Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Teori Pangea-Theory Super Continent


  1. #1
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Thumbs up Teori Pangea-Theory Super Continent

    Gara2 Ang bawa2 Teori Pangea di salah satu tret gw, maka khusus untuk Ang dan yang lain yang berminat dengan teori ini......be my guess

    Teori Pangea: Teori Asal Usul Benua -
    Sebenarnya apa yang dimaksud dengan teori Pangea?

    Teori Pangea
    adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa jutaan tahun yang lalu semua benua bergabung bersama dalam satu daratan besar yang disebut Pangea (sebelum akhirnya benua sekarang terdiri dari 5 buah benua). Kemudian karena suatu alasan yang masih belum diketahui pasti, benua-benua pecah dan mulai hanyut dalam arah yang berlawanan. Teori selanjutnya mengatakan bahwa benua-benua akan terus melayang sampai mereka bertemu lagi, dalam konfigurasi yang berbeda. Di yakini oleh beberapa ahli bahwa pangea memilik karakteristik yang sama dengan Antartica sekarang.



    Teori Pangea sendiri didasari oleh teori Alfred Wegener,seorang Ilmuwan Jerman .Pada Tahun 1920 dalam buku The Origin of Continents and sea (Entstehung Die Kontinente und der Ozeane), Dia mendalilkan bahwa semua benua itu pada satu waktu membentuk satu superbenua Pangaea, sebelum kemudian putus dan hanyut ke lokasi sekarang. Jadi benua pada jaman dahulu di ibaratkan sebuah batu apung yang bergerak karena adanya pergerakan lempeng di bagian bawah kulit bumi ini. Pangea mulai memecahkan diri nya menjadi benua (daratan) yang lebih kecil yang bernama Laurasia (membentuk daratan belahan selatan seperti amerika latin, Afrika, India, Antartika, Australia, Selandia baru, New guenea dll) dan Gondwanaland (membentuk daratan belahan utara seperti Amerika dan Eropa) selama periode Jurassic (jaman dinosaurus).




    Sedangkan pada akhir periode Cretaceous benua benua yang ada sudah sama dengan apa yang kita lihat hari ini (5 benua). Pada saat benua Pangea terbentuk, daratan daratan yang menjadi benua sekarang memiliki daratan penghubung (jembatan benua) yang menghubungkan benua Amerika bagian selatan (latin), Afrika, India, Australia dan Antartika.Pertanyaan nya sekarang adalah, bila kerak kulit bumi ini terus bergerak sampai hari ini, maka berapa kecepatan nya? oke, jadi begini, benua yang kita diami sekarang ini bergerak sangat lambat (dan tak bisa dirasakan oleh kita yang berdiri diatasnya), pergerakan lempeng lempeng benua ini tiap tahun nya mencapai 1.5 inchi/tahun bahkan lebih lambat dari pertumbuhan kuku jari tangan kita pertahun nya. Dan dengan ini jelas dibutuhkan ber juta juta tahun bagi daratan benua itu untuk bergerak berjauhan dan membentuk benua yang ada sekarang.




    Dan tanpa kita sadari pun sekarang benua benua kita telah "bertumbukan" dan proses nya telah berlangsung selama beberapa juta tahun, daratan Afrika telah bertumbukan dengan daratan benua Eropa. Italia, Yunani dan hampir semua kota di bagian Mediteranian merupakan bagian dari alur lempeng Afrika, dan itu telah tercatat pergerakan nya dalam 40 juta tahun terakhir (menurut data geologist). Tanda tanda lain pergerakan tersebut adalah Gunung Alpen Swiss dan pegunungan Pyrenees telah saling mendorong, sehingga menyebabkan gempa bumi yang terkadang menyerang wilayah bagian Yunani dan Turki. begitu pula Australia yang diramalkan kedepan nya bila diperhitungkan dengan pergerakan lempeng bumi tersebut, maka Australia akan terus bergerak ke arah Utara hingga membentur Asia Tenggara. begitu pula dengan benua lain seperti benua Amerika.




    Awal terbentuknya Samudera besar di bumi ini juga di pengaruhi oleh Pangea. Setelah perpisahan (partisi pangea) tersebut muncullah samudera yang diperkirakan terbentuk 180-200 juta tahun yang lalu yaitu Samudera Atlantik tengah antara barat laut Afrika dan Amerika Utara serta Samudera Hindia barat daya antara Afrika dan Antartika. Jadi sangat dimungkinkan bila ini terus terjadi, maka bumi (benua) kita ini sedang dalam proses untuk menjadi "pangea" selanjutnya, karena bukti bukti penelitian memang menunjukkan hal tersebut. Jadi kurang lebih 250 tahun lagi Bumi ini bisa jadi tak berbentuk lagi seperti sekarang ini demikian penilitian yang di lakukan pihak NASA (Pangea Ultima).




    Selain membentuk Samudera, karena teori nya dulu benua kita saling terhubung, maka saat benua ini terpecah pecah menjadi sekarang ini, juga membawa karakteristik vulkanis yang serupa, seperti terbentuknya "ring of fire" atau cincin api yang melingkar dari Peru, terus memanjang hingga ke Meksiko, sepanjang pantai timur Amerika (los angeles), Alaska, Jepang, lalu Piliphina, Indonesia, kepulauan di Pasifik, dan berakhir di Selandia baru



    masih berlanjut!
    CTOP

    NOTE:
    LOSER! Ngapain elo masih masuk2 tret gw trus mosting2 di tret gw???
    ckckckckckckckckckckckckckckck
    elo bisanya cuman hina2 orang, ternyata masuk2 tret orang yang elo hina2
    gak tau malu lo!
    emang LOSER dan HINA!!


  2. #2
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Thumbs up Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    dari sumber lain:

    Benua-benua di dunia

    Model benua, ada 4 hingga 7 benua.

    Benua atau continent adalah daratan yang sangat luas. Seringkali satu daratan luas disebut sebagai benua karena memiliki ciri khusus. Karena perbedaan ciri-ciri ini baik secara geografi dan geologi, maka pembagian benua di dunia ini ada yang menyebutkan 4 benua ada yang menyebutkan 7 benua.
    Benua-benua yang ada saat inipun jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung mana-mana saja yang dikelompokkan.



    Benua geologi

    Pangea BenuaSuper yg ada 225 tahun yang lalu.

    Pangea

    Superbenua Pangea merupakan benua tua yang ada pada 225 juta tahun lalu. Benua Pangea ini merupakan hasil rekonstruksi benua-benua yang ada saat ini yang dikembalikan menjadi satu superbenua yang terdiri atas kerak-kerak benua.
    Pangaea atau Pangea (pan berarti keseluruhan, seluruh dan gaia berarti Bumi dalam Bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum dan Mesozoikum sekitar 250-225 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi.
    Banyak teori yang menjelaskan “berkumpulnya” kembali benua-benua ini setelah sebelumnya terapung-apung. Teori lempeng tektonik ini juga mengenal semacam siklus pergerakan benua-benua ini yang terpisah-berkumpul-terpisah … yang terjadi berulang-ulang.
    Supercontinent Pangea ini akhirnya terpecah menjadi dua menjadi Gondwana dan Laurasia.
    Gondwana dan Laurasia

    Gondwana dan Laurasia

    Benua dalam geologi yang paling sering dikenal adalah Gondwana dan Lurasia. Gondwana Supercontinent mulai terpecah pecah pada masa Jura (Jurassic) (sekitar 160 juta tahun yang lampau), diawali dengan benua Afrika terpisah menuju arah utara secara perlahan.
    Kemudian blok daratan besar, yang saat ini dikenal sebagai anak benua India, memisahkan diri dari supercontinent pada masa Kapur (Cretaceous) awal sekitar 125 juta tahun yang lampau. Daratan berikut yang memisahkan diri adalah yang dikenal sekarang sebagai Selandia Baru, pada masa sekitar 80 juta tahun yang lampau; diikuti daratan benua Australia dan pulau Irian bergerak menuju arah utara sekitar 55 juta tahun yang lampau.
    Selain benua-benua diatas dalam ilmu geologi juga dikenal benua benua lain seperti

    • Gondwana
    • Laurasia
    • Pangea
    • Pannotia
    • Roditia
    • Columbia
    • Kenorland
    • Nena
    • Ur
    • Vaalbara
    Benua-benua geologi diatas merupakan benua-benua yang direkonstruksi berdasarkan ilmu tektonik. Kerak-kerak benua ini dikembalikan ke asalnya sebelum mulai “mengembara” pada kala berikutnya.

    CTOP......
    cari lagi ahhhhh.......
    Teori Pangea banyak ye!


  3. #3
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Thumbs up Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    ini malah nemu Theory Reverse Pangea:



    Gambar diatas ini kecepatan lempeng tektonik dimuka bumi ini,lempeng itu lama-lama berjalan gan walaupun lama, lihat panjang dari anak panah menunjukan kecepatannya, semakin panjang semakin cepat jalannya, Lempengan IndoAustalia bergerak dengan kecepatan 7-8 cm pertahun kle arah Timur laut. Sedangkan Eurasia bergerak ke timur. Terlihat bahwa ada tubrukan kalau arahnya berbeda. Tubrukan lempeng inilah yang menyebabkan gempa. Dengan bermodalkan rupa bumi saat ini beserta kecepatan gerakan benua-benua masa kini tentunya dapat dibuat model benua bumi dimasa mendatang.

    Bumi sekarang:

    Bumi zaman sekarang tempat hidupnya manusia


    Bumi 50 juta tahun lagi:

    Seandainya gerakan tektonik lempeng yang terjadi saat ini berlangsung terus hingga 50 juta tahun lagi maka Benua Australia akan menabrak Asia


    Bumi 150 juta tahun lagi:

    Samudra Atlantik mulai tertutup. Terkungkung diantara benua-benua besar.Terbentuk zona penunjaman sepanjang Amerika Utara. Nah saat itu amerika akan gantian menjadi pusat gempa-gempa,akibatnya nanti daratan benua afrika sama amerika utara saling mendekat


    Bumi 250 juta tahun lagi:

    “Pangea Ultima” akan terbentuk setelah 250 juta tahun lagi,benua pangea ini terbentuk akibat penunjaman kerak kerak samudra yang habis ke dalam mantle bumi,akhirnya mempertemukan seluruh benua benua yang ada di bumi (jadi gampang kan keluar negeri)


    CTOP
    Meibi dimasa depan bener2 cuman terbentuk 1 negara aja kali ya


  4. #4
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    Yg jadi pertanyaan, apakah sudah ada manusia sewaktu pangea ada?
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  5. #5
    Senior Contributor ~mamamia~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    in my cozy home (:
    Posts
    4,149
    Rep Power
    14

    Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    Quote Originally Posted by bantal View Post
    ini malah nemu Theory Reverse Pangea:



    Gambar diatas ini kecepatan lempeng tektonik dimuka bumi ini,lempeng itu lama-lama berjalan gan walaupun lama, lihat panjang dari anak panah menunjukan kecepatannya, semakin panjang semakin cepat jalannya, Lempengan IndoAustalia bergerak dengan kecepatan 7-8 cm pertahun kle arah Timur laut. Sedangkan Eurasia bergerak ke timur. Terlihat bahwa ada tubrukan kalau arahnya berbeda. Tubrukan lempeng inilah yang menyebabkan gempa. Dengan bermodalkan rupa bumi saat ini beserta kecepatan gerakan benua-benua masa kini tentunya dapat dibuat model benua bumi dimasa mendatang.

    Bumi sekarang:

    Bumi zaman sekarang tempat hidupnya manusia


    Bumi 50 juta tahun lagi:

    Seandainya gerakan tektonik lempeng yang terjadi saat ini berlangsung terus hingga 50 juta tahun lagi maka Benua Australia akan menabrak Asia


    Bumi 150 juta tahun lagi:

    Samudra Atlantik mulai tertutup. Terkungkung diantara benua-benua besar.Terbentuk zona penunjaman sepanjang Amerika Utara. Nah saat itu amerika akan gantian menjadi pusat gempa-gempa,akibatnya nanti daratan benua afrika sama amerika utara saling mendekat


    Bumi 250 juta tahun lagi:

    “Pangea Ultima” akan terbentuk setelah 250 juta tahun lagi,benua pangea ini terbentuk akibat penunjaman kerak kerak samudra yang habis ke dalam mantle bumi,akhirnya mempertemukan seluruh benua benua yang ada di bumi (jadi gampang kan keluar negeri)


    CTOP
    Meibi dimasa depan bener2 cuman terbentuk 1 negara aja kali ya
    Melihat perkembangannya, apakah mungkin setelah 250juta tahun, bahkan tidak akan ada daratan lagi?

    "Character is not formed, nor are rewards earned in the absence of options"
    ~ Bill Johnson ~

  6. #6
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Teori Pangea-Theory Super Continent



    Hihihi.. ini kan gambar 2D... kalau 3D (bumi bulat) gimana dong gambarnya? masa seluruh benua ngumpul di satu sisi doang?
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  7. #7
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Yg jadi pertanyaan, apakah sudah ada manusia sewaktu pangea ada?
    Ntahlah......kalo dibilang 2 milyar tahun yang lalu......gimana buktiinnya kalo itu dari Pangea yah?
    Klo yang pasti sih jelas ttg benua Australia dulu yaitu dengan pulau Papua.
    Tapi itu paling juga baru berapa juta tahun yang lalu misahnya....
    kalo ini pake milyar.....lebih mikir....makhluk hidup apa yang ada pas jaman itu yah???


    Btr... gw cari ttg zaman apakah Pangea itu keknya bukan Crustasius deh

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post


    Hihihi.. ini kan gambar 2D... kalau 3D (bumi bulat) gimana dong gambarnya? masa seluruh benua ngumpul di satu sisi doang?

    Yang gambar paling atas kan 3D...well wanna be 3D lah.... jadi 1/3 daratan 2/3 lautan yaitu lautan pasific
    Last edited by bantal; 15-09-10 at 01:02 PM.


  8. #8
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    Quote Originally Posted by ~mamamia~ View Post
    Melihat perkembangannya, apakah mungkin setelah 250juta tahun, bahkan tidak akan ada daratan lagi?

    Karena Global Warming yah mam?
    kelelep semua?

    waduh itu teori lebih luas lagi.....
    Kan di perkirakan kalau global warming terus2an bisa terjadi yang namanya 2nd Ice Age.
    kemarin terlihat sedikit efeknya, pas musim dingin kemarin di daerah2 sub tropic bagian utara. dimana menurut temen gw di Seoul winter kemarin adalah winter yang terdingin selama 100 thn.
    bisa sampe minus 25C loh!
    padahal pas gw disana minus 17C aja ude brasa mau mati!
    apalagi minus 25

    Jadi kalo dibilang gada daratan sih mam keknya bakal masih ada... yang di khawatirkan adalah, apakah masih ada maklhuk hidup?
    karena perubahan iklim ini pasti ada bayarannya


  9. #9
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    gw taro tentang jaman2 di bumi yah......
    kira2 Pangea ada di jaman apa nih???


    Masa Arkeozoikum (4,5 – 2,5 milyar tahun lalu)
    Arkeozpoikum artinya Masa Kehidupan Purba

    Masa Arkeozoikum (Arkean) merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen. Batuan masa ini ditemukan di bbrp bgn dunia yg lazim disebut kraton/perisai benua.
    Coba perhatikan, masa ini adlh masa pembentukan kerakbumi. Jadi kerakbumi terbentuk stlh pendinginan bagian tepi dr “balon bumi” (bakal calon bumi). Plate tectonic / Lempeng tektonik yang menyebabkan gempa itu terbentuk pada masa ini. Lingkungan hidup mas itu tentunya mirip dengan lingkungan disekitar mata-air panas.
    Batuan tertua tercatat berumur kira-kira 3.800.000.000 tahun. Masa ini juga merupakan awal terbentuknya Indrosfer dan Atmosfer serta awal muncul kehidupan primitif di dalam samudera berupa mikro-organisma (bakteri dan ganggang). Fosil tertua yg tlh ditemukan adlh fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan umur kira-kira 3.500.000.000 tahun.

    Masa Proterozoikum (2,5 milyar – 290 juta tahun lalu)
    Proterozoikum artinya masa kehidupan awal.
    Masa Proterozoikum merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer. Pada masa ini kehidupan mulai berkembang dr organisme bersel tunggal mjd bersel banyak (enkaryotes dan prokaryotes).
    Kalau istilah-istilah ini dipelajari di ilmu biologi, mestinya di SMP sudah diajari kan ? Enkaryotes ini bakal menjadi tumbuhan dan prokaryotes nantinya bakal menjadi binatang.
    Menjelang akhir masa ini organisme lbh kompleks, jenis invertebrata bertubuh lunak spt ubur2, cacing dan koral mulai muncul di laut-laut dangkal, yg bukti-buktinya dijumpai sebagai fosil sejati pertama.
    Masa Arkeozoikum dan Proterozoikum bersama-sama dikenal sbg masa Pra-Kambrium.

    Jaman Kambrium (590-500 juta tahun lalu)
    Kambrium berasal dr kata “Cambria” nama latin untuk daerah Wales di Inggris sana, dimana batuan berumur kambrium pertama kali dipelajari.
    Banyak hewan invertebrata mulai muncul pd zaman Kambrium. Hampir seluruh kehidupan berada di lautan. Hewan zaman ini mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung.
    Fosil yang umum dijumpai dan penyebarannya luas adalah, Alga, Cacing, Sepon, Koral, Moluska, Ekinodermata, Brakiopoda dan Artropoda (Trilobit).
    Sebuah daratan yg disebut Gondwana (sebelumnya pannotia) merupakan cikal bakal Antartika, Afrika, India, Australia, sebagian Asia dan Amerika Selatan. Sedangkan Eropa, Amerika Utara, dan Tanah Hijau masih berupa benua-benua kecil yang terpisah.

    Jaman Ordovisium (500 – 440 juta tahun lalu)
    Zaman Ordovisium dicirikan oleh munculnya ikan tanpa rahang (hewan bertulang belakang paling tua) dan beberapa hewan bertulang belakang yang muncul pertama kali seperti Tetrakoral, Graptolit, Ekinoid (Landak Laut), Asteroid (Bintang Laut), Krinoid (Lili Laut) dan Bryozona.
    Koral dan Alaga berkembang membentuk karang, dimana trilobit dan Brakiopoda mencari mangsa. Graptolit dan Trilobit melimpah, sedangkan Ekinodermata dan Brakiopoda mulai menyebar.
    Meluapnya Samudra dari Zaman Es merupakan bagian peristiwa dari zaman ini. Gondwana dan benua-benua lainnya mulai menutup celah samudera yang berada di antaranya.

    Jaman Silur (440 – 410 juta tahun lalu)
    Zaman silur merupakan waktu peralihan kehidupan dari air ke darat. Tumbuhan darat mulai muncul pertama kalinya termasuk Pteridofita (tumbuhan paku). Sedangkan Kalajengking raksasa (Eurypterid) hidup berburu di dalam laut. Ikan berahang mulai muncul pada zaman ini dan banyak ikan mempunyai perisai tulang sebagai pelindung.
    Selama zaman Silur, deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, Skotlandia dan Pantai Amerika Utara

    Jaman Devon (410-360 juta tahun lalu)

    Zaman Devon merupakan zaman perkembangan besar-besaran jenis ikan dan tumbuhan darat. Ikan berahang dan ikan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di dalam lautan. Serbuan ke daratan masih terus berlanjut selama zaman ini. Hewan Amfibi berkembang dan beranjak menuju daratan.
    Tumbuhan darat semakin umum dan muncul serangga untuk pertama kalinya.
    Samudera menyempit sementara, benua Gondwana menutupi Eropa, Amerika Utara dan Tanah Hijau (Green Land).

    Jaman Karbon (360 – 290 juta tahun lalu)

    Reptilia muncul pertama kalinya dan dapat meletakkan telurnya di luar air. Serangga raksasa muncul dan ampibi meningkat dalam jumlahnya.
    Pohon pertama muncul, jamur Klab, tumbuhan ferm dan paku ekor kuda tumbuh di rawa-rawa pembentuk batubara.
    Pd zaman ini benua-benua di muka bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Pangea, mengalami perubahan lingkungan untuk berbagai bentuk kehidupan. Di belahan bumi utara, iklim tropis menghasilkan secara besar-besaran, rawa-rawa yg berisi dan sekarang tersimpan sbg batubara.

    Jaman Perm (290 -250 juta tahun lalu)
    “Perm” adlh nama sebuah propinsi tua di dekat pegunungan Ural, Rusia.
    Reptilia meningkat dan serangga modern muncul, begitu juga tumbuhan konifer dan Grikgo primitif. Hewan Ampibi menjadi kurang begitu berperan. Zaman perm diakhiri dengan kepunahan micsa dalam skala besar, Tribolit, banyak koral dan ikan menjadi punah.
    Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai satu massa daratan, Lapisan es menutup Amerika Selatan, Antartika, Australia dan Afrika, membendung air dan menurunkan muka air laut. Iklim yg kering dengan kondisi gurun pasir mulai terbentuk di bagian utara bumi.

    Jaman Trias (250-210 juta tahun lalu)
    Gastropoda dan Bivalvia meningkat jumlahnya, sementara amonit menjadi umum. Dinosaurus dan reptilia laut berukuran besar mulai muncul pertama kalinya selama zaman ini. Reptilia menyerupai mamalia pemakan daging yang disebut Cynodont mulai berkembang. Mamalia pertamapun mulai muncul saat ini. Dan ada banyak jenis reptilia yg hidup di air, termasuk penyu dan kura-kura. Tumbuhan sikada mirip palem berkembang dan Konifer menyebar.
    Benua Pangea bergerak ke utara dan gurun terbentuk. Lembaran es di bagian selatan mencair dan celah-celah mulai terbentuk di Pangea.

    Jaman Jura (210-140 juta tahun lalu)


    Pada zaman ini, Amonit dan Belemnit sangat umum. Reptilia meningkat jumlahnya. Dinosaurus menguasai daratan, Ichtiyosaurus berburu di dlm lautan dan Pterosaurus merajai angkasa. Banyak dinosaurus tumbuh dlm ukuran yg luar biasa. Burung sejati pertama (Archeopterya) berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang.
    Tumbuhan Konifer menjadi umum, smtr Bennefit dan Sequola melimpah pd waktu ini.
    Pangea terpecah dimana Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia.
    Jaman ini merupakan jaman yg paling menarik anak-anak setelah difilmkannya Jurrasic Park.

    Lanjuttt...........



  10. #10
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Teori Pangea-Theory Super Continent

    Lanjutan!

    Jaman Kapur (140-65 juta tahun lalu)

    Banyak dinosaurus raksasa dan reptilia terbang hidup pada zaman ini.
    Mamalia berari-ari muncul pertama kalinya. Pada akhir zaman ini Dinosaurus, Ichtiyosaurus, Pterosaurus, Plesiosaurus, Amonit dan Belemnit punah. Mamalia dan tumbuhan berbunga mulai berkembang menjadi banyak bentuk yg berlainan.
    Iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia.
    Jaman ini adalah jaman akhir dari kehidupan binatang2 raksasa.

    Zaman Tersier (65 – 1,7 juta tahun lalu)
    Pada zaman tersier terjadi perkembangan jenis kehidupan seperti munculnya primata dan burung tak bergigi berukuran besar yg menyerupai burung unta, sedangkan fauna laut sepert ikan, moluska dan echinodermata sangat mirip dengan fauna laut yang hidup sekarang. Tumbuhan berbunga pada zaman Tersier terus berevolusi menghasilkan banyak variasi tumbuhan, spt semak belukar, tumbuhan merambat dan rumput.
    Pada zaman Tersier – Kuarter, pemunculan dan kepunahan hewan dan tumbuhan saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global

    Zaman Kuarter (1,7 juta tahun lalu – sekarang)
    Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen.
    Kala Plistosen mulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 tahun yg lalu. Kemudian diikuti oleh Kala Holosen yang berlangsung sampai sekarang.
    Pada Kala Plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es (jaman glasial). Pada jaman glasial sebagian besar Eropa, Amerika utara dan Asia bagian utara ditutupi es, begitu pula Pegunungan Alpen, Pegunungan Cherpatia dan Pegunungan Himalaya
    Di antara 4 jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial, dimana iklim bumi lebih hangat. Manusia purba jawa (Homo erectus yang dulu disebut Pithecanthropus erectus) muncul pada Kala Plistosen. Manusia Modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada Kala Holosen.
    Flora dan fauna yang hidup pada Kala Plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang.
    Nah kalau semua diatas tadi digambarkan secara grafis dapat dilihat seperti dibawah ini:
    Perhatikan bumi terbentuk 4 milyar tahun lalu. Tetapi kehidupan baru muncul semilyar tahun lalu. Bahkan "manusia purba" adanya baru 2 juta tahun lalu.


    CTOP
    Helehhhhh....Pangea dimana yah????
    Jaman Karbon ternyataaaaa dan Pangea pecah Jaman Jura
    Jadi jarak perpecahannya dari 400 juta tahun ke 200 juta tahun yang lalu
    hmmmm... kalo teori reverse Pangea bener....bisa aja sih 250 Juta tahun lagi bakal terbentuk lagi benua Pangea

    NOTE:
    WOY LOSER!!!!
    Masi masuk2 dimari aje!
    dasar LOSER LO!!!! HINA DEH LOOOO!!!!!!
    WAKAKAKAKAKAKAKAAKA

    Last edited by bantal; 15-09-10 at 02:53 PM.


Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0