Page 80 of 108 FirstFirst ... 30707172737475767778798081828384858687888990 ... LastLast
Results 791 to 800 of 1079
Like Tree20Likes

Thread: Awal Mula (Terbentuknya) Alam Semesta


  1. #791
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    itu untuk ayat kauniyyah (yakni seluruh makhluk/ciptaan Alloh) yang dapat ditangkap oleh pana indra dan akal manusia...adapun awal mula terbentuknya alam semesta itu sesuatu yang diluar jangkauan panca indra dan akal manusia sekarang...maka selayaknya dalam hal ini merujuk kepada keterangan Alloh dalam Al-Qur'an...bukan menyalahkan/meremehkan ilmuwan, tapi berusaha menempatkan sesuatu pada tempatnya...
    Ya kalau sebatas panca indera jadi sempit. Manusia kan punya alat bantu. Virus kan gak kedeteksi pancaindera tapi manusia punya mikroskop. Jadi, definisi ibn misran tentang panca indera manusia mesti disharing terlebih dahulu. Lagi pula, yang dilarang adalah berspekulasi tentang hal gaib. Tidak bisa dideteksi panca indera belum tentu hal gaib. Lihat aja sinyal HP, emang bisa dideteksi panca indera? Sinyal HP (elektromagnetik) emang barang gaib?

    Kalau begitu, sekalian coba sharing alasan kenapa awal terbentuknya alam semesta itu di luar jangkauan panca indera manusia alias gaib. Segala sesuatu memang harus ditempatkan sebagaimana mestinya. Namun, sesuatu itu harus dikenali dulu, mesti didefinisikan dulu.

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    .....ayat berbicara untuk sesuatu yang berada dalam jangkauan panca indra dan akal manusia .....
    Ah, masa sih? Coba tafsirnya disharing..... Kan Bumi adalah materi, alam semesta adalah materi, panca indera mengenal materi. Kok unta sama bumi di luar akal dan panca indera manusia sih? Unta sama bumi emang benda gaib?

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    .....GPS .....
    ibn misran harus tahu, kalau perhitungan GPS itu pake relativitas Einstein. Teori ini adalah salah satu dasar untuk teori pembentukan alam semesta. Jika memakai teori mekanika klasik yg "sesuai panca indera", maka GPS hanya bisa mencapai ketepatan 7 mil. Adapun GPS ketepatannya sampai bisa kurang dari 1 meter. Justru Einstein menyadari keterbatasan panca indera yg terbatas. Beliau lalu membuat postulat ttg kecepatan cahaya dan lalu mengemukakan kalau alam semesta berperilaku sesuai teori relativitas, maka konsekuensinya adalah a, b, c, dll. Nah, saat ini sudah banyak penelitian yg mengonfirmasi kalau alam semesta berperilaku sesuai dengan yang diprediksikan Einstein.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  2. #792
    Newbie
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by Alphe View Post
    Ya kalau sebatas panca indera jadi sempit. Manusia kan punya alat bantu. Virus kan gak kedeteksi pancaindera tapi manusia punya mikroskop. Jadi, definisi ibn misran tentang panca indera manusia mesti disharing terlebih dahulu. Lagi pula, yang dilarang adalah berspekulasi tentang hal gaib. Tidak bisa dideteksi panca indera belum tentu hal gaib. Lihat aja sinyal HP, emang bisa dideteksi panca indera? Sinyal HP (elektromagnetik) emang barang gaib?
    alat itu hanya memperluas jangkauan panca indra...yg berarti sesuatu yang diketahui dengan melalui alat itu masih berada dalam jangkauan panca indra...adapun masa lalu (yakni awal mula terbentuknya alam semesta), sekian milyard th yg lalu, adalah sesuatu yang diluar jangkauan panca indra kita yang hidup sekarang...sesuatu yang ghoib itu adalah sesuatu yang diluar jangkauan panca indra dan akal kita karena jauh dan tersembunyi, misalnya, Alloh, surga, neraka, malaikat, jin, masa lalu, masa depan, dll termasuk gelombang elektromagnetik yang tidak nampak...
    Kalau begitu, sekalian coba sharing alasan kenapa awal terbentuknya alam semesta itu di luar jangkauan panca indera manusia alias gaib. Segala sesuatu memang harus ditempatkan sebagaimana mestinya. Namun, sesuatu itu harus dikenali dulu, mesti didefinisikan dulu
    mudah saja ...karena itu (yakni awal mula terbentuknya alam semesta) tidak akan bisa diamati oleh orang yang hidup di zaman sekarang...dan ini termasuk perkara ghoib...dan oleh sebab itu manusia sekarang hanyalah sebatas meraba-raba kejadian itu berdasarkan apa saja yang diamati sekarang...dan Tuhanlah yang tahu pasti...maka kita perlu merujuk kepada-Nya dalam hal ini...



    Ah, masa sih? Coba tafsirnya disharing..... Kan Bumi adalah materi, alam semesta adalah materi, panca indera mengenal materi. Kok unta sama bumi di luar akal dan panca indera manusia sih? Unta sama bumi emang benda gaib?
    onta, bumi, langit, dan gunung adalah dalam jangkauan panca indra dan akal kita...bukan sesuatu yang ghoib...makanya ayat memerintahkan untuk mengamati, meneliti, dsb itu semua...


    ibn misran harus tahu, kalau perhitungan GPS itu pake relativitas Einstein. Teori ini adalah salah satu dasar untuk teori pembentukan alam semesta. Jika memakai teori mekanika klasik yg "sesuai panca indera", maka GPS hanya bisa mencapai ketepatan 7 mil. Adapun GPS ketepatannya sampai bisa kurang dari 1 meter. Justru Einstein menyadari keterbatasan panca indera yg terbatas. Beliau lalu membuat postulat ttg kecepatan cahaya dan lalu mengemukakan kalau alam semesta berperilaku sesuai teori relativitas, maka konsekuensinya adalah a, b, c, dll. Nah, saat ini sudah banyak penelitian yg mengonfirmasi kalau alam semesta berperilaku sesuai dengan yang diprediksikan Einstein.
    itu lain soal...soalnya teori itu kan hasil dari merumuskan apa yang telah diamati juga kan...

  3. #793
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    alat itu hanya memperluas jangkauan panca indra...yg berarti sesuatu yang diketahui dengan melalui alat itu masih berada dalam jangkauan panca indra...adapun masa lalu (yakni awal mula terbentuknya alam semesta), sekian milyard th yg lalu, adalah sesuatu yang diluar jangkauan panca indra kita yang hidup sekarang...sesuatu yang ghoib itu adalah sesuatu yang diluar jangkauan panca indra dan akal kita karena jauh dan tersembunyi, misalnya, Alloh, surga, neraka, malaikat, jin, masa lalu, masa depan, dll termasuk gelombang elektromagnetik yang tidak nampak...
    Anda salah. Gelombang elektromagnetik jelas bukan barang goib. Cahaya itu gelombang elektromagnetik. Bisa kelihatan kan? Makin bingung dengan definisi gaib menurut Anda. Lagi pula, masa lalu itu bisa kita tilik kalau meninggalkan sesuatu untuk kita saat ini. Nabi Muhammad kan sudah meninggal. Berarti di masa lampau dong? Berarti tidak mungkin mempelajari kehidupan beliau? Karena beliau hidup di masa lampau. Itu kan logika aneh. Apa yg ibn misran jelaskan tidak masuk akal bagi saya.

    Hal lain yg perlu diperhatikan adalah, walaupun masa lampau, pembentukan alam semesta meninggalkan jejak yg masih bisa kita amati sampai sekarang. Salah satunya adalah sinyal dari galaksi yg sangat jauh. Kalau jaraknya 10 miliar tahun cahaya, otomatis kita menerima informasi dari masa lampau, 10 miliar tahun yg lalu. Jadi, masa lalu itu bukan benda. Karenanya tidak bisa dimasukkan apakah itu gaib atau bukan. Waktu ya waktu. Waktu gak ada yg gaib atau nggak.

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    itu lain soal...soalnya teori itu kan hasil dari merumuskan apa yang telah diamati juga kan...
    Nah, ini juga gak tepat. Kalau Newton melihat ohhhh..... Apel jatuh. Ada gravitasi. Terus Newton ngeliat bulan.... Ohhh.... Barangkali bulan juga dipengaruhi gravitasi..... Begitu juga dengan benda bermassa yg lain...

    Nahh.... Itu namanya generalisasi. Kalau hukum relativitas bekerja dengan begitu baiknya, maka kita bisa menggeneralisasi bahwa seluruh semesta bekerja sebagaimana dijelaskan oleh hukum relativitas. Karena kita ketahui kerja tersebut maka kita bisa memprediksikan asal muasalnya. Saya hanya menjelaskan bahwa pendekatan ilmuwan dalam menjelaskan masa lampau itu pilar utamanya adalah teori relativitas dan mekanika kuantum. Karena kedua teori ini bisa dengan baik dibuktikan, maka boleh dikatakan bahwa cara kerja alam itu telah sebagian terjelaskan melalui hukum itu. Dengan demikian, adalah bukan hal mustahil kalau sesuatu yg dijelaskan lewat kedua teori itu mendekati peristiwa yg sebenarnya.

    Kalau masa lalu adalah gaib, ya sudah..... Ilmu sejarah haram hukumnya dong.......
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  4. #794
    Senior Member bingnyata's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Malang
    Posts
    1,341
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (Terbentuknya) Alam Semesta

    http://sains.kompas.com/read/2012/03...enjadi.Bintang (small bang itu cuman istilah untuk memudahkan, ketimbang disebut sebagai TPA ).Secara teori begini, bahwa dalam proses pemampatan, materi (atom) terdapat suatu kemungkinan secara acak untuk bertumbukan antara satu dengan yang lainnya yang menimbulkan efek ledakan atom dan bisa menghasilkan proses chain reaction, berkelanjutan, susul menyusul, dan secara probabilitas memungkinkan terjadinya sebuah tata surya baru. Cuman disini saya tidak dapat memperkirakan secara tepat berapa besar probabilitasnya, (computer saya bisa langsung hang, kalau mau dibuat proses simulasi penghitungan probabilitas tumbukan antar 10 pangkat tak terhingga atom .)
    Last edited by bingnyata; 20-03-12 at 02:58 AM. Reason: waktunya waktu itu mepet

  5. #795
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (Terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by bingnyata View Post
    http://sains.kompas.com/read/2012/03...enjadi.Bintang (small bang itu cuman istilah untuk memudahkan, ketimbang disebut sebagai TPA ).Secara teori begini, bahwa dalam proses pemampatan, materi (atom) terdapat suatu kemungkinan secara acak untuk bertumbukan antara satu dengan yang lainnya yang menimbulkan efek ledakan atom dan bisa menghasilkan proses chain reaction, berkelanjutan, susul menyusul, dan secara probabilitas memungkinkan terjadinya sebuah tata surya baru. Cuman disini saya tidak dapat memperkirakan secara tepat berapa besar probabilitasnya, (computer saya bisa langsung hang, kalau mau dibuat proses simulasi penghitungan probabilitas tumbukan antar 10 pangkat tak terhingga atom .)
    Kalau TPA singkatan dari apa? Pada proses pemampatan yang menjadi reaksi berantai, apakah reaksi fisi? Saya bingung karena big bang kan proses ledakan dari kondisi singularitas. Sedangkan pembentukan bintang baru itu karena proses tarik-menarik molekul nebula. Lalu karena besarnya massa yg berkumpul, akhirnya memungkinkan terjadinya reaksi fusi atau termonuklir.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  6. #796
    Senior Member bingnyata's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Malang
    Posts
    1,341
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (Terbentuknya) Alam Semesta

    TPA (TermamPatnya Atom). Lho, kalau proses fisi khan proses pembelahan , kalau itu yang terjadi, alam semesta (galaksi)nggak mungkin terbentuk. Pendapat saya secara pribadi, proses fusi, tetapi melibatkan jumlah material yang berbeda, lebih banyak pada saat pembentukan galaksi ketimbang tata surya (pastinya).

  7. #797
    Senior Member bingnyata's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Malang
    Posts
    1,341
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by wahdangun View Post
    sebenarnya beberapa ilmuan ada yang meyakni bahwa sebernarnya di dalam blackhole tersebut terdapat alam semesta lain. dan sebenarnya kita itu tinggal didalam blackhole.
    Uhm, dalam hal tersebut kita berbicara dalam konteks teoritikal physic, relativitas dan pemikiran rasional. Di atas saya sebut bilangan 1, 0, dan -1, sekarang coba kita letakkan angka angka tadi pada sebuah garis lurus.Attachment 13391Lalu kita umpamakan garis tersebut adalah dimensi (garis sumbu terhadap) waktu, 0 mewakili saat terjadinya big bang, -1 mewakili saat sebelum, dan 1 mewakili saat sesudah terjadinya big bang. Kalau disebut bahwa di dalam blackhole ada alam semesta lain, ya, memang benar. Tetapi pada titik di sumbu waktu yang berbeda dengan saat kita mengamati blackhole tersebut. Dan bila dibilang sebenarnya kita tinggal di dalam blackhole, ya, memang benar, tapi pada titik waktu yang berbeda (lha kalau kita "sekarang" berada di blackhole,saya nggak mungkin bisa ngetik reply ini ). Para ilmuwan tersebut mengatakannya, dari sudut pandang (sudut pikir) dimensi waktu.

  8. #798
    Senior Member bingnyata's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Malang
    Posts
    1,341
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, Dan langit, bagaimana ia ditinggikan. Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan. Dan bumi bagaimana ia dihamparkan.” Al-Ghasyiyah:17-20.


    Kita tinggalkan untanya dulu ,
    bumi dulu saat pertama terbentuk tidak seperti yang sekarang kita lihat sehari-hari. Dia adalah "bola" panas, setelah melalui proses (fisik, kimia) terjadilah gas, yang karena massa jenisnya kecil, lalu naik keatas , membentuk atmosfir (langit) yang kita tahu sekarang (...Dan langit, bagaimana ia ditinggikan..)
    Bumi mulai mendingin, kulitnya mulai mengeras membentuk kerak bumi, tetapi bagian dalamnya masih cair dan terus memproduksi gas-gas, dan ketika gas gas tersebut telah berada dalam jumlah yang cukup, dan disertai hawa panas (bila suatu materi dipanaskan, dia akan memuai), maka dia akan menerobos keluar, ditemani sebagian dari isi bumi yang lainnya. Hal itu berlangsung terus menerus hingga terbentuklah gunung (berapi) yang tegak menjulang dan dataran sekitarnya.
    (...
    Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan.Dan bumi bagaimana ia dihamparkan..)

    Demikian tafsiran saya, mohon maaf bila ada perkataan yang kurang berkenan,

  9. #799
    Senior Member bingnyata's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Malang
    Posts
    1,341
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by ibn misran View Post
    ya...aneh saja...kalau ingin tahu awal mula alam semesta tidak merujuk kepada Tuhan (Sang Pencipta yakni Alloh) mewlalui ayat-ayat-Nya dalam Al-Qur'an...mana ada manusia yang tahu pasti...paling-paling hanya meraba-raba...
    Yang akan saya katakan ini masih sebatas teori lho ya, mohon tanggapannya lebih lanjut.
    Ketika kita bilang big bang, blackhole , itu sesungguhnya proses proses yang terjadi pada pembentukan galaksi (alam semesta kecil). Bila ada ilmuwan mengatakan proses big bang sebagai awal mula terciptanya alam semesta dengan merujuk bukti dengan bertambah besarnya antara galaksi kita dengan galaksi lainnya, pembuktiannya tidak benar (menurut saya pribadi). Pertambahan jarak antar galaksi tersebut terjadi, benar karena proses big bang, tetapi bukan karena proses penciptaan alam semesta, melainkan proses terciptanya galaksi. Saya ambil perumpamaan sebagai berikut ;
    Seseorang berdiri tepat di samping sebuah drum (kapasitas 200 liter air) yang berisi gas Helium (misalnya). Entah mengapa, drum berisi Helium tadi meledak (bang). Pertanyaan saya..., apakah orang tersebut masih berada di tempatnya semula ?. Saya jawab sendiri pertanyaannya, tentu tidak. Dia pasti terlempar 3- 5 meter, karena gaya ledakan yang ditimbulkan, meski dia sendiri terpengaruh oleh gaya berat tubuhnya sendiri, gaya gesek udara dan lain sebagainya.
    Sekarang coba anda bayangkan hal tersebut terjadi di ruang angkasa, apa yang akan terjadi ?
    Galaksi lain bertambah jauh jaraknya dengan galaksi kita, karena daya ledak (big bang) itu sendiri, demikian teori saya (boleh anda sebut teori bing bang ). Jadi alam semesta (yang sebenarnya) menurut saya pribadi, bisa dikatakan tidak berawal. Bila kita ambil acuan pada sumbu waktu, dengan 0 adalah sekarang, maka proses penciptaan alam semesta (yang sebenarnya, bukan galaksi) ada pada minus tak terhingga. Sehingga bolehlah kita mengatakannya tidak berawal.
    Dan sebenarnya ada kemungkinan bahwa kita dikelabui akal ratio kita sendiri. Penjelasannya begini, kita berlogika bila ada yang ada, tentunya ada yang tak ada, bila ada sesudah tentu saja pasti ada sebelum.
    Bila ada 1 tentu saja ada 0, demikian seterusnya. Tapi yang harus kita ketahui, bila ada 1, tentu ada 0, tetapi tentu saja pasti ada -1.
    Demikian teori saya, mohon tanggapannya , Wassalam.

  10. #800
    Senior Member bingnyata's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Malang
    Posts
    1,341
    Rep Power
    7

    Re: Awal Mula (terbentuknya) Alam Semesta

    Quote Originally Posted by bingnyata View Post
    Kita tinggalkan untanya dulu , ...
    Sekarang kita panggil untanya untuk diperiksa, he 3x .
    Penjabarannya sebagai berikut ;
    Disebut "...memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan...". Memperhatikan disini diartikan diamati dan dipelajari, bagaimana si unta ini yang semula tidak ada menjadi ada. Bahwa unta ini terlahirkan dari unta pula, bukan biri-biri. Dapat ditafsirkan bahwa alam semesta ini (galaksi) lahirnya ya dari alam semesta (galaksi) pula. Cuma disini melibatkan proses recycling, lewat blackhole, dan bigbang.
    Begitu tafsirannya, mohon tanggapannya, untanya tidak perlu diberitahu nanti shock dia

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0