Page 4 of 6 FirstFirst 123456 LastLast
Results 31 to 40 of 54

Thread: Renovasi, Butuh IMB?


  1. #31
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by wien View Post
    Makasih ya Mr. Shock atas tanggapannya, boleh juga tuh buka konsultan property tapi jangan mahal-mahal ya...kalo bisa nyambi juga buka konsultasi jodoh...hehe..
    Trus yang masih bikin saya bingung, saya ngurus perubahan IMB-nya gimana? apa mesti ambil dulu ke bank? kita yang urus atau pihak developer?
    Btw kalo perumahan IMB-nya dibuat masing-masing per rumah apa di gabung jadi satu karna semua rumah khan bentuknya sama.
    Maaf ya banyak nanya abis nge-blank banget sih urusan kayak beginian.

    Kalo kompleks dari developer, harus make sure dulu, apa IMB itu udah di "separate". INi bisa diketahu dari atas nama tagihan telpon atau Telpon,
    kalo udah atas nama anda sendiri berarti udah dipecah, kalo masih atas nama develoer besar kemungkinan belum di pecah.

    Sebaiknya anda konsultasi dengan developer untuk lebih jelasnya.

  2. #32
    Newbie
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    i live in bogor
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Terima kasih Pak.

    Pengalaman saya untuk urusan ijin mendirikan bangunan adalah
    petugas dari kecamatan atau kelurahan akan meninjau lokasi tanah dan bangunan bapak.

    Selanjutnya mereka melihat struktur bangunan yang sudah ada dan rencana
    renovasi bapak seperti apa. Misal bapak mau buat 2 lantai maka tetangga sebelah kanan atau kiri dan depan maupun belakang harus dimintai persetujuan terlebih dahulu dengan memberikan tanda tangan bahwa mereka tidak merasa terganggu.

    Dan pihak pemerintah akan membuat gambar ulang untuk menghitung NJOP rumah bapak karena ada perumbahan tanah dan bangunan yang otomatis merubah jumlah pajak yang harus bapak bayarkan ke negara.

    Atau komplitnya bapak hubungi pemerintah daerah setempat ( Kecamatan atau kelurahan )

  3. #33
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,669
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by stanley_stanley View Post
    Terima kasih Pak.

    Pengalaman saya untuk urusan ijin mendirikan bangunan adalah
    petugas dari kecamatan atau kelurahan akan meninjau lokasi tanah dan bangunan bapak.

    Selanjutnya mereka melihat struktur bangunan yang sudah ada dan rencana
    renovasi bapak seperti apa. Misal bapak mau buat 2 lantai maka tetangga sebelah kanan atau kiri dan depan maupun belakang harus dimintai persetujuan terlebih dahulu dengan memberikan tanda tangan bahwa mereka tidak merasa terganggu.

    Dan pihak pemerintah akan membuat gambar ulang untuk menghitung NJOP rumah bapak karena ada perumbahan tanah dan bangunan yang otomatis merubah jumlah pajak yang harus bapak bayarkan ke negara.

    Atau komplitnya bapak hubungi pemerintah daerah setempat ( Kecamatan atau kelurahan )
    barusan tadi siang dari kecamatan, tanya2...

    ternyata prosedurnya aga2 rumit....
    aku sih mau suruh orangnya urusin semua, all in one, tetapi sepertinya susah nih..............

  4. #34
    Junior Member NagaGaban's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    112
    Rep Power
    6

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Rumah gw cuma 100 m2 tapi di IMB tertulis 200 M2...

    Ngaruh gak seh? paling cuma ngaruh dipajaknya toh?
    Ngeposting SARA = idiot!

  5. #35
    Senior Member Ernitara's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,838
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by NagaGaban View Post
    Rumah gw cuma 100 m2 tapi di IMB tertulis 200 M2...

    Ngaruh gak seh? paling cuma ngaruh dipajaknya toh?

    Harus direvisi donk, rugi kan kalo bayar kelebihan...
    Apalagi kalo NJOPnya tinggi.

  6. #36
    Junior Member NagaGaban's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    112
    Rep Power
    6

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by Ernitara View Post
    Harus direvisi donk, rugi kan kalo bayar kelebihan...
    Apalagi kalo NJOPnya tinggi.
    Tapi PBB gw masih nagih pajak atas tanah doank tuh ehehehehe
    Ngeposting SARA = idiot!

  7. #37
    Junior Member NagaGaban's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    112
    Rep Power
    6

    Talking Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by Ernitara View Post
    Harus direvisi donk, rugi kan kalo bayar kelebihan...
    Apalagi kalo NJOPnya tinggi.
    Eh sorry double posting...

    Teman gw dulu pernah revisi m2 PBB tanahnya, tapi malah rugi....

    Jadi diPBB tanahnya misal: 200 m2 dengan NJOP 200,000 (NJOP tahun jebot)...

    Kemudian dia revisi, karena tanah dia cuma 160 m2....maksudnya biar untung bayar pajaknya gak kemahalan gitu..

    Eh ternyata gak cuma direvisi ukuran menjadi 160 m2, NJOPnya pun direvisi menjadi 600,000 permeter....alhasil jadi buntung wkwkwk

    Jadi hati2 kalo mau revisi PBB...
    Ngeposting SARA = idiot!

  8. #38
    Senior Member Ernitara's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,838
    Rep Power
    8

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Quote Originally Posted by NagaGaban View Post
    Eh sorry double posting...

    Teman gw dulu pernah revisi m2 PBB tanahnya, tapi malah rugi....

    Jadi diPBB tanahnya misal: 200 m2 dengan NJOP 200,000 (NJOP tahun jebot)...

    Kemudian dia revisi, karena tanah dia cuma 160 m2....maksudnya biar untung bayar pajaknya gak kemahalan gitu..

    Eh ternyata gak cuma direvisi ukuran menjadi 160 m2, NJOPnya pun direvisi menjadi 600,000 permeter....alhasil jadi buntung wkwkwk

    Jadi hati2 kalo mau revisi PBB...

    Iya siy...
    Rumah gw juga untuk PBB taon ini masih bayar tanah, heran deh...Mana sempet kalo harus ngurus2. Padahal taon lalu udah gw bilang ama orang kelurahan kenapa gw masih bayar PBB cuma tanah aja? Orang kelurahan bilang, nanti ditinjau, buktinya udah ganti taon masih teteeep.

  9. #39
    Junior Member NagaGaban's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    112
    Rep Power
    6

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    Begitulah kalo ngadepin orang pemerintahan.....
    Ngeposting SARA = idiot!

  10. #40
    Contributor dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    2,520
    Rep Power
    9

    Re: RENOVASI, butuh IMB?

    ehm adakah pengaruh nya nanti apabila kita mau jual beli
    antara data PBB dengan notaris, keliatannya gak ada ya..sertifikat tanah gak berhubungan dengan PBB, hanya untuk data bayar pajak jual beli sebesar NJOP supaya ringan...
    I lovee youuu bebeb....

Page 4 of 6 FirstFirst 123456 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0