Page 2 of 33 FirstFirst 123456789101112 ... LastLast
Results 11 to 20 of 328
Like Tree2Likes

Thread: Belajar di China


  1. #11
    Senior Contributor ~mamamia~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    in my cozy home (:
    Posts
    5,039
    Rep Power
    15

    Re: Belajar di China

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Yup, saya juga setuju. Keberhasilan negara China memang tak lepas dari pemerintahnya yang tegas, tidak gampang ikut2an, dan tak tergantung dengan negara lain.

    Dan negara ini pintar memanfaatkan potensi yang ada. Sebutlah pertanian, pariwisata (seni budaya), dan pendidikan. Ketiga bidang ini didukung habis2an. Terbukti kan, jadi ladang bisnis yang mantap. Pertanian, sekarang liat di supermarket2 seluruh dunia, mudah banget dijumpai apel atau jeruk China. Itu kan menandakan kualitas yang sudah memadai, standar ekspor. Bidang pariwisata juga. Liat saja tempat2 menarik di China, semua jadi lahan uang buat masyarakatnya dan pmerintah memberi dukungan sepenuhnya.

    Yang ngetrend adalah di bidang pendidikan. Seperti yang sudah saya tulis di atas, majunya perekonomian negara ini membuat seluruh dunia memberi perhatian yang luar biasa pada China. Banyak pelajar asing yang datang, dengan harapan setelah lulus dapat membangun kerja sama atau bahkan bekerja sama dengan pemerintah China.

    Nah, animo yang lagi gede2nya ini juga dimanfaatkan pemerintah China. Denagn memfasilitasi sekolah2 sesuai standar, tentunya org asing tdk segan2 untuk datang belajar dan rela membayar mahal untuk itu. Nah di sela2 belajar bahasa, pasti ada mata kuliah budaya dan pariwisata. Ini yang bikin para foreigner menghamburkan uang, jalan ke sana kemari. Menikmati kindahan alam dan ragam budaya, sekaligus belajar dan interaksi langsung dengan masyarakat setempat. Benar2 mutualisme, sama2 untung!

    Politik yang jitu!

    Tapi pendidikan untuk orang-orang lokal sebenarnya masih kurang merata dalam hal subsidi dari pemerintah sendiri... saya sering blusukan ke sekolah-sekolah di desa... keadaannya sering memprihatinkan...

    Saya sendiri sekarang lagi belajar salah satu bahasa suku minoritas di sini...
    "Character is not formed, nor are rewards earned in the absence of options"
    ~ Bill Johnson ~

  2. #12
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Belajar di China

    Quote Originally Posted by ~mamamia~ View Post
    Tapi pendidikan untuk orang-orang lokal sebenarnya masih kurang merata dalam hal subsidi dari pemerintah sendiri... saya sering blusukan ke sekolah-sekolah di desa... keadaannya sering memprihatinkan...

    Saya sendiri sekarang lagi belajar salah satu bahasa suku minoritas di sini...
    Yup bener banget lah. Kan penduduk 1,3 milyar ga gampang ngurusnya. Tapi yang jelas pemerintah sangat serius mengatasi masalah ini. Pernah dengar kampus gratis, yang mahasiswanya semuanya pinter, dibiayai oleh pmerintah, dan setelah lulus jadi guru di sekolah2 pdalaman? Nah gw lupa nama univ-nya, ntar gw coba search. Yang jelas masalah kekurangan guru perlahan2 akan tuntas, juga fasilitas yang semakin membaik.
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  3. #13
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    244
    Rep Power
    7

    Re: Belajar di China

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Yup bener banget lah. Kan penduduk 1,3 milyar ga gampang ngurusnya. Tapi yang jelas pemerintah sangat serius mengatasi masalah ini. Pernah dengar kampus gratis, yang mahasiswanya semuanya pinter, dibiayai oleh pmerintah, dan setelah lulus jadi guru di sekolah2 pdalaman? Nah gw lupa nama univ-nya, ntar gw coba search. Yang jelas masalah kekurangan guru perlahan2 akan tuntas, juga fasilitas yang semakin membaik.
    Ikutan nimbrung ya?Memang China itu perkembangannya pesat tapi pemerataan kemakmurannya kurang. Memang susah ngurusin manusia 1,3 milyar,tapi kalau tidak diatasi segera daerah-daerah terpencil bisa berontak,wong bedanya jauh banget. Mungkin kondisinya sudah banyak berubah ya,tapi saat aku sekolah disana (12 tahun yg lalu,..wah ,nostalgia deh)blusuk-blusuk sampe desa-desa maklum cara paling cepat belajar ,langsung membaur dgn penduduk asli. Rasanya seperti bumi dan langit ,kota besar (Beijing,shanghai,Guangzhou,dll) dgn daerah spt Xin jiang ,Nei Meng gu atau Tibet.
    Bagaimana Mea,apakah sudah banyak kemajuan di 3 propinsi ini? 3 propinsi ini yg paling kentara bedanya kemakmuran.
    Saya masih ingat dgn jelas punya 2 kenalan yg jadi guru di Xin Jiang,jangan tanya susahnya hidup disana. Kalau ditempatkan di ibukota Xin jiang masih rada lumayan,coba kalau di pelosok,...

  4. #14
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Belajar di China

    Quote Originally Posted by Ryu & yuka-chan no mama View Post
    Bagaimana Mea,apakah sudah banyak kemajuan di 3 propinsi ini? 3 propinsi ini yg paling kentara bedanya kemakmuran.
    Saya masih ingat dgn jelas punya 2 kenalan yg jadi guru di Xin Jiang,jangan tanya susahnya hidup disana. Kalau ditempatkan di ibukota Xin jiang masih rada lumayan,coba kalau di pelosok,...
    Ya, emang kesenjangan masih ada, tp menurut saya udah pesat bener kemajuannya. 3 propinsi yg Kakak sebut di atas (Xinjiang, Nei Menggu, Xizang/ Tibet) udah bagus koq. Dan sukarelawan (baik pengajar maupun staf lain) udah bejibun yang dikirim ke sana. Sekolah2 dibangun, transportasi lancar, tetapi tetap tidak membuangg kebudayaan mereka, misalnya bangunan2 lama tetep dipelihara.
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  5. #15
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    244
    Rep Power
    7

    Re: Belajar di China

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Ya, emang kesenjangan masih ada, tp menurut saya udah pesat bener kemajuannya. 3 propinsi yg Kakak sebut di atas (Xinjiang, Nei Menggu, Xizang/ Tibet) udah bagus koq. Dan sukarelawan (baik pengajar maupun staf lain) udah bejibun yang dikirim ke sana. Sekolah2 dibangun, transportasi lancar, tetapi tetap tidak membuangg kebudayaan mereka, misalnya bangunan2 lama tetep dipelihara.
    Mungkin ya,semoga semakin lama semakin merata,hanya saja tetap beda jauh fasilitas dan kemakmurannya, ke -3 propinsi ini yg paling bikin saya shock,pengalaman yg tak terlupakan seumur hidup,bahkan dibandingkan pengalaman saat KKN (kuliah kerja nyata) di Gunungkidul pun masih lebih parah ke-3 propinsi ini . Ya ,minimal sudah ada usaha yg keras buat membangun ya. Bagaimana dgn Tibet?Akhirnya mulai memberontak ya? Tibet itu ibaratnya bom waktu buat pemerintah China,saat ini sudah "meledak" bukan ?bagaimanapun ke 3 propinsi ini paling beda jauh kebudayaannya dgn suku Han (suku mayoritas China).

    Omong-omong saya belum pernah ke daerah Shandong,...
    Mea,Sampai berapa lama studi di China?siapa tahu kalau ada rejeki bisa ke China(maklum banyak kenangan ,jadi ingin napak tilas),siapa tahu bisa dolan ke Shandong?bisa kopdar sekalian dgn Mea,mbah Gandalf,Beth plus Lizzie

  6. #16
    eyi
    eyi is offline
    Beginner eyi's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    tel-aviv
    Posts
    76
    Rep Power
    7

    Re: Belajar di China

    kayaknya seru yah baca pengalaman anda semua yang pernah belajar di Cina. saya kepingin tuh kecina,liat peninggalan peradaban besar ke 4 dunia......hehehe. mungkin untuk jalan jalan kali yah, tp kalo untuk belajar kepentok dana....

    salam untuk anda

  7. #17
    Senior Member CUTE_BABY's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    somewhere in east area
    Posts
    2,079
    Rep Power
    9

    Re: Belajar di China

    Mea, ente belom jawab akyu. Di sono lagi ngambil jurusan ape???
    BTW akyu kirim e-mail udah diliat belom??
    I FEEL FINE...
    BEATLES MANIA

  8. #18
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Belajar di China

    Quote Originally Posted by Ryu & yuka-chan no mama View Post
    Mungkin ya,semoga semakin lama semakin merata,hanya saja tetap beda jauh fasilitas dan kemakmurannya, ke -3 propinsi ini yg paling bikin saya shock,pengalaman yg tak terlupakan seumur hidup,bahkan dibandingkan pengalaman saat KKN (kuliah kerja nyata) di Gunungkidul pun masih lebih parah ke-3 propinsi ini . Ya ,minimal sudah ada usaha yg keras buat membangun ya. Bagaimana dgn Tibet?Akhirnya mulai memberontak ya? Tibet itu ibaratnya bom waktu buat pemerintah China,saat ini sudah "meledak" bukan ?bagaimanapun ke 3 propinsi ini paling beda jauh kebudayaannya dgn suku Han (suku mayoritas China).

    Omong-omong saya belum pernah ke daerah Shandong,...
    Mea,Sampai berapa lama studi di China?siapa tahu kalau ada rejeki bisa ke China(maklum banyak kenangan ,jadi ingin napak tilas),siapa tahu bisa dolan ke Shandong?bisa kopdar sekalian dgn Mea,mbah Gandalf,Beth plus Lizzie
    Tenang aja, Mea sampai 2012 di sini, hehehe...

    Xizang/Tibet sih karena masalah politik aja. Bukannya mau bela China yah, tp mang sejarahnya Xizang itu punya China, dan masalah agama yg mereka anut, ga pernah dilarang oleh pemerintah. Maklumlah, suhu politik lagi memanas, eh mereka manfaatin keadaan ini,,, Yang kasian yah rakyat Xizang itu sendiri, hanya diperalat saja,,,



    Quote Originally Posted by eyi View Post
    kayaknya seru yah baca pengalaman anda semua yang pernah belajar di Cina. saya kepingin tuh kecina,liat peninggalan peradaban besar ke 4 dunia......hehehe. mungkin untuk jalan jalan kali yah, tp kalo untuk belajar kepentok dana....

    salam untuk anda
    Hai... kita bisa bagi2 info koq di sini, hehehe... saya akan upload foto2 juga deh, biar lbh mantabs,,,

    Quote Originally Posted by CUTE_BABY View Post
    Mea, ente belom jawab akyu. Di sono lagi ngambil jurusan ape???
    BTW akyu kirim e-mail udah diliat belom??
    email di mana Kak?? Ga ada tuh, sumpah,,, Mea jurusan pendidikan, ceritanya mau jadi guru ini, hehehehe....Jangan ngambek dong, ntar ga cute lagiiiiii,,,
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  9. #19
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Belajar di China

    Ini SHANDONG NORMAL UNIVERSITY, tempat saya belajar. Yang saya potret ini halaman depan kampus lama, karena masih ada kampus baru di tempat lain, dengan mahasiswa lebih dari 20.000 org. Kampus lama ini buat Jurusan Pendidikan, Teater, Master Degree, dan Olahraga.
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  10. #20
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Belajar di China

    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0