Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    236
    Rep Power
    0

    5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh




    Bukan dengan menghukum atau cara kekerasan.

    Anak yang patuh bukanlah dibentuk dengan cara kekerasan atau hukuman. Kepatuhan pada anak justru bisa dimunculkan dari kesadaran dalam diri anak tersebut. Orangtua sebaiknya mendidik kepatuhan anak dengan cara yang membuatnya menyadari bahwa kepatuhan adalah nilai positif.

    Sayangnya hal itu tidaklah tidaklah mudah. Semua harus melewati proses yang membutuhkan kesabaran dan usaha ekstra, dan tentunya hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin.

    Berikut adalah cara untuk melatih dan membuat anak supaya menjadi lebih patuh:

    1. Konsisten
    Untuk melatih anak supaya lebih patuh Anda harus konsisten dalam menentukan peraturan. Bila hari ini Anda melarangnya bermain di jalanan, maka minggu depan peraturan ini harus tetap dijalankan, karena anak selalu mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya.

    2. Bersikap lembut
    Anak umumnya tidak dapat merespon dengan baik bila kita menghadapi mereka dengan bentakan atau amarah. Tegas bukan berarti harus bersikap keras, Anda bisa lebih lembut. Coba untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan Anda.

    3. Beri contoh
    Ini adalah cara yang paling efektif untuk membuat anak patuh. Beri contoh pada mereka apa yang harus mereka perbuat. Jangan sampai mereka justru melihat Anda melakukan hal yang Anda larang kepada mereka.

    4. Puji mereka
    Jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati mereka ketika mereka melakukan hal yang kita inginkan. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai atas usahanya.

    5. Menjelaskan hal kepada mereka
    Jelaskan kepada mereka maksud dan tujuan baik Anda menetapkan aturan pada mereka, sehingga mereka mengerti kenapa mereka harus mematuhi peraturan yang Anda buat.



    Sumber : 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh | Perempuan | Beritasatu.com

  2. #2
    Senior Member kleirin's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    1,612
    Rep Power
    0

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    kalo diterapkan ke adik atau bawahan di kantor bisa juga nih kayaknya.....

  3. #3
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    nice info, bisa untuk anak saya ntar nih.........

  4. #4
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,428
    Rep Power
    0

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    wah.. memank tuh harus bener2 telaten supaya mereka patuh..

  5. #5
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,293
    Rep Power
    8

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    Quote Originally Posted by kleirin View Post
    kalo diterapkan ke adik atau bawahan di kantor bisa juga nih kayaknya.....
    hohohoho.....................................yg punya adk n bwhan sush diatur.............................
    hehehe........pisssssssssssssss................... ........

  6. #6
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,762
    Rep Power
    6

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    iya bener kayaknya emang musti begitu...

    Quote Originally Posted by hktoyshop View Post
    wah.. memank tuh harus bener2 telaten supaya mereka patuh..

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    404
    Rep Power
    0

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    sippss,, tipsss asli bngt nehh,,, ntar kklo punya bnyak anak biar gak repot,,,

  8. #8
    Newbie ditanadia's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    11
    Rep Power
    0

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    Btw berhubung aku Psikolog Pendidikan boleh angkat bicara ya

    Dari pengalamanku menangani klien dan ilmu yang aku dapet semasa kuliah, dari 5 tips yang dituliskan di atas, yang paling berpengaruh ada 2 yaitu:
    • Beri contoh
    • Konsisten
    Nah, kita bahas satu-satu yuk

    Beri Contoh
    Ini udah jelas ya. Bayangin aja.. Mau ga sih kita disuruh makan sayur oleh orang ga yang ga suka makan sayur? Mau ga sih kita berhenti merokok padahal yang nyuruh adalah orang yang asap rokoknya ga kalah sama knalpot mobil? Mau ga sih kita sholat 5 waktu padahal yang nyuruh aja sholatnya cuma sehari sekali???

    Intinya kalau kita mau anak kita ga jajan sembarang misalnya.. Jangan sampai kita sendiri pas ada abang bakso di pinggir jalan langsung keluarin dompet untuk beli baso untuk sekeluarga

    Konsisten
    Ini yang paling penting namun paling SUSAH. Sama seperti poin beri contoh, kita harus konsisten dengan antara perkataan dan tindakan kita: kalo anak ga pengen jajan sembarangan ya kita juga jangan beli makanan di pinggir jalan.

    Nah yang kedua, orang yang mendidik harus anak semua harus konsisten. Paling banyak kasus anak yang suka membohong dan tidak menurut karena kita sebagai orang tua sering tidak konsisten dengan apa yang sudah kita katakan, dan pasangan/keluarga tidak mendukung pula.

    Contohnya gini nih..
    Ada anak yang suka membohong. Padahal ibu dan ayahnya merasa tidak pernah memberi contoh anaknya berbohong. Tapi ternyataaa mereka sering sekali tidak konsisten satu sama lain!
    Misalnya aja kasus telepon, si Ibu melarang anaknya pakai telpon lama-lama, sedangkan si ayah tidak masalah dengan hal itu.

    Nah ketika ibu tidak ada, sang ayah mengizinkan anaknya menelepon dan berkata "Jangan bilang-bilang ibu ya nak!" Naaaah secara tidak sadar sang ayah mengajarkan anaknya untuk berbohong padahal niat dia sebenarnya baik.

    Coba dipikir-pikir lagi.. pernah ga melakukan hal ini ke anak dan melakukan ketidakkonsistenan lainnya.. Hati-hati hal tersebut membuat anak tidak patuh dengan kita karena... Kita bukan merupakan role model yang patut ditiru.

    Jadi orang tua memang sulit, tapi Insya Allah dengan niat yang kuat keinginan untuk belajar bisa kok anak menurut. Dan yang penting.. KONSISTEN

    Kalau ada pertanyaan jangan PM, langsung diisi di thread aja yaa supaya rame
    Nadia, seorang Entrepreneur Rumahan
    My web: EntrepreneurRumahan.com

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    236
    Rep Power
    0

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    Terima Kasih tambahan dan respon positifnya ya
    teman-teman, sharing juga dong yang punya pengalaman mendidik anak

  10. #10
    Beginner
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    64
    Rep Power
    2

    Re: 5 Cara Mendidik Anak Supaya Patuh

    Nice bro... inspiratif.. emak-emak atau calon emak atau calon bapake, wajib baca nih.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0