Dongkrak sedikit bagian depan, lakukan lock to lock (=Kondisi di mana ban bisa bergerak ke kiri maupun ke kanan hingga maksimal). Gerakkan setir ke kanan, lalu ke kiri. Tujuannya, untuk selalu dapat mengukur sejauh mana kita telah menggerakkan setir dengan mengembalikan posisi ban ke arah netral.

    5. Latihan Merasakan Posisi Ban
    Tetapkan benda yang menjadi target (misalnya : batu kecil atau kaleng kosong, dsb). Lindas dengan ban yang kita tentukan sendiri, tapi…lakukan latihan ini dengan hati-hati sekali…kalau tidak… benda yang kita lindas tidak bisa kita prediksi akan terlempar ke arah mana, jangan sampai mengenai orang or benda/mobil/motor/jendela kaca orang lain.

    6. Harus memiliki Surat Ijin Mengemudi

  3. #3
    Junior Member dini's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    343
    Rep Power
    6

    Re: Lima teknik dasar mengemudi

    Quote Originally Posted by yogyacraft View Post
    1. Latihan mengemudi dengan mempertahankan kestabilan kecepatan.
    Ikuti arus lalu lintas. Usahakan agar saat melewati tanjakan atau turunan, kekuatan kaki menginjak gas selalu sama.
    Tujuan latihan ini agar kecepatan kendaraan bisa selalu stabil. (Praktiknya lebih susah dari kedengarannya!)

    2. Latihan Mengerem
    Pertama, tentukan dulu titik sasaran berhenti. Tujuan latihan ini untuk mempertahankan tekanan kaki pada pedal gas hingga bisa menghentikan mobil pada titik berhenti yang ditargetkan. (Tidak boleh dibantu dengan nginjak rem, gas harus stabil).

    3. Latihan Accel Work (=mengatur gas, mobil stasioner)
    Injak pedal gas lalu hentikan tepat pada jumlah putaran yang ditargetkan sendiri sambil melihat Tachometer. Tapi, bukan di-adjust setelah overshoot (Baru disesuaikan setelah RPM terlanjur lewat dari target). Tujuannya, saat menginjak atau melepas pedal gas, sebisa mungkin pas dengan jumlah putaran sebelumnya.

    4. Latihan Menggerakkan Setir (=Mobil Stasioner)
    Dongkrak sedikit bagian depan, lakukan lock to lock (=Kondisi di mana ban bisa bergerak ke kiri maupun ke kanan hingga maksimal). Gerakkan setir ke kanan, lalu ke kiri. Tujuannya, untuk selalu dapat mengukur sejauh mana kita telah menggerakkan setir dengan mengembalikan posisi ban ke arah netral.

    5. Latihan Merasakan Posisi Ban
    Tetapkan benda yang menjadi target (misalnya : batu kecil atau kaleng kosong, dsb). Lindas dengan ban yang kita tentukan sendiri, tapi…lakukan latihan ini dengan hati-hati sekali…kalau tidak… benda yang kita lindas tidak bisa kita prediksi akan terlempar ke arah mana, jangan sampai mengenai orang or benda/mobil/motor/jendela kaca orang lain.

    Info: www.carfortransport.tk
    hmm, menurut saya sih, teknik dasar pertama dalam latihan mengemudi adalah mengenal persneling, model jepang atau model eropa. trus menghapal cara ngoper gigi, gigi satu, dua, tiga, empat, sampai lima. Setelah hafal dengan urutan cara mindahin gigi, baru belajar jalanin mobil dengan gigi satu, di sini musti belajar mengimbangi antara melepas kopling dan menambah gas.Kalo udah lancar majuin mobil, baru belajar cara menjalani mobil saat ketemu polisi tidur, mengendarai di tikungan, dan mengendarai di tanjakan (di sini baru diajarkan teknik setengah kopling). Kalo udah lancar, diajarin cara parkir. abis itu baru diajarin ngebut dengan cara membawa mobil di jalan toll.

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    surabaya
    Posts
    285
    Rep Power
    2

    Re: Lima teknik dasar mengemudi

    Quote Originally Posted by dini View Post
    hmm, menurut saya sih, teknik dasar pertama dalam latihan mengemudi adalah mengenal persneling, model jepang atau model eropa. trus menghapal cara ngoper gigi, gigi satu, dua, tiga, empat, sampai lima. Setelah hafal dengan urutan cara mindahin gigi, baru belajar jalanin mobil dengan gigi satu, di sini musti belajar mengimbangi antara melepas kopling dan menambah gas.Kalo udah lancar majuin mobil, baru belajar cara menjalani mobil saat ketemu polisi tidur, mengendarai di tikungan, dan mengendarai di tanjakan (di sini baru diajarkan teknik setengah kopling). Kalo udah lancar, diajarin cara parkir. abis itu baru diajarin ngebut dengan cara membawa mobil di jalan toll.
    Hoho... benar nih gan...

  5. #5
    Beginner melanysien's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    56
    Rep Power
    2

    Re: Lima Teknik Dasar Mengemudi

    Emang bener sih mempertahankan kestabilan kecepatan..tapi bagi aku sih yang terutama adalah konsentrasi.karena pada tahap awal belajar itu kalau kita gak bener bener konsentrasi penuh wah ,,,gawat jadinya,karena sebagus apapun teknik yang dipakai kalau kurang konsentrasi pasti akan kacau jadinya..seperti saya mau injak rem malah jadi injak gas:ambivalence: he he...

  6. #6
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    202
    Rep Power
    2

    Re: Lima Teknik Dasar Mengemudi

    jangan lupa kemampuan merawat atau mengatasi kerusakan mobil jg penting.

  7. #7
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,236
    Rep Power
    4

    Re: Lima Teknik Dasar Mengemudi

    iya bener, mana tahu di jalan ada gangguan...

    Quote Originally Posted by bimahong View Post
    jangan lupa kemampuan merawat atau mengatasi kerusakan mobil jg penting.

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0