Page 2 of 2 FirstFirst 12
Results 11 to 18 of 18

Thread: biaya notaris


  1. #11
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,621
    Rep Power
    10

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by chece View Post
    iya dia mang nggak boleh ngurus di luar wilayahnya...tapi kan dia ada temennya si temen yang punya temen gt deh hehehehehhe
    ya catatannya kan emang untuk yang surat2nya nggak lengkap....
    jangan beli yg kasus gitu, nanti dibelakang hari masalah. mungkin surat2nya sudah digandakan. hati hati
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  2. #12
    Senior Member dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    1,951
    Rep Power
    8

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    NJOP di bawah 100jt tidak kena pajak. jadi klu NJOP kmu 150jt harusnya yg bayar itu cuma 50 jt aja (sesudah di kurangi 100jt).

    sebagai perbandingan sy pernah beli tanah 391jt di bandung dan biaya total yg dibayarkan ke notaris +/- 7jt. berhubungan dengan notaris memang rada puyeng, tapi kalau kita lihat objek yg kita beli dan uang kita yg keluar kayaknya cukup berimbang kan? jadi menurutku kmu tidak kena tipu.

    kasus sy yg di atas itu pajak di bagi dua antara penjual dan pembeli.
    klu kita beli tanah/rumah pajaknya bisa didiskusikan. tapi biasanya sipenjual sih mau terima bersih aja.

    yg sy tau trik dari notaris sy itu untuk mendapat uang lebih adalah dengan menaikkan nilai NJOP. susahnya kita tidak tau NJOP yg sebenarnya (gak tau harus cek kemana).

    NJOP di liat dari surat PBB nya. kalau notaris mau maen dari NJOP saya kira tidak bisa karena kita juga tau nilai NJOP nya kita sendiri berapa dari PBB tersebut.
    dan nantinya bukti setoran pajak nya juga kita akan dapat SSB nya sebagai dasar pelaporan pajak tahunan kalau sewaktu waktu ada pemeriksaan
    I lovee youuu bebeb....

  3. #13
    Newbie hendry's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    yogyakarta
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by dung_dung View Post
    AJB sama APHT sama gak ya ?
    NJOP ku sekitar 150 juta, kalau 1 % nya ya sekitar segituan ya
    kebetulan saya notaris... ajb itu singkatan untuk akta jual beli... apht itu singkatan dari akta pemasangan hak tanggungan yang akan digunakan jika anda akan menjaminkan tanah dan atau bangunan ke bank maka oleh pihak bank anda diminta persetujuan untuk menjaminkan tanah dan atau bangunannya
    besarnya biaya nya tergantung nilai kredit atau transaksi jual belinya...
    untuk daerah tertentu seperti jakarta yang digunakan harga NJOP yang bisa kita lihat di sppt pbb tanah dan atau bangunan yang tiap tahun kita bayar.
    namun ada daerah tertentu seperti di yogyakarta NJOP nya lebih rendah dari harga pasar jadi harga transaksinya biasanya dinaikkan dari harga NJOP atau diturunkan dari harga trransaksi sebenarnya untuk menghindari membayar pajak lebih mahal... gitu

  4. #14
    Newbie hendry's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    yogyakarta
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    NJOP di bawah 100jt tidak kena pajak. jadi klu NJOP kmu 150jt harusnya yg bayar itu cuma 50 jt aja (sesudah di kurangi 100jt).

    sebagai perbandingan sy pernah beli tanah 391jt di bandung dan biaya total yg dibayarkan ke notaris +/- 7jt. berhubungan dengan notaris memang rada puyeng, tapi kalau kita lihat objek yg kita beli dan uang kita yg keluar kayaknya cukup berimbang kan? jadi menurutku kmu tidak kena tipu.

    kasus sy yg di atas itu pajak di bagi dua antara penjual dan pembeli.
    klu kita beli tanah/rumah pajaknya bisa didiskusikan. tapi biasanya sipenjual sih mau terima bersih aja.

    yg sy tau trik dari notaris sy itu untuk mendapat uang lebih adalah dengan menaikkan nilai NJOP. susahnya kita tidak tau NJOP yg sebenarnya (gak tau harus cek kemana).
    sebenarnya tidak begitu sulit koq asal kita tau berapa harga transaksinya atau jual beli maka jika lebih dari 60 juta tinggal penjual mengalikan dengan 5% itu adalah kewajiban pajaknya sedangkan pembeli tergantung daerahnya dimana tapi paling tinggi pajaknya sebesar pajak penjual
    sedangkan untuk biaya baliknama dan sejenisnya yang akan dipergunakan untuk mengalihkan nama dari penjual kepada pembeli maksimal notaris boleh menarik sebesar 1 %. just it

  5. #15
    Senior Member dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    1,951
    Rep Power
    8

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by hendry View Post
    kebetulan saya notaris... ajb itu singkatan untuk akta jual beli... apht itu singkatan dari akta pemasangan hak tanggungan yang akan digunakan jika anda akan menjaminkan tanah dan atau bangunan ke bank maka oleh pihak bank anda diminta persetujuan untuk menjaminkan tanah dan atau bangunannya
    besarnya biaya nya tergantung nilai kredit atau transaksi jual belinya...
    untuk daerah tertentu seperti jakarta yang digunakan harga NJOP yang bisa kita lihat di sppt pbb tanah dan atau bangunan yang tiap tahun kita bayar.
    namun ada daerah tertentu seperti di yogyakarta NJOP nya lebih rendah dari harga pasar jadi harga transaksinya biasanya dinaikkan dari harga NJOP atau diturunkan dari harga trransaksi sebenarnya untuk menghindari membayar pajak lebih mahal... gitu
    ehm maksud nya di naikan dari NJOP kenapa yah ?
    kalau tidak salah misal harga rumah 200 juta sedang NJOP 100 juta, maka biar bayar pajak nya murah pake dasar NJOP yaitu 100 juta x tarip nya. betul gak ?
    terus besar nya apht berapa persen ? misal kalau akad kreditnya 270 juta gitu berapa nominal nya yah?
    I lovee youuu bebeb....

  6. #16
    Newbie hendry's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    yogyakarta
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by dung_dung View Post
    ehm maksud nya di naikan dari NJOP kenapa yah ?
    kalau tidak salah misal harga rumah 200 juta sedang NJOP 100 juta, maka biar bayar pajak nya murah pake dasar NJOP yaitu 100 juta x tarip nya. betul gak ?
    terus besar nya apht berapa persen ? misal kalau akad kreditnya 270 juta gitu berapa nominal nya yah?
    dinaikkan dari NJOP karena kantor pajak tau bahwa harga pasar (transaksi) biasanya jauh lebih tinggi dari harga NJOP yang ada di PBB karena biasanya penjual maupun pembeli tidak mau membayar pajak penjual dan pajak pembelinya sesuai harga transaksi karena BESAR sehingga diambil cara menaikkan nilai transaksi di atas NJOP tapi masih di bawah harga transaksi yang sebenarnya tapi ini beresiko karena bisa dianggap menggelapkan pajak hanya selama ini petugas pajak tidak mudah untuk membuktikannya

    besarnya apht tergantung ketentuan dari masing-masing perbankan yang progresif, kalo 270 juta PALING TINGGI biayanya 2,7 juta itu diluar biaya notaris/PPAT dan biaya bank lainnya

  7. #17
    Senior Member dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    1,951
    Rep Power
    8

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by hendry View Post
    dinaikkan dari NJOP karena kantor pajak tau bahwa harga pasar (transaksi) biasanya jauh lebih tinggi dari harga NJOP yang ada di PBB karena biasanya penjual maupun pembeli tidak mau membayar pajak penjual dan pajak pembelinya sesuai harga transaksi karena BESAR sehingga diambil cara menaikkan nilai transaksi di atas NJOP tapi masih di bawah harga transaksi yang sebenarnya tapi ini beresiko karena bisa dianggap menggelapkan pajak hanya selama ini petugas pajak tidak mudah untuk membuktikannya

    besarnya apht tergantung ketentuan dari masing-masing perbankan yang progresif, kalo 270 juta PALING TINGGI biayanya 2,7 juta itu diluar biaya notaris/PPAT dan biaya bank lainnya
    oh gitu yah...berarti sekarang sudah beda yah...5 tahun yang lalu aku pernah beli rumah tapi pajak nya pake NJOP supaya bayar pajak nya ya itu sih lebih kecil...
    I lovee youuu bebeb....

  8. #18
    Newbie hendry's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    yogyakarta
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by dung_dung View Post
    oh gitu yah...berarti sekarang sudah beda yah...5 tahun yang lalu aku pernah beli rumah tapi pajak nya pake NJOP supaya bayar pajak nya ya itu sih lebih kecil...
    sebenarnya tidak berubah, hanya daerah-daerah tertentu seperti jakarta nilai NJOP nya hampir sama dengan harga pasar jadi tidak perlu dinaikkan dari NJOP nya

Page 2 of 2 FirstFirst 12

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO