Page 2 of 2 FirstFirst 12
Results 11 to 18 of 18

Thread: cara hitung volume tabung??


  1. #11
    Senior Member Simba's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    B A T A V I A
    Posts
    1,583
    Rep Power
    8

    Re: cara hitung volume tabung??

    Quote Originally Posted by Tomy Ho View Post
    r = radius dari tabung
    t = tinggi minyak
    p = panjang tangki

    Pertama:

    cos teta = (r-t) / r
    teta = ?
    (Cari teta nya dalam derajat. Teta nya berada di kisaran 0-180 derajat)

    Kedua:

    Volume:
    ({(4. teta. phi. (r)^2 ) / 360} - {(r-t). akar dua dari [2.r.t - (t)^2]}) . p / 2

    Semoga membantu
    Simple ya? beneran nggak? kalo ada waktu aku coba uji.

    Aku dulu juga pernah 2 kali ditanyakan pertanyaan yang sama. untungnya aku bisa program cad, jadi bisa memberikan jawaban kepada mereka, tanpa bisa menjelaskan perhitungannya.

    kalau pakai cad, apapun bentunya, bulat oval, dll, bisa dihitung dengan sekejab.

  2. #12
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Re: cara hitung volume tabung??

    emang dulu waktu ngisi berapa liter ? terus dah dikeluarin berapa liter ?

  3. #13
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    199
    Rep Power
    6

    Re: cara hitung volume tabung??

    Quote Originally Posted by Tomy Ho View Post
    r = radius dari tabung
    t = tinggi minyak
    p = panjang tangki

    Pertama:

    cos teta = (r-t) / r
    teta = ?
    (Cari teta nya dalam derajat. Teta nya berada di kisaran 0-180 derajat)

    Kedua:

    Volume:
    ({(4. teta. phi. (r)^2 ) / 360} - {(r-t). akar dua dari [2.r.t - (t)^2]}) . p / 2

    Semoga membantu
    saya ada satu pertanyaan
    ini rumusnya bikinan sendiri atau hapalan?
    kamu jago matematika ya?

  4. #14
    Newbie
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    41
    Rep Power
    0

    Re: cara hitung volume tabung??

    wew...ini apa2an sih..rumus volume tabung bukannya cuma luas alas kali tinggi yah..koc jadi ribet gini sih

  5. #15
    Senior Member bukanTuhan's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    near
    Posts
    2,185
    Rep Power
    8

    Re: cara hitung volume tabung??

    Harus kembali ke pengertian tabung. tabung itu bangun ruang yang alasnya berbentuk lingkaran yang sejajar dan kongruen dengan sebuah sisi lengkung.

    Jadi jika tabungnya dibaringkan maka tinggi tabung akan sama dengan panjang tabung dan alasnya juga tidak serta merta berubah mengikuti posisi tabung. Alasnya tetap lingkaran.

    Maka dari pengertian tersebut rumus volumenya tetap sama, baik yang tegak maupun dibaringkan.

    Ini berdasarkan logika, karena matematika kan ilmu logika juga. kalau drum yang tegak isinya 100 liter kemudian dibaringkan tanpa tumpah apakah isinya berkurang atau betambah???

    Tapi sepertinya TS cuma omong kosong aja....bikin orang pusing...kalau soal matematika di sekolahan pasti soalnya gak kayak gitu....
    Last edited by bukanTuhan; 06-02-09 at 08:13 PM.
    Salam buat semuanya...

  6. #16
    Newbie
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    41
    Rep Power
    0

    Re: cara hitung volume tabung??

    ow..soalnya begitu yah...maaf, td gw ga baca halaman awal... TS,ada soalnya gak..maksudnya angkanya... kayanya tinggal nyari luas aja deh,pake integral..terus kali panjang tabung...
    Last edited by bone_daddy; 06-02-09 at 10:52 PM. Reason: salah nulis...=p

  7. #17
    Newbie sapu jagat's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: cara hitung volume tabung??

    Quote Originally Posted by nitnot View Post
    aduh tambah puyeng neh... uda lama ga skolah dikasi soal gituan cerna nya jadi lelet. tapi klo ku liat itu kan cara nyari luas y? bukan volume?

    trs aku heran.. org2 yg bergerak dibidang perminyakan dan sejenis nya kok isa menghitung dgn cepat y? apa mereka punya rumus yg lebih simple n mudah? katae kita hamya kasi info tinggi permukaan minyak, maka mreka dgn 1x hitungan (dgn kalkulator) mereka langsung isa tau volume dalam tangki tsb!

    hiks hiks hiks.. help me
    klo orang2 yg da kerja, dia uda g pake rumus lagi.
    waktu bongkar/muat yg dipake tonagenya..
    ato barangkali pake sounding tabel.

  8. #18
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: cara hitung volume tabung??

    Halah.. mumet semua..
    Ini ada cara sangat mudah dan cepat. Pakai sistem persentasi.

    1. Tentukan isi PENUH tabungnya. Dengan cara menghitung luas alas (lingkaran) dikalikan tinggi atau panjangnya. Boleh juga dengan melihat nilai penuh yang tertera pada tangki tersebut.
    2. Tentukan pula diameter lingkaran dari tabung tersebut. Boleh pakai satuan meter, boleh juga centimeter.
    3. Tentukan pula tinggi cairan tsb pada bagian lingkaran dari bagian dasar lingkaran.
    4. Bagilah nilai tinggi cairan tsb, dengan nilai diameter lingkaran, lalu kalikan dengan 100%.
    5. Kalikan nilai isi PENUH tersebut dengan nilai persentasi tadi.

    Selesai. Cepat dan akurat.

    Contoh :
    1. Isi penuh tabung tersebut 50000 liter.
    2. Diameter lingkaran tsb 5 meter.
    3. Tinggi cairan yang tersisa dihitung dari dasar lingkaran = 2.5 meter.
    4. 2.5 / 5 x 100% = 50%
    5. 50000 liter x 50% = 25000 liter.

    Beres. Ndak bertele tele pakai integral dan tembereng...
    Last edited by KAMIRIN; 12-02-09 at 08:43 AM.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

Page 2 of 2 FirstFirst 12

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0