Results 1 to 9 of 9

Thread: tentang jam/waktu


  1. #1
    Member
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Manggarai-Flores
    Posts
    760
    Rep Power
    7

    tentang jam/waktu

    ketika pertama kali manusia membuat jam, bagaimana mereka tahu jam berapa saat itu
    there is always music in the garden but our heart must be very still to hear it

  2. #2
    Senior Contributor paujan,patah's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    202.169.62.13/member.php?u=986695
    Posts
    7,243
    Rep Power
    15

    Re: tentang jam/waktu

    Setahu sy jam yg pertama x dibuat ialah jam pasir,sekian SM di Mesir,menghitung sekian menit,bolak-balik utk mengetahui waktunya (CMIIW)
    Kucing Angop 666,you're cleared to take off

  3. #3
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    11

    Re: tentang jam/waktu

    Mungkin pas kelar bikin jam, mereka gak penting lah sekarang jam brapa.
    Yang pasti sekarang masih siang ato sudah gelap.

    Trus mungkin lanjut ke omongannya si pau itu, bikin jam pertama ya jam pasir.

    Kalo buat saya, jam pertama yang manusia bisa buat ya jam matahari.
    Piramid.. UNIK !! ASIKKK..!! - Sambil cengar-cengir.com. Poreper laaaa......

  4. #4
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: tentang jam/waktu

    Standarnya dulu membingungkan, karena empat musim.
    Musim panas di belahan bumi utara (Juli - September) maka mataharinya bersinar15 - 24 jam terus menerus.
    Jika musim dingin, maka gelapnya malah justru 15 - 24 jam terus menerus.
    Untuk yg tinggal di belahan bumi selatan, musimnya dibalik saja. Musim panas di utara = musim dingin di selatan.

    Jam matahari memang dulunya ditemukan di negara yg dekat2 dengan ekuator (mesir), Karena dekat dengan ekuator, maka menghitungnya akan mudah sekali, cukup diberi skala sendiri2.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  5. #5
    Member
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Manggarai-Flores
    Posts
    760
    Rep Power
    7

    Re: tentang jam/waktu

    Quote Originally Posted by paujan,patah View Post
    Setahu sy jam yg pertama x dibuat ialah jam pasir,sekian SM di Mesir,menghitung sekian menit,bolak-balik utk mengetahui waktunya (CMIIW)
    Quote Originally Posted by PrinceaAng View Post
    Mungkin pas kelar bikin jam, mereka gak penting lah sekarang jam brapa.
    Yang pasti sekarang masih siang ato sudah gelap.

    Trus mungkin lanjut ke omongannya si pau itu, bikin jam pertama ya jam pasir.

    Kalo buat saya, jam pertama yang manusia bisa buat ya jam matahari.
    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Standarnya dulu membingungkan, karena empat musim.
    Musim panas di belahan bumi utara (Juli - September) maka mataharinya bersinar15 - 24 jam terus menerus.
    Jika musim dingin, maka gelapnya malah justru 15 - 24 jam terus menerus.
    Untuk yg tinggal di belahan bumi selatan, musimnya dibalik saja. Musim panas di utara = musim dingin di selatan.

    Jam matahari memang dulunya ditemukan di negara yg dekat2 dengan ekuator (mesir), Karena dekat dengan ekuator, maka menghitungnya akan mudah sekali, cukup diberi skala sendiri2.
    jam matahari maksudnya? melihat bayangan?
    arah pertanyaan saya adalah mengapa di waktu matahari terbit... di terima sebagai -+ jam 6 pagi mengapa bukan jam sepuluh.
    Apa kira2 yang dasar saintifiknya sehingga jam matahri terbit adalah berasosiasi dengan jarum jam menunjuk angka 6.
    there is always music in the garden but our heart must be very still to hear it

  6. #6
    Senior Contributor paujan,patah's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    202.169.62.13/member.php?u=986695
    Posts
    7,243
    Rep Power
    15

    Re: tentang jam/waktu

    Matahari terbit=jam 6
    siang2 terik panas=jam 12
    malem lagi=jam 18


    Matahari terbit= jam 10
    siang2 terik panas=jam 16
    malem lagi=jam 22

    Itu saja yg bisa saya sampaikan sejauh ini
    Kucing Angop 666,you're cleared to take off

  7. #7
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: tentang jam/waktu

    Quote Originally Posted by paujan,patah View Post
    Matahari terbit=jam 6
    siang2 terik panas=jam 12
    malem lagi=jam 18


    Matahari terbit= jam 10
    siang2 terik panas=jam 16
    malem lagi=jam 22

    Itu saja yg bisa saya sampaikan sejauh ini
    Kalau di Norwegia.
    Saat musim panas (juli - September)
    Matahari terbit : 02.17
    titik tertinggi (terik) : 15:30
    terbenam : 21:30
    total gelap : 00:01.

    Gelapnya cuman 2 jam doang.

    Musim dingin. November - Januari
    Terbit : 09.17
    tertinggi : 11:18
    terbenam : 12:50
    total gelap : 14:00

    Gelapnya bisa 19 jam.

    Makanya standar waktu jam matahari tidak bisa dipakai di semua negara di dunia ini.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  8. #8
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Re: tentang jam/waktu

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Kalau di Norwegia.
    Saat musim panas (juli - September)
    Matahari terbit : 02.17
    titik tertinggi (terik) : 15:30
    terbenam : 21:30
    total gelap : 00:01.

    Gelapnya cuman 2 jam doang.

    Musim dingin. November - Januari
    Terbit : 09.17
    tertinggi : 11:18
    terbenam : 12:50
    total gelap : 14:00

    Gelapnya bisa 19 jam.

    Makanya standar waktu jam matahari tidak bisa dipakai di semua negara di dunia ini.
    wah gw gak pernah liat matahari lagi...

    berangkat kerja matahari belum terbit...
    pulang kerja matahari udah tenggelam...

    sampe rumah tidur...

    yah begitulah...
    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  9. #9
    Junior Member devogando's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    141
    Rep Power
    5

    Re: tentang jam/waktu

    susah juga kalo ingin tau sejauh itu ya
    Minuman Air Putih Tiap Hari

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0