Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)


  1. #1
    Newbie busisca's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Thumbs up Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)



    Bahan untuk satu lapis (dibutuhkan 3 lapis, kuning-coklat-kuning):


    • 11 kuning telur
    • 60 gram terigu
    • 100 gram gula pasir
    • 125 gram mentega, lelehkan
    • khusus lapisan coklat ditambah 1 sdm coklat pasta
    Cara membuatnya :

    • Kocok telur + gula halus sampai mengembang, kira2 15 menit.
    • Tambahkan terigu secara bertahap sambil diayak (kecepatan mixer posisi paling pelan), bila sudah tercampur, masukkan mentega cair yg sudah dingin, setelah rata, ganti kecepatan mixer ke maximum dan teruskan kurang lebih 1 menit.
    • Siapkan loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu tipis, untuk memudahkan melepas kue dari adonan
    • Tuang adonan ke dalam loyang, ketuk-ketuk loyang 2-3 kali agar tidak ada gelembung udara, masukkan adonan ke dalam oven
    • Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius +/- selama 20 menit
    • Setelah cake matang keluarkan dari oven, dinginkan
    • Setelah dingin tumpuk cake dan rekatkan dengan selai / butter cream, dengan urutan kuning-coklat-kuning
    • Siap untuk disajikan
    Selamat Mencoba...

    Sumber:
    http://www.busisca.com/resep/resep-spiku-resep-kuno

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    393
    Rep Power
    0

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    kalau ngasi resep tuh yang komplit dong
    masak di cara membikinnya cuam ditulis :

    • Tuang adonan ke dalam loyang, ketuk-ketuk loyang 2-3 kali agar tidak ada gelembung udara, masukkan adonan ke dalam oven
    • Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius +/- selama 20 meni
    apa itu lapisan terjadi secara otomatis???
    pastinya kan diselang seling...ach begini nih kalau ngajarin tapi gak niat, bikin bingung yang mau nyontek, terutama saya yang benar2 gak bisa baking2an

  3. #3
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,933
    Rep Power
    17

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    Quote Originally Posted by Neinava View Post
    kalau ngasi resep tuh yang komplit dong
    masak di cara membikinnya cuam ditulis :

    • Tuang adonan ke dalam loyang, ketuk-ketuk loyang 2-3 kali agar tidak ada gelembung udara, masukkan adonan ke dalam oven
    • Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius +/- selama 20 meni
    apa itu lapisan terjadi secara otomatis???
    pastinya kan diselang seling...ach begini nih kalau ngajarin tapi gak niat, bikin bingung yang mau nyontek, terutama saya yang benar2 gak bisa baking2an
    Yeap...Kemungkinana dia lupa untuk cara selanjutnya, biasanya adonannya di bagi dua, satu dengan rasa vanilla dan yang satu lagi dengan rasa cokolate, cara membakarnya harus deselingi, pertama adonan vanila di bakar sampai matang lalu keluarkan dan olesi dengan cairan mentega dan taburi adonan rasa cokolate, lalu bakar dengan memakai pembakaran di atas saja (Broil), dan lakukan yang sama sehingga semua adonan habis...Jangan lupa masukan air di dalam oven yang di letalkkan di bawah agar ove selalu moist sehingga kuwe tidak akan kering...=)

    Regards,
    Cicilia.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    Kalo pengalamanku bikin kue ini, pakai 3 cetakan, kalo ovennya memungkinkan, panggang bareng, karena adonan tidak boleh dibiarkan nganggur terlalu lama, kalo mau dipanggang satu2, sebaiknya adonan dibikin secara terpisah, seperti resep ini bahannya cuman untuk 1 lapis, jadi untuk bikin kue ini harus 3 x bahan diatas dan 3 x panggangnya.. duh jadi ngiler

  5. #5
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,933
    Rep Power
    17

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    Quote Originally Posted by tjantik View Post
    Kalo pengalamanku bikin kue ini, pakai 3 cetakan, kalo ovennya memungkinkan, panggang bareng, karena adonan tidak boleh dibiarkan nganggur terlalu lama, kalo mau dipanggang satu2, sebaiknya adonan dibikin secara terpisah, seperti resep ini bahannya cuman untuk 1 lapis, jadi untuk bikin kue ini harus 3 x bahan diatas dan 3 x panggangnya.. duh jadi ngiler
    Yep...You are right, harus membuat 3 kali resepi, satu dengan vanilla dan yang satu nya dengan chocolate resepi...=)

    Regards.

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Sep 2010
    Posts
    33
    Rep Power
    0

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    enak ni kayaknya

    berarti tu lebih baik dipanggang bersamaan tapi tptnya beda kali ya

    biar mateng bersamaan, baru disatuin

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    kue lapis emang enak, palagi klo bisa bikin sendiri..
    beli lumayan mahal harganya padahal ukurannya ga gede..

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    wah gan ane kunjungin thread thread nya agan ts gile resep masakan nya enyak enyak banget apalagi tutorial resep minuman nya. Gan posting cara membuat sate madura dong gan soalnya ane suka banget. Pokoke kuliner nusantara keyen abis. cuman kayak nya masih kurang aneka kue nya kek kue kering sama kue basah . Ane tunggu postingan berikutnya kalo bisa sih resep masakan ikan sama cara membuat roti juga di tampilin gan. Tapi dari semua yang paling ane suka adalah resep kue sama resep cake nya

  9. #9
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    Quote Originally Posted by Neinava View Post
    kalau ngasi resep tuh yang komplit dong
    masak di cara membikinnya cuam ditulis :
    • Tuang adonan ke dalam loyang, ketuk-ketuk loyang 2-3 kali agar tidak ada gelembung udara, masukkan adonan ke dalam oven
    • Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius +/- selama 20 meni
    apa itu lapisan terjadi secara otomatis???
    pastinya kan diselang seling...ach begini nih kalau ngajarin tapi gak niat, bikin bingung yang mau nyontek, terutama saya yang benar2 gak bisa baking2an
    Memang paling enak langsung dpraktekan, ketimbang ditulis.

  10. #10
    Junior Member 27xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    267
    Rep Power
    2

    Re: Spiku / Lapis Surabaya (Resep Kuno)

    kayaknya sederhana ya...
    bisa dicoba nich,hehe........

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0