Results 1 to 10 of 10

Thread: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)


  1. #1
    Beginner
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    70
    Rep Power
    0

    Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    Daerah kewanitaan lebih rentan berbau tidak sedap dan terasa gatal. Ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan vagina. Alhasil, vagina seringkali mengalami infeksi bakteri atau jamur. Ingat! Daerah kewanitaan membutuhkan perawatan khusus setiap hari. Menjaga kebersihan vagina merupakan sebuah keharusan bagi setiap wanita. Boldsky.commemberikan beberapa tips sederhana untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda. Yuksimak caranya!

    1. Jagalah kebersihan daerah genital dengan mencucinya setiap hari, terutama setelah buang air besar.

    2. Ketika sedang mandi, Anda harus membersihkan daerah klitoris dan uretra karena mereka memiliki sekresi. Gunakan sabun khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan Anda.

    3. Hindari pakaian dalam yang terbuat dari sintetis atau poliester, karena mudah basah dan membutuhkan waktu lama untuk kering.

    4. Sebelum melakukan hubungan seks, cuci daerah genital terlebih dahulu. Cara ini membuat vagina tetap bersih dan menghilangkan bau.

    5. Setelah bercinta, cuci kembali daerah genital Anda. Bersihkan daerah kewanitaan secara intens dalam 20 menit untuk menghindari infeksi.

    6. Setelah mandi, biasakan untuk mengeringkan daerah kewanitaan Anda. Kelembaban membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Ganti celana dalam minimal dua kali sehari.

    7. Menghilangkan rambut kelamin secara rutin. Rambut kelamin yang terlalu lebat membuat vagina menjadi lembab. Itulah yang menyebabkan munculnya bau vagina dan infeksi bakteri.

    8. Selama menstruasi, ganti pembalut setelah 3-4 jam atau jika sudah basah. Hindari penggunaan tampon karena itu tidak higienis dan dapat menyebarkan bakteri atau meningkatkan pertumbuhan bakteri di vagina.

    9. Segera ganti celana dalam yang basah. Cobalah untuk menjaga daerah genital selalu kering.

    10. Hindari memakai celana yang ketat. Ini membuat kulit sulit bernafas sehingga daerah kewanitaan menjadi sangat lembab.

    11. Jika Anda rentan terkena infeksi kelamin, cucilah vagina dengan sabun pH setelah 2-3 kali buang air kecil.

    12. Jangan langsung duduk di toilet umum! Bersihkan permukaan toilet sebelum Anda duduk. Infeksi vagina lebih sering disebabkan karena toilet umum. Jangan menyiram toilet ketika Anda masih duduk di sana, karena bakteri dan kuman dari toilet "terbang" saat Anda melakukannya.

    13. Hindari makan daging terlalu sering karena bisa menyebabkan bau vagina. Untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan, Anda harus sering makan sayuran hijau, buah-buahan segar, dan minum 2 liter air setiap hari.

    Cara ini juga membantu mencegah dehidrasi pada vagina.
    Bau vagina yang tidak sedap dapat menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Terlebih lagi, infeksi vagina juga mempengaruhi kualitas kehidupan seks Anda. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan vagina setiap hari ya!

    sumber:
    http://www.merdeka.com/sehat/cara-sederhana-merawat-kebersihan-vagina.html
    Last edited by jussu; 31-07-12 at 02:56 PM.

  2. #2
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    ternyata begitu ya gan..
    ane baru tau..

  3. #3
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,321
    Rep Power
    8

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    bisa pke jamu juga yah.....
    ad resep buat ni jug koq biar miss v sellu harum n keset

  4. #4
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,805
    Rep Power
    7

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    menarik juga, ada cara khusus ternyata ya...

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    Betul, kita seringkali hanya merawat wajah namu lupa merawat kecantikan area V.
    Tambahan sedikit, mudah mudahan bermanfaat:
    1. pastikan setelah buang air kecil selalu bilas miss V dan keringkan. Pakai sabun sirih alami
    2. Ganti celana dalam 3x sehari, dan pakai celana dalam dengan bahan katun
    3. Lakukan "vagina spa" rutin setelah menstruasi. Hasilnya enak banget. Harum, bersih, dan kencang terawat :-)

  6. #6
    Newbie bundachan's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    vagina spa itu bgmn ya sis? boleh berbagi info?

  7. #7
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    Quote Originally Posted by bundachan View Post
    vagina spa itu bgmn ya sis? boleh berbagi info?
    Enak loh... segar...

  8. #8
    Junior Member lindatan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    152
    Rep Power
    5

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    Quote Originally Posted by Bidan Ismi View Post
    Enak loh... segar...
    Emang pernah coba juga ya?

  9. #9
    Beginner
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    74
    Rep Power
    0

    Wink Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    Wahh... terimakasih, amat lengkap tip tips nya dalam merawat kebersihan vagina.....
    Saya juga menemukan artikel menarik yang cukup komprehensif di Tips Merawat Vagina (eHealthBody.Com). Semoga bisa memberikan pencerahan informasi bagi teman-teman

  10. #10
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2014
    Posts
    98
    Rep Power
    1

    Re: Cara Merawat Kebersihan Vagina (Khusus Wanita)

    Penting banget nih buat wanita. Apalagi wanita memiliki faktor risiko tertinggi untuk terkena infeksi saluran kemih.

    Satu lagi sih tambahan tipsnya, jangan suka nahan buang air kecil. Karena urin yang terlalu lama tersimpan, akan menjadi tempat yang asik buat bakteri berkembang. Akhirnya kita rentan terkena infeksi saluran kemih. Gejalanya kadang gak disadari, misalnya kayak sering anyang-anyangan.

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0