Page 4 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast
Results 31 to 40 of 70

Thread: HGB vs. SHM ??


  1. #31
    Junior Member adam79's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    110
    Rep Power
    7

    Re: HGB vs. SHM ??

    HGB ke SHM murah kok nda mahal,justru orang sering mikirnya...o HGB,takut,padahal beda dikit klo diurus ke badan pertanaan

  2. #32
    Newbie yutie's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    makassar
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Angry Re: HGB vs. SHM ??

    aku mau menaikkan status HGB ke SHM masak udah setaun ga rampung2 tanah dng luas 300 m2 itu ada di daerah semarang n yang ngurus iparku hikhikhiks kapan rampung oiiiii

  3. #33
    Member Amathevs's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    http://forex21room.blogspot.com
    Posts
    593
    Rep Power
    7

    Exclamation Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by fellowfriend View Post
    Alo semua..
    Sbg newbie di bidang properti, saya mo nanya neh.
    Apa sih perbedaan mendasar dr HGB (Hak Guna Bangunan) dan SHM (Sertifikat Hak Milik)?? Apa keuntungan (atau kerugian) memiliki salah satu izin ini ketimbang izin yg satunya lagi?
    Mohon penjelasannya...dan maap if this is a stupid question..
    Hak Milik = Hak atas Tanah yang seutuhnya dan dapat diwariskan keanak cucu kita.

    kalo HGB (Hak Guna Bangunan) menurut UU Pokok Agraria = Hak untuk mendirikan bangunan diatas tanah yang bukan miliknya sendiri.

    Dari dua definisi tersebut sudah jelas sekali tingkat hirarkie status hak Milik atas tanah tersebut.

    Cuma khusus Tanah HGB yang kurang dari 200 Meter Persegi kebawah bisa dimintakan perubahan ke status Hak Milik. Tapi HGB diatas 200 Meter Persegi keatas bisa ,tetapi memakan waktu & proses yang cukup lama (tidak mudah).

    *Harap diperhatikan Hak Milik di Indonesia tidak Eigendom seperti diluar negeri karena ada hubungannya dengan Hukum Adat. (kalo tidak salah) heheh ... maaf ya kalo salah.

    Jadi teringat mata kuliah Hukum Agraria dengan Pak Boedi (Huh Dosen Killer... !) enakan sama Assdoznya yang cantik ibu Edna ...
    "Eyes Cannot Lies but can tell the Truth of the Market Movement"

  4. #34
    Junior Member agus_gijar's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    444
    Rep Power
    8

    Talking Re: HGB vs. SHM ??

    SHGB itu namanya Sertifikat hak guna bangunan, tanahnya nyewa ke pemerintah, mesti diperpanjang kalo jatuh tempo, tapi sebelum jatuh tempo bisa ditingkatin jadi SHM, apalagi kalo buat rumah tinggal. harga SHGB dan SHm ga beda sih, biasanya kalo perumahan baru pasti masih HGB, soalnya pemilikan sebelumnya pasti PT. SHGB boleh dimiliki (jual beli) ke semua pihak, termasuk orang asing (kalo ga salah).
    kalo SHGB diatas HPL (hak pengelolaan lahan) itu ongkos kalo mau transaksi nambah lagi (kayak mau dijaminin ke bank dll) soalnnya mesti bayar ke pemerintah daerah, setau g daerah HPL itu kayak mangga dua, sama kemayoran.

    kalo SHM itu udah tetap ga usah diperpanjang, tapi bisa diturunin lagi jadi HGB, kekurangan SHM adalah ga boleh dijual ke PT (badan hukum) atau ke orang asing (mereka harus nurunin ke hgb). lebih ga ribet sih kalo SHM, tapi SHGB juga aman kok

    trus kalo cuma punya AJB ga ada sertifikatnya sih ga bisa jadi sertifikat kecuali ada pemutihan oleh pemerintah.
    gt loh, moga berguna

  5. #35
    Newbie
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Ikut juga nanya dong? Kalo AJB (Akte Jual Beli) itu gimana? Apakah cukup kuat sebelum kita jadikan SHM? Berapa sih kira2 biaya untuk pembuatan SHM & berapa lamanya? Ada yang bilang katanya biayanya mahal & waktunya cukup lama, bisa sampai 1 tahun baru jadi. Mohon dong pencerahannya... TQ

    klu ajb kurang kuat, lebih baik segera di SHM min pak marsal, kalau di tempat gue di JAWA BAGIAN TENGAH indonesia biaya untuk buat SHM resminya Rp. 200.ribuan + yang ngak resmi Rp. 700 ribuan +++ biasanya waktunya 3 bulan selesai, kalau mau lebih cepet tambah lagi biaya +++++ nya

  6. #36
    Junior Member kuman's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    159
    Rep Power
    6

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by milsa_tyde View Post
    anda betul. Tapi di indonesia ini memang unik.
    Untuk urusan tanah ini ada istilahnya "memiliki" dan "menguasai". Contohnya begini :

    1. Anda punya rumah, ada shgb dan rumah itu anda tempati, ini artinya anda "memiliki" sekaligus "menguasai". Ini posisi aman.
    2. Anda punya rumah, ada shgb, tapi ditempati oleh orang lain, artinya anda "memiliki" tapi tidak "menguasai". Sepanjang pihak yang menguasai jelas statusnya (misal menyewa dalam jangka waktu pendek), maka posisi anda cukup aman. Tapi bila yang "menguasai" tidak jelas statusnya, anda harus hati2, apalagi bila "penguasaan" tsb sudah puluhan tahun.

    Di indonesia, orang yang "menguasai" tanah meskipun tidak "memiliki", kadang2 posisinya malah lebih kuat, se-akan2 bukti kepemilikan berupa sertifikat tanah masih kurang kuat. Contoh2 kasus tanah yang timbul biasanya akibat adanya paham yang membedakan antara "memiliki" dan "menguasai"
    ......................................
    numpang lewat..makasih info nya.....

  7. #37
    Newbie
    Join Date
    Jun 2009
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Smile Ajb

    Saya juga ikutan tanya dong, kalau cuma punya ajb untuk rumah saja apakah sudah cukup kekuatan hukumnya? Soalnya untuk urus SHM kan cukup mahal, kira2 saranya apa ya?
    Tx sebelumnya.....

  8. #38
    Newbie
    Join Date
    Mar 2010
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    kak mau tanya dong...tadikan dibilangnya klo apartment gada SHM nya, cma ada SHGB... nah berarti ntar klo kita beli tuh apartment percuma dong cos sekali kali klo pemerintah mau gusur bisa seenaknya heheh ??? emm..bukan berarti dlm 1 atau 5tahun langsung digusur ..bisa jadi 50 tahun kedepan tuh lahan bwat apartment bakal dijadiin lahan apa gitu oleh pemerintah --> masih newbie banget.thx for your sharing...

  9. #39
    Newbie
    Join Date
    Mar 2010
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by milsa_tyde View Post
    Anda betul. Tapi di Indonesia ini memang unik.
    Untuk urusan tanah ini ada istilahnya "memiliki" dan "menguasai". Contohnya begini :

    1. Anda punya rumah, ada SHGB dan rumah itu anda tempati, ini artinya anda "memiliki" sekaligus "menguasai". Ini posisi aman.
    2. Anda punya rumah, ada SHGB, tapi ditempati oleh orang lain, artinya anda "memiliki" tapi tidak "menguasai". Sepanjang pihak yang menguasai jelas statusnya (misal menyewa dalam jangka waktu pendek), maka posisi anda cukup aman. Tapi bila yang "menguasai" tidak jelas statusnya, anda harus hati2, apalagi bila "penguasaan" tsb sudah puluhan tahun.

    Di Indonesia, orang yang "menguasai" tanah meskipun tidak "memiliki", kadang2 posisinya malah lebih kuat, se-akan2 bukti kepemilikan berupa sertifikat tanah masih kurang kuat. Contoh2 kasus tanah yang timbul biasanya akibat adanya paham yang membedakan antara "memiliki" dan "menguasai"
    ----------------------------------------------------------------------
    kak mau tanya dong..maksudnya kata "status" diatas tuh.....disurat kontrak jelas kalo penyewa mau ngontrak berapa tahun ya?? atau dengan kata lain mereka perjanjian kontraknya dibawah tangan..mis pake kwitansi gitu atau dengan ucapan aja ??

    Trus yang "se-akan2 bukti kepemilikan berupa sertifikat tanah masih kurang kuat" maksudnya apa ya???...tolong bantuannya ya thx2

  10. #40
    Newbie
    Join Date
    Mar 2010
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by agus_gijar View Post
    SHGB itu namanya Sertifikat hak guna bangunan, tanahnya nyewa ke pemerintah, mesti diperpanjang kalo jatuh tempo, tapi sebelum jatuh tempo bisa ditingkatin jadi SHM, apalagi kalo buat rumah tinggal. harga SHGB dan SHm ga beda sih, biasanya kalo perumahan baru pasti masih HGB, soalnya pemilikan sebelumnya pasti PT. SHGB boleh dimiliki (jual beli) ke semua pihak, termasuk orang asing (kalo ga salah).
    kalo SHGB diatas HPL (hak pengelolaan lahan) itu ongkos kalo mau transaksi nambah lagi (kayak mau dijaminin ke bank dll) soalnnya mesti bayar ke pemerintah daerah, setau g daerah HPL itu kayak mangga dua, sama kemayoran.

    kalo SHM itu udah tetap ga usah diperpanjang, tapi bisa diturunin lagi jadi HGB, kekurangan SHM adalah ga boleh dijual ke PT (badan hukum) atau ke orang asing (mereka harus nurunin ke hgb). lebih ga ribet sih kalo SHM, tapi SHGB juga aman kok

    trus kalo cuma punya AJB ga ada sertifikatnya sih ga bisa jadi sertifikat kecuali ada pemutihan oleh pemerintah.
    gt loh, moga berguna
    mau tanya pak Agus, saya masi awam di dunia properti, saya ada rencana mau beli tempat tinggal di perumahan bekasi,di info nya tertulis HGB,apakah suatu saat bisa terjadi masalah?misalnya terjadi sengketa dengan pengembang selaku pemilik tanah,dan apakah ada kekuatan hukum yg pasti bagi pemilik HGB apabila terjadi masalah di kemudian hari?.


    terimakasih atas penjelasannya.

Page 4 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0