Results 1 to 8 of 8

Thread: Take Over KPR, Kena Biaya Roya 2x


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    May 2008
    Posts
    220
    Rep Power
    7

    Take Over KPR, Kena Biaya Roya 2x

    Teman2 FK, saya mau tanya nih...

    saya lagi proses take over kpr dari nisp ke danamon...
    semuanya ok, kecuali soal roya...
    masalahnya adalah saya kena biaya roya 2x, alasannya adalah karena nisp berubah nama menjadi ocbc nisp...

    jadi biaya roya pertama adalah untuk mengubah dari nisp ke ocbc nisp, dan biaya kedua adalah mengubah dari ocbc nisp ke danamon....

    saya cek di bpn.go.id, biaya resmi roya hanya Rp. 25.000, tapi saya di kenakan Rp. 800.000 x 2 = Rp. 1.600.000, tapi karena danamon mau menanggung biaya roya dari ocbc nisp ke danamon, maka saya hanya membayar 800.000..

    masalahnya 25.000 ke 800.000 sebuah selisih angka yang luar biasa besar... apalagi kalau ada 'peraturan' 2x roya... bagaimana kalau bank asal 10x berganti nama ? 800.000 x 10 = 8 juta ?

    apakah ini karena adanya 'gayus' di bpn atau notaris yg nakal atau orang bank yg nakal ? mohon bantuan informasi dari teman2..

    Terima Kasih.

  2. #2
    Junior Member agus_gijar's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    444
    Rep Power
    8

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    jawabannya langsung:
    - anda cuma kena 1 roya
    - tarif roya yang dikenakan ke anda normal untuk tarif notaris, roya pakai notaris di kisaran 600 s.d 1 jt untuk nominal kpr

    menurut legal saya "mungkin" roya yang ditanggung oleh danamon akal2an doang, untuk meroya ht anda di NISP cukup dengan meminta salinan akte perubahan nama dari NISP ke OCBC NISP dan dilampirkan ke BPN, soal tarif BPN itu cuma pajangan doang..... akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk dapat tarif segt, cuma..... emang kalo ketemu oknum yang bener di BPN tarif segt jd kenyataan...... semoga bermanfaat

  3. #3
    Junior Member
    Join Date
    May 2008
    Posts
    220
    Rep Power
    7

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    Quote Originally Posted by agus_gijar View Post
    jawabannya langsung:
    - anda cuma kena 1 roya
    - tarif roya yang dikenakan ke anda normal untuk tarif notaris, roya pakai notaris di kisaran 600 s.d 1 jt untuk nominal kpr

    menurut legal saya "mungkin" roya yang ditanggung oleh danamon akal2an doang, untuk meroya ht anda di NISP cukup dengan meminta salinan akte perubahan nama dari NISP ke OCBC NISP dan dilampirkan ke BPN, soal tarif BPN itu cuma pajangan doang..... akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk dapat tarif segt, cuma..... emang kalo ketemu oknum yang bener di BPN tarif segt jd kenyataan...... semoga bermanfaat
    Thank you buat jawabannya.. akhirnya saya terpaksa tetap ambil di danamon, karena overall biaya take over yg di keluarkan masih lebih kecil dari yg di tawarkan bank2 lain...

    sebenarnya kalau BPN dari atasnya mau berbenah gampang kok... tiru aja supermarket2 / minimarket, yg rutin mengirim mystery shopper / mystery guest.... pasti bersih deh tikus2 berdasi tersebut...

  4. #4
    Junior Member agus_gijar's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    444
    Rep Power
    8

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    Quote Originally Posted by jdw_id View Post
    Thank you buat jawabannya.. akhirnya saya terpaksa tetap ambil di danamon, karena overall biaya take over yg di keluarkan masih lebih kecil dari yg di tawarkan bank2 lain...

    sebenarnya kalau BPN dari atasnya mau berbenah gampang kok... tiru aja supermarket2 / minimarket, yg rutin mengirim mystery shopper / mystery guest.... pasti bersih deh tikus2 berdasi tersebut...
    kalo gt kasihan notaris sama PPAT bos, jatoh miskin mereka, he3x, pemerintah kita itu bukan ga tau kok, cuma bagi2 rejeki, mereka ga sebodoh itu dari bawah sampai presinya

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    Quote Originally Posted by agus_gijar View Post
    kalo gt kasihan notaris sama PPAT bos, jatoh miskin mereka, he3x, pemerintah kita itu bukan ga tau kok, cuma bagi2 rejeki, mereka ga sebodoh itu dari bawah sampai presinya

    setujuuuuuu, keknya sih ini cuma akal2an aja deh, gue dah alamin soalnya, kmrn itu jual rmh pk notaris
    Movie Septarita.,SH.,MKn
    dan mrk jg blg hal yg sama kena roya 2x, dr nisp dan ocbc nisp gitu,
    nah krn wkt itu gue kgk ikutan dlm proses ajb ( plg2nya br di info kl kena biaya roya 2x, emang sih totalnya 1 jt, jd per 1x roya itu 500rb ), tp tetep aja gk msk akal bgm kl bank berubah nama 3x or 10x, wah nasabah bisa bangkrut dong, lagian yg suruh mereka merger or ganti nama siapa
    gue jg udh tanya notaris semua jg blg gitu kena biaya roya 2x, tp pas gue tanya ke bank nya lg mrk jg blg tinggal minta srt akte ganti nama gitu
    nah krn biaya itu udh terlanjur di byrkan ke notaris, rasa nya gk mgkn kan mrk mau balikin,
    semoga aja dengan adanya thread ini membuka semua mata, kl uang itu susah di cari hrs dg kerja keras bukan dg tipu dan memeras, itu gk bersihhhhhhh

  6. #6
    Junior Member soepeno's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    Asli Probolinggo, sekarang di Semarang dan bakal balik lagi ke tanah kelahiran tercinta.
    Posts
    135
    Rep Power
    4

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    Hm... ijin nyimak gan, ane ga begitu faham soal ginian, sambil belajar pula

  7. #7
    Newbie donaalfian's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Semarang
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    Kalo saya pake BTN buat TO kalo di semarang danamon masih tergolong mahal..

  8. #8
    Senior Member BincgWnita's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    1,553
    Rep Power
    4

    Re: take over kpr, kena biaya roya 2x

    mudah2an aja makin banyak oknum yang 'bener' hehehe....

    Quote Originally Posted by agus_gijar View Post
    jawabannya langsung:
    - anda cuma kena 1 roya
    - tarif roya yang dikenakan ke anda normal untuk tarif notaris, roya pakai notaris di kisaran 600 s.d 1 jt untuk nominal kpr

    menurut legal saya "mungkin" roya yang ditanggung oleh danamon akal2an doang, untuk meroya ht anda di NISP cukup dengan meminta salinan akte perubahan nama dari NISP ke OCBC NISP dan dilampirkan ke BPN, soal tarif BPN itu cuma pajangan doang..... akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk dapat tarif segt, cuma..... emang kalo ketemu oknum yang bener di BPN tarif segt jd kenyataan...... semoga bermanfaat

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0