Page 3 of 49 FirstFirst 12345678910111213 ... LastLast
Results 21 to 30 of 486
Like Tree10Likes

Thread: Diskusi tentang Perjalanan Kehidupan


  1. #21
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    aduh, mau quote kepanjangan, pake @ aja ye..

    @ bimbim yg untuk artie

    XXY itu klo gak salah namanya kleinfeter syndrom ya?

    saya gak tahu pada manusia, tapi klo pada kucing malah jadi jantan steril tuh..

    kata tante shera yg model begini akan dimusnahkan oleh mekanisme alam (dimakan ma emaknya)

    @bimbim yg untuk saya

    kalau melihat dengan cara itu artinya tangga yg ditempuh oleh kuda lebih panjang dari tangga yg kita tempuh (makanya kromosomnya lebih banyak) tapi benarkah demikian?

    dengan mengambil satu titik persekutuan tangga tadi kita lantas jadi bisa berasumsi bahwa seharusnya kuda adalah spesies yg lebih muda dari manusia. (kan tangganya lebih banyak)

    masalahnya adalah jam molekularnya tidak menunjukkan yg seperti itu...

    equus modern terlacak hingga 5 juta tahun lalu, sedangkan manusia modern mrca nya sekitar 140 ribu tahun lalu dan homo neanderthal hanya sekitar 500 ribu tahun lalu.
    Pencabangan dan tempat perhentiannya masing-masing spesies disesuaikan oleh survival rate spesies tersebut di alam..

    Kura-kura, buaya tidak banyak berubah DNA nya sejak jaman Cambrian 500 juta tahun yg lalu karena mereka spesies yg sukses pada ekosistemnya..

    perubahan evolusi sangat tergantung dengan cara hidup spesies dan ekosistemnya..

  2. #22
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    Pencabangan dan tempat perhentiannya masing-masing spesies disesuaikan oleh survival rate spesies tersebut di alam..

    Kura-kura, buaya tidak banyak berubah DNA nya sejak jaman Cambrian 500 juta tahun yg lalu karena mereka spesies yg sukses pada ekosistemnya..

    perubahan evolusi sangat tergantung dengan cara hidup spesies dan ekosistemnya..
    aduh.. bisa dengan bahasa yg lebih langsung gak? bukan kelas awak kapal nih.... hehehehe

    masih gak ngerti nih kenapa ya kuda yg spesies lebih tua dan (nampak) lebih sederhana dari manusia, kompleksitas penyimpanan datanya lebih tinggi dari manusia

    pertanyaannya kemudian.. efisiensi penyimpanan bisa beda2 ya, padahal model awalnya sama..


    ..
    Last edited by dudulz; 23-02-09 at 04:59 PM. Reason: lebih pas efisien dari efektiv, subyektif bgt klo efektif, hehe


  3. #23
    zxc
    zxc is offline
    Beginner zxc's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    bekasi-medan
    Posts
    91
    Rep Power
    6

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    oh iya...
    menyambung pertanyaannya mas dudulz..

    ayam juga sebagai contoh, punya 76 kromosom...

    kenapa itu bisa lebih banyak daripada manusia?

  4. #24
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    aduh.. bisa dengan bahasa yg lebih langsung gak? bukan kelas awak kapal nih.... hehehehe

    masih gak ngerti nih kenapa ya kuda yg spesies lebih tua dan (nampak) lebih sederhana dari manusia, kompleksitas penyimpanan datanya lebih tinggi dari manusia

    pertanyaannya kemudian.. efisiensi penyimpanan bisa beda2 ya, padahal model awalnya sama..


    ..
    1 kromosom manusia misalnya menyimpan 20 kode lipatan (urutan nama2 protein)

    1 kromosom kuda, sapi mempunyai sekitar 10-12 lipatan (urutan)..

    mengapa terjadi differensiasi yg berbeda, karena masing-masing fungsi homolog terdiferensiasi dengan tingkat kerumitan yg berbeda..

    misal tangan... sampai ke tulang.. kode genetik untuk membuat tulang (humerus) akan sama pada banyak mamalia..

    tapi sampai ke jari, otot, saraf, dan kerumitan manusia lebih tinggi..

    Jadi walaupun kromosom yg dikelompokan pada kode simpan untuk masing2 jaringan (fungsi homolog), kerumitan nya beda..

    ini kalau sanggup bacanya Prion Gene Duplications and Synteny

  5. #25
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    1 kromosom manusia misalnya menyimpan 20 kode lipatan (urutan nama2 protein)

    1 kromosom kuda, sapi mempunyai sekitar 10-12 lipatan (urutan)..

    mengapa terjadi differensiasi yg berbeda, karena masing-masing fungsi homolog terdiferensiasi dengan tingkat kerumitan yg berbeda..

    misal tangan... sampai ke tulang.. kode genetik untuk membuat tulang (humerus) akan sama pada banyak mamalia..

    tapi sampai ke jari, otot, saraf, dan kerumitan manusia lebih tinggi..

    Jadi walaupun kromosom yg dikelompokan pada kode simpan untuk masing2 jaringan (fungsi homolog), kerumitan nya beda..

    ini kalau sanggup bacanya Prion Gene Duplications and Synteny
    lho mas, kok malah membahas prion gene? prion gene = gen2 yg sama, dipetakan untuk mencari jejak2 evolusi. dan yg 20 itu dalam artikel adalah gen lokus ke 20 manusia adalah prion gene, sama halnya dengan gen ke 2 tikus, gen ke 13 sapi/domba, dst2. bukankah ini adalah pembahasan yg berbeda?

    oh ya, CMIIW, penyimpanan data ada di kode protein kan? kode2nya tersusun dalam sebuah rantai dna, dna2 ini berkelompok menjadi kromosom2.. atau bagaimana sih sebenrnya?

    Diskusi tentang Perjalanan Kehidupan-270px-gene.jpg Diskusi tentang Perjalanan Kehidupan-200px-rna-codons-protein.jpg Diskusi tentang Perjalanan Kehidupan-300px-dna_chemical_structure.svg.jpg Diskusi tentang Perjalanan Kehidupan-400px-gene2-plain.svg.jpg
    Last edited by dudulz; 23-02-09 at 08:55 PM.


  6. #26
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    lho mas, kok malah membahas prion gene? prion gene = gen2 yg sama, dipetakan untuk mencari jejak2 evolusi. dan yg 20 itu dalam artikel adalah gen lokus ke 20 manusia adalah prion gene, sama halnya dengan gen ke 2 tikus, gen ke 13 sapi/domba, dst2. bukankah ini adalah pembahasan yg berbeda?

    oh ya, CMIIW, penyimpanan data ada di kode protein kan? kode2nya tersusun dalam sebuah rantai dna, dna2 ini berkelompok menjadi kromosom2.. atau bagaimana sih sebenrnya?






    dulz,
    yg kamu tanyakan mengenai wadah DNA yg namanya kromosom kan?

    mengapa kuda, ikan, anjing, dan banyak hewan lainnya mempunyai lebih banyak kromosom..

    memakai bahasa yg sederhana.. kumpulan gen dalam satu kromosom dibedakan pada homolog..

    jadi kumpulan pembentuk mata...dalam satu kromosom

    untuk manusia rata-rata dalam satu wadah kromosom ada...ratusan juta pasang nukleotida..

    sedangkan dalam hewan hanya jutaan pasang saja..

    jadi kalau pertanyaan nya mengapa kuda lebih banyak wadah..

    karena tingkat kerumitan dibentuk oleh DNA yang dibundle dalam kromosom itu...

    kerumitan bukan dari kromosom..

    gambaran sederhananya adalah begini..

    jika ada bagunan sederhana dengan lebih banyak bata dengan sequence yg sama setiap 100 bata.. simpanan kode genetiknya tidak lebih banyak dari..

    bangunan dengan lebih sedikit bata, tetapi dengan kombinasi yg berubah setiap 4 bata..
    Last edited by bimbim; 23-02-09 at 09:01 PM.

  7. #27
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    dulz,
    yg kamu tanyakan mengenai wadah DNA yg namanya kromosom kan?

    mengapa kuda, ikan, anjing, dan banyak hewan lainnya mempunyai lebih banyak kromosom..

    memakai bahasa yg sederhana.. kumpulan gen dalam satu kromosom dibedakan pada homolog..

    jadi kumpulan pembentuk mata...dalam satu kromosom

    untuk manusia rata-rata dalam satu wadah kromosom ada...ratusan juta pasang nukleotida..

    sedangkan dalam hewan hanya jutaan pasang saja..

    jadi kalau pertanyaan nya mengapa kuda lebih banyak wadah..

    karena tingkat kerumitan dibentuk oleh DNA yang dibundle dalam kromosom itu...

    kerumitan bukan dari kromosom..
    owh begitu ya. trus apa yg sebaiknya kita pakai sebagai indikator kompleksitas individu mas? apakah gen?


  8. #28
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    owh begitu ya. trus apa yg sebaiknya kita pakai sebagai indikator kompleksitas individu mas? apakah gen?

    yg kamu maksud spesies...bukan individu..

    kode genetik, gen... atau sequence lipatan protein

  9. #29
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    yg kamu maksud spesies...bukan individu..

    kode genetik, gen... atau sequence lipatan protein
    oh iya mas, maksudnya spesies, ehehehe

    bingung nih, gen apa variasi codon ya?

    klo gen.. gen manusia ada 33.000 sementara padi ada 46.000 lho mas

    oh ya, lalat sekitar 19.000


  10. #30
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Diskusi tentang Perjalanan KEHIDUPAN

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    oh iya mas, maksudnya spesies, ehehehe

    bingung nih, gen apa variasi codon ya?

    klo gen.. gen manusia ada 33.000 sementara padi ada 46.000 lho mas

    oh ya, lalat sekitar 19.000
    bisa jelaskan arti angka2 itu menurut pengertianmu dulz..

    dari saya begini...

    kamu mengerti seni melipat kertas...origami kalau nggak salah ya..

    proses naiknya kemampuan..

    misalnya pasangan RNA awal... hanya mempunyai kemampuan berduplikasi dan sintesa.. ada dua pasang keahlian..

    dari membelah... membelah..

    menjadi satu spesies ke satu spesies..

    di suatu saat... membelah+membelah = 1 spesies...

    menjadi 2 rangkaian...

    dari 2 rangkaian + 1 rangkaian = 3 rangkaian...

    setelah panjang... asimetris...

    ternyata survival rate yg simetris lebih besar...

    maka lebih banyak bangunan hidup simetris...

    setelah itu mulai ada yg konsentris...
    setelah itu mulai ada yg radial
    ada yg dua muka
    kemudian ada yg mulut dan anus..

    dst..

    urutan perintah homolog terjadi dalam satu sequence.. pesan...

    di alam urutan-urutan itu menjadi MIND dari kehidupan..

    ada milyaran urutan-urutan..

    yg indahnya dari proses-proses yg bervariasi itu ternyata building block hanya ada beberapa RNA type1...saya lupa nama-namanya G N T... dibuat istilahnya.. terdiri dari unsur2 pembentuk kehidupan yg sama..

    perbedaan nya lagi-lagi dari urutan lipatannya..

    jadi semacam memori cara melipat...

    disitulah proses pembentukan kehidupan...

    dari yg sederhana sampai ke yg rumit..

    ingatan-ingatan yg berulang kali dan ditambah diulang lagi dan ditambah..

    satu sequence dalam perulangan ratusan milyar sampai triliunan kali... sehingga menjadi MIND dari masing2 spesies...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO