Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 21 to 30 of 47

Thread: Taman & Tanaman di Perumahan


  1. #21
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by red_devil View Post
    tapi... bila ada kabel listrik
    sebaiknya jangan tanam pohon besar
    bunga flamboyan sudah cukup cantik
    ditanam depan rumah
    tdk perlu pohon asem/mahoni.






    terima kasih


    red_devil, pohon Flamboyan itu banyak ulat dan regas tuh rantingnya, terus bulan tertentu nggak ada daunnya malah jadi panas disekitar kita, sebaiknya pohon yang produktif kan buahnya bisa dimanfaatkan, masalah kabel listrik sudah saatnya pengembang "cable"nya ditanam.
    itu mah pandangan gw. red_devil, tapi yang penting Pengembang harus menanam Pohon yang daunnya rimbun, tahan angin maupun hujan dan kuat juga tidak mengandung racun.
    pengalaman di komplek gw. awalnya pengembang tahun 1983 sepanjang jalan ditanam Flamboyan, tapi 3 tahun kemudian sama warga di tebang karena yaitu banyak ulat dan tidak produktif, sekarang di komplek gw. hampir semua rumah ditanami berbagai buah2an, asyik dah kalau lagi musimnya buah2an.

  2. #22
    Senior Member red_devil's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    2,126
    Rep Power
    8

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by andir View Post
    red_devil, pohon Flamboyan itu banyak ulat dan regas tuh rantingnya, terus bulan tertentu nggak ada daunnya malah jadi panas disekitar kita, sebaiknya pohon yang produktif kan buahnya bisa dimanfaatkan, masalah kabel listrik sudah saatnya pengembang "cable"nya ditanam.
    itu mah pandangan gw. red_devil, tapi yang penting Pengembang harus menanam Pohon yang daunnya rimbun, tahan angin maupun hujan dan kuat juga tidak mengandung racun.
    pengalaman di komplek gw. awalnya pengembang tahun 1983 sepanjang jalan ditanam Flamboyan, tapi 3 tahun kemudian sama warga di tebang karena yaitu banyak ulat dan tidak produktif, sekarang di komplek gw. hampir semua rumah ditanami berbagai buah2an, asyik dah kalau lagi musimnya buah2an.
    okey tdk masalah... bisa dicoba....


    cuma perlu dipikirkan jangan terlalu dekat bangunan.
    sebab akar pohon besar bisa merusak kontruksi bangunan.
    Last edited by red_devil; 30-04-09 at 01:05 AM.

  3. #23
    Newbie
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    44
    Rep Power
    0

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    beli rumah di komplek-komplek perumahan jarang ada yg dibikinin taman kecuali taman alami yaitu rumput-rumput ilalang..

    kecuali perumahan mahal kayak alam sutera tuh, tiap rumah dah sekalian dibikin taman di depan rumahnya..

    memang harus pake biaya sendiri kalo mo bikin taman di depan rumah sih.. yaa biaya lagi.. kan beli rumah baru di komplek memang harus menyiapkan biaya untuk renov, masa mao makai rumah stadardnya yg sama persis ama sebelah2nya..

  4. #24
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by gento le View Post
    beli rumah di komplek-komplek perumahan jarang ada yg dibikinin taman kecuali taman alami yaitu rumput-rumput ilalang..

    kecuali perumahan mahal kayak alam sutera tuh, tiap rumah dah sekalian dibikin taman di depan rumahnya..

    memang harus pake biaya sendiri kalo mo bikin taman di depan rumah sih.. yaa biaya lagi.. kan beli rumah baru di komplek memang harus menyiapkan biaya untuk renov, masa mao makai rumah stadardnya yg sama persis ama sebelah2nya..

    gento, taman yang dimaksud itu sudah dialokasikan oleh Pengembang, misal Pengembang membangun suatu Perumahan nah biasanya di maket tuh ada beberapa Taman, itu yang dimaksud tentunya sebagai RTH di Perumahan kita, kita sebagai calon penghuni harus kritis terhadap maket dari pengembang, kalau Taman tidak di buat kita sebagai calon penghuni harus protes kenapa itu tidak sesuai dengan maket, biasanya ada Pengembang yang nakal, seharusnya untuk Taman malah dijadikan Rumah.
    kalau Tanaman itu juga satu paket oleh Pengembang, biasanya didepan rumah di tepi jalan selalu ditanami tuh Pohon.
    gitu gento, trims sharingnya, yah kita yang peduli terhadap LH tentunya di tempat pemukiman kita mau teduh dan nyaman karena banyak pohon dan ada taman tempat warga melakukan kegiatan bersama warga satu komplek.

  5. #25
    Newbie
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    44
    Rep Power
    0

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by andir View Post
    gento, taman yang dimaksud itu sudah dialokasikan oleh Pengembang, misal Pengembang membangun suatu Perumahan nah biasanya di maket tuh ada beberapa Taman, itu yang dimaksud tentunya sebagai RTH di Perumahan kita, kita sebagai calon penghuni harus kritis terhadap maket dari pengembang, kalau Taman tidak di buat kita sebagai calon penghuni harus protes kenapa itu tidak sesuai dengan maket, biasanya ada Pengembang yang nakal, seharusnya untuk Taman malah dijadikan Rumah.
    kalau Tanaman itu juga satu paket oleh Pengembang, biasanya didepan rumah di tepi jalan selalu ditanami tuh Pohon.
    gitu gento, trims sharingnya, yah kita yang peduli terhadap LH tentunya di tempat pemukiman kita mau teduh dan nyaman karena banyak pohon dan ada taman tempat warga melakukan kegiatan bersama warga satu komplek.
    tapi setahuku pengembang lebih mengutamakan membangun FASUM daripada taman.. kek tempat ibadah, tempat olahraga (lapangan badminton,voli,dll)..
    memang gak ada aturan baku pengembang harus bikin taman sih? protes aja ama Pemda-nya supaya dibikin perda..

  6. #26
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by gento le View Post
    tapi setahuku pengembang lebih mengutamakan membangun FASUM daripada taman.. kek tempat ibadah, tempat olahraga (lapangan badminton,voli,dll)..
    memang gak ada aturan baku pengembang harus bikin taman sih? protes aja ama Pemda-nya supaya dibikin perda..


    gento, taman bisa merangkap dengan fasum lapangan volley ball, seperti di komplek perumahan gw. ada 6 taman plus di tengah lapang ada 2 lapang volley nah disekeliling lapang itu tumbuh pohon2 produktif yang besar2, yang penting tuh pengembang harus menyediakan lahan untuk ruang hijau, ada kok gento setiap pengembang sudah mengalokasikan lahannya, kalau nggak ada buat ruang hijau ntar bisa gersang di daerah sekitar kita.

  7. #27
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    buat pengembang yang saat ini lagi membangun komplek perumahan berapapun typenya, agar menyediakan lahan beberapa titik untuk dibuat "Taman" ini tentunya sebagai sarana tempat warga untuk menghirup udara segar selain itu tempat resapan air hujan, janganlah "pelit" untuk menyediakan tanahnya untuk 'Taman", selain Taman juga sepanjang Jalan di Komplek yang lagi di bangun di sepanjang jalan ditanam berbagai pohon, diusahakan Pohon yang produktif.
    saudara2ku, yang akan mengambil Kredi perumahan harus jeli, Pengembang harus memperhatikan LH, Hijaukan Perumhan Anda.

  8. #28
    Junior Member amirh's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    424
    Rep Power
    7

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by andir View Post
    bagi KF yang sekarang tinggal di Komplek Perumahan, adakah Taman dan Tanaman di pekarangan rumah?
    Taman biasanya Pengembang yang mengatur pepohonan yang ditanam, warga hanya tinggal memeliharanya saja.
    bagaimana dengan pekarangan rumah/ditepi jalan, walau lahan kita sempit sebaiknya manfaatkanlah tanah sejengkal untuk kita tanami baik tanaman produktif atau pohon kayu produktif.
    sekarang ada sistem penanaman yang menghasilkan secara ekonomis, didalam pekarangan ditanami buah2an.
    dipinggir jalan diluar pagar bisa ditanami pohon Albasiah, Suren atau Mindi, pohon tersebut 4 sampai 6 tahun bisa ditebang dan dijual.
    bayangkan kalau satu komplek ada 300 pohon, 4 tahun kemudian bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.
    mari kita coba, semua pasti bisa.
    Saya siap nampung produksi buahnya kang Andir, harga bersaing
    Tapi saya sadar kang Andir selain tanam tanaman hias saya tanam pepaya di pekarangan. Tar kalo panen kang Andir saya undang, .... Oke!!
    Ini Aku, Ini KeluargaKu, yang ini...................... JANGAN DULU DI KLIK !!!

  9. #29
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    Quote Originally Posted by amirh View Post
    Saya siap nampung produksi buahnya kang Andir, harga bersaing
    Tapi saya sadar kang Andir selain tanam tanaman hias saya tanam pepaya di pekarangan. Tar kalo panen kang Andir saya undang, .... Oke!!


    siap Kang, saya akan main ke kebun Kang amirh.
    yah sekarang ini Kang, banyak pengembang yang nakal, hanya memikirkan bikin rumah saja tapi tidak memikirkan "penghijauan" di perumahan yang sedang dibangun.
    kalau saran saya mah tuh buat pengembang, begitu mulai ngebangun Taman dan Tanaman di pinggir jalan diprioritaskan dulu, ntar 6 bulan kemuadian begitu beres pembangunan sudah pada besar tuh tanaman.

  10. #30
    pu3
    pu3 is offline
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2009
    Location
    ...g di ende-flores...
    Posts
    2,258
    Rep Power
    10

    Re: Taman & Tanaman di Perumahan

    sering kali developer nakal karena kenyataan dilapangan berbeda sekali dengan apa yang dia tawarkan.
    Karena itu salah satu bentuk cara bagaimana menarik pembeli...sebaiknya penghijauan dimulai di lingkungan kita sendiri

Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO