Page 5 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast
Results 41 to 50 of 70

Thread: HGB vs. SHM ??


  1. #41
    Newbie
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Salam kenal buat smuanya.........

    ak mo nanya utk peningkatan hak dr HGB ke SHM tuh kira2 kena biaya brp?trs prosesnya brp lama sampe selesai?
    Rumahku di daerah bekasi,,,,makasih sebelumnya

  2. #42
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by deny1984 View Post
    Salam kenal buat smuanya.........

    ak mo nanya utk peningkatan hak dr HGB ke SHM tuh kira2 kena biaya brp?trs prosesnya brp lama sampe selesai?
    Rumahku di daerah bekasi,,,,makasih sebelumnya
    Dulu saya upgrade HGB ke SHM (daerah kerja Bogor, tanah dan bangunan kira2 200m persegi), kena biaya 1jt, Prosesnya sekitar 1 - 2 bulanan.
    Kalau di daerah lebih murah lagi. Saya upgrade girik ke SHM Purwokerto tanah 4000 meter persegi cuman kena 1jt juga.
    Itu tahun 2007.

    Bekasi masih masuk Jabodetabek, jadi kisaran harganya mungkin tak jauh berbeda. Yg agak mahal itu kalau rumah komplek (nambah +200 -300rb)
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  3. #43
    Newbie
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Dulu saya upgrade HGB ke SHM (daerah kerja Bogor, tanah dan bangunan kira2 200m persegi), kena biaya 1jt, Prosesnya sekitar 1 - 2 bulanan.
    Kalau di daerah lebih murah lagi. Saya upgrade girik ke SHM Purwokerto tanah 4000 meter persegi cuman kena 1jt juga.
    Itu tahun 2007.

    Bekasi masih masuk Jabodetabek, jadi kisaran harganya mungkin tak jauh berbeda. Yg agak mahal itu kalau rumah komplek (nambah +200 -300rb)
    Itu jalur resmi ya mas??
    Kira2 2 minggu yang lalu ak dah dtg ke BPN bekasi, SHGB ku ada 2 surat krn ak dpt tanah hook trs mau ditingkatin jd SHM n dibuat jd 1 surat,,tp kok ak kena biaya sktr 9 jtan....

  4. #44
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by deny1984 View Post
    Itu jalur resmi ya mas??
    Kira2 2 minggu yang lalu ak dah dtg ke BPN bekasi, SHGB ku ada 2 surat krn ak dpt tanah hook trs mau ditingkatin jd SHM n dibuat jd 1 surat,,tp kok ak kena biaya sktr 9 jtan....
    Ooh... kalau 'nyambung' sertifikat (beberapa dijadikan 1) memang lumayan. Beda harganya kalau cuman satu surat saja. Eh? rumah hoek itu bukannya tanah lebihan udah dihitung jadi satu sertifikat saja? atau ente memang beli belakangan tanah lebihnya?

    Saya dulu lewat notaris langsung, nggak main ke BPN...
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  5. #45
    Newbie
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Ooh... kalau 'nyambung' sertifikat (beberapa dijadikan 1) memang lumayan. Beda harganya kalau cuman satu surat saja. Eh? rumah hoek itu bukannya tanah lebihan udah dihitung jadi satu sertifikat saja? atau ente memang beli belakangan tanah lebihnya?

    Saya dulu lewat notaris langsung, nggak main ke BPN...

    Memang beli belakangan mas makanya pny ane ada 2 surat,,,tapi ane ga nyangka aja bs semahal itu...btw makasih bnyk mas infonya

  6. #46
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    246
    Rep Power
    7

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by deny1984 View Post
    Memang beli belakangan mas makanya pny ane ada 2 surat,,,tapi ane ga nyangka aja bs semahal itu...btw makasih bnyk mas infonya
    kalo biayanya beda banyak, biar aja tetap 2 sertifikat, kan sama aja

  7. #47
    Newbie
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by Halimah View Post
    kalo biayanya beda banyak, biar aja tetap 2 sertifikat, kan sama aja
    Biaya pengurusannya sama aja,,,dijadiin 1 sertifikat ato tetep 2 sertifikat ga ada bedanya....

  8. #48
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: HGB vs. SHM ??

    Sori sori... saya baru ingat . Ada kesalahan sedikit.
    Yg 1jt itu baru biaya notarisnya saja. Biaya administrasinya sekitar 1.4jt. Total 2.4jt di tahun 2007, di Bogor, 200m. Kalau lebih dari 1000meter itungannya lain.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  9. #49
    Newbie
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Sori sori... saya baru ingat . Ada kesalahan sedikit.
    Yg 1jt itu baru biaya notarisnya saja. Biaya administrasinya sekitar 1.4jt. Total 2.4jt di tahun 2007, di Bogor, 200m. Kalau lebih dari 1000meter itungannya lain.

    Walah gitu ya mas,, berarti skrg dah agak mahal
    Makasih infonya ya.......

    Btw ada yg pny kenalan yg kerja di BPN bekasi ga??

  10. #50
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    11

    Re: HGB vs. SHM ??

    Wah lagi diskusi soal tanah.

    Sekalian tanya ah.
    Katanya kalo kita punya nya hanya HGB, berarti kita sulit untuk bisa bangun/renovasi tambah bangunan di tanah kita ya ?
    Misalnya, mo renov kamar jadi agak majuan dikit dari denah awalnya. Ato mo kasih tingkat semi permanent pake dak kayu. Ato renov / bangun pagar permanent yang ukurannya beda dari denah awal rumah kita.

    Bener gak sih ?

    Ada yang bilang, kita kudu punya SHM dulu biar bisa bangun2 / renov yang kaya gitu.

    Tengkyu.
    Piramid.. UNIK !! ASIKKK..!! - Sambil cengar-cengir.com. Poreper laaaa......

Page 5 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0