Results 1 to 2 of 2

Thread: Profil Operator SPBU di Indonesia


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Profil Operator SPBU di Indonesia

    Ada empat perusahaan distributor bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Mereka adalah Pertamina, Shell, Petronas, dan Total. Dari keempat perusahaan tersebut, Pertamina merupakan satu-satunya yang asli Indonesia sedangkan tiga lainnya perusahaan asing Shell dari Belanda, Petronas dari Malaysia, dan Total dari Prancis.

    Pertamina
    1. Di era setelah merdeka, Pertamina pemain paling lama di bisnis distribusi BBM di Indonesia. Sejak saat itu Pertamina juga sebagai pemain tunggal di bisnis distribusi BBM.
    2. Pertamina memiliki stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terbanyak, jumlahnya ribuan di seluruh Indonesia. Jangkauan SBPU Pertamina menjangkau wilayah kecamatan. Pengendara kendaraan bermotor dapat menemukan SPBU Pertamina di hampir seluruh ruas jalan, terutama di Pulau Jawa dan Bali.
    3. Pertamina satu-satunya yang menjual BBM bersubsidi, dengan nama produk Premium. Pertamina juga menjual BBM berkualitas lebih tinggi beroktan 92 disebuti Pertamax, BBM beroktan 95 disebut sebagai Pertamax Plus. Pertamina mengklaim Pertamax yang dihasilkan pengilangan minyak Balongan terbaik di Asia.
    4. SPBU Pertamina juga menjual BBM jenis solar, terdiri dari solar biasa dan solar Pertamax DEX yang ramah lingkungan karena kandungnan sulfurnya rendah.
    Shell
    1. Shell adalah perusahaan distributor asal Belanda. Shell hadir sebagai distributor BBM di Indonesia pada 2005, menyusul tekanan internasional agar Indonesia meliberalisasi pasar industri. Shell kini memiliki 45 SPBU yang sebagian besar masih terpusat di kota-kota besar di Pulau Jawa.
    2. SPBU Shell menjual BBM beroktan 92 dengan nama produk Super 92. Untuk BBM beroktan 95, Shell menemainya Super Extra 95. SPBU Shell juga menjual BBM solar.


    Petronas

    1. SPBU Petronas merupakan perusahaan dari Malaysia. Seperti Shell, Petronas membuka usaha di Indonesia pada 2005 menyusul tekanan internasional pada Indonesia untuk meliberalisasi pasar energi.
    2. Kini Petronas memiliki 19 SPBU, kebanyakan di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). SPBU Petronas menjual bensin beroktan 92 disebut sebagai Primax 92, dan Primax 95 untuk besin beroktan 95. Petromas juga menjual BBM jenis solar.

    Total
    1. Total adalah perusahan distribusi BBM milik Prancis. Total memanfaatkan aturan internasional tentang liberalisasi perdagangan energy sebagai pintu masuk ke Indonesia.
    2. Total kini memiliki 5 SPBU yang menjual bensin beroktan 92 dengan nama Performance 92, dan Total Performance 95 untuk bensin beroktan 95. Total juga menjual BBM jenis solar.
    Hadirnya tiga distributor BBM asing tersebut membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan, di samping Pertamina. Dari yang bisa diamati, Pertamina, Shell, Petronas, dan Total terus melakukan peningkatan produk dan layanannya, terutama untuk bensin non-subsidi. Mereka sama-sama berusaha mengedepankan kenyamanan dan kepuasan pengguna kendaraan bermotor. Itu antara lain mereka lakukan dengan memperbanyak jaringan SPBU, memperluas areal SPBU, meningkatkan fasilitas pendukung SPBU, mengedepankan kebersihan, kerapian, serta keramahan personelnya di SPBU. (*)

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    314
    Rep Power
    2

    Re: Profil Operator SPBU di Indonesia

    kalo harga pertamina udah sama kaya shell, pasti akan lebih banyak lagi spbu cap luar negeri

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0