Surabaya sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Sebagai pusat bisnis, perdagangan, industri dan pendidikan di wilayah kawasan Indonesia timur, Surabaya seakan tidak pernah sepi dari aktifitas perekonomian layaknya kota metropolitan. Membaiknya kondisi perekonomian di Jawa Timur juga memacu pertumbuhan bisnis properti, terutama di Surabaya, sebagai pusat pemerintahan provinsi. Menurut perhitungan Area Analytics berdasarkan data UrbanIndo.com, sejak Bulan Agustus 2012 hingga Februari 2013 pemasaran properti untuk daerah Surabaya selalu mengalami peningkatan setiap bulannya, di akhir bulan Februari 2013 total properti yang dipasarkan mencapai 1019 properti. Dari total 1019 properti tersebut didapat data rumah dijual sebanyak 687 buah,tanah 168, ruko 70, apartemen 55dan komersial proeprti sebanyak 48 properti.


Perkembangan harga properti di daerah Surabaya juga mengalami beberapa perubahan, untuk rumah misalnya, pada bulan Februari 2013 harga rata-rata berada di angka Rp 6,8 juta / m2, harga ini naik 6,6% dari bulan Desember 2012. Sedangkan untuk harga tanah mengalami kenaikan 18% antara akhir bulan November 2012 sampai bulan Februari 2013, kenaikan harga properti ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Surabaya sangat tinggi sehingga berpengaruh terhadap permintaan rumah dan tanah. Secara keseluruhan menurut analisa properti dari data UrbanIndo.com harga properti di daerah Surabaya pada tahun trisemester awal meningkat sebesar 12% dibanding dengan tahun 2012.


Sedangkan perhitungan pengunjung pencari properti di daerah Surabaya berdasarkan data dari UrbanIndo.com didominasi oleh pencari rumah sebesar 98%. Sedangkan perhitungan statistik untuk daerah asal pencari properti di dapatkan presentase 45,2% berasal dari daerah Surabaya 37,3% dari daerah Jakarta, 5,3% dari Semarang, sisanya meliputi kota-kota lain seperti:Yogyakarta, Lamongan, Surakarta, Bangka Belitung dan lain lain.




Untuk info selengkapnya bisa lihat di
http://www.urbanindo.com/guide/analy...20Jawa%20Timur