Results 1 to 4 of 4

Thread: Cara Mengawetkan Kayu


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Sep 2012
    Location
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
    Posts
    143
    Rep Power
    3

    Thumbs up Cara Mengawetkan Kayu



    Pengawetan kayu merupakan metode untuk menambah tingkat keawetan dari kayu dengan perlakuan fisik maupun kimia. Pengawetan kayu bertujuan untuk menambah umur pakai kayu lebih lama, terutama kayu yang dipakai untuk material bangunan atau perabot luar ruangan, karena penggunaan tersebut yang paling rentan terhadap degradasi kayu akibat serangga/organisme maupun faktor abiotis (panas, hujan, lembab).


    Kimia Pengawet Kayu
    Pada masa sekarang ini, tindakan pengawetan kayu dirasakan sangat penting oleh setiap pemakainya. Tindakan pengawetan dapat diartikan sebagai kegiatan untuk memperpanjang umur pakai kayu baik secara kimia maupun fisika dengan cara meningkatkan ketahanannya terhadap serangga perusak, kembang-susut akibat perubahan kandungan air, dan sebagainya.
    Kali ini kita akan membahas bagaimana metode dan cara pengawetan kayu. Ini akan sangat berguna buat Anda yang bergelut di dunia bangunan berbahan kayu. Karena kayu, terutama kelas tertentu, akan menjadi lebih kuat kalau diawetkan dengan cara yang benar, dan untuk jangka panjangnya berdampak pada hematnya pemakaian kayu sehingga mendukung program green.
    Sebelum membahas metode dan cara pengawetan kayu lebih jauh, mari kita lihat dulu klasifikasi kelas awet kayu :


    Kelas Awet Kayu
    Kayu dikategorikan ke dalam beberapa kelas awet :

    - Kelas awet I (sangat awet), misal : kayu sonokeling, jati
    - Kelas awet II (awet), misal : kayu merbau, mahoni
    - Kelas awet III (kurang awet), misal : kayu karet, pinus
    - Kelas awet IV (tidak awet), misal : kayu sengon
    - Kelas awet V (sangat tidak awet)
    Dalam SNI 03-5010.1-1999, hanya kayu dengan kelas awet III, IV dan V lah yang memerlukan pengawetan, tetapi pada keperluan tertentu, bagian kayu gubal dari kayu kelas awet I dan II juga perlu diawetkan.


    Metode Pengawetan
    Beberapa macam metode pengawetan kayu yang telah dikenal luas oleh masyarakat kita adalah : perendaman, laburan, rendaman panas dan dingin, dan vacum tekan. Pada daerah yang tidak terdapat alat vacum tekan, metode rendaman panas dingin merupakan metode yang paling efektif. Proses pengawetan rendaman panas dan dingin diawali dengan merendam kayu pada larutan pengawet panas (80 derajat celcius sampai dengan 113 derajat celcius) sehingga udara pada pori-pori kayu akan mengembang. Kayu yang sudah direndam panas, kemudian dimasukkan pada larutan pengawet dingin. Udara yang tadinya mengembang, kemudian akan mengerut dan menarik larutan pengawet masuk ke dalam kayu. Proses rendaman panas dan dingin dapat juga dilakukan dalam satu bak / tempat.


    Metode vacum tekan sangat disenangi untuk keperluan komersial, karena sangat efisien dan efektif ( masuknya bahan pengawet ke kayu bisa lebih dalam dan merata ). Kayu dan larutan pengawet dimasukkan ke dalam silinder besi horisontal, dengan tekanan tertentu (sampai dengan 10 atm ) larutan pengawet dipaksa masuk ke dalam kayu. Besarnya tekanan yang diberikan dan lamanya penekanan sangat dipengaruhi oleh jenis kayu dan bahan pengawetnya. Pada metode ini, dikenal istilah full-cell process dan empty-cell process. Metode full-cell process memiliki penetrasi yang lebih besar karena bahan pengawet akan mengisi rongga-rongga sel kayu secara penuh. Sedangkan pada metode empty-cell process, bahan pengawet tidak masuk hingga rongga-rongga sel tetapi hanya menempel di dinding sel saja.


    Perlindungan Terhadap Serangga dan Rayap
    Salah satu serangga perusak kayu dengan daya rusak kayu yang luas adalah rayap. Rayap adalah serangga yang hidup secara berkoloni. Rayap terbagi atas tiga jenis yaitu : rayap tanah, rayap kayu kering, dan rayap kayu basah. Rayap tanah biasanya menjadi ancaman yang sangat serius bagi konstruksi bangunan dan peralatan yang terbuat dari kayu.
    Perlindungan bangunan terhadap rayap dapat dilakukan dengan cara penyemprotan bahan ternitisida pada tanah ketika bangunan akan didirikan dan pengawetan komponen kayu. Pada saat ini bahan-bahan termitisida telah banyak diproduksi dalam beberapa merk dagang. Hali yang perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis termitisida adalah kepastian tidak mencemari lingkungan dan tidak berbahaya terhadap makhluk hidup selain rayap. Pengawetan kayu dapat dilakukan menggunakan bahan pengawet yang larut dalam air seperti garam Tanalith dan Diffusol CB telah banyak diproduksi. Bahan pengawet ini umumnya berbahan dasar copper, chrom, dan boron. Kayu yang diawetkan dengan bahan diffusol CB akan berubah warna menjadi hijau setelah dikeringkan.


    Oh ya, buat Anda yang tidak mau direpotkan dengan tetek bengek pengawetan kayu, kenapa tidak segera meninggalkan kayu dalam pemakaian material bangunan. Alternatif terbaik dan hemat adalah dengan menggunakan rangka baja ringan untuk rangka atap dan plafond, dan bahan aluminium kaca untuk kusen, pintu dan jendela. Dengan demikian Anda telah berperan dalam upaya mencegah penggundulan hutan dan program green. Sekecil apapun peran Anda, pasti akan sangat bernilai bagi anak cucu kita.



  2. #2
    Senior Member anaktasik's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    tasikmalaya
    Posts
    1,195
    Rep Power
    0

    Re: Cara Mengawetkan Kayu

    hilangkan kandungan airnya, itu yang saya tahu

  3. #3
    Contributor bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,504
    Rep Power
    5

    Re: Cara Mengawetkan Kayu

    dengan cara apa ya biasanya., dijemur biasa kah........?

    Quote Originally Posted by anaktasik View Post
    hilangkan kandungan airnya, itu yang saya tahu

  4. #4
    Beginner nikitaanniss's Avatar
    Join Date
    Jan 2014
    Posts
    62
    Rep Power
    1

    Re: Cara Mengawetkan Kayu

    wah, makasi tipsnya. sangat bermanfaat

    Contoh desain rumah minimalis modern dan unik

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0