Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )


  1. #1
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,917
    Rep Power
    17

    Smile Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Resepi Biji Salak ini atas permintaan Juwi, tetapi Saya buat dari Beras Ketan...ada juga biji Salak yang terbuat dari ubi jalar merah atau putih...nanti Aku coba lagi dengan ubi jalar merah, Selamat Mencoba...

    Biji Salak

    Bahan2 Biji Salak:
    1 1/4 c ( 200 gram ) Tepung beras ketan
    C ( 125 gram ) Tepung kanji ( Tapioca )
    1/3 cup (100 ml ) Air
    1/2 sdt Garam
    1 sdm Air kapur atau 1 sdt baking soda + 1 sdt cream of tartar ( 3 daun pandan )
    Bahan2 Kuah :
    1 cup ( 250 gram ) Gula merah, sisir atau Brown sugar
    1 sdt Tepung ketan
    1 cup (250 ml ) Santan kental
    3 cup ( 750 ml ) Air
    1 sdt Vanila extract atau Daun pandan extract
    Cara Membuat:
    @ Uleni tepung ketan, tepung kanji, garam, air kapur ( 1 sdt baking soda + 1 sdt cream of tartar ) dan air hingga halus dan dapat dipulung.
    @ Bulatkan adonan sebesar kelereng agak lonjong lakukan hingga semua adonan habis. Sisihkan dan tutup dengan plastik
    @ Rebus 4 cup (1000 ml) air hingga mendidih, kemudian masukkan adonan yang sudah dibentuk kedalam rebusan air satu persatu hingga terapung.
    Cara Membuat Kuah :
    @ Rebus gula merah, air dan Vanila extract atau daun pandan extract (3 daun pandan) sampai gula larut, angkat dan saring.
    @ Rebus kembali larutan gula, kemudian pindahkan biji salak dalam rebusan gula, kecilkan api, masak hingga meresap. Jika hendak diangkat, larutkan tepung ketan dengan sedikit air, kemudian masukkan dalam larutan gula.
    @ Aduk hingga mengental, terakhir tambahkan santan kental, atau dapat juga ditambahkan pada waktu menghidangkan...
    Salam Kuliner Indonesia...

  2. #2
    Senior Member CUTE_BABY's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    somewhere in east area
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Cil, sperti wedang ronde yaa..
    yang isinya kacang dan pake kuah gula merah +jahe
    I FEEL FINE...
    BEATLES MANIA

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR of China
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Cil, maksud hati sih pengin banget bikin..ihik ihiks apa daya tangan ngak sanggup.
    Liat gitu ribet aja udah pusing...kirimin aja deh

  4. #4
    Beginner wien's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    45
    Rep Power
    0

    Smile Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Mba Cicil, aku biasanya bikin dari ubi merah yang dicampur sama sagu hasilnya enak kok kenyal-kenyal gitu deh. Aku malah belom nyobain yang resep dr mba Cicil tapi kok ribet banget sih mba...emang beda rasanya apa sih sama yang berbahan ubi merah?. Soalnya kalo yang biasa aku bikin gampang banget gak ada takarannya asal campuran ubi dan sagunya udah bisa dibentuk ( gaka nempel di tangan) langsung deh saya rebus sampai me-ngambang siap deh dihidangkan campur air gula merah plus santan.

  5. #5
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,917
    Rep Power
    17

    Smile Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Quote Originally Posted by Ernitara View Post
    Thanks ya resepnya, ini kesukaan gw nih ampe sekarang, tapi gw belum pernah buat sendiri, ntar mo gw coba ah...
    Hai Ernita, Salam Kenal dan Selamat mencoba...Salam Kuliner Indonesia...

  6. #6
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,917
    Rep Power
    17

    Smile Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Quote Originally Posted by ecy dh View Post
    cicil... ini kayak makanan kolak kan? kayaknya sih aku lihat bahannya gitu... cuma yg bedain biji salaknya aja yg dibikin sedemikian rupa,makasih resepnya keliatan manizzz banget kayak yg bikin hehehe... (melihat judulnya aku terkejut eh gak taunya Untung bukan biji salak beneran kl gak bisa susah nelennya) Salam kuliner Indonesia.
    Hai Ecy, Yap ini seperti kolak, juga bisa di hidangkan dengan es serut,atau pake es batu enak...di santap pd waktu musim panas...hi...hi...hi...manisnya sedang2 sajalah...ntar yang makan juga tambah manis...karena gembira dengan hasilnya...Salam Kuliner Indonesia...

  7. #7
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,917
    Rep Power
    17

    Smile Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Quote Originally Posted by CUTE_BABY View Post
    Cil, sperti wedang ronde yaa..
    yang isinya kacang dan pake kuah gula merah +jahe
    Hai Cute, memang hampir sama dengan wedang ronde, tetapi biji salak tidak di isi dan juga tidak di hidangkan dengan wedang jahe, jadi biji salak ini di makan seperti kolak atau bisa di tambahkan dengan es serut atau esbatu...Selamat mencoba dan Salam Kuliner Indonesia...

  8. #8
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,917
    Rep Power
    17

    Smile Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Quote Originally Posted by Lizzie View Post
    Cil, maksud hati sih pengin banget bikin..ihik ihiks apa daya tangan ngak sanggup.
    Liat gitu ribet aja udah pusing...kirimin aja deh
    Hallo Lizzie, ngga ribet kok...kalau sudah ada bahan2nya...bikin saja...khan sudah ada ukurannya...ikuti saja cara2nya...coba ya...Salam Kuliner Indonesia...

  9. #9
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,917
    Rep Power
    17

    Smile Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    Quote Originally Posted by wien View Post
    Mba Cicil, aku biasanya bikin dari ubi merah yang dicampur sama sagu hasilnya enak kok kenyal-kenyal gitu deh. Aku malah belom nyobain yang resep dr mba Cicil tapi kok ribet banget sih mba...emang beda rasanya apa sih sama yang berbahan ubi merah?. Soalnya kalo yang biasa aku bikin gampang banget gak ada takarannya asal campuran ubi dan sagunya udah bisa dibentuk ( gaka nempel di tangan) langsung deh saya rebus sampai me-ngambang siap deh dihidangkan campur air gula merah plus santan.
    Hai Wien, Memang biji salak bisa di buat dengan 2 macam, Saya buat dari tepung beras ketan dan juga dari ubi jalar merah atau putih...Aku akan postkan dengan ukurannya...kadang2 untuk peminat yang ragu2 untuk membuat kuwe2an...atau yang belum tahu caranya...sangat takut sekali mencoba...dengan adanya ukuran resepi....maka para peminat akan mudah untuk mencoba...demikian pula dengan kuliner Indonesia...kalau ingin di kenal di seluruh dunia...jadi semua peminat akan mudah membuat Kuliner Indonesia dengan adanya takaran dan cara membuatnya...kuliner ini tidak akan hilang atau di lupakan untuk generasi yang akan datang...Salam Kuliner Indonesia...

  10. #10
    Senior Contributor Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Biji Salak ( Biji Salak Tepung beras Ketan )

    m'Cicil..aku pernah nyoba bikin..pake ubi merah n sagu..eh kayanya kelamaan direbus dech..he..hee..jadinya lengket..pada nempelan.., tapi enak juga sich.. Thanks resepnya yang dengan ketan ini.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0