Results 1 to 7 of 7
Like Tree1Likes
  • 1 Post By achamad

Thread: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    banten indonesia
    Posts
    383
    Rep Power
    0

    Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    Jika kita perhatikan tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan yang sangat besar, dimana tumbuhan tidak dapat bergerak dengan aktif seperti hewan. Hal ini disebabkan karena bentuk sel tumbuhan yang kaku sehingga tidak fleksibel, berbeda dengan sel hewan yang fleksibel dan bentuknya dapat berubah-ubah.


    Selain dari bentuknya, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan juga dapat dibedakan dari hal-hal berikut:


    Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    Sel Tumbuhan


    1. Sel tumbuhan lebih besar dari sel Hewan
    2. Tidak memiliki lisosom
    3. Tidak memiliki sentrosom
    4. Memiliki dinding sel dan membran sel
    5. Umumnya memiliki plastida
    6. Mempunyai bentuk yang tetap
    7. Memiliki vakuola ukuran besar, banyak

    Sel Hewan



    1. Sel Hewan lebih kecil dari sel Tumbuhan
    2. Tidak memiliki plastida
    3. Tidak memiliki dinding sel
    4. Memiliki lisosom
    5. Memiliki sentrosom
    6. Mempunyai bentuk tidak tetap
    7. Tidak memiliki vakuala (walaupun ada juga yang memiliki vakuola tapi ukuran kecil)


    Demikian posting tentang 'Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan', semoga bermanfaat.

    Last edited by benx08; 29-04-13 at 09:12 AM.

  2. #2
    Senior Member
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Bogor
    Posts
    1,272
    Rep Power
    9

    Re: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    Hi Ben,
    Tulisan ini untuk tingkatan apa kah? SD, SMP, SMA, PT atau untuk umum?
    Kalo untuk SMA oke, tetapi kalo untuk PT dan umum, saya rasa simplifikasinya berlebihan.
    Terutama untuk dinding sel.
    Disebut dinding karena ada di sisi luar sel dan berstruktur berlapis. Material selulosa disekresikan oleh sel dalam bentuk monomernya, kemudian monomer tsb mengalami polimerasi di luar sel.
    Lalu apa bedanya dengan matriks ekstraseluler pada sel hewan maupun yang non-tumbuhan?
    Matriks ekstraseluler adalah material yang didominasi glikoprotein yang disekresikan oleh sel. Kebetulan material glikoprotein bercabang-cabang sehingga tidak membentuk struktur lapisan sebagaimana selulosa
    Jadi, benarkah sel tumbuhan dan hewan bisa dibedakan karena ada tidaknya dinding sel? Kalau pengetahuan yang seperti ini yang diajarkan ke mhs PT dan umum maka implikasi teknisnya menjadi sangat terbatas. Akibatnya, biologi sebagai cabang ilmu hafalan akan terus bertahan.
    benx08 likes this.
    klaim berlebihan khasiat obat menunjukkan semakin banyak kandungan racunnya

  3. #3
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,317
    Rep Power
    8

    Re: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    wah.............keren neh................................
    gambrnya jelas bnget........................................

  4. #4
    Beginner
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    50
    Rep Power
    2

    Re: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    Quote Originally Posted by achamad View Post
    Hi Ben,
    Tulisan ini untuk tingkatan apa kah? SD, SMP, SMA, PT atau untuk umum?
    Kalo untuk SMA oke, tetapi kalo untuk PT dan umum, saya rasa simplifikasinya berlebihan.
    Terutama untuk dinding sel.
    Disebut dinding karena ada di sisi luar sel dan berstruktur berlapis. Material selulosa disekresikan oleh sel dalam bentuk monomernya, kemudian monomer tsb mengalami polimerasi di luar sel.
    Lalu apa bedanya dengan matriks ekstraseluler pada sel hewan maupun yang non-tumbuhan?
    Matriks ekstraseluler adalah material yang didominasi glikoprotein yang disekresikan oleh sel. Kebetulan material glikoprotein bercabang-cabang sehingga tidak membentuk struktur lapisan sebagaimana selulosa
    Jadi, benarkah sel tumbuhan dan hewan bisa dibedakan karena ada tidaknya dinding sel? Kalau pengetahuan yang seperti ini yang diajarkan ke mhs PT dan umum maka implikasi teknisnya menjadi sangat terbatas. Akibatnya, biologi sebagai cabang ilmu hafalan akan terus bertahan.
    Penilaian yang sangat kritis, setuju sekali, bila demikian maka biologi hanya menjadi cabang ilmu hafalan saja.

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    banten indonesia
    Posts
    383
    Rep Power
    0

    Re: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    Quote Originally Posted by achamad View Post
    Hi Ben,
    Tulisan ini untuk tingkatan apa kah? SD, SMP, SMA, PT atau untuk umum?
    Kalo untuk SMA oke, tetapi kalo untuk PT dan umum, saya rasa simplifikasinya berlebihan.
    Terutama untuk dinding sel.
    Disebut dinding karena ada di sisi luar sel dan berstruktur berlapis. Material selulosa disekresikan oleh sel dalam bentuk monomernya, kemudian monomer tsb mengalami polimerasi di luar sel.
    Lalu apa bedanya dengan matriks ekstraseluler pada sel hewan maupun yang non-tumbuhan?
    Matriks ekstraseluler adalah material yang didominasi glikoprotein yang disekresikan oleh sel. Kebetulan material glikoprotein bercabang-cabang sehingga tidak membentuk struktur lapisan sebagaimana selulosa
    Jadi, benarkah sel tumbuhan dan hewan bisa dibedakan karena ada tidaknya dinding sel? Kalau pengetahuan yang seperti ini yang diajarkan ke mhs PT dan umum maka implikasi teknisnya menjadi sangat terbatas. Akibatnya, biologi sebagai cabang ilmu hafalan akan terus bertahan.
    Maaf sebelumnya, mungkin memang ilmu saya tentang Biologi masih kurang dan thread ini saya posting di forum kompas dengan target pembaca adalah kalangan umum, jadi bukan hanya anak SMA atau PT.

    Menurut saya simplifikasinya sah-sah saja untuk umum dan SMA toh kan tidak semua orang sekolah di SMA jurusan IPA. Jadi menurut saya tingkat kedalaman materi untuk umum tidak terlalu spesifik, hanya sebatas pengetahuan umum saja. terimakasih

  6. #6
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,451
    Rep Power
    5

    Re: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    boleh juga nich, menambah wawasan hehe.....

  7. #7
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

    Gue nggak bener-bener baca, karena nggak terlalu suka biologi,

    cumen mau tanya,

    ada gak sih virus yang menyerang sel tumbuhan?

    ada gak sel tunggal yang menyerang tumbuhan?

    tq

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0