Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 18

Thread: biaya notaris


  1. #1
    Contributor dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    1,951
    Rep Power
    8

    biaya notaris

    ada yang tahu biaya notaris untuk akta jual beli rumah ?
    aku barusan membayar dengan rincian
    biaya notaris Rp. 250.000 ,-
    biaya akta jual beli Rp. 1.250.000 ,-
    biaya APHT Rp. 1.000.000,-

    total 2,500.000
    wajar gak ya
    Last edited by dung_dung; 04-03-09 at 08:47 AM.
    I lovee youuu bebeb....

  2. #2
    Beginner gubernur-DKI's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    95
    Rep Power
    7

    Re: biaya notaris

    Tiap kota mungkin beda tarif untuk biaya notaris.
    Aku liat dicatatanku kalo biaya AJB=1% dari NJOP

  3. #3
    Contributor dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    1,951
    Rep Power
    8

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by gubernur-DKI View Post
    Tiap kota mungkin beda tarif untuk biaya notaris.
    Aku liat dicatatanku kalo biaya AJB=1% dari NJOP
    AJB sama APHT sama gak ya ?
    NJOP ku sekitar 150 juta, kalau 1 % nya ya sekitar segituan ya
    I lovee youuu bebeb....

  4. #4
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,621
    Rep Power
    10

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by dung_dung View Post
    AJB sama APHT sama gak ya ?
    NJOP ku sekitar 150 juta, kalau 1 % nya ya sekitar segituan ya
    NJOP di bawah 100jt tidak kena pajak. jadi klu NJOP kmu 150jt harusnya yg bayar itu cuma 50 jt aja (sesudah di kurangi 100jt).

    sebagai perbandingan sy pernah beli tanah 391jt di bandung dan biaya total yg dibayarkan ke notaris +/- 7jt. berhubungan dengan notaris memang rada puyeng, tapi kalau kita lihat objek yg kita beli dan uang kita yg keluar kayaknya cukup berimbang kan? jadi menurutku kmu tidak kena tipu.

    kasus sy yg di atas itu pajak di bagi dua antara penjual dan pembeli.
    klu kita beli tanah/rumah pajaknya bisa didiskusikan. tapi biasanya sipenjual sih mau terima bersih aja.

    yg sy tau trik dari notaris sy itu untuk mendapat uang lebih adalah dengan menaikkan nilai NJOP. susahnya kita tidak tau NJOP yg sebenarnya (gak tau harus cek kemana).
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  5. #5
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    6,972
    Rep Power
    13

    Re: biaya notaris

    bukannya cek nilai NJOP tinggal tanya ke kantor Pajak bagian PBB?
    ya itu buat NJOP Pajak sih.....tapi paling nggak kan tau kisarannya
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  6. #6
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,621
    Rep Power
    10

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by chece View Post
    bukannya cek nilai NJOP tinggal tanya ke kantor Pajak bagian PBB?
    ya itu buat NJOP Pajak sih.....tapi paling nggak kan tau kisarannya
    bisa jadi....tapi males hehehe. sebenarnya kalo si notaris gak ambil banyak2 amat sih gak masalah. krn kalau kita terlalu menekan soal ini doi bisa memperlambat kelarnya surat2 (ini juga berabe kan)
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  7. #7
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    6,972
    Rep Power
    13

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    bisa jadi....tapi males hehehe. sebenarnya kalo si notaris gak ambil banyak2 amat sih gak masalah. krn kalau kita terlalu menekan soal ini doi bisa memperlambat kelarnya surat2 (ini juga berabe kan)
    hehehehhehe dasar pemalas hehehhehe
    makanya jangan pake notaris yang dah punya nama gede
    termasuk kalo misal surat2 nggak lengkap...asal berani bayar harga....
    notaris yang masih baru jadi...biasanya mau biar beda kota juga...diurusin sampe beres res res....
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  8. #8
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: biaya notaris

    Hampir sama lah.
    Untuk Jawa Tengah (Purwokerto tahun 2008), Biaya notaris Rp. 250.000,-
    Yah total2 nggak sampe 3jt untuk tanah kosong saja ukuran >2000m.
    Kemudian biaya transfer sertifikat dari girik ke hak milik (SHM) sekitar 1jt.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  9. #9
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,621
    Rep Power
    10

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by chece View Post
    hehehehhehe dasar pemalas hehehhehe
    makanya jangan pake notaris yang dah punya nama gede
    termasuk kalo misal surat2 nggak lengkap...asal berani bayar harga....
    notaris yang masih baru jadi...biasanya mau biar beda kota juga...diurusin sampe beres res res....
    tanah itu kekuatan hukumnya kuat dan bisa diwariskan turun temurun jadi ga apa2lah keluar uang dikit pakai notaris besar yg memang gakkan ngacir kalo ada masalah hehehe.

    setau sy notaris tidak boleh lho mengurus surat2 yg bukan wilayah kerjanya?
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  10. #10
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    6,972
    Rep Power
    13

    Re: biaya notaris

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    tanah itu kekuatan hukumnya kuat dan bisa diwariskan turun temurun jadi ga apa2lah keluar uang dikit pakai notaris besar yg memang gakkan ngacir kalo ada masalah hehehe.

    setau sy notaris tidak boleh lho mengurus surat2 yg bukan wilayah kerjanya?
    iya dia mang nggak boleh ngurus di luar wilayahnya...tapi kan dia ada temennya si temen yang punya temen gt deh hehehehehhe
    ya catatannya kan emang untuk yang surat2nya nggak lengkap....
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0