Results 1 to 10 of 10
Like Tree1Likes
  • 1 Post By overseas

Thread: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Thumbs up Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    Kelebihan sekolah dan Kuliah di Jerman

    Mengapa Jerman yang dipilih untuk melanjutkan studi? Tentunya masing-masing punya alasan yang berbeda. Banyak yang berpendapat Jerman merupakan tempat studi teknik terbaik di dunia. Apalagi mantan presiden Indonesia BJ Habibie menyelesaikan studinya dari tingkat sarjana hingga doktoral di Rheinisch Westfalische Technische Hochschule, Aachen, Jerman. Faktor lain yang turut mendukung banyaknya mahasiswa Indonesia memilih untuk kuliah di Jerman karena kuliah di jerman tidak memungut biaya alias gratis.

    Alasan-alasan itulah yang semakin menguatkan motif mahasiswa Indonesia berbondong-bondong datang ke Jerman. Sayangnya informasi yang diperoleh sebagai bekal mereka menuntut ilmu ke negeri orang belum tentu tepat dan jelas.

    Tidak sedikit calon mahasiswa yang merasa dalam tanda kutip ‘tertipu’. Bahwa kenyataan hidup di Jerman tidak semudah yang diceritakan. Perbedaan budaya dalam pergaulan turut menjadi faktor yang membuat nyali mereka ciut. Kepribadian sebagian orang Indonesia yang malu-malu bisa menjadi halangan dalam bergaul dengan teman-teman internasional.



    1. Biaya Kuliah di Jerman Gratis, Gratis merupakan kata-kata yang sangat ingin didengar oleh para mahasiswa. apalagi di saat ekonomi Indonesia yang kian memburuk menyusul naiknya berbagai kebutuhan pokok mulai dari minyak tanah, minyak goreng, beras dan sekarang kedelai yang menyebabkan berbagai inflasi hampir di tiap daerah. Biaya kuliah yang tinggi membuat sebagian orang memutuskan untuk langsung bekerja saja setelah menamatkan sekolah.

    Di jerman kita sekolah tanpa biaya dan cukup hanya duduk dan belajar di sana, tidak usah repot berapa besar biaya yang akan kamu keluarkan. akan tetapi, Sayangnya sistem intidak berlansung lama. Karena itu Jerman akhirnya memberlakukan penarikan uang kuliah. Peraturan ini sudah diberlakukan sejak tahun 2006. Yang penting untuk diketahui, besarnya uang kuliah berkisar 500 samapai 600 euro per semester. Kira-kira sebesar uang kuliah di universitas ternama di Indonesia untuk program master.

    Misalnya di fakultas teknik di Universitas Indonesia dan biaya itu masih jauh di bawah jumlah uang kuliah di Inggris, Amerika Serikat atau Australia.Hampir semua negara bagian di Jerman sudah mulai memberlakukan kebijakan uang kuliah. Seperti misalnya negara bagian Hamburg yang sudah memberlakukan uang kuliah sebesar 500 Euro per semester sejak tahun kuliah 2004 untuk mahasiswa yang tidak terdaftar tinggal di Hamburg alias tinggal di kota lain di luar Hamburg tapi kuliah di negara bagian yang berbentuk kota itu.

    Pada akhirnya, seluruh wilayah Jerman memberlakukan sistem pembayaran kuliah ini. Sebagian negara bagian memberlakukan uang kuliah minimal 500 Euro per semester pada semua mahasiswa mulai tahun ajaran 2006/2007 dan sebagian lagi pada tahun ajaran 2007/2008.


    2. Jerman merupakan salah satu negara maju di bidang teknologi.

    Negeri Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa apalagi di bidang teknologi dan design. Mobil-mobil baru yang terdapat di Jerman sekarang merupakan hasil olahan mobil-mobil yang lama yang di Jerman sendiri sebuah mobil memiliki masa hidup, setelah habis masa hidupnya mobil-mobil harus masuk ke tempat penghancuran mobil kemudian di olah untuk menjadi mobil baru kembali. Sangat hebat untuk sebuah negara untuk mendaur ulang yang telah ada. Beda halnya di Indonesia.


    3. Ketika kita berada di jerman kita dapat berpetualang ke negara lain,

    Karena Jerman merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa, sehingga sangat menguntungkan bagi kita untuk berjaln-jalan ke luar negeri seperti ke Belanda, atau negeri yang terkenal dengan menara Eiffelnya yaitu Paris atau ke Swiss. Kita cukup ke negara-negara tersebut dengan menunjukkan visa Jerman kita.,menghemat biaya tentunya.


    4. Adanya asuransi kesehatan,

    Tentunya jika kita menuntut ilmu di negara orang lain kita dituntut agar untuk sehat jasmani sehingga tidak mengganggu aktivitas kuliah kita ataupun keseharian kita. Karena hal inilah kita membutuhkan asuransi kesehatan. Di Jerman juga terdapat asuransi kesehatan sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli obat atau berobat. Kecuali Asuransi mengganti gigi.

    Sumber
    nazilul likes this.

  2. #2
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,478
    Rep Power
    0

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    duitnya juga harus lebih kalo sekolah disana..

  3. #3
    Junior Member Aisya's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    201
    Rep Power
    0

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    ada ga yang tau beasiswa untuk s2... aku mau lanjut klw ada

  4. #4
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,241
    Rep Power
    4

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    hmm kalau kekurangannya apa aja ya.....?

  5. #5
    Beginner
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    66
    Rep Power
    2

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    Ya, biaya 500 ~ 600 Euro per semester cukup berarti belum lagi biaya hidup dan biaya inap, salah satu cara mungkin bisa mencari beasiswa yang mungkin tidak seketat negara lain yang ada di Eropa seperti inggris dan Perancis.




    ~ Memilih asuransi pendidikan ~

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Aug 2013
    Posts
    27
    Rep Power
    0

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    hmm kapan ya biar kuliah diluar negeri?
    mungkin anak ane nanti

  7. #7
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,839
    Rep Power
    17

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    Quote Originally Posted by Aisya View Post
    ada ga yang tau beasiswa untuk s2... aku mau lanjut klw ada
    Tergantung dengan sekolah dan iq yang kamu dapatkan di sekolah negri atau sekolah madrasa, catholik...
    Semua dengan standard yang kamu dapatkan...sepertinya kamu sekolah di madrasa...Banyak tuh sholar dari negara TT...Coba saja,,,
    "Whether you think you can or think you can't, you're right" . (Henry Ford)

  8. #8
    Senior Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    1,098
    Rep Power
    4

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    Kuliah di Jerman tentu saja banyak kelebihannya, terutama kalau ingat dengan Prof. Ing Habibi yang dari Jerman .............

  9. #9
    Senior Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    1,072
    Rep Power
    4

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    Sekolah di jerman suatu keinginan setiap manusia, tetapi apa boleh buat hanya suatu keinginan, karena nggak mampu ......?

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Jul 2013
    Posts
    27
    Rep Power
    0

    Re: Kelebihan Sekolah dan Kuliah di Jerman

    kalau menurut saya kuliah atau sekolah di Jerman itu sangatlah mengasyikan karena selain kita dapat bersekolah gratis disana juga banyak fasilitas yang menunjang kegiatan belajar kita
    Les Matematika Akong, menerima bimbel atau kursus belajar untuk semua tingkatan

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0