Results 1 to 5 of 5
Like Tree4Likes
  • 1 Post By masmaskiri
  • 1 Post By Howie Boy
  • 1 Post By latifa
  • 1 Post By ratnawati

Thread: Orang Asing Mau Beli Properti Indonesia? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Dahulu


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    45
    Rep Power
    0

    Orang Asing Mau Beli Properti Indonesia? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Dahulu

    Sumber : Property Investment, Indonesia Property Listing Market News, Homes Sale Indonesia | Rumah.com

    Share30 | | Komentar | E-mail ke teman | Bookmark & Share

    RumahCom - Belum lama ini, Deputi bidang Perumahan Formal Kemenpera, Pangihutan Marpaung mengatakan warga negara asing akan dapat memiliki properti dalam bentuk hak sewa langsung 60 tahun, dengan sertifikat kepemilikan bangunan gedung (SKBG). Hal ini, katanya, akan diatur pada PP UU Rusun yang akan keluar November tahun ini.

    Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DPP REI, Setyo Maharso mengatakan dirinya tidak mau terlalu banyak mengomentari hal tersebut. “Kami masih menunggu perubahan UUPA (Undang-undang Pokok Agraria), baru kami bisa berkomentar, karena peraturan tersebut cantolannya di UUPA,” katanya kepada Rumah.com. “Pernyataan dari Kemenpera tentang kepemilikan asing telah saya lihat di beberapa media belakangan ini, tapi saya belum bisa mengapresiasi itu, karena masih menunggu perubahan UUPA.”

    Menurut Maharso, perubahan UUPA saat ini sedang digodok di internal BPN (Badan Pertanahan Nasional). Hasil dari BPN nentinya akan dibawa ke DPR. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat DPR bisa membuat undang-undang baru. Kami harap tahun ini semua clear, artinya tahun depan kepemilikan asing bisa terlaksana,” harap Maharso.

    Maharso menjelaskan, keran kepemilikan asing ini harus dibuka. Pasalnya, saat ini banyak warga Indonesia yang membeli properti di luar negeri. “Jangan sampai hanya kita yang membeli properti di luar negeri, orang asing juga harus membeli properti di sini, jadi ada timbal baliknya,” ujarnya. “Sebenarnya, apartemen-apartemen di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan pun telah banyak dipakai orang asing, tetapi saat ini mereka hanya menyewa.”

    Maharso juga menyangkal pendapat yang menyatakan bahwa kepemilikan properti oleh warga asing membuat bubble harga properti—yang membuat Indonesia lolos dari krisis finansial global 2009 lalu. “Indonesia lolos dari krisis 2009, karena memiliki jumlah penduduk besar, yang pada saat krisis beralih menggunakan produk dalam negeri. Nah, komponen produk real estat semuanya berasal dari dalam negeri,” katanya.

    Agar terhindar dari bubble, imbuhnya, pemerintah harus memberi batasan-batasan bagi orang asing yang membeli properti di Indonesia. “Orang asing hanya boleh membeli properti high rise dengan harga jual minimal Rp2 Miliar,” tuturnya. “Mereka pun harus diberi batasan minimal berapa lama tinggal di Indonesia. Dengan demikian, ada devisa yang masuk ke kas negara, lewat pajak dan lain-lain.”

    Dibukanya pintu bagi kepemilikan asing, tentu akan membuat banyak permintaan terhadap properti dalam negeri. “Jika keran dibuka, kami sebagai developer telah siap, karena kami juga banyak memiliki produk berkualitas yang cocok buat orang asing. Masalahnya saat ini, hanya pada legalitas saja.”

    Anto Erawan
    (antoerawan@rumah.com)
    senimodern likes this.

  2. #2
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,478
    Rep Power
    0

    Re: Orang Asing Mau Beli Properti Indonesia? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Da

    wah..
    bener banget tuh..
    harus di perhatikan tuh

  3. #3
    Junior Member Howie Boy's Avatar
    Join Date
    Jul 2010
    Posts
    495
    Rep Power
    4

    Re: Orang Asing Mau Beli Properti Indonesia? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Da

    Hati2 nanti dikibulin asing dipakai untuk cuci duit (Money Launderding) dan spekulasi. Belum lagi nanti dijadikan tempat yang enggak2 yang ahirannya merugikan harga property tersebut. Karena hukum di Indonesia belum kuat dan nanti dipakai untuk bulan2an. Belum lagi nanti kalau ada mafia real estate broker atau real estate agent asing yang tujuannya untuk berbuat tidak baik. Maka ada baiknya di godok yang matang dulu sebelum melangkah lebih jauh. Orang Indonesia beli property diluar negeri karena mentalnya kalau sama asing merunduk selalu dan sekalipun ditipupun hanya nyengir. Tidak sama halnya dengan orang asing di Indonesia. Pendek kata belajar dulu seluk beluknya dan kalau sudah siap baik secara hukum maupun pencak silatnya untuk menghadapi asing baru melangkah.

    Kayanya harus tanya dan cari informasi pada orang Indonesia yang beli property diluar negeri dan belajar trik2 yang dilakukan oleh real estate agent untuk memperdaya orang Indonesia (orang2 asing di negara tersebut) dan juga cari tau pengalaman pahit orang Indonesia beli property di negara asing. Mungkin bisa cari tau di website2 tempat orang2 yang mengeluh tentang permainan kotor di real estate.
    senimodern likes this.

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,526
    Rep Power
    8

    Re: Orang Asing Mau Beli Properti Indonesia? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Da

    Hancurnya wilayah dan kekayaan bumi nusantara karena cara-cara pro investor yang hanya menguntungkan pejabat
    Pro Investasi & Pro Investor yang dijalankan sekarang sangat merugikan masyarakat karena tidak melindungi apalagi menggairahkan swasembada
    Kalau baca rencana pembangunan jangka panjang dari orde baru jelas sekali selalu bertujuan swasembada, sehingga bisa lepas ketergantungan dari luar, cape kalau lihat dpr mampunya cuma utak atik korupsi & anggaran kemudian beralasan untuk jalan-jalan
    senimodern likes this.

  5. #5
    Junior Member ratnawati's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Singaraja
    Posts
    143
    Rep Power
    3

    Re: Orang Asing Mau Beli Properti Indonesia? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Da

    setuju banget, harus ada aturan yang jelas soal jual beli properti ke orang asing. so dapat meminimalisir dampak negatif yg mungkin timbul.

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0