Results 1 to 6 of 6

Thread: ppjb vs ajb


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    May 2009
    Posts
    15
    Rep Power
    0

    Question ppjb vs ajb

    fren,
    mo tanya nih.. gw baru2 aja mo beli rumah. seken sih. nah yang gw bingung tuh si penjual belum punya ajb. baru ada ppjb. pengurusan dari ppjb ke ajb itu gimana ya? trus makan duit gede ga tuh?
    please info ya..

    thanks

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    29
    Rep Power
    0

    Re: ppjb vs ajb

    Penjual dah punya Surat Hak Milik ato Surat Hak Guna Bangunan atas nama dia belum ?

    Maksudnya baru punya PPJB itu apa ? cuman perjanjian jual beli di atas materai gitu ??

  3. #3
    Contributor antoderman's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Retired
    Posts
    2,990
    Rep Power
    10

    Re: ppjb vs ajb

    Quote Originally Posted by awidjaja View Post
    fren,
    mo tanya nih.. gw baru2 aja mo beli rumah. seken sih. nah yang gw bingung tuh si penjual belum punya ajb. baru ada ppjb. pengurusan dari ppjb ke ajb itu gimana ya? trus makan duit gede ga tuh?
    please info ya..

    thanks
    Selengkapnya dari Pedoman Pengikatan Jual Beli (PPJB) ke Akta Pengikatan Jual Beli (APJB) bisa melihat

    Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat No : 09/KPTS/M/1995 tanggal 23 Juni 1995 tentang PEDOMAN PENGIKATAN JUAL BELI RUMAH.

    Menurut ketentuannya,

    Pembeli telah membayar lunas seluruh harga Tanah dan Bangunan Rumah beserta pajak dan biaya-biaya lainnya yang berkaitan dengan itu dan proses permohonan Hak Guna Bangunan atas tanah sudah selesai diproses dan sertifikat Hak Guna Bangunan terdaftar atas nama Penjual maka barulah Akta Jual Beli dapat ditandatangani oleh Penjual dan Pembeli di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

    Pada saat melangsungkan jual beli Tanah dan Bangunan Rumah di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan atau pada waktu melangsungkan pengikatan di hadapan Notaris. Pembeli wajib membawa dan memperlihatkan asli surat-surat berikut kuitansi mengenai pembayaran harga Tanah dan Bangunan Rumah beserta biaya-biaya lainnya yang berkaitan dengan itu
    Sangat Tersiksanya Ibu Yg Cinta & Mengabdi Utk Bangsa Adalah Bukti Rendahnya HAM Masyarakat

  4. #4
    Newbie hendry's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    yogyakarta
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: ppjb vs ajb

    Quote Originally Posted by awidjaja View Post
    fren,
    mo tanya nih.. gw baru2 aja mo beli rumah. seken sih. nah yang gw bingung tuh si penjual belum punya ajb. baru ada ppjb. pengurusan dari ppjb ke ajb itu gimana ya? trus makan duit gede ga tuh?
    please info ya..

    thanks
    caranya pak lihat dulu bener ga obyek yang akan dibeli seperti yang tercantum di sertifikatnya?.... sebagian orang membuat ppjb karena berusaha menghindari pajak ganda karena tidak mau langsung di baliknama karena akan dijual kembali....
    ppjb menjadi dasar dibuatnya ajb jika ppjb diikuti dengan kuasa untuk menjual artinya pemegang ppjb telah membeli tanah itu dengan lunas...
    pak tinggal datang aja ke PPAT bawa segala dokumen yang ada untuk baliknama....PPAT akan membuat ajbnya.....
    biaya tergantung harga transaksinya.....biasanya 1% tambah biaya pengurusan.....

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    May 2009
    Posts
    15
    Rep Power
    0

    Re: ppjb vs ajb

    sip deh thanks to all ya

  6. #6
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,246
    Rep Power
    4

    Re: ppjb vs ajb

    yup sebaiknya dipertimbangkan juga ya, saat mau membeli properti...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0