Page 4 of 4 FirstFirst 1234
Results 31 to 39 of 39

Thread: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?


  1. #31
    Beginner hertanto's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Posts
    86
    Rep Power
    6

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Setau saya emang ga ada aturan resmi seperti itu, cuman masalah masuk SD harus bisa calistung itu merupakan kebijakan dari masing-masing sekolah. Ada sekolah unggulan yang termasuk rintisan atau sekolah inklusi tetap mau menerima siswa yang belum bisa calistung karena di sekolah rintisan inklusi atau inklusi ada program untuk mengejar kemampuan calistung anak.

    Khusus sekolah negeri emang sebagian besar mensyaratkan seperti itu dengan pertimbangan anak akan jauh tertinggal pelajaran karena ketika yang lain belajar mata pelajaran umum, dia yang belum bisa baca tulis harus mengejar kemampuannya tersebut terlebih dahulu sebelum masuk pelajaran umum. Hal itu memang sangat penting untuk pembelajaran anak. Bisa dibayangkan apabila anak yang belum bisa baca tulis mengikuti pelajaran bahasa indonesia dengan siswa yang sudah bisa baca tulis dimana anak harus menyalin tulisan yang ada di buku teks ke dalam buku tulisnya. Dia akan terbebani dengan hal tersebut dan akhirnya akan berdampak pada perkembangan psikologis si anak sendiri.

    Tetapi sekali lagi itu memang kebijakan dari suatu sekolah dan tidak semua sekolah seperti itu.

  2. #32
    Beginner pusicat's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    South Jakarta
    Posts
    84
    Rep Power
    6

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Quote Originally Posted by bombermanz View Post
    hah masa kayk gitu sy aj waktu sd1 belum bisa tapi diajari kok

    mungkin gur2 sekarang gak mau capek ngajarin muridnya kali ya ??
    Learn from yesterday, live for today,
    hope for tomorrow

  3. #33
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Kemarin saya lihat buku teks dan LKS (lembar kerja siswa) milik keponakan saya yang baru saja masuk SD tahun ini.
    Dan...

    Astaga hwarakadah!
    Buku pelajarannya sudah setaraf waktu saya belajar di kelas 3 SD di abad lalu! Pelajaran dasar kok kayak gini ya? Buku teksnya seperti khusus untuk yang sudah lancar membaca.
    Jadi setelah saya tanya sana sini, hampir semua bukunya seperti demikian.

    Tak ada pelajaran pengenalan huruf dan angka. Pelajaran menulis tebal tipis pun tak ada. Semua langsung pengenalan (bacaan) terhadap bahasa, alam, keluarga dan sosial.

    Jadi benar dugaan saya. Masuk SD memang harus bisa baca tulis terlebih dahulu...
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  4. #34
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    sebagai orang tua, masalah ini sangat menjadi perhatian saya.
    sebelumnya saya juga telah mendengar masalah ini dan waktu itu juga tidak percaya. masak sih masuk sd sudah harus bisa baca tulis dan hitung. tapi setelah tanya sana sini ternyata memang begitu.

    apa kurikulum saat ini terlalu dipaksakan ya? mau gak mau anak mesti masuk tk

  5. #35
    Senior Member antasena's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta-Bandung PP
    Posts
    2,024
    Rep Power
    11

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Quote Originally Posted by Slump View Post
    sebagai orang tua, masalah ini sangat menjadi perhatian saya.
    sebelumnya saya juga telah mendengar masalah ini dan waktu itu juga tidak percaya. masak sih masuk sd sudah harus bisa baca tulis dan hitung. tapi setelah tanya sana sini ternyata memang begitu.

    apa kurikulum saat ini terlalu dipaksakan ya? mau gak mau anak mesti masuk tk
    Sebagai (calon) orang tua saya sangat-sangat prihatin. Menurut hemat saya anak-anak bisa jadi memiliki tingkat kemampuan dan belajar yang berbeda satu sama lain. Ada yang lebih cepat bisa membaca, ada yang lebih cepat bisa menghitung, ada yang lebih cepat bisa menggambar, bermusik dan lain lain.

    Dan itu tidak berarti anak satu lebih baik/pintar dibanding anak lainnya. Every child is unique.

    Jadi teringat cerita seorang teman saya ketika akan memasukkan anaknya di salah satu SD di Jakarta ini:

    Ketika itu anaknya sama kasusnya, tidak diterima di SD tertentu, karena tidak bisa baca tulis dan berhitung. Temen saya kaget dan langsung sewot bilang: "Lha kalo anak saya sudah bisa baca tulis dan berhitung buat apa saya masukin ke SD ini!!!"

    Entahlah apakah teman saya tadi sekarang sudah menemukan SD untuk anaknya ataukah menyerah oleh sistem.

    Dan apakah memang tingkat kebutuhan sekarang seperti itu? Seingat saya saya baru bisa baca tulis di kelas 1 SD, setelah diajarin. Dan saya (dianggap) termasuk bebal ketika itu, tidak bisa melafalkan, eh apa namanya, mengeja? Yang I, N - I NI , B - U BU, DI- DI, INI BUDI dst-nya. Hahahaha. Saya juga agak lemot dalam berhitung ketika itu.

    Pertanyaan saya:

    Apakah relevansinya anak harus bisa baca hitung sebelum masuk SD??

    Apakah bila anak tidak bisa baca tulis lalu anak tidak bisa menjadi orang yang maju di kelak kemudian hari?

    Apakah persaingan di dunia modern ini sedemikian tingginya sehingga anak dari kecil sudah harus bisa ini itu?


    Ada yang bisa sharing / menjawab?

    Jujur saya kuatir dan cemas.

    Salam ..

  6. #36
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    @Antasena
    sama bro, saya juga baru bisa membaca kelas 1 SD. saat itu saking bebalnya sampe dimarahin n diajarin khusus ama nyokap

    saya juga takut anak dituntut terlalu tinggi melebihi kemampuan wajarnya. kalau saat ini masuk sd diharuskan sudah bisa baca tulis, jangan2 beberapa tahun lagi masuk playgroup diharuskan sudah mengenal huruf dan angka.

  7. #37
    Senior Member antasena's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta-Bandung PP
    Posts
    2,024
    Rep Power
    11

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Quote Originally Posted by Slump View Post
    @Antasena
    sama bro, saya juga baru bisa membaca kelas 1 SD. saat itu saking bebalnya sampe dimarahin n diajarin khusus ama nyokap

    saya juga takut anak dituntut terlalu tinggi melebihi kemampuan wajarnya. kalau saat ini masuk sd diharuskan sudah bisa baca tulis, jangan2 beberapa tahun lagi masuk playgroup diharuskan sudah mengenal huruf dan angka.
    Itu dia bro .. Bukankah masa kanak-kanak itu masa bermain?

    Dan menurutku ada masa-masanyalah kapan mereka harus belajar kapan harus main, dll. Kalo semua anak harus "pintar" secara ilmu, kapan ada Michael Jackson dari Indonesia, kapan ada the next Cristiano Ronaldo / next Liem Swie King / next Warren Buffet dr Indonesia dst dst ..

    Apakah anak Indonesia hanya akan dijadikan "robot-robot" pekerja untuk kaum bermodal?

    Ini kekuatiran saya.

    Terus anak situ gimana ceritanya bro? Udah jadi masuk SD, terus pelajarannya seperti apa?

  8. #38
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Quote Originally Posted by antasena View Post
    Itu dia bro .. Bukankah masa kanak-kanak itu masa bermain?

    Dan menurutku ada masa-masanyalah kapan mereka harus belajar kapan harus main, dll. Kalo semua anak harus "pintar" secara ilmu, kapan ada Michael Jackson dari Indonesia, kapan ada the next Cristiano Ronaldo / next Liem Swie King / next Warren Buffet dr Indonesia dst dst ..

    Apakah anak Indonesia hanya akan dijadikan "robot-robot" pekerja untuk kaum bermodal?

    Ini kekuatiran saya.

    Terus anak situ gimana ceritanya bro? Udah jadi masuk SD, terus pelajarannya seperti apa?
    setuju banget bro, apakah kita mau anak2 kita ruang lingkup pendidikannya dibatasi dengan tujuan agar menjadi pekerja yang baik. bukannya dibukakan matanya agar dapat merengkuh kesempatan dan mewujudkan mimpi2 mereka.

    anakku baru 3 tahun bro, baru masuk playgroup. ini juga tujuannya bukan buat dia belajar baca tulis. tapi agar dia belajar bersosialisasi, belajar mencari teman dan bermain tentunya

    berdasarkan pengalaman pribadi, temen2ku yang sangat pinter disekolah. karirnya kebanyakan jadi karyawan/pns. sementara yang bandel2 gak ketulungan tapi banyak temen malah jadi pengusaha hehehe

  9. #39
    Senior Member antasena's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta-Bandung PP
    Posts
    2,024
    Rep Power
    11

    Re: Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis?

    Quote Originally Posted by Slump View Post
    setuju banget bro, apakah kita mau anak2 kita ruang lingkup pendidikannya dibatasi dengan tujuan agar menjadi pekerja yang baik. bukannya dibukakan matanya agar dapat merengkuh kesempatan dan mewujudkan mimpi2 mereka.

    anakku baru 3 tahun bro, baru masuk playgroup. ini juga tujuannya bukan buat dia belajar baca tulis. tapi agar dia belajar bersosialisasi, belajar mencari teman dan bermain tentunya

    berdasarkan pengalaman pribadi, temen2ku yang sangat pinter disekolah. karirnya kebanyakan jadi karyawan/pns. sementara yang bandel2 gak ketulungan tapi banyak temen malah jadi pengusaha hehehe
    Setuju untuk bersosialisasinya, memang perlu, apalagi di Jakarta, ya mau gak mau ..

    Tapi banyak juga yang jadi preman bro, hahaha. Contoh beberapa temenku jadi preman beneran, wekwek, meski ada jg yang jadi pengusaha beneran

Page 4 of 4 FirstFirst 1234

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO