Results 1 to 3 of 3

Thread: Keuntungan Investasi Reksadana


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Kalimantan selatan
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Keuntungan Investasi Reksadana

    Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, yang dibentuk berdasarkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) antara Manajer Investasi dengan Bank Kustodian, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuritas lainnya. Karena dikelola oleh manajer investasi maka ada beberapa keuntungan berinvestasi dalam bentuk reksadana, Misalnya karena dikelola oleh manajer investasi profesional yang yang memang mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana dan memiliki akses pada informasi dan pedagangan efek, sehingga selalu dapat meneliti berbagai peluang investasi terbaik bagi para nasabahnya dan mengambil keputusan yang lebih akurat untuk kepentingan investasi investornya. Selain itu ada beberapa keuntungan lainnya:
    1. Kenyamanan dan Kemudahan Berinvestasi
    Dengan mempercayakan modalnya di reksadana untuk dikelolah oleh Manager Investasi profesional berarti investor tidak perlu lagi berpikir sepanjang hari untuk memilih efek yang akan dijadikan portofolio investasinya. Investor sebagai pemilik unit penyertaan reksa dana juga dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin dengan melihat Nilai Aktiva Bersih yang diumumkan melalui surat kabar setiap harinya. Berinvestasi di reksa dana relatif mudah karena selain prosesnya mudah, Anda diberikan beberapa pilihan investasi, dengan strategi yang sesuai dengan risiko dan keuntungan yang diharapkan. Dalam reksa dana Anda leluasa untuk memilih suatu jenis investasi dan leluasa pula untuk pindah ke jenis lainnya sesuai dengan tujuan investasi Anda.
    Dengan berinvestasi di Reksa Dana, Anda cukup menyetorkan dana dan biarkanlah manajer investasi yang menyusun investasi Anda. Anda cukup memonitor hasil investasi Anda melalui NAB/unit yang diterbitkan setiap hari. Selain itu, dengan keragaman produk reksa dana yang ada, Anda dapat memiliih produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat pula mengganti produk yang lebih sesuai dengan pilihan Anda.
    2. Diversifikasi investasi (memperkecil resiko)
    Reksadana memiliki Pola pembagian risiko ini biasa disebut diversifikasi. Diversifikasi atau penyebaran investasi dalam portofolio akan memperkecil risiko, karena dana atau kekayaan Reksadana diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga risikonya pun juga tersebar. Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar risiko bila seorang membeli satu atau dua jenis saham atau efek secara individu. Memiliki beberapa jenis saham kemungkinan resikonya akan lebih kecil dibandingkan apabila Anda memiliki satu jenis saham. Sama halnya jika Anda memiliki berbagai obligasi dan berbagai saham, resiko yang akan ditanggung lebih kecil jika dibandingkan dengan memiliki beberapa saham saja. Diversifikasi investasi merupakan salah satu keunggulan reksadana yang sangat penting. Karena dengan modal yang relatif kecil, anda sudah dapat menanamkannya di berbagai jenis investasi pasar modal, dimana jika anda melakukannya sendiri, untuk dapat tetap melakukan diversifikasi investasi, maka Anda harus memiliki modal yang relatif besar.
    Dengan besarnya jumlah modal yang telah digabungkan tersebut reksadana, Manager Investasi dapat dengan mudah melakukan diversifikasi investasi. Secara tidak langsung, reksadana merupakan kekuatan investasi bersama. Hal ini dimungkinkan karena uang pemodal yang satu kemudian digabungkan dengan milik pemodal lainnya sehingga menciptakan kekuatan membeli yang jauh lebih besar dibandingkan jika seorang pemodal membeli sendiri.
    3. Likuiditas yang tinggi
    Likuiditas merupakan instrumen yang sangat penting dalam berinvestasi. Reksadana terbuka wajib membeli kembali Unit Penyertaannya sehingga sifatnya sangat likuid, mudah untuk diuangkan kembali serta efisien karena Anda dapat menjual kembali kepada pengelola investasi. Dengan demikian, Pemodal dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing Reksadana sehingga memudahkan investor mengelola kasnya.

    Sumber

  2. #2
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,578
    Rep Power
    5

    Re: Keuntungan investasi reksadana

    memang benar menaruh semua telur dalam satu keranjang ga bagus sih

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Jan 2013
    Location
    diaperskain.com
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Keuntungan investasi reksadana

    Reksadana yang bagus tu yang diinvestasikan ke apa? Dan berapa rata-rata keuntungannya ya?

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0