Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 31

Thread: Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia


  1. #1
    Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    484
    Rep Power
    7

    Pendidikan di Finlandia terbaik di dunia

    Ini ada artikel bagus sekali.

    Oleh: Andri Aji Saputro

    Tahukah Anda negara mana yang kualitas pendidikannya menduduki
    peringkat pertama di dunia? Kalau Anda tidak tahu, tidak mengapa
    karena memang banyak yang tidak tahu bahwa peringkat pertama untuk
    kualitas pendidikan adalah Finlandia. Kualitas pendidikan di negara dengan
    ibukota Helsinki, dimana perjanjian damai dengan GAM
    dirundingkan, ini memang begitu luar biasa sehingga membuat iri semua
    guru di seluruh dunia.

    Peringkat I dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survei
    internasional yang komprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for
    Economic Cooperation and Development (OECD). Tes tersebut dikenal dengan
    nama PISA mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga
    Matematika. Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi
    juga menunjukkan unggul dalam pendidikan anak-anak lemah mental.
    Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanya cerdas. Lantas apa
    kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No 1 dunia? Dalam masalah anggaran
    pendidikan Finlandia memang sedikit lebih tinggi
    dibandingkan rata-rata negara di Eropa tapi masih kalah dengan
    beberapa negara lainnya.

    Finlandia tidaklah mengenjot siswanya dengan menambah jam-jam belajar,
    memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin tentara, atau
    memborbardir siswa dengan berbagai tes. Sebaliknya, siswa di Finlandia
    mulai sekolah pada usia yang agak lambat dibandingkan dengan
    negara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan jam sekolah mereka justru
    lebih sedikit, yaitu hanya 30 jam perminggu. Bandingkan dengan Korea,
    ranking kedua setelah Finnlandia, yang siswanya menghabiskan 50 jam
    perminggu

    Lalu apa dong kuncinya? Ternyata kuncinya memang terletak pada
    kualitas gurunya. Guru-guru Finlandia boleh dikata adalah guru-guru dengan
    kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri
    adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka
    tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru
    mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan dan hanya 1 dari
    7 pelamar yang bisa diterima, lebih ketat persaingainnya
    ketimbang masuk ke fakultas bergengsi lainnya seperti fakultas hukum dan
    kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok oleh
    siswa dengan kualitas seadanya dan dididik oleh perguruan tinggi dengan
    kualitas seadanya pula.

    Dengan kualitas mahasiswa yang baik dan pendidikan dan pelatihan guru yang
    berkualitas tinggi tak salah jika kemudian mereka dapat menjadi guru-guru
    dengan kualitas yang tinggi pula. Dengan kompetensi tersebut mereka bebas
    untuk menggunakan metode kelas apapun yang mereka suka, dengan kurikulum
    yang mereka rancang sendiri, dan buku teks yang
    mereka pilih sendiri. Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan
    evaluasi bagi siswa merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas
    pendidikan, mereka justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang
    menghancurkan tujuan belajar siswa. Terlalu banyak testing membuat kita
    cenderung mengajar siswa untuk lolos ujian, ungkap seorang guru di
    Finlandia. Padahal banyak aspek dalam pendidikan yang tidak bisa diukur
    dengan ujian. Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk
    mengetahui kualifikasi mereka di perguruan tinggi dan dua pertiga
    lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi.

    Siswa diajar untuk mengevaluasi dirinya sendiri, bahkan sejak Pra-TK!
    Inimembantu siswa belajar bertanggungjawab atas pekerjaan mereka
    sendiri, kata Sundstrom, kepala sekolah di SD Poikkilaakso, Finlandia. Dan
    kalau mereka bertanggungjawab mereka akan bekeja lebih
    bebas.Guru tidak harus selalu mengontrol mereka.

    Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari
    sendiri informasi yang mereka butuhkan. Siswa belajar lebih banyak jika
    mereka mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Kita tidak belajar
    apa-apa kalau kita tinggal menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Disini
    guru tidak mengajar dengan metode ceramah, Kata Tuomas Siltala, salah
    seorang siswa sekolah menengah. Suasana sekolah sangat santai dan
    fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan
    dan belajar menjadi tidak menyenangkan, sambungnya.

    Siswa yang lambat mendapat dukungan yang intensif. Hal ini juga yang
    membuat Finlandia sukses. Berdasarkan penemuan PISA, sekolah-sekolah di
    Finlandia sangat kecil perbedaan antara siswa yang berprestasi baik dan
    yang buruk dan merupakan yang terbaik menurut OECD.

    Remedial tidaklah dianggap sebagai tanda kegagalan tapi sebagai
    kesempatan untuk memperbaiki. Seorang guru yang bertugas menangani
    masalah belajar dan prilaku siswa membuat program individual bagi
    setiap siswa dengan penekanan tujuan-tujuan yang harus dicapai,
    umpamanya: Pertama, masuk kelas; kemudian datang tepat waktu;
    berikutnya, bawa buku, dlsb. Kalau mendapat PR siswa bahkan tidak perlu
    untuk menjawab dengan benar, yang penting mereka berusaha.

    Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa mereka.
    Menurut mereka, jika kita mengatakan "Kamu salah" pada siswa, maka hal
    tersebut akan membuat siswa malu. Dan jika mereka malu maka ini akan
    menghambat mereka dalam belajar. Setiap siswa diperbolehkan melakukan
    kesalahan. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan
    nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Jadi tidak ada
    sistem ranking-rankingan. Setiap siswa diharapkan agar bangga terhadap
    dirinya masing-masing.

    Ranking-rankingan hanya membuat guru memfokuskan diri pada segelintir
    siswa tertentu yang dianggap terbaik di kelasnya. Kehebatan sistem
    pendidikan di Finlandia adalah gabungan antara kompetensi guru yang
    tinggi, kesabaran, toleransi dan komitmen pada
    keberhasilan melalui tanggung jawab pribadi. Kalau saya gagal dalam
    mengajar seorang siswa, kata seorang guru, maka itu berarti ada yang
    tidak beres dengan pengajaran saya! Benar-benar ucapan guru yang
    sangat bertanggungjawab.

    apakah Indonesia bisa mencontoh....... harusnya bisa, masa yang bisa dicontoh cuma
    sinetron, vcd bajakan, barang bermerek palsu

    Coba contoh ini...... apakah bisa.......... harapan selalu ada

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    198
    Rep Power
    7

    Re: Pendidikan di Finlandia terbaik di dunia

    Iseng2.....sorry, ada bbrp dumb questions :

    - Apa ada info siswa2 mereka sudah menang di olimpiade ilimiah
    mana saja ??
    - Kira2 bisa nggak ya mereka ngerjain soal2 UN matematika yg
    kemaren itu ?
    Tentunya dengan nilai rata2 diatas 80 atau bahkan 90.....
    - Kalau negara mereka terdiri dari > 15.000 pulau dengan jumlah
    penduduk 230 juta, > 300 etnis/suku dan beragam bahasa, apakah
    mereka bisa menjadi the best di dunia ?

  3. #3
    Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    484
    Rep Power
    7

    Re: Pendidikan di Finlandia terbaik di dunia

    iseng2 saya jawab ni pak,

    1. di negara kita punya perusahaan yang produknya dipakai hampir diatas 60% orang di seluruh dunia....,

    2. Dimana Orang2 yang dulu jadi juara olimpiade ilmiah.....apa sudah dibajak luar negeri ?

    3. Bagaimana mental para pengajar di Indonesia........yang memberikan bocoran Ujian Negara biar peringkat sekolahnya naik,

    4. Apakah Profesi Guru sudah dihargai dengan pantas di negara ini.

    Lalu apa dong kuncinya? Ternyata kuncinya memang terletak pada
    kualitas gurunya. Guru-guru Finlandia boleh dikata adalah guru-guru dengan
    kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri
    adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka
    tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru
    mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan dan hanya 1 dari
    7 pelamar yang bisa diterima, lebih ketat persaingainnya
    ketimbang masuk ke fakultas bergengsi lainnya seperti fakultas hukum dan
    kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok oleh
    siswa dengan kualitas seadanya dan dididik oleh perguruan tinggi dengan
    kualitas seadanya pula.
    Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari
    sendiri informasi yang mereka butuhkan. Siswa belajar lebih banyak jika
    mereka mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Kita tidak belajar
    apa-apa kalau kita tinggal menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Disini
    guru tidak mengajar dengan metode ceramah, Kata Tuomas Siltala, salah
    seorang siswa sekolah menengah. Suasana sekolah sangat santai dan
    fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan
    dan belajar menjadi tidak menyenangkan, sambungnya.

    5. Bagaimana kulitas lulusan sarjana kita yang baru lulus dari Universitas.

    6. Bagaimana praktek Gelar yang dapat dibeli, dengan uang 10 Juta bisa dapat gelar Doktor.

    pertanyaan anda tidak bodoh, itu wajar, namun apakah kita tidak koreksi diri sendiri dengan sistem pendidikan yang seperti ini yang berlaku di Negara kita ini, masyarakat semakin tidak percaya dengan lembaga pendidikan, sehingga muncul Home schooling.

    apakah luasnya negara kita ini, banyaknya penduduk selalu menjadi alasan, untuk membela diri dengan kekurangan negara kita.

    ini saya kasi data lagi, peringkat perguruan tinggi Indonesia di dunia...

    Mau tau posisi Universitas kita ditingkat dunia ? Berikut hasil survei Times, majalah Inggris menyebutkan hanya ada 6 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran 500 besar dunia.


    Keenam universitas tersebut adalah UGM Jogyakarta diposisi paling atas yaitu peringkat 360, diikuti ITB Bandung (369), UI Jakarta (395) dan UNDIP Semarang, IPB Bogor dan UNAIR Surabaya (404). Disebutkan bahwa posisi tersebut melorot sangat signifikan bila dibandingkan tahun 2006 lalu yang masih bisa masuk 300 besar diantaranya UI (250), ITB (258) dan UGM (275).

    Hanya masuk 500 besar dari perguruan tinggi yang ada di dunia..........

    APA ADA YANG SALAH DENGAN SISTEM PENDIDIKAN KITA.
    COBA KITA INTROSPEKSI

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    198
    Rep Power
    7

    Re: Pendidikan di Finlandia terbaik di dunia

    Quote Originally Posted by bagman View Post
    iseng2 saya jawab ni pak,

    1. di negara kita punya perusahaan yang produknya dipakai hampir diatas 60% orang di seluruh dunia....,

    .....hebat dong.....

    2. Dimana Orang2 yang dulu jadi juara olimpiade ilmiah.....apa sudah dibajak luar negeri ?

    .....ngga apa2, asal mereka masih pegang KTP atau paspor Indonesia...dan tdk malu2 mengaku asal mereka...seperti si...Tanzu yg ngetop di Amrik sono

    3. Bagaimana mental para pengajar di Indonesia........yang memberikan bocoran Ujian Negara biar peringkat sekolahnya naik,

    ...pasti ada aja oknum yg brengsek...tapi berapa 0,00 sekian persen. Kalau misalnya sampai 10 % dari penyelenggaraan UN....wah gawat deh,bubaran aja....

    4. Apakah Profesi Guru sudah dihargai dengan pantas di negara ini.

    yaak betul, belum sekali...APBN kita kurang bersahabat dgn pendidikan...kebanyakan buat subsidi BBM 'kali yee...

    Lalu apa dong kuncinya? Ternyata kuncinya memang terletak pada
    kualitas gurunya. Guru-guru Finlandia boleh dikata adalah guru-guru dengan
    kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri
    adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka
    tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru
    mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan dan hanya 1 dari
    7 pelamar yang bisa diterima, lebih ketat persaingainnya
    ketimbang masuk ke fakultas bergengsi lainnya seperti fakultas hukum dan
    kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok oleh
    siswa dengan kualitas seadanya dan dididik oleh perguruan tinggi dengan
    kualitas seadanya pula.
    Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari
    sendiri informasi yang mereka butuhkan. Siswa belajar lebih banyak jika
    mereka mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Kita tidak belajar
    apa-apa kalau kita tinggal menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Disini
    guru tidak mengajar dengan metode ceramah, Kata Tuomas Siltala, salah
    seorang siswa sekolah menengah. Suasana sekolah sangat santai dan
    fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan
    dan belajar menjadi tidak menyenangkan, sambungnya.

    5. Bagaimana kulitas lulusan sarjana kita yang baru lulus dari Universitas.

    ...seandainya berkualitas, apa pasti dpt kerjaan yg sesuai/memadai ? Cukup kah lowongan kerja disini ? Lihat no.2, maksud saya yg berkualitas boleh2 aja kerja di l n. Tapi boleh lah repatriasi sebagian penghasilannya buat bangun "kampung halamannya" melalui berbagai cara. Banyak kok....misalnya nyumbang SD-SD Inpres yg gentengnya/bangunannya mau rubuh.

    6. Bagaimana praktek Gelar yang dapat dibeli, dengan uang 10 Juta bisa dapat gelar Doktor.

    ....wah dimana 'tuh ? Saya jadi berminat juga nih, lumayan lah buat nambah2in embel2 di belakang nama....Kartu nama biar keren...

    pertanyaan anda tidak bodoh, itu wajar, namun apakah kita tidak koreksi diri sendiri dengan sistem pendidikan yang seperti ini yang berlaku di Negara kita ini, masyarakat semakin tidak percaya dengan lembaga pendidikan, sehingga muncul Home schooling.

    Itu lah masalahnya, program KB kita nggak kedengeran lagi....jumlah sekolah nggak nampung lagi calon2 siswa....kuantitas didahulukan drpd kualitas...

    apakah luasnya negara kita ini, banyaknya penduduk selalu menjadi alasan, untuk membela diri dengan kekurangan negara kita.

    sederhana saja..maksud saya, kalau Finlandia itu ya mendingan dibandingin dgn Malaysia, yg +/- luas wilayah dan jumlah & kompleksitas pddk-ny ngga beda2 jauh...

    ini saya kasi data lagi, peringkat perguruan tinggi Indonesia di dunia...

    Mau tau posisi Universitas kita ditingkat dunia ? Berikut hasil survei Times, majalah Inggris menyebutkan hanya ada 6 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran 500 besar dunia.


    Keenam universitas tersebut adalah UGM Jogyakarta diposisi paling atas yaitu peringkat 360, diikuti ITB Bandung (369), UI Jakarta (395) dan UNDIP Semarang, IPB Bogor dan UNAIR Surabaya (404). Disebutkan bahwa posisi tersebut melorot sangat signifikan bila dibandingkan tahun 2006 lalu yang masih bisa masuk 300 besar diantaranya UI (250), ITB (258) dan UGM (275).

    Hanya masuk 500 besar dari perguruan tinggi yang ada di dunia..........

    Haaah........I am totally shocked...kita masih bisa masuk 500 besar dunia ???...Ngga salah 'tuh. Tolong di cek ulang deh.....kayaknya unbelieveable...
    Padahal, entah ada berapa puluh atau ratus ribu PT di seluruh dunia

    APA ADA YANG SALAH DENGAN SISTEM PENDIDIKAN KITA.
    COBA KITA INTROSPEKSI
    Demikian lah .....dumb response saya...

  5. #5
    Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    484
    Rep Power
    7

    Re: Pendidikan di Finlandia terbaik di dunia

    heheheheh.......

    saya terima dan saya maklumi dumb respons anda, kalo memang sudah puas dengan sistem pendidikan yang seperti ini, ya tidak masalah.

    yang coba coba saya share adalah, apakah data tadi dapat memacu untuk menjadi lebih baik dengan mungkin memperbaiki kualitas pendidikan di indonesia.

    karena memang kita bangsa besar yang selalu bersukur, apapun keadaannya :

    1. Bersukur masuk peringkat 500 besar didunia.
    2. bersyukur masih bisa sekolah walau mahal sekali.

    dll

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    49
    Rep Power
    0

    Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia

    Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia, Bisakah Kita Contoh?
    Ternyata menurut berbagai survei berbagai badan international (OECD), model pendidikan terbaik (sekolah menengah) di dunia adalah model dari Finlandia. Info ringkas pendidikan di sana adalah sbb:
     Sejak Pra-TK siswa diajar untuk memilih bidang yang disukai, mengevaluasi dirinya sendiri, bertanggung jawab atas pekerjaan/pelajaran mereka. Guru tidak harus selalu mengontrol mereka
     Siswa didorong untuk bekerja secara independen dan berusaha mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Murid tidak belajar apa2 kalau hanya menuruti perkataan gurunya.
     Guru tidak mengajar dengan metode ceramah, suasana sekolah sangat santai dan fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan dan belajar menjadi tidak menyenangkan.
     Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa, karena ini akan membuat malu dan menghambat perkembangan siswa. Setiap siswa boleh dan dibiarkan melakukan kesalahan dan membiarkan siswa menemukan dan menemukan kesalahannya sendiri.
    Tidak ada sistim rangking dan tidak perlu membandingkan nilainya dengan siswa lain, hanya boleh dengan nilai dia sendiri sebelumnya dan bangga terhadap kemajuannya sendiri.
    Ujian sangat diminimalkan atau bahkan ditiadakan. Para guru berpendapat bahwa ujian dan testing akan menghancurkan tujuan pendidikan. Terlalu banyak ujian membuat siswa belajar hanya untuk lulus ujian. Padahal banyak aspek pendidikan tidak bisa diukur dengan ujian
     Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk mengetahui kualifikasi mereka di perguruan tinggi dan dua pertiga lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi.
    Jam belajar singkat hanya 30 jam per minggu dan tidak dibebani oleh pelajaran tambahan / PR
     Kualitas guru di sana sangat diperhatikan. Hanya 1 dari 7 pelamar ke sekolah guru yang diterima.
    Sumber: Top of the Class - Fergus Bordewich
    Sepertinya sekolah di Indonesia lebih berat tapi malah hasilnya lebih jelek. Gimana nih pendidikan kita, bisa nggak kita mencontoh mereka. Komen rekan2 forumer please! Makasih!

  7. #7
    Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    484
    Rep Power
    7

    Re: Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia

    udah ada tu heb, topik ini lihat deh di International

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    49
    Rep Power
    0

    Re: Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia

    Quote Originally Posted by bagman View Post
    udah ada tu heb, topik ini lihat deh di International
    Maaf beribu maaf bung Bagman, gua gak ngeliat, bisa gak threat ini dihapus aja. Gimana pak Admin, bisa minta tolong!. Makasih
    Maaf sekali lagi bung Bangman!

  9. #9
    Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    484
    Rep Power
    7

    Re: Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia

    no problem,

    kita bisa bergabung di topik itu

  10. #10
    Administrator admin's Avatar
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    3,477
    Rep Power
    10

    Re: Sistim Pendidikan di Finlandia, Terbaik di Dunia

    it's ok, kedua thread sdh saya gabungkan. Makasih atas kepeduliannya.

Page 1 of 4 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0