Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: 8 Tanda Kehamilan


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Thumbs up 8 Tanda Kehamilan

    Berikut ini ada artikel yang menjelaskan tentang tanda2 kehamilan bagi seorang wanita tanpa melalui alat pengetes kehamilan, namun hanya berdasarkan peristiwa alamiah yang terjadi pada wanita tsb. Silahkan disimak, mudah2an bermanfaat....

    8 Tanda Kehamilan
    Selasa, 2 September 2008 | 14:58 WIB
    Hamil enggak ya? Pertanyaan ini seharusnya lebih mudah dijawab bila kita punya siklus menstruasi yang teratur. Cara paling mudah untuk mengetahui bahwa janin telah hadir di rahim memang dengan menggunakan tes kehamilan, tapi sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa dijadikan pedoman.

    1. Kelelahan
    Mudah lelah dan tak bersemangat merupakan salah satu tanda kehamilan. Peningkatan kadar hormon progesteron yang terjadi di awal kehamilan diduga menyebabkan rasa kantuk. Biasanya gejala kelelahan ini akan berakhir setelah usia kehamilan memasuki trimester dua.

    2. Payudara bengkak
    Tanda awal kehamilan adalah payudara yang bengkak dan sensitif yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon, biasanya terjadi seminggu setelah haid terlambat. Rasa tidak nyaman akibat pembengkakan ini mirip dengan gejala yang biasa kita rasakan menjelang menstruasi.

    3. Mual dan muntah
    Gejala mual dan muntah yang umum dialami ibu hamil biasa disebut sebagai morning sickness. Gejala ini bisa muncul kapan saja, tidak hanya di pagi hari. Pada umumnya ibu hamil baru mengalaminya sebulan setelah terjadinya pembuahan, tetapi ada juga yang merasakannya lebih cepat.

    4. Pendarahan sedikit
    Sekitar 11-12 hari setelah pembuahan, ada kalanya muncul bercak kemerahan di vagina. Pendarahan ini terjadi karena benih tertanam di lapisan rahim. Umumnya bercak berwarna merah atau agak merah jambu yang terlihat selama 1-2 hari. Pendarahan serupa juga bisa menjadi gejala adanya penyakit di saluran reproduksi.

    5. Penciuman lebih sensitif
    Pada trimester pertama, banyak ibu hamil yang merasa penciumannya lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Ada yang mual mencium bau masakan tertentu atau wangi parfum. Belum diketahui alasan ilmiah gejala ini, tapi mungkin terjadi karena meningkatnya kadar estrogen secara drastis dalam sistem tubuh.

    6. Sering berkemih
    Di bulan-bulan pertama kehamilan, ibu hamil akan lebih rajin bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Mengapa? Ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah dan cairan dalam tubuh, juga tekanan pada saluran kemih akibat membesarnya uterus.

    7. Suhu tubuh naik
    Bila pada awal kehamilan Anda mengukur suhu tubuh, Anda akan menyadari suhu tubuh Anda meningkat jadi lebih hangat.

    8. Tidak haid
    Bila siklus menstruasi Anda sebelumnya selalu teratur tapi bulan ini terlambat, mungkin Anda perlu segera mencari tes kehamilan untuk memastikan adanya kehamilan.

    AN
    Sumber : babycenter

  2. #2
    unn
    unn is offline
    Senior Member unn's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    somewhere between Bogor and Bandung
    Posts
    1,116
    Rep Power
    8

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    Wah.., Marshal kalo bikin thread emang oke2 dech..
    Tapi perempuan biasanya gak tahan berlama-lama tuch mikir, hamil apa nggak! So...,mereka biasanya langsung ambil 1 langkah yang paling simpel! Ya...pake tes kehamilan.Bahkan sekarang ini ada satu merk tes yang bisa mendeteksi kehamilan hanya 1 minggu setelah suami istri 'bekerja'. Hm...
    Selain murah meriah, hasilnya juga akurat!
    Nah, kalo istri Marshal, kira2 pake yang 8 langkah atau yang 1 langkah yah? he..he..


  3. #3
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    Quote Originally Posted by unn View Post
    Wah.., Marshal kalo bikin thread emang oke2 dech..
    Tapi perempuan biasanya gak tahan berlama-lama tuch mikir, hamil apa nggak! So...,mereka biasanya langsung ambil 1 langkah yang paling simpel! Ya...pake tes kehamilan.Bahkan sekarang ini ada satu merk tes yang bisa mendeteksi kehamilan hanya 1 minggu setelah suami istri 'bekerja'. Hm...
    Selain murah meriah, hasilnya juga akurat!
    Nah, kalo istri Marshal, kira2 pake yang 8 langkah atau yang 1 langkah yah? he..he..
    Terimakasih atas apresiasinya...
    Kalo istri saya sendiri sih secara jelasnya saya gak tau pasti, namun saya rasakan hampir semuanya dilakukan.
    1. Tidak datang haid padahal sudah waktunya
    2. Suka mual2
    3. Merasa sering pusing & lemas
    4. Periksa ke dokter/bidan untuk tes kehamilan (pake tester kehamilan)
    5. dst...
    Nah.., kamu sendiri gimana...??

  4. #4
    Senior Contributor bakterijahatShera's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    7,375
    Rep Power
    15

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    1. Kelelahan
    Mudah lelah dan tak bersemangat merupakan salah satu tanda kehamilan. Peningkatan kadar hormon progesteron yang terjadi di awal kehamilan diduga menyebabkan rasa kantuk. Biasanya gejala kelelahan ini akan berakhir setelah usia kehamilan memasuki trimester dua.

    2. Payudara bengkak
    Tanda awal kehamilan adalah payudara yang bengkak dan sensitif yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon, biasanya terjadi seminggu setelah haid terlambat. Rasa tidak nyaman akibat pembengkakan ini mirip dengan gejala yang biasa kita rasakan menjelang menstruasi.

    3. Mual dan muntah
    Gejala mual dan muntah yang umum dialami ibu hamil biasa disebut sebagai morning sickness. Gejala ini bisa muncul kapan saja, tidak hanya di pagi hari. Pada umumnya ibu hamil baru mengalaminya sebulan setelah terjadinya pembuahan, tetapi ada juga yang merasakannya lebih cepat.

    5. Penciuman lebih sensitif
    Pada trimester pertama, banyak ibu hamil yang merasa penciumannya lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Ada yang mual mencium bau masakan tertentu atau wangi parfum. Belum diketahui alasan ilmiah gejala ini, tapi mungkin terjadi karena meningkatnya kadar estrogen secara drastis dalam sistem tubuh.

    7. Suhu tubuh naik
    Bila pada awal kehamilan Anda mengukur suhu tubuh, Anda akan menyadari suhu tubuh Anda meningkat jadi lebih hangat.
    aduhh,,,
    bingung
    ini 8 tanda kehamilan tp
    5 diantaranya justru tanda2 PMS-ku
    Love is not finding someone to live, its finding someone you can't live without

  5. #5
    Senior Contributor anonymous's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    /dev/random
    Posts
    7,049
    Rep Power
    17

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    waaaaaa....gue penciumannya sensitif banget
    sering pipis juga,cepat lelah terutama setelah lari2 3 km...

    kira2 hamil gak ya???
    aduh, tante ini... semua orang juga cape kalau habis lari-lari 3 km
    saya ga mau komentar lebih panjang lagi, takut puasa batal komentarnya ntar aja habis buka... i'll be back
    И у стен бывают уши

  6. #6
    unn
    unn is offline
    Senior Member unn's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    somewhere between Bogor and Bandung
    Posts
    1,116
    Rep Power
    8

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Terimakasih atas apresiasinya...
    Kalo istri saya sendiri sih secara jelasnya saya gak tau pasti, namun saya rasakan hampir semuanya dilakukan.
    1. Tidak datang haid padahal sudah waktunya
    2. Suka mual2
    3. Merasa sering pusing & lemas
    4. Periksa ke dokter/bidan untuk tes kehamilan (pake tester kehamilan)
    5. dst...
    Nah.., kamu sendiri gimana...??
    Wah..., kalo aku sich mendapat gejala2 seperti point 2 dan 3, biasanya suami yang lebih cepat tanggap!
    Tau gak Marshal..? Suami aku cepet2 ngasi uang belanja tambahan!!
    Hi..hi..hi...
    Salam buat istri tercinta yaa...

  7. #7
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,469
    Rep Power
    5

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    haha yang ini bisa aja caranya....

    Quote Originally Posted by unn View Post
    ...Tau gak Marshal..? Suami aku cepet2 ngasi uang belanja tambahan!! Hi..hi..hi...
    ..

  8. #8
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    mengetahui tanda kehamilan sangat diperlukan. agar dapat mengubah pola hidup dan pola makan kita...

  9. #9
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    wah.. biasanya kaya gitu ya.??
    udah pasti kan kalo ada tanda2 kaya gitu , seorang perempuan hamil..??

  10. #10
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,408
    Rep Power
    16

    Re: 8 Tanda Kehamilan

    yang pasti peutnya melendung kali ya..

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO