Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 19

Thread: Atap Rumah


  1. #1
    Junior Member m1ngk3's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Indonesia, Jakarta
    Posts
    195
    Rep Power
    6

    Question Atap Rumah

    Guys... ada yang ngerti tetang atap rumah nggak ?

    Sebenarnya lebih bagus menggunakan atap kayu atau atap baja ringan.
    Dan biaya lebih murah yang mana ya ?


    Thx

    Every single of your ego has its own consequences.

  2. #2
    Contributor Swan's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Surabaya & Australia
    Posts
    4,387
    Rep Power
    16

    Re: Atap Rumah

    Quote Originally Posted by m1ngk3 View Post
    Guys... ada yang ngerti tetang atap rumah nggak ?

    Sebenarnya lebih bagus menggunakan atap kayu atau atap baja ringan.
    Dan biaya lebih murah yang mana ya ?


    Thx
    menurut tabloid Rumah sih lebih bagus kalau menggunakan atap baja ringan (galvalum). selain lebih tahan lama, secara desain juga lebih bagus dan kokoh. mungkin kelemahannya harganya yang lebih mahal daripada kayu.

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Mar 2009
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Atap Rumah

    justru setahu saya harga atap baja ringan lebih murah dari kayu. makanya rumah2 sekarang banyak yang menggunakan baja ringan. kayu mahal setelah illegal logging diburu2.

  4. #4
    Contributor Swan's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Surabaya & Australia
    Posts
    4,387
    Rep Power
    16

    Re: Atap Rumah

    Quote Originally Posted by tobias View Post
    justru setahu saya harga atap baja ringan lebih murah dari kayu. makanya rumah2 sekarang banyak yang menggunakan baja ringan. kayu mahal setelah illegal logging diburu2.
    Nggak sepenuhnya bener bro. sekarang ini dilihat dari jenis galvalumnya juga, kalau yang ecek2 mah murah. tapi kalau yang kelas wahid harga bisa jauh lebih mahal dari kayu. disurabaya contohnya, pemasangan galvalum bisa bervariasi (tergantung jenis dan model atapnya), yang murah sih cuma 175.000/meter persegi. Tapi kalau yang kelas bisa 400.000 permeter persegi.

  5. #5
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Atap Rumah

    Quote Originally Posted by Cicilia, FL, + ND, USA View Post
    Menurut saya, tergantung di mana rumah yang akan di bangun, kalau disini kayu lebih bagus dan mahal...Tetapi kalau di Indonesia tentunya kayu lebih murah dari pada baja ringan (galvalum), harus di pikirkan juga dengan mempergunakan baja, ruang rumah akan terlalu panas di bandingkan dengan mempergunakan kayu atap.
    Jadi in the long run, harganya akan sama saja, di karenakan harus memakai air cinditioner untuk meneduhkan suhu ruang rumah...


    benar Cici, asal kita harus memilih kayu yang berkualitas tinggi, rumah gw. sejak tahun 84 itu kayu masih kuat dan kokoh, asal sebelum dipasang kayu di proteksi dulu sama anti rayap.
    keuntungan kayu, kalau ada masalah di atap kita tidak khawatir berjalan diatasnya, sebaliknya bahan baja/allumunium itu riskan kalau kita naik keatas.
    yah itu hanya masukan saja dari gw.
    kayu yang berkualitas itu akan kuat asal tidak kena air hujan, kena panas semakin kinclong.

  6. #6
    Senior Member plum's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    your side
    Posts
    1,437
    Rep Power
    9

    Re: Atap Rumah

    Quote Originally Posted by m1ngk3 View Post
    Guys... ada yang ngerti tetang atap rumah nggak ?

    Sebenarnya lebih bagus menggunakan atap kayu atau atap baja ringan.
    Dan biaya lebih murah yang mana ya ?


    Thx
    kalau dihitung secara keseluruhan jelas lebih murah baja ringan.kalo kayu mungkin harga masi relatif lebih murah untuk wilayah di indo untuk awalnya..tapi tolong diperhitungkan juga biaya perawatan tiap tahunnya mesti cat anti rayap blm biaya tukang yg lama
    kalo baja ringan mungkin awalnya lebih mahal sedikit dr kayu tp free maintenance dan life time..tp ingat harus pintar dalam memilih produk karena sekarang banyak baja ringan yg asal2an pasangnya harus mencari produk yg bonafid dan punya garansi konstruksi..
    ( info lebih lanjut silakan pm saya aja yaa...)

    Quote Originally Posted by Cicilia, FL, + ND, USA View Post
    Menurut saya, tergantung di mana rumah yang akan di bangun, kalau disini kayu lebih bagus dan mahal...Tetapi kalau di Indonesia tentunya kayu lebih murah dari pada baja ringan (galvalum), harus di pikirkan juga dengan mempergunakan baja, ruang rumah akan terlalu panas di bandingkan dengan mempergunakan kayu atap.
    Jadi in the long run, harganya akan sama saja, di karenakan harus memakai air cinditioner untuk meneduhkan suhu ruang rumah...
    maaf sist saya tidak setuju untuk hal ini,,,atap baja ringan tidak berpengaruh terhadap panas dalam ruangan secara atap baja ringan kan cm rangkanya aja...menurut saya yg pengaruh panas atau tidaknya ruangan dalam rumah ya tergantung gentengnya sebagai penutup atapnya...kalo gentengnya seng jelas panas tp kalo genteng keramik atau beton saya pikir tidak ada masalah... hehe
    mo eksis?? jangan lebay plisss !!!

  7. #7
    Senior Member plum's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    your side
    Posts
    1,437
    Rep Power
    9

    Re: Atap Rumah

    Quote Originally Posted by andir View Post
    benar Cici, asal kita harus memilih kayu yang berkualitas tinggi, rumah gw. sejak tahun 84 itu kayu masih kuat dan kokoh, asal sebelum dipasang kayu di proteksi dulu sama anti rayap.
    keuntungan kayu, kalau ada masalah di atap kita tidak khawatir berjalan diatasnya, sebaliknya bahan baja/allumunium itu riskan kalau kita naik keatas.
    yah itu hanya masukan saja dari gw.
    kayu yang berkualitas itu akan kuat asal tidak kena air hujan, kena panas semakin kinclong.
    kenapa mesti takut sist??kalo masalahnya cm di listrik takut kesetrum bukannya kabel2 listrik di rumah2 itu sudah dibungkus pake pipa 2 inch yaa??jadi ya no prob lagi hehe
    mo eksis?? jangan lebay plisss !!!

  8. #8
    Senior Member red_devil's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    2,126
    Rep Power
    8

    Re: Atap Rumah

    kalau untuk kelestarian hutan
    sebaiknya pakai baja ringan saja
    memang ada plus minusnya

    terserah saja
    kalau aku saranin pakai
    baja ringan

  9. #9
    Newbie -'YAKUZA'-'s Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Hiroshima
    Posts
    46
    Rep Power
    0

    Re: Atap Rumah

    Atap terdiri dari Rangka Atap dan Penutup Atap,

    Untuk Rangka Atap, dengan keterbatasan kayu, saat ini lebih condong mengunakan bahan logam ringan yang antara lain galvalum, dan zincalum, yang mudah dirakit (smartruss). Mulai dari kuda2 sampai reng / dudukan penutup atap.
    Dari segi harga bervariasi rangka atap metal pun ada kelasnya, kayupun bervariasi dari jenis kayu yang dipake.

    Untuk bahan penutup atap banyak variasinya berupa genteng beton yang meredam panas, sampe genteng Metal.

    Semoga membantu.
    Tatto Is Not Crime

  10. #10
    Senior Member gueIshit's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jogja
    Posts
    1,490
    Rep Power
    7

    Re: Atap Rumah

    kalau sudah dapat barangnya, difoto ya! biar kita bisa lihat dan jadi lebih tau, atap baja itu opo? aku endak tau e.... yang aku tau, atap rumahku bocor tu! kalau nggak salah pake eternit.

    apa perbedaan antara eternit, atap baja, dan atap kayu? hihi... LOL
    AMD dech! (sok tau)
    Yang benar-benar benar... ya Intel! (makin sok tau)

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO