Page 10 of 11 FirstFirst 1234567891011 LastLast
Results 91 to 100 of 104
Like Tree1Likes

Thread: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!


  1. #91
    Junior Member dade's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    121
    Rep Power
    0

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru !

    Bumi mengorbit 345 derajat selama 12 bulan Qamariah


    Bukti pertama untuk membenarkan bahwa Bumi ini hanya mengorbit 345˚ keliling Surya ialah bahwa dalam waktu 24 tahun Qamariah setiap bintang di angkasa akan berada pada tempat yang sama jika dipandang dari suatu tempat di permukaan Bumi pada saat-saat yang sama, Hal itu dapat dimengerti bahwa lingkaran 360 derajat keliling Surya hanya dilalui 345 derajat untuk satu kali orbit berarti 15 derajat senantiasa tertinggal setiap tahun Qamariah; Dari titik 345 derajat itu Bumi memulai orbitnya yang baru 345 derajat pula untuk berikutnya. Maka kekurangannya 15 derajat x 24 (tahun) sama dengan 360 derajat dengan ketentuan bahwa. Bumi berada kembali pada posisinya pertama 24 tahun yang lalu pada titik Periheliun orbitnya untuk tahun ke-25 dan selanjutnya.

    Bukti kedua ialah bahwa Surya paling dekat kelihatan dari Bumi ini setiap tanggal 1 Muharram tahun Qamariah yaitu sewaktu Bumi selesai menjalani orbitnya 345 derajat untuk memulai orbit baru tahun baru. Waktu itu pasang di lautan jadi naik melebihi daripada keadaan normal pada bulan-bulannya, hal itu disebabkan tarikan Rawasia Surya sangat berpengaruh karena dekatnya, diperkirakan 90.000.000 mil dari Bumi, yaitu sekira 3.005.000 mil lebih debak dibanding dengan bulan Rajab.

    Bukti ketiga
    ialah bahwa tahun Qamariah terdiri dari 12 bulan, harinya 355, maka teranglah orbit Bumi itu hanya 345 derajat dimulai setiap tahuan Muharram.

    Bukti keempat ialah kalau penanggalan Musim (Solar Year) memakai waktu satu tahunnya 365 seperempat hari dan itu dijadikan alasan untuk menentukan bahwa Bumi ini mengorbit 360 derajat setiap tahunnya. maka hal itu tidaklah benar karena setiap tahunnya bintang di angkasa terlambat terbitnya 4 derajat 48 menit, dan itu menandakan bahwa gerak Bumi dalam satu tahun Musim atau selama 365 seperempat hari tahun Musim belumlah lingkaran 360 derajat tetapi baru 355 derajat 12 menit. Jika penanggalan demikian dipakai untuk perhitungan, maka:

    a. Setiap bulannya Bulan di angkasa tidak menunjukkan tanggal yang sama dengan penanggalan sewajarnya: Adakalanya Bulan di angkasa telah purnama raya sedangkan penanggalan baru mencatat tanggal satu hari bulan.

    b. Setiap tahunnya Bumi ini berada pada titik Perihelium orbitnya waktu mana harusnya dimulai tahun baru, tetapi penanggalan yang berlaku telah menunjukkan pertengahan tahun atau sebagainya.

    c. Kalau dimisalkan pada tanggal 1 Januari 1901 Bumi ini berada pada titik Perihelium orbitnya dan bintang-bintang di angkasa berada pada posisi yang ditandai, maka bintang-bintang itu akan berada kembali di tempat yang sama sesudah 15 tahun kemudiannya, yaitu tanggal 1 Januari 1916 malah Bumi tidak berada pada titik Perihelium orbitnya sebagai pada tanggal 1 Januan 1901.
    Orang dapat memperhitungkan bahwa kekurangan 4 derajat 48 menit x 15 (tahun) Sama dengan 360 derajat, hanya sayang bahwa itu adalah persamaan pandangan terhadap bintang di angkasa tapi bukanlah persamaan posisi Bumi sesudah 75 tahun.

    d. Kalau dulunya tahun Musim itu disusun oleh Julius Caesar benar-benar berdasarkan jangka waktu pergantian musim, bukan atas dasar kesadaran bahwa Bumi ini mengorbit keliling Surya karena waktu itu manusia masih menyangka bahwa Bumi ini adalah wujud terbesar di semesta raya dan Surya bersama bintang lain mengorbit keliling Bumi, maka alasan apakah bagi manusia kini untuk menyatakan bahwa penanggalan musim itu sesuai dengan jangka waktu orbit Bumi keliling Surya. Kenapa orang melupakan perubahan penanggalan yang dilakukan orang di masa Paus Georgerious tahun 1582. Kalau kebetulan penanggalan musim itu sama dengan jangka waktu orbit Bumi keliling Surya sebagai yang diperkirakan maka umumnya hal yang didapat cara kebetulan adalah di luar perhitungan begitu pula hal yang hanya dikira-kirakan pada umumnya tidak tepat sama dengan keadaan sebenarnya.

  2. #92
    Senior Member harusame's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    1,817
    Rep Power
    14

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru !

    Quote Originally Posted by dade View Post
    Bumi mengorbit 345 derajat selama 12 bulan Qamariah


    Bukti pertama untuk membenarkan bahwa Bumi ini hanya mengorbit 345˚ keliling Surya ialah bahwa dalam waktu 24 tahun Qamariah setiap bintang di angkasa akan berada pada tempat yang sama jika dipandang dari suatu tempat di permukaan Bumi pada saat-saat yang sama, Hal itu dapat dimengerti bahwa lingkaran 360 derajat keliling Surya hanya dilalui 345 derajat untuk satu kali orbit berarti 15 derajat senantiasa tertinggal setiap tahun Qamariah; Dari titik 345 derajat itu Bumi memulai orbitnya yang baru 345 derajat pula untuk berikutnya. Maka kekurangannya 15 derajat x 24 (tahun) sama dengan 360 derajat dengan ketentuan bahwa. Bumi berada kembali pada posisinya pertama 24 tahun yang lalu pada titik Periheliun orbitnya untuk tahun ke-25 dan selanjutnya.

    Bukti kedua ialah bahwa Surya paling dekat kelihatan dari Bumi ini setiap tanggal 1 Muharram tahun Qamariah yaitu sewaktu Bumi selesai menjalani orbitnya 345 derajat untuk memulai orbit baru tahun baru. Waktu itu pasang di lautan jadi naik melebihi daripada keadaan normal pada bulan-bulannya, hal itu disebabkan tarikan Rawasia Surya sangat berpengaruh karena dekatnya, diperkirakan 90.000.000 mil dari Bumi, yaitu sekira 3.005.000 mil lebih debak dibanding dengan bulan Rajab.

    Bukti ketiga
    ialah bahwa tahun Qamariah terdiri dari 12 bulan, harinya 355, maka teranglah orbit Bumi itu hanya 345 derajat dimulai setiap tahuan Muharram.

    Bukti keempat ialah kalau penanggalan Musim (Solar Year) memakai waktu satu tahunnya 365 seperempat hari dan itu dijadikan alasan untuk menentukan bahwa Bumi ini mengorbit 360 derajat setiap tahunnya.maka hal itu tidaklah benar karena setiap tahunnya bintang di angkasa terlambat terbitnya 4 derajat 48 menit, dan itu menandakan bahwa gerak Bumi dalam satu tahun Musim atau selama 365 seperempat hari tahun Musim belumlah lingkaran 360 derajat tetapi baru 355 derajat 12 menit. Jika penanggalan demikian dipakai untuk perhitungan, maka:

    a. Setiap bulannya Bulan di angkasa tidak menunjukkan tanggal yang sama dengan penanggalan sewajarnya: Adakalanya Bulan di angkasa telah purnama raya sedangkan penanggalan baru mencatat tanggal satu hari bulan.

    b. Setiap tahunnya Bumi ini berada pada titik Perihelium orbitnya waktu mana harusnya dimulai tahun baru, tetapi penanggalan yang berlaku telah menunjukkan pertengahan tahun atau sebagainya.
    1. Matahari (dan tata surya kita) juga bergerak dalam orbit mengitari pusat galaksi bima sakti, makanya posisi bintang2 juga akan berubah jika dilihat pada saat yang sama

    2. Surya paling dekat dengan bumi pada saat bumi berada di posisi Perihelion
    Perihelion ini jatuhnya sekitar tanggal 2-5 januari, dari tahun ke tahun bervariasi, BUKAN pada tanggal 1 Muharram tanggal qomariah
    Sistem penanggalan qomariah tidak membahas aspek Aphelion dan Perihelion secara benar, karena belum mengenal Hukum Keppler

    3. Kelliling artinya 360˚, baik untuk orbit berbentuk lingkaran maupun ellipse
    Benda A di posisi X, mengelilingi Benda B, untuk kembali pada posisi A, maka harus mengitari 360˚
    Titik Perihelion atau Aphelion TIDAK DAPAT dijadikan acuan bahwa bumi kembali berada pada posisi yang sama, karena secara definisi 1 Tahun Masehi (Solar Year) adalah adalah 1x orbit bumi mengelilingi matahari (dari posisi X kembali ke posisi X lagi), BUKAN jangka waktu antara 2 Perihelion

    4. Istilahnya yang benar adalah Perihelion, bukan Perihelium
    we do not inherit the earth from our ancestors we borrow it from our children

  3. #93
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    255
    Rep Power
    3

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru !

    astaga rupanya si dade ini lagi2 nyebar ajaan sesat soal perhitungan kalender
    dari tahun 2007 saya ketemu di forum2 lain, ternyata di sini masih begitu2 juga, namanya juga dade lagi

    fakta dan dasar ilmiahnya ga ada
    dade juga mengunggulkan sistem kalender muslim cuma demi membenarkan ajaran ilmiah berdasarkan kesimpulan pribadi yang sangat bodoh dan tidak ada dasar logika yang benar

    tiap peradaban punya sistem kalendernya masing2
    kalo emang kalender muslim yg pake bulan sebagai acuan, berarti kalender cina juga benar
    kalender yang pake matahari juga benar karena bumi berevolusi selama 365,25 hari dan sesuai dengan pergantian musim di belahan bumi utara

    tapi saya yakin dade ga akan bisa terima penjelasan sederhana ini dan tetep anggap dirinya benar dan yg lain salah

  4. #94
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,625
    Rep Power
    7

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru !

    Harus diingat juga, kecepatan orbit bumi itu berbeda-beda karena orbitnya yg elips. Kemudian, pergerakan bulan tidak hanya mengelilingi bumi, tetapi bulan juga mengelilingi bumi dan matahari. Setiap satu bulan Qomariyyah dihitung berdasarkan bulan baru, bukan menghitung apakah bulan kembali ke posisi semula. Kenapa? Karena bulan baru itu berarti matahari harus dimasukkan ke dalam perhitungan kita. Setiap bulan baru, posisi bulan bumi serta matahari sudah berubah sehingga kadang lama satu bulan Qomariyyah bisa 29 atau 30 hari, tergantung dari kecepatan bumi bergerak mengelilingi matahari. Kecepatan bumi mengorbit matahari paling cepat saat di titik terdekat dan paling lambat saat di titik terjauh. Jadi, menghitung lamanya bulan Qomariyyah memang kompleks dan perlu penerapan teori modern seperti relativitas, baru dapat perhitungan yg memuaskan. Sedangkan tahun masehi lebih sederhana, karena hanya melihat posisi bumi terhadap matahari.

    Tidak usah melihat bintang, lihat saja matahari. Logikanya, selesai menyelesaikan satu keliling matahari, matahari akan berada di tempatnya semula. Posisi ini dinamakan analemma. Tidak perlu 24 tahun Qomariyyah untuk matahari kembali ke tempatnya, cukup memotret matahari saja. Cukup satu tahun Masehi agar matahari kembali ke tempat semula. Contoh gambar analemma:

    Adalah hal yg aneh menentukan lama revolusi bumi mengitari matahari dengan menghitung pergerakan bulan. Seperti mencoba mengukur suhu anak dengan menempatkan termometer di ibunya. Kan gak nyambung. Apalagi kalau menyatakan periode keliling bumi terhadap matahari kurang dari 360 derajat. Lebih menyalahi logika matematika yg paling dasar sekalipun.

    Satu hal lagi, justru saya ragu ttg tanggal Hijriyah. Bayangkan, 1 Ramadhan dan 1 Syawal saja bisa berbeda pendapat. Jadi, Seandainya saat ini 1 Muharram dan diadakan rapat penetapan tanggal 1 Muharram menurut metode rukyah dan hisab, jatuhnya bisa ada dua hari tahun baru.
    earsun likes this.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  5. #95
    Junior Member jalansehat's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    143
    Rep Power
    0

    Thumbs up Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!

    ternyata apa yg idirayakan selama ini salah ya...?! aduuhh....
    mari kita melangkah bersama menuju jalan sehat

  6. #96
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    255
    Rep Power
    3

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!

    Quote Originally Posted by jalansehat View Post
    ternyata apa yg idirayakan selama ini salah ya...?! aduuhh....
    jangan percaya sama si dade, info2nya menyesatkan, ga ilmiah dan ga logis
    dia cuma mau mempromosikan kebenaran palsu dan sesat
    lo jangan ceroboh dan buru2 percaya aja sama apa yg dibilang orang
    nanti kalo dibilang di bulan ada kota kuno dan ada mahluk asing, percaya aja lagi, ntar lo keliatan banget begonya dan gampang dibohongin dan dikerjain

    kalo tanggal 1 januari salah, gimana dengan tahun baru 1 suro dari kalender jawa?
    atau imlek dari kalender cina? atau kalender2 dari negara dan bangsa lain? apakah di anggap salah juga?
    tidak, karena tiap kalender punya cara perhitungan sendiri2

  7. #97
    Senior Member Scor Wang's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    'Tersangkut di Indonesia' (???).
    Posts
    2,383
    Rep Power
    8

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!

    Setiap hari adalah hari baru.
    ?.

    (Tease ).
    Just call Me Scor;
    Member and Son of God,
    Brother of Jesus Christ in Heaven.

  8. #98
    Member mhyworld's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    856
    Rep Power
    6

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!

    By definition, 1 Januari adalah tahun baru menurut kalender Gregorian.
    Kebenaran pernyataan di atas bersifat tautology, yang nilainya selalu valid. Contoh lain adalah pernyataan bahwa bujur sangkar memiliki 4 sisi yang sama panjang.
    start with the end in mind

  9. #99
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    255
    Rep Power
    3

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!

    Quote Originally Posted by mhyworld View Post
    By definition, 1 Januari adalah tahun baru menurut kalender Gregorian.
    Kebenaran pernyataan di atas bersifat tautology, yang nilainya selalu valid. Contoh lain adalah pernyataan bahwa bujur sangkar memiliki 4 sisi yang sama panjang.
    yep betul, karena itu diliat dari kalender gregorian
    sementara dari kalender hijriah, kalender cina, kalender jawa dan kalender dari bangsa2 dan budaya lain, tahun baru bisa terjadi di bulan2 lain dlm kalender gregorian

    jadi sebenernya yg namanya tahun baru tuh banyak dan bisa ada puluhan kali tahun baru dalam setahun

    lalu mana yg bener2 tahun baru? ga ada sama sekali karena yg namanya tahun baru cuma ada dalam konsep pikiran manusia utk membatasi dan memudahkan mengenal waktu, perubahan siang malam, pergantian musim dan keperluan2 lain

  10. #100
    Senior Member harusame's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    1,817
    Rep Power
    14

    Re: Benarkah 1 Januari Tahun Baru!

    Quote Originally Posted by vhl72 View Post
    yep betul, karena itu diliat dari kalender gregorian
    sementara dari kalender hijriah, kalender cina, kalender jawa dan kalender dari bangsa2 dan budaya lain, tahun baru bisa terjadi di bulan2 lain dlm kalender gregorian

    jadi sebenernya yg namanya tahun baru tuh banyak dan bisa ada puluhan kali tahun baru dalam setahun

    lalu mana yg bener2 tahun baru? ga ada sama sekali karena yg namanya tahun baru cuma ada dalam konsep pikiran manusia utk membatasi dan memudahkan mengenal waktu, perubahan siang malam, pergantian musim dan keperluan2 lain
    memang betul, makanya semua sistem penanggalan itu benar, selama metodologinya tetap sama

    suramnya ketika dibuat seperti ini
    Bukti kedua ialah bahwa Surya paling dekat kelihatan dari Bumi ini setiap tanggal 1 Muharram tahun Qamariah yaitu sewaktu Bumi selesai menjalani orbitnya 345 derajat untuk memulai orbit baru tahun baru.
    ini malah menyatakan bahwa berarti selama ini penanggalan hijriah salah menghitung tgl 1 Muharram?
    karena harusnya setiap Perihelion itu tgl 1 Muharram, maka 1 Muharram untuk untuk dekade ini seharusnya jatuh sekitar tgl 2-6 Januari

    Bukti keempat ialah kalau penanggalan Musim (Solar Year) memakai waktu satu tahunnya 365 seperempat hari dan itu dijadikan alasan untuk menentukan bahwa Bumi ini mengorbit 360 derajat setiap tahunnya.maka hal itu tidaklah benar karena setiap tahunnya bintang di angkasa terlambat terbitnya 4 derajat 48 menit, dan itu menandakan bahwa gerak Bumi dalam satu tahun Musim atau selama 365 seperempat hari tahun Musim belumlah lingkaran 360 derajat tetapi baru 355 derajat 12 menit.
    Yang ini menyatakan bahwa tata surya kita tidak bergerak mengelilingi pusat bima sakti
    atau mengklaim tata surya kita adalah pusat bima sakti
    we do not inherit the earth from our ancestors we borrow it from our children

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0