Page 3 of 6 FirstFirst 123456 LastLast
Results 21 to 30 of 52

Thread: Renovasi, Butuh IMB?


  1. #21
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    [quote=Simba;77746]Tanya lagi...

    Gue tahunya juga beberapa bulan yg lalu, habis di resehin orang p2b atau pb2, lupa saya. kalo saya kasusnya agak beda... bukan rumah,..

    Ijin renovasi beda ya, sama IMB...

    Beda....

    kalo ada penambahan dikit? misalnya kamar mandi belakang, penutup atasnya mau di cor, biar bisa taruh barang.. apakah cukup renovasi??

    Ngak usah dua2nya,...

    sebenarnya IMB itu giman sih??

    Sebelum bangunan dibangun harus dibuat gambar dulu, berdasarkan gambar itu kita apply IMB, setelah ada IMB baru boleh bangun bangunan. Dan berdasarkan IMB itu ditentukan PBB dan NJOP


    rumah ini kan sudah ada imb, kalo saya rubuhin semua, trus saya bagun baru, otomatis IMB lama nggak berlaku lagi dan butuh IMB baru.

    Yah,..


    tetapi misalnya kalo rumah lama dipertahankan, tetapi kita ada tambahan, misalnya kamar mandi mau di cor tutupnya, apakah kita cukup punya ijin renovasi? atau IMB tambahan? atau malah IMB baru??

    menurut aturan sih harus, karna gambar sudah tidak sesuai lagi dengan yang baru,...

    Tapi tidak ada rumah orang setelah 20 tahun masih sama dengan gambarnya.

    Saya kasih contoh, rumah saya beli dari orang, trus dibelakang rumah itu ada tanah kosong, lalu sama saya buat taman dan kolam ikan..
    pasti denahnya berubah, tapi apakah perlu diganti ?, menurut saya tidak, karna luas bangunan sama sekali tidak berubah.

    Gua paling hobby renovasi rumah,.ngak pernah minta ijin, kebetulan sopir saya bekas kepala tukang.

    waduh, maap aja aku banyak tanya, maklum, mbah google juga nggak bisa jawab sih, udah bolak balik web pemda dki, walikota, kecamatan, dll, nggak ada jawaban nih.

    RUmahmu ngak mungkin dibongkar, emang p2b ngak ada kerjaan... kecuali anda bongkar habis dan membuat rumah baru.
    Last edited by Mr.Shock; 29-05-08 at 12:20 AM.

  2. #22
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Waduh, Mr Shock, tq jawabannya nih

    Tetapi intinya, aku butuh ijin renovasi atau urus IMB baru, atau cuek aja, jalan tanpa ijin?

    Tapi setelah pikir2, aku akan renovasi sedikit saja (mengganti atap lama dengan yg baru dari bahan baja rangka ringan), aku batalkan pengecorannya. dan aku akan mulai minggu depan, tanpa ngurus surat.

  3. #23
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by Simba View Post
    Waduh, Mr Shock, tq jawabannya nih

    Tetapi intinya, aku butuh ijin renovasi atau urus IMB baru, atau cuek aja, jalan tanpa ijin?

    Tapi setelah pikir2, aku akan renovasi sedikit saja (mengganti atap lama dengan yg baru dari bahan baja rangka ringan), aku batalkan pengecorannya. dan aku akan mulai minggu depan, tanpa ngurus surat.

    CUEK AJA,...

    Kalo ada yang datang, pura2 bego aja,...

    Suruh dia yang ajarin kita... gimana semestinya.

  4. #24
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by Mr.Shock View Post
    CUEK AJA,...

    Kalo ada yang datang, pura2 bego aja,...

    Suruh dia yang ajarin kita... gimana semestinya.

    Ok, kalo ada yg datang, tunjukan kita nggak tau, minta masukan dari dia, buat mereka senang, dihargai, trus kasih sedikit tip, dan lanjut kerja terus

    OK!

  5. #25
    Contributor effendi's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    brigjen katamso
    Posts
    1,079
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Ah,...loe jangan nakut2in Simba,.. kasian dia

    Simba, loe kalo ngak nambah bangunan baru, mereka tidak bisa bongkar, lagian kalo memang ada masalah, loe kasih duit juga pasti lewat.

    Biasanya kalo yang dibongkar itu yang di tepi jalan, nah,.. kalo ini mereka tidak berani karna nyolok kalo ngak dibongkar.

    KAlo loe urus dikecamatan jauh lebih baik, enak tidur, enak makan, bukan ganti IMB, tapi ijin renovasi..
    suruh satpam di kompleks rumah loe aja. kasih goban[/quote]


    hajar simba.........
    bangun nyang mantabs....
    bang quinn

  6. #26
    Beginner wien's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    45
    Rep Power
    0

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Mo ikut nimbrung ya Simba...kayaknya Mr Schock tau banyak deh...
    Kalo status rumahnya masih KPR gimana mas?, kebetulan rumahku baru direnov total tampak depannya dan waktu direnov saya gak kepikiran banget harus merubah IMB...(pura-pura lupa sih...), pas saya tanya ke developer katanya IMB asli ada di bank, jadi gimana neh...soalnya renovnya tinggal finishing khan sayang kalo tiba-tiba harus dirubuhin sama petugas....(awas aja...)

  7. #27
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    yg ahlinya, Mr. Shock dari dinas tata kota tolong di jelasin ya. ada yg tanya.

    kalo sudah jadi, cuek aja, nggak usah urus imb lagi.

    kalopun mau urus, copy sertificate, dan akte jual beli, kalo bisa di stempel notaris, trus denah rumah, ajukan ke kecamatan. jangan lupa, pakai calo, kalo nggak, susahhhh sekali.

  8. #28
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by Simba View Post
    Ok, kalo ada yg datang, tunjukan kita nggak tau, minta masukan dari dia, buat mereka senang, dihargai, trus kasih sedikit tip, dan lanjut kerja terus

    OK!

    Hehehhehe,...... Itu dia.... musuhpun bisa jadi teman, apalagi ini jelas dia hanya mau duit saja..


    Pintar2 diplomasi deh,... semoga lancar renovasinya,...

  9. #29
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by wien View Post
    Mo ikut nimbrung ya Simba...kayaknya Mr Schock tau banyak deh...
    Kalo status rumahnya masih KPR gimana mas?, kebetulan rumahku baru direnov total tampak depannya dan waktu direnov saya gak kepikiran banget harus merubah IMB...(pura-pura lupa sih...), pas saya tanya ke developer katanya IMB asli ada di bank, jadi gimana neh...soalnya renovnya tinggal finishing khan sayang kalo tiba-tiba harus dirubuhin sama petugas....(awas aja...)

    Kalo udah selesai renovasi, orang p2b ngak mungkin lagi datang,.. ngak mungkin ada orang yang datang ke rumah kita nanyain IMB, Kecuali memang anda di incar... (musuh negara ).

    Apalagi IMB asli ama sertifikat masih di bank, lebih ngak ada masalah lagi, kalo dia ancam mau rubuhin, anda bilang aja ama dia, ntar orang bank yang nyari loe. mana berani dia ngelawan bank...

    Yang masalah itu ntar kalo mau jual, biasanya kalo rumah yang gede, mereka tidak mau beli kalo tidak sesuai IMB, atau kalo si pembeli mau KPR biasanya bank permasalahkan IMB dengan ukuran luas bangunan sesungguhnya...

    Bentar lagi gua mau buka konsultasi property sekaligus feng shui...

  10. #30
    Beginner wien's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    45
    Rep Power
    0

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Makasih ya Mr. Shock atas tanggapannya, boleh juga tuh buka konsultan property tapi jangan mahal-mahal ya...kalo bisa nyambi juga buka konsultasi jodoh...hehe..
    Trus yang masih bikin saya bingung, saya ngurus perubahan IMB-nya gimana? apa mesti ambil dulu ke bank? kita yang urus atau pihak developer?
    Btw kalo perumahan IMB-nya dibuat masing-masing per rumah apa di gabung jadi satu karna semua rumah khan bentuknya sama.
    Maaf ya banyak nanya abis nge-blank banget sih urusan kayak beginian.

Page 3 of 6 FirstFirst 123456 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0