Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Kue cara Bikang


  1. #1
    Newbie Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Kue cara Bikang

    Kue Carabikang.
    Jajan pasar yang murah meriah dan mudah membuatnya.

    Bahan :
    -2 cangkir tepung beras, kalau bisa yang baru di tumbuk.
    -santan kelapa yang dibuat dari setengah butir kelapa. kira-kira 500ml
    -gula pasir di sesuaikan dengan selera. Kalau mau bisa pakai gula merah dicampur dengan sedikit gula putih.
    -minyak kelapa untuk mengoles cetakan kue carabikang.

    Cara membuatnya :
    Pertama kita panaskan santan dengan sedikit garam, sampai hangat-hangat kuku, jangan sampai mendidih.
    Campur tepung dan gula, lalu diadoni dengan sedikit santan hangat.
    Uleni terus adonan samapai tidak melekat di panci.
    Kemudian encerkan adonan tersebut dengan santan sisa.
    Jangan terlalu encer....lebih encer sedikit dari adonan pisang goreng.

    Jika hanya menggunakan gula pasir, kita bisa beri warna.
    caranya adonan kita bagi tiga, sebagian kita kasih warna merah, sebagian lagi di beri warna hijau pandan, sisanya dibiarkan putih.
    Atau kita bisa hanya menggunakan gula merah.
    Semua tergantung selera kita.

    Setelah semua selesai, baru kita siapkan cetakan kue Cara bikang.
    Panaskan cetakan diatas kompor.
    Bila sudah panas....sudah keluar asap, poles cetakan dengan minyak kelapa.
    Masukan adonan kedalam cetakan, warnanya bisa di kombinasikan.
    Bila sudah kelihatan berlubang-lubang dan atasnya kering, berarti kuenya sudah matang.
    Lalu angkat kue dengan pisau supaya merekah !

    Okey selamat mencoba

  2. #2
    Junior Member torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: Kue cara Bikang

    thanks mpok...di bogor sering liat kue ky gitu. ternyata cara buatnya enggak terlalu susah ya..
    btw itu cetakan pakai tutup ga?

  3. #3
    Newbie Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    Ya ampyun Syan...
    masa disuruh numbuk beras dulu?????
    bukan saja lumpangnya gak punya...alunya mo cari dimana????

    pake tepung beras yang dijual di pasar aja bisa kan????


    hahaha....kan ada blender mpok !
    pake tepung yang jual di pasar juga bisa.....cuma rasanya lebih enak kalau tepunya masih baru !!!! gitu

  4. #4
    Newbie Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    thanks mpok...di bogor sering liat kue ky gitu. ternyata cara buatnya enggak terlalu susah ya..
    btw itu cetakan pakai tutup ga?


    Cetakannya pake tutup....tapi kalau sudah panas cetakannya...bisa tidak di tutup, Karena cepat sekali matangnya.

    Bikinnya mudah dan cepat jadi.....juga tidak terlalu repot !

  5. #5
    Junior Member torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: Kue cara Bikang

    numbuk berasnya pake ulekan bisa kali ya? (tp malesnya itu mpok)
    kynya mending pake tepung beras yg udah jadi aja ya, kl rasanya ga jauh beda.
    trus itu adonannya ga pake ragi ya mpok?

  6. #6
    Newbie Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    numbuk berasnya pake ulekan bisa kali ya? (tp malesnya itu mpok)
    kynya mending pake tepung beras yg udah jadi aja ya, kl rasanya ga jauh beda.
    trus itu adonannya ga pake ragi ya mpok?


    memangnya di Bogor enggak ada tempat bikin tepung....Grinding mills
    di sini banyak tuh!
    kalau mau pake blender juga bisa...berasnya di remdem dulu, lalu di tiriskan.
    Tapi kalau enggak mau berabe , ya beli tepung yang sudah jadi aja...di Indonesiakan banyak tuh.
    Itu adonannya enggak pake ragi....bisa berlubang-lubang begitu....karena di ulenin....makanya harus agak lama nguleninnya.
    Sampai khalis....enggak nempel lagi di panci.

  7. #7
    Newbie Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    iya gue baru sadar tuch Syan..bisa mekar pecah2 begiut tanpa pake yeast???
    berarti mula2 adonannya diulenin...seperti mengulen roti gitu ya???


    Yo, pertama adoannya dikasih santannya sedikit aya....sampe bisa di pulung.
    lalu kita uleni adonan seperti bikin roti....supaya kuenya bersarang, maksudnya berlubang-lubang tengahnya.

  8. #8
    Newbie CUTE_BABY's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    somewhere in east area
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    Syan, aku punya cetakannya dari teflon, kira2 bisa enggak ya ??? soalnya gak terlalu dalemkaya cetakan dari baja gitu.. cuma setebal kue lumpur..
    I FEEL FINE...
    BEATLES MANIA

  9. #9
    Newbie Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    Quote Originally Posted by CUTE_BABY View Post
    Syan, aku punya cetakannya dari teflon, kira2 bisa enggak ya ??? soalnya gak terlalu dalemkaya cetakan dari baja gitu.. cuma setebal kue lumpur..


    Memang sebetulnya cetakan cara bikang enggak agak dalam....!
    supaya nyokel kuenya gampang...itu di cokelnya pake pisau atau sendok mentaga, supaya merekah.

    Aku pake cetakan itu karena punya cuma itu....he he he! aku pake untuk bikin serabi, kue bika ambon dan juga kue pukis .

  10. #10
    Newbie CUTE_BABY's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    somewhere in east area
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Kue cara Bikang

    kelupaan 1 lagi nih Syan...
    enggak pake fermipan ya ??
    Kok bisa bersarang gitu sih ???
    I FEEL FINE...
    BEATLES MANIA

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO