Page 2 of 15 FirstFirst 123456789101112 ... LastLast
Results 11 to 20 of 143
Like Tree2Likes

Thread: Masih Perlukah Pendidikan Agama di Sekolah


  1. #11
    Senior Member may leonar's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Tanah Impian
    Posts
    1,445
    Rep Power
    7

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    perlu banget...
    Sejarah2 ato peristiwa2 yg terjadi dalam komunitas suatu umat beragama, akar2 masalah, knp bgni knp bgtu..sangat bagus untuk diketahui seorang pelajar..Masalahnya, di rumah itu paling diajar untuk berdoa/sembahyang...
    sedangkan kalo diperhadapkan dgn masalah2 agama jadi bingung..Nah pendidikan agama di sekolah bertanggung jwb menjelaskan hal itu...spy wawasan beragama seseorg jadi bagus..gak asal...gak jadi radikal besok2...
    -> May Leonard <-
    "Charity suffereth long, and is kind"

  2. #12
    Newbie SAMMY's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Quote Originally Posted by danar View Post
    pendidikan agama perlu diajarkan namun dalam pengajarannya harus keluar dari yang ada sekarang : hafalan tentang surat-surat atau tanggal-tanggal dalam agama. PA harus diarahkan untuk mengajak siswa kristis terhadap situasi yang ada dan bertindak berdasar inspirasi nilai-nilai agama. kalau ini terjadi akan ada kebersamaan dalam pluralitas. namun PA begini harus didukung dengan kegiatan siswa yang mendukungnya sperti live in, baksos, dsb.
    Nah, inilah yg gw maksudkan bhw Pendidikan Agama (PA) harus mampu menyebrang keluar dr aspek2 yg selama ini membatasi siswa utk sekedar tahu banyak2 hal-ihkwal agamanya saja. Dkl, siswa hanya dibekali sedikit informasi oleh guru PA-nya ttg sejarah, tata cara ibadah, doktrin2/inti ajaran, dst. Ini penting tapi tidak sekedar itu saja. Apalagi (bukan rahasia lagi, di banyak tempat/sekolah negeri ini) guru hanya ngejar target: selesai semester-selesai materi pelajaran. Dan siswanya dapat nilai 8, 9, bahkan bila perlu 10.
    Negeri ini tidak butuh generasi yg pintar hafal ajaran2 agama, seluruh isi kitab suci, sejarah agamanya, tapi generasi yg tahu menghormati keberagaman agama/keyakinan dan hak asasi, mencintai kejujuran, kedamaian dan cinta kasih. Dan di sinilah pentingnya PA di sekolah2!!! Para pengampuh PA kiranya berusaha semampu mungkin memberikan landasan yg kuat ttg nilai-nilai agama, yg diharapkan akan memberikan terang atau inspirasi bagi setiap anak didiknya utk menjadi bekal dlm kehidupan di rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat.
    Jadi sebetulnya kita tidak butuh penambahan jam pelajaran PA di sekolah2, atau penambahan guru-guru agama lagi, tapi kita hanya perlu sedikit menimbang/merevisi kurikulum Pendidikan Agama yg selama ini terlalu menekankan aspek pengetahuannya (kowledge) daripada aspek pendalaman (internalisasi nilai2).

    __________________
    "Kesuksesan adalah hasil perpaduan kerja otak, kerja hati, dan kerja keras".

  3. #13
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Perlu, perlu, sangat perlu.
    Satu contoh saja, kenapa korupsi sulit diberantas.
    Itu karena moral para pejabat sekarang bobrok, akhlaknya jelek.
    Mari kita jadikan anak-2 kita bermoral & akhlak baik dengan pendidikan agama yg berkualitas, demi masa depan bangsa.

  4. #14
    Beginner sidiq's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    94
    Rep Power
    6

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Perlu donk.
    Setuju sama yg laen2, terutama yg diperlukan itu esensinya seperti nilai-nilai akhlak yang baik, kejujuran, tolong menolong, toleransi, cinta damai, dll. Kalau bisa, semua mata pelajaran juga ikut mengelaborasikannya.

    Konsekuensinya pendidikan agama di sekolah itu adalah terjadinya mainstreaming. Misalnya pelajaran agama Islam maka ya sudah ikut kurikulum Depag, sementara paham pinggiran atau yang ngga tercantum di kurikulum maka ngga diambil. Malah denger-denger katanya mau dibuat pendidikan pluralisme, jadi ngga ada lagi pelajaran agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, adanya cukup pelajaran agama saja.

  5. #15
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Memang dengan mengajarkan agama akan menjaga mental bangsa! tetapi ada beberapa efect negative dari hal ini. mereka semua cenderung membeda-bedakan agama ada yang hanya mau bermain dengan yang beragama sama atau ada juga yang mengucilkan orang yang beragama minoritas di sekolah. Sebaiknya Pendidikan agama ditiadakan dan diganti dengan bimbingan konseling dengan memilih seseorang guru yang mudah berinteraksi dengan murid2 dan dipercaya mereka dengan cara ini dapat mengurangi permasalahan murid2!

  6. #16
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,005
    Rep Power
    10

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Quote Originally Posted by kuro_yami View Post
    Memang dengan mengajarkan agama akan menjaga mental bangsa! tetapi ada beberapa efect negative dari hal ini. mereka semua cenderung membeda-bedakan agama ada yang hanya mau bermain dengan yang beragama sama atau ada juga yang mengucilkan orang yang beragama minoritas di sekolah. Sebaiknya Pendidikan agama ditiadakan dan diganti dengan bimbingan konseling dengan memilih seseorang guru yang mudah berinteraksi dengan murid2 dan dipercaya mereka dengan cara ini dapat mengurangi permasalahan murid2!
    Jika seorang pengajar Agama yg benar tentunya efek(-) minim untuk ditemukan, kecuali yg pengajarnya seperti guru di Masohi..itu pasti lain ceritanya..

    Setiap sekolah nasional baik yg negri/swasta porsi pelajaran agamanya sama. Baik untuk yg mayoritas/minoritas..rata 2 - 4 jam/week..memang pelajaranya hanya ada pada kisaran dasar-dasar dari sendi-sendi kehidupan, budi perkerti serta akhlak yg baik..

    Kelanjutan pendalamanya bisa di rumah, lingkungan atau pondokan...

    Setuju konseling perlu diadakan, akan tetapi bukan mengganti. Melainkan sebagai pelengkap atau tambahan pendidikan agama yg sudah ada secara umum..jika memang waktu dan kurikulumnya tersedia..

    Paling efisien adalah disediakanya waktu khusus untuk konseling, diluar sekolah ..
    Last edited by OJO DUMEH; 23-12-08 at 01:01 PM.
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  7. #17
    Member Uzmad's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    732
    Rep Power
    7

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Quote Originally Posted by gent View Post
    Perlu, perlu, sangat perlu.
    Satu contoh saja, kenapa korupsi sulit diberantas.
    Itu karena moral para pejabat sekarang bobrok, akhlaknya jelek.
    Mari kita jadikan anak-2 kita bermoral & akhlak baik dengan pendidikan agama yg berkualitas, demi masa depan bangsa.
    Saya pikir, pelajaran agama di sekolah sebaiknya tidak langsung dikaitkan dengan kualitas moral anak didik. Soalnya, kalau kita menilai kualitas moral anak didik hanya dengan mengaitkan pada satu pelajaran, maka (1) terjadi pereduksian faktor determinan pembentuk sikap-perilaku orang. Ada faktor-faktor lain yang menentukan kualitas moral orang: situasi setempat, pendidikan di rumah oleh ortu, dll (2) beban matapelajaran agama menjadi terlalu besar, karena tolok ukurnya berada di luar jangkauan matapelajaran tersebut.

    Maka, menurut saya tidak tepat mengaitkan secara langsung kualitas moral anak dengan pelajaran yang diterimannya.

    Quote Originally Posted by sidiq View Post
    Perlu donk.
    Setuju sama yg laen2, terutama yg diperlukan itu esensinya seperti nilai-nilai akhlak yang baik, kejujuran, tolong menolong, toleransi, cinta damai, dll. Kalau bisa, semua mata pelajaran juga ikut mengelaborasikannya.

    Konsekuensinya pendidikan agama di sekolah itu adalah terjadinya mainstreaming. Misalnya pelajaran agama Islam maka ya sudah ikut kurikulum Depag, sementara paham pinggiran atau yang ngga tercantum di kurikulum maka ngga diambil. Malah denger-denger katanya mau dibuat pendidikan pluralisme, jadi ngga ada lagi pelajaran agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, adanya cukup pelajaran agama saja.
    ini juga saya kurang setuju, kalau menyempitkan pelajaran agama ke nilai-nilai akhlak. Artinya agama=moral. Agama lebih dr moral. Ada di dalamnya: sejarah, ibadat, hidup bermasyarakat, hidup di dalam ukhuwah, moral, dan doktrin. Semua perlu diperkenalkan dalam pelajaran, sesuai dengan jenjang pendidikan.

  8. #18
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Sentiong Raya, Jakarta
    Posts
    41
    Rep Power
    0

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Ikutan..Ya, menurut saya pendidikan di sekolah formal (negeri dan swasta) di bumi hanguskan. Mengapa?, karena sudah disusupi kepentingan kelompok keagamaan tertentu. Tujuan dan output dari pendidikan agama adalah orang-orang yang diskriminatif dan termasuk orang-orang yang tidak menyayangi kebhinekaan negara bangsa ini.

    Saya merasa terusik aja...buat format baru pendidikan agama yang lebih kontekstual ingat sebagai ciptaan dan ingat kepada hak orang. Ok...

  9. #19
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    147
    Rep Power
    7

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Quote Originally Posted by rahman_bkl View Post
    Ikutan..Ya, menurut saya pendidikan di sekolah formal (negeri dan swasta) di bumi hanguskan. Mengapa?, karena sudah disusupi kepentingan kelompok keagamaan tertentu. Tujuan dan output dari pendidikan agama adalah orang-orang yang diskriminatif dan termasuk orang-orang yang tidak menyayangi kebhinekaan negara bangsa ini.
    Om tolong di perjelas yg bold maksudnya apa?? kepentingan seperti apa??

    Saya merasa terusik aja...buat format baru pendidikan agama yang lebih kontekstual ingat sebagai ciptaan dan ingat kepada hak orang. Ok...[/quote]
    Emang format yg bener/baru kayak gimana??

  10. #20
    Beginner kukuhcm's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    95
    Rep Power
    6

    Re: Masih PerlukaH Pendidikan Agama di Sekolah

    Quote Originally Posted by PAlestina View Post
    Om tolong di perjelas yg bold maksudnya apa?? kepentingan seperti apa??

    Saya merasa terusik aja...buat format baru pendidikan agama yang lebih kontekstual ingat sebagai ciptaan dan ingat kepada hak orang. Ok...
    Emang format yg bener/baru kayak gimana??
    [/quote]

    ada banyak hal sebenarnya yg perlu diperhatikan dalam pendidikan agama. kalo AGAMA JELAS SANGAT PERLU BAGI MANUSIA.. namun persoalan pendidikan agama.. kadang justru.. ketika dimasukkan dalam kurikulum formal.. ada hal negatif yg masuk, contoh: formalisme agama, persoalan tematisir pelajaran itu sendiri, padahal ketika agama terjerumus jadi formalisme.. waduh yg rugi sih iman anak-anak kita..
    misalnya.. kita sudah di rumah berikhtiar mendidik anak dgn iman yg benar.. eh seorang (oknum) guru agama seenaknya saja.. melakukan perbuatan skandal lha.. ini tiba2 saja.. anak jadi melecehkan agamanya sendiri..
    sekedar cerita: susah payah mendidik anak untuk doa.. eh.. setelah sekolah .. dia kalo ada mendengar orang berdoa rame sendiri.. ketika saya tanya kok sekarang begitu.. eh njawabnya.. guru agamanya juga gitu.. teman-temannya juga gitu.. duh sedih khan...
    doa yg mestinya jadi salah satu inti iman personal..lha.. dikacaukan.....
    hampir tahun baru.. mestinya kita bisa melakukan sesuatu bagi masa depan anak negeri ..
    jadilah bangsa berbudaya...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0