Page 1 of 7 1234567 LastLast
Results 1 to 10 of 70

Thread: HGB vs. SHM ??


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    47
    Rep Power
    0

    Question HGB vs. SHM ??

    Alo semua..
    Sbg newbie di bidang properti, saya mo nanya neh.
    Apa sih perbedaan mendasar dr HGB (Hak Guna Bangunan) dan SHM (Sertifikat Hak Milik)?? Apa keuntungan (atau kerugian) memiliki salah satu izin ini ketimbang izin yg satunya lagi?
    Mohon penjelasannya...dan maap if this is a stupid question..

  2. #2
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: HGB vs. SHM ??

    Hak Guna Bangunan itu kalau nggak salah, statusnya anda hanya "menyewa" tanah dan bangunan dengan pemerintah selama 20 tahunan. Setelah habis masa itu, anda diwajibkan untuk memperpanjang. Tanah dan bangunan yang hanya memiliki SHGB, akan dihargai murah.

    SHM itu adalah bukti otentik kepemilikan tanah dan bangunan anda. Tentu saja harga jual kembalinya jauh lebih tinggi

    Kira2 begitu.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  3. #3
    Member priniak's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    636
    Rep Power
    7

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by fellowfriend View Post
    Alo semua..
    Sbg newbie di bidang properti, saya mo nanya neh.
    Apa sih perbedaan mendasar dr HGB (Hak Guna Bangunan) dan SHM (Sertifikat Hak Milik)?? Apa keuntungan (atau kerugian) memiliki salah satu izin ini ketimbang izin yg satunya lagi?
    Mohon penjelasannya...dan maap if this is a stupid question..
    Hgb berumur +- 25 tahun, dan bisa diperpanjang lagi.
    SHM tidak perlu diperpanjang lagi.

    Kerugian hgb; waktu/usia bagi rumah 25 tahun adalah sebentar, tahu tahu hgbnya harus diperpanjang dengan (kalau ngak salah) nilai 2% dr njop, kalau kita lupa, pengurusannya lebih ribet, seperti membuat sertifikat baru, harus diukur ulang oleh badan pertanahan nasional dst.

    Hati hati juga terhadap hgb diatas hpl (hak pengelolaan lahan), untuk kasus ini tidak dapat dijadikan shm.

    Setahu gw, untuk bangunan komersil tidak ada shm, yang ada hanya hgb, seperti apartemen (tanah satu kavling dipakai untuk bangunan bersama) dll

    Kalau shm sampai saat ini, gw tidak/belum melihat kekurangannya dibanding shgb.

    Kalau punya properti rumah lt <200 meter lebih baik jadikan shm, secara teoritis tidak dikenakan biaya oleh pemerintah, tapi tetap ada sedikit biaya adm.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    47
    Rep Power
    0

    Re: HGB vs. SHM ??

    Trims atas info & penjelasannya. very useful.

  5. #5
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: HGB vs. SHM ??

    Ikut juga nanya dong? Kalo AJB (Akte Jual Beli) itu gimana? Apakah cukup kuat sebelum kita jadikan SHM? Berapa sih kira2 biaya untuk pembuatan SHM & berapa lamanya? Ada yang bilang katanya biayanya mahal & waktunya cukup lama, bisa sampai 1 tahun baru jadi. Mohon dong pencerahannya... TQ

  6. #6
    Junior Member helmut's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    1.314854,103.704543
    Posts
    434
    Rep Power
    6

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by priniak View Post
    Hgb berumur +- 25 tahun, dan bisa diperpanjang lagi.
    SHM tidak perlu diperpanjang lagi.

    Kerugian hgb; waktu/usia bagi rumah 25 tahun adalah sebentar, tahu tahu hgbnya harus diperpanjang dengan (kalau ngak salah) nilai 2% dr njop, kalau kita lupa, pengurusannya lebih ribet, seperti membuat sertifikat baru, harus diukur ulang oleh badan pertanahan nasional dst.

    Hati hati juga terhadap hgb diatas hpl (hak pengelolaan lahan), untuk kasus ini tidak dapat dijadikan shm.

    Setahu gw, untuk bangunan komersil tidak ada shm, yang ada hanya hgb, seperti apartemen (tanah satu kavling dipakai untuk bangunan bersama) dll

    Kalau shm sampai saat ini, gw tidak/belum melihat kekurangannya dibanding shgb.

    Kalau punya properti rumah lt <200 meter lebih baik jadikan shm, secara teoritis tidak dikenakan biaya oleh pemerintah, tapi tetap ada sedikit biaya adm.
    kalo di batam hgb 30 taon.
    abis itu bayar lg Rp.***/m2...

  7. #7
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    6,973
    Rep Power
    13

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Ikut juga nanya dong? Kalo AJB (Akte Jual Beli) itu gimana? Apakah cukup kuat sebelum kita jadikan SHM? Berapa sih kira2 biaya untuk pembuatan SHM & berapa lamanya? Ada yang bilang katanya biayanya mahal & waktunya cukup lama, bisa sampai 1 tahun baru jadi. Mohon dong pencerahannya... TQ
    AJB-nya atas tanah/bangunan yang statusnya apa pak marsal? kalo atas SHM juga kan tinggal balik nama di sertifikat, kalo atas HGB udah masuk blom syarat2nya? kalo udah ya bisa aja sih, kalo harga sih relatif beda2 tiap tempat, kalo jalur benernya sih nggak ribet, ga mahal dan GPL (ga pake lama) tapi kalo kena indonesia...tau sendiri lah!!
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  8. #8
    Member Deddy's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Bangsa yang setengah merdeka !!!!
    Posts
    521
    Rep Power
    7

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by chece View Post
    AJB-nya atas tanah/bangunan yang statusnya apa pak marsal? kalo atas SHM juga kan tinggal balik nama di sertifikat, kalo atas HGB udah masuk blom syarat2nya? kalo udah ya bisa aja sih, kalo harga sih relatif beda2 tiap tempat, kalo jalur benernya sih nggak ribet, ga mahal dan GPL (ga pake lama) tapi kalo kena indonesia...tau sendiri lah!!
    Che keliatannya elo paham betul seluk beluk pertanahan, gue tanya deh sekalian...
    kalo pas lagi beli rumah yg musti bayar pajaknya siapa Che? pembeli apa penjual?

  9. #9
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    6,973
    Rep Power
    13

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by Deddy View Post
    Che keliatannya elo paham betul seluk beluk pertanahan, gue tanya deh sekalian...
    kalo pas lagi beli rumah yg musti bayar pajaknya siapa Che? pembeli apa penjual?
    pajak apa mas Deddy? BPHTP ya? kalo itu sih dua2nya yang bayar mas... penjual juga bayar pembeli juga bayar...begichu
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  10. #10
    Member Deddy's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Bangsa yang setengah merdeka !!!!
    Posts
    521
    Rep Power
    7

    Re: HGB vs. SHM ??

    Quote Originally Posted by chece View Post
    pajak apa mas Deddy? BPHTP ya? kalo itu sih dua2nya yang bayar mas... penjual juga bayar pembeli juga bayar...begichu
    oh begichu thankcyu dech ...

Page 1 of 7 1234567 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0