Results 1 to 5 of 5

Thread: Jenis BBM dan Model Kendaraan


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    8
    Rep Power
    0

    Jenis BBM dan Model Kendaraan

    Jenis BBM yang makin beragam membuat pengguna kendaraan bermotor sering bingung menentukan pilihan yang benar. Pilihan makin banyak dengan hadirnya sejumlah perusahaan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), yang masing-masing memiliki nama sendiri untuk tiap produknya. Itu misalnya Premium, Pertamax, Bio Pertamax, Pertamax Plus, Shell Super 92, Shell Super Extra 95, Petronas Primax 92, Petronas Primax 95, Total Performance 92, dan Total Performance 95. Bagi pengguna kendaraan bermotor yang paham mesin, ini tak begitu menjadi masalah dan bisa menentukan pilihan bakar jenis mana yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraannya. Tapi bagi masyakat awam, pekerjaan ini belum tentu mudah. Dan sepertinya, kebanyakan pengguna kendaraan bermotor di Tanah Air termasuk tipe awam atau bahkan tak mau tahu soal jenis BBM dan mesin. Mereka sering beranggapan bahwa mesin kendaraannya bisa minum BBM jenis apa pun. Padahal, mesin yang minum BBM yang tak sesuai akan berakibat ngelitik, dan jika gejala ini berkepanjangan maka mesin bakal jebol.
    Tapi tak perlu khawatir jika Anda termasuk di antara mereka yang awam soal jenis bahan BBM dan spesifikasi mesin. Ada cara mudah dan cepat untuk memahami secara akurat tentang jenis BBM apa yang cocok dengan mesin kendaraan Anda.

    1. Silakan baca buku manual yang Anda peroleh dari dealer tempat Anda dulu membeli kendaraan. Buku manual ini berisi berbagai hal tentang kendaraan yang Anda beli. Di situ dijelaskan pula jenis mesin kendaraan, termasuk berapa rasio kompresi mesinnya. Gampangnya, rasio kompresi mesin adalah kemampuan mesin melakukan tekanan terhadap BBM yang sedang dibakar di dalamnya. angka rasio kompresi pada brosur spesifikasi kendaraan
    2. Ada mesin yang rasio kompresinya 7:1, 8:1, 9:1, 10;1, 11:1, dan 12:1. Jika Anda mendapat bahwa rasio kompresi mesin Anda adalah 7:1, misalnya, maka mesin kendaraan Anda masih sanggup mengkonsumsi BBM jenis premium yang angka oktannya (research octane number, RON) 88. Tapi bila rasio kompresi mesin Anda 8:1, 9:1, 10:1, 11:1, dan 12:1, maka ia tak lagi layak menggunakan premium. Mesin dengan kompresi tinggi harus pula menggunakan BBM yang memiliki angkat oktan tinggi pula. Untuk keperluan itu, ada cukup pilihan di SPBU, mulai dari Pertamax, Bio Pertamax, Pertamax Plus, Shell Super 92, Shell Super Extra 95, Petronas Primax 92, Petronas Primax.
    3. Daftar kesesuaian RON dan kompresi mesin:

    • Pertamax Plus (RON 95) untuk mesin berkompresi antara 10:1 hingga 11:1
    • Pertamax (RON 92) untuk mesin berkompresi antara 9:1 hingga 10:1
    • Premium (RON 88) untuk mesin berkompresi antara 7:1 hingga 9:1

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Jenis BBM dan Model Kendaraan

    Thx infonya Gan.
    Intinya mobil-mobil baru kudu pake pertamax ya

  3. #3
    Beginner
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    84
    Rep Power
    4

    Re: Jenis BBM dan Model Kendaraan

    Bermanfaat sekali nih informasinya, sebab saya termasuk awal soal kendaraan, apalagi pemilihan BBM. Dari dulu sampai sekarang pakai premium terus. Terima kasih gan, saya akan lebih teliti lagi dalam memilih BBM supaya lebih sesuai dengan jenis kendaraan nya

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    317
    Rep Power
    2

    Re: Jenis BBM dan Model Kendaraan

    Quote Originally Posted by kabarbaru View Post
    Thx infonya Gan. Intinya mobil-mobil baru kudu pake pertamax ya
    Apalagi mobil diatas 300 juta. Gengai lah pake premium

  5. #5
    Member
    Join Date
    May 2013
    Posts
    735
    Rep Power
    2

    Re: Jenis BBM dan Model Kendaraan

    wah kalau scooter tua rasio nya brapa yah, cari rasio d mana nya bro
    Spoiler for permainangameterbaik:
    Permainan Lengkap, Dealer Cantik ,Official Sponsor Wigan Atheletic F.C Klik Disini Untuk Bergabung

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO