Results 1 to 10 of 10

Thread: Tanya Resep Uli


  1. #1
    Newbie wien's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    45
    Rep Power
    0

    Tanya Resep Uli

    Ada yang pernah coba bikin Uli gak? biasanya temenannya sama tape ketan hitam. Di rumah lagi banyak beras ketan kiriman dari kampung neh...dari kemarin udah dibuat wajit, lemper, nasi ketan and terakhir dibuat uli, cuma udah 2 kali bikin gagal terus tiap saya mau goreng ulinya melebar, kayaknya sih santennya kebanyakan, maklum bikinnya gak pernah pake takaran asal jabrus aja.
    Jadi saya minta tolong neh dari temen-temen pencinta kuliner siapa tau pernah ada yang coba bikin Uli, soalnya orang rumah pada doyan banget makan uli goreng.

  2. #2
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tanya Resep Uli

    ada beberapa referensi ketika bertanya ma oom google..
    selera dan takaran bisa disesuaikan

    Bahan uli :
    300 gram beras ketan, direndam 1 jam
    125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    1 sendok ; teh garam ; 1/2 parut kelapa panjang kukus

    Bahan tape :
    300 gram beras ketan hitam, direndam 1 jam
    150 ml air ; 1 bulatan ragi tape ; 3 sendok makan gula pasir
    daun pisang untuk membungkus

    Cara membuat :
    1. Buat uli, kukus beras ketan selama 15 menit. Sementara itu rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan ketan kukus, aduk hingga santan terserap. Tambahkan garam dan kelapa, aduk rata. Kukus sampai matang.
    2. Angkat ketan lalu haluskan panas-panas. Bungkus dalam daun pisang, sisihkan.
    3. Buat tape, cuci bersih ketan hitam lalu kukus selama 20 menit. Rebus air sampai mendidih, masukkan ketan, aduk sampai terserap.
    4. Kukus beras ketan hitam sampai matang, angkat lalu dinginkan.
    5. Haluskan ragi tape lalu taburkan ke atas ketan hitam yang dingin. Tutup dengan daun pisang diamkan selama 2 malam dalam suhu kamar. untuk 8 porsi

    ===========

    kalo udah jadi, kirim2 ya..

  3. #3
    Newbie Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Tanya Resep Uli

    Quote Originally Posted by wien View Post
    Ada yang pernah coba bikin Uli gak? biasanya temenannya sama tape ketan hitam. Di rumah lagi banyak beras ketan kiriman dari kampung neh...dari kemarin udah dibuat wajit, lemper, nasi ketan and terakhir dibuat uli, cuma udah 2 kali bikin gagal terus tiap saya mau goreng ulinya melebar, kayaknya sih santennya kebanyakan, maklum bikinnya gak pernah pake takaran asal jabrus aja.
    Jadi saya minta tolong neh dari temen-temen pencinta kuliner siapa tau pernah ada yang coba bikin Uli, soalnya orang rumah pada doyan banget makan uli goreng.
    buat lebaran ya Wien.., bikin yang enak yaa..aku suka banget tape uli cocol ketan item. Biasanya kalo lebaran dikasih ama tetangga2 sekitar ya selaen ketupat n opor ayam..juga tape uli..ketan item..juga gegeplak.

  4. #4
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tanya Resep Uli

    Quote Originally Posted by Lasary View Post
    buat lebaran ya Wien.., bikin yang enak yaa..aku suka banget tape uli cocol ketan item. Biasanya kalo lebaran dikasih ama tetangga2 sekitar ya selaen ketupat n opor ayam..juga tape uli..ketan item..juga gegeplak.
    bukannya namanya geplak yaa?

    ----

    geplak.. makanan lebaran yang lazimnya keluar pas mendekati lebaran..
    paduan yang pas antara parutan kelapa dan gula aren..
    cara bikinnya gmana yaa?
    para sepuh gak nurunin ilmunya nih...

  5. #5
    Newbie Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Tanya Resep Uli

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    bukannya namanya geplak yaa?

    ----

    geplak.. makanan lebaran yang lazimnya keluar pas mendekati lebaran..
    paduan yang pas antara parutan kelapa dan gula aren..
    cara bikinnya gmana yaa?
    para sepuh gak nurunin ilmunya nih...
    "gue geplak pala lu..".., geplak disini berarti pukul ya..hi..hii.., kali karena itu ortu n kita2 suka nyebut kue geplak itu ya gegeplak. Aku kurang suka sich gegeplak..manis banget.., yang enak itu tuch..kue khas betawi juga yang bentuknya macem2..oh kue bakar ya namanya?

  6. #6
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tanya Resep Uli

    Quote Originally Posted by Lasary View Post
    "gue geplak pala lu..".., geplak disini berarti pukul ya..hi..hii.., kali karena itu ortu n kita2 suka nyebut kue geplak itu ya gegeplak. Aku kurang suka sich gegeplak..manis banget.., yang enak itu tuch..kue khas betawi juga yang bentuknya macem2..oh kue bakar ya namanya?
    heuhehehe...
    namanya emang ambigu..
    antara melakukan aksi pukul dengan tangan (geplak) atau (kue) geplak..
    tapi emagn gitu namanya...
    kalo di tempat lain mungkin berbeda..

    kenapa dikasi nama itu yaa..
    apa karena pas bikinnya sering geplak2an?

    kue bakar?
    dipanggang deh sepertinya...
    kalo dibakar, pasti ada sisi2 yang gosong..

  7. #7
    Newbie CUTE_BABY's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    somewhere in east area
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Tanya Resep Uli

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    bukannya namanya geplak yaa?

    ----

    geplak.. makanan lebaran yang lazimnya keluar pas mendekati lebaran..
    paduan yang pas antara parutan kelapa dan gula aren..
    cara bikinnya gmana yaa?
    para sepuh gak nurunin ilmunya nih...
    Kue khas betawi berbahan dasar tepung beras, gula merah, gula puth, parutan kelapa muda yg di sangrai agak kering.

    Waktu kecil pernah liat tetangga yg asli betawi bikin kue ini. Seingat ku gula merah di masak sama air sampe cair terus ditambahin gula pasir terus tepung beras sangrai + kelapanya di masukin dan diaduk rata terus di cetak.
    I FEEL FINE...
    BEATLES MANIA

  8. #8
    Newbie Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Tanya Resep Uli

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    heuhehehe...
    namanya emang ambigu..
    antara melakukan aksi pukul dengan tangan (geplak) atau (kue) geplak..
    tapi emagn gitu namanya...
    kalo di tempat lain mungkin berbeda..

    kenapa dikasi nama itu yaa..
    apa karena pas bikinnya sering geplak2an?

    kue bakar?
    dipanggang deh sepertinya...
    kalo dibakar, pasti ada sisi2 yang gosong..
    iye kali bikinnya pake digeplak2. Itu sebutannya aja kue bakar..bener ah..emang dipanggang kali..tapi masa dibilang kue panggang..he..hee. Emang model kuenya teplek gitu..bentuk ada yang bintang..bunga..dll.., ada sisi yang gosong emang..justru itu yang sisi yang paling enak..wangi n garing.

  9. #9
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tanya Resep Uli

    wuih.. kok jadi ngomongin kue geplak yah..
    nti dech akan gue posting gambar kue geplak (kalo udah dapet kiriman dari tetangga)..

    sesuai dengan judul thread, sekarang kita kembalikan ke topik awal..
    resep uli.

  10. #10
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tanya Resep Uli

    wah jeung Cicilia kembali nongol..
    kemana aja?
    salam kenal yah..
    ditunggu nih resep2 canggihnya...

    request yang kue geplak donk..

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO