Page 1 of 13 1234567891011 ... LastLast
Results 1 to 10 of 121
Like Tree4Likes

Thread: Sekolah Menengah Kejuruan


  1. #1
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Sekolah Menengah Kejuruan

    dulu kita mengenal adanya SMEA, STM, SKKA, SAA, SPG dan yang lainnya, sekarang ini berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan, lapangan kerjapun tidak sulit untuk lulusan SMK, tapi yang menjadi pertanyaan kita kenapa tidak ada SMK jurusan Pendidikan Guru, padahal kalau melihat kebutuhan guru TK/SD ternyata masih banyak dibutuhkan hampir di seluruh propinsi kita, kalau Sarjana Pendidikan yang baru lulus mungkin gengsi kalau mengajar TK/SD, kenyataannya lulusan Sarjana Pendidikan banyak mengajar di tingkat SLTP/SLTA, nah kalau kita sharring bagaimana kalau SMK Jurusan Pendidikan Guru/semacam SPG dulu dihidupkan kembali untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik utuk TK/SD?

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    18
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    Untuk menghidupkan kembali SPG rasanya sudah tidak mungkin karena sekarang syarat untuk menjadi seorang guru harus Sarjana (S1). Sekarang untuk guru SD dan TK di LPTK sudah ada jurusan S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) dan S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mudah-mudahan ini membantu.

  3. #3
    Newbie U-dz's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    jakarta-bandung
    Posts
    28
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    wah..klo SPG gitu susah buat ada lagi..sekarang kan sekolah2 minta ijazah itu S.Pd (sarjana pendidikan)..
    bagus sih klo emang ada lagi..tp yang mau jadi guru tk/sd juga jaman skrg kasian...guru smp sma aja byk yang gajinya kecil..gmn yang jadi guru tk atau sd..lagian menurut pengalaman saya guru2 muda itu mayoritas cuma 'nyasar' jadi guru,bukan bener2 niat jadi pendidik..
    kalo bisa dibandingin sama jerman misalnya..dulu saya perna punya data gaji beberapa pekerjaan disana, guru sd di jerman itu dibayar lebih mahal daripada guru sekolah lanjutan..kalo ga salah di jerman bagian barat 3000an euro dan di bagian timur 2000an...
    yah,di indonesia harga jasa mesti dibayar mahal dulu,biar bisa menarik orang2 untuk jadi guru biar lebih berkualitas tenaga pendidiknya..
    -life is nothing but a game to play, just live it to be a better player-

  4. #4
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    Quote Originally Posted by yoyokal View Post
    Untuk menghidupkan kembali SPG rasanya sudah tidak mungkin karena sekarang syarat untuk menjadi seorang guru harus Sarjana (S1). Sekarang untuk guru SD dan TK di LPTK sudah ada jurusan S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) dan S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mudah-mudahan ini membantu.
    betul pendapat saudara SPG sulit dihidupkan kembali, kenyataan dilapangan saat ini mayoritas guru SD usia diatas 38 thn keatas berlatar pendidikan SPG, setelah diangkat juga banyak yang melanjutkan ke jenjang Sarjana, saat ini yang menjadi tenaga honorer maupun kontrak di SD usia antara 20 s/d 30 itu berlatar belakang pendidikan SMA maupun Sarjana tapi setelah ada pengangkatan menjadi PNS maupun PND hampir semuanya memilih mengajar di SLTP/SLTA, sehingga tenaga pengajar SD kembali berkurang, kalau ada pendidikan sejenis SPG, itu pola belajarnya mutlak kita diarahakan untuk benar2 menjadi pendidik, trims sharringnya, siapa tahu ada ahli pendidikn yang membaca diskus kita.

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    18
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    Quote Originally Posted by U-dz View Post
    wah..klo SPG gitu susah buat ada lagi..sekarang kan sekolah2 minta ijazah itu S.Pd (sarjana pendidikan)..
    bagus sih klo emang ada lagi..tp yang mau jadi guru tk/sd juga jaman skrg kasian...guru smp sma aja byk yang gajinya kecil..gmn yang jadi guru tk atau sd..lagian menurut pengalaman saya guru2 muda itu mayoritas cuma 'nyasar' jadi guru,bukan bener2 niat jadi pendidik..
    kalo bisa dibandingin sama jerman misalnya..dulu saya perna punya data gaji beberapa pekerjaan disana, guru sd di jerman itu dibayar lebih mahal daripada guru sekolah lanjutan..kalo ga salah di jerman bagian barat 3000an euro dan di bagian timur 2000an...
    yah,di indonesia harga jasa mesti dibayar mahal dulu,biar bisa menarik orang2 untuk jadi guru biar lebih berkualitas tenaga pendidiknya..
    Betul saya dengar di negara-negara Eropa gaji guru TK (kindergaten) lebih tinggi. Dasarnya adalah bahwa pendidikan di usia dini adalah hal yang paling penting. Jika di usia dini sudah diajari hal yang salah maka selamanya akan tercetak terus di alam bawah sadarnya. Negara kita sayangnya terlalu meremehkan pendidikan usia dini, jadi jangan heran kalau sudah besar berperilaku diantaranya adalah korupsi, tidak toleran, dan seterusnya. Udah-mudahan penentu kebijakan memperhatikan sktor ini.

  6. #6
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    181
    Rep Power
    7

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    yang sekarang terjadi malah pola pembelajaran sd mulai diterapkan di TK, kasian kan mereka bisa seperti anak SD,dan pengajarnya juga masih belum ditingkatkan kompetensinya

  7. #7
    Newbie U-dz's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    jakarta-bandung
    Posts
    28
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    Quote Originally Posted by lukenireng View Post
    yang sekarang terjadi malah pola pembelajaran sd mulai diterapkan di TK, kasian kan mereka bisa seperti anak SD,dan pengajarnya juga masih belum ditingkatkan kompetensinya
    betul2..anak tk itu kan namanya kindergarten, kinder = anak2 dan garten = taman..jadi bener2 ga da blajar..cm maen2 aja isinya..dan mestinya anak2 itu baru dikasi pelajaran akademis pas umur 7 taun..jadi pas mereka tk tu ga perlu bljr nulis macem2..
    indo mah kalo masalah kepinteran emang bagus untuk ukuran sd-sma..tapi setelah kuliah,,keliatan kan hasil dari sekolah yang di dirancang cuma bwt belajar, tapi yang laen agak kurang ( pendidikan karakteristik dan moral)..
    yah..bgitulah..gimana ya cara kita bisa mengusahakan biar pendidikan indo lebih baik..??
    -life is nothing but a game to play, just live it to be a better player-

  8. #8
    Newbie chill's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    mungkin lebih bagus kalo pas tk bner2 diajarin hal-hal moral, karna hal itu hal yang mendasar.. kalo moral bagus, seharusnya nanti pendidikan akademisnya juga bagus.. begitu pula sbaliknya.

  9. #9
    Newbie U-dz's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    jakarta-bandung
    Posts
    28
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    Quote Originally Posted by chill View Post
    mungkin lebih bagus kalo pas tk bner2 diajarin hal-hal moral, karna hal itu hal yang mendasar.. kalo moral bagus, seharusnya nanti pendidikan akademisnya juga bagus.. begitu pula sbaliknya.
    cara yang bagus..tapi di jenjang berikutnya juga harus di bimbing dengan baik..
    -life is nothing but a game to play, just live it to be a better player-

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Sekolah Menengah Kejuruan

    Quote Originally Posted by U-dz View Post
    wah..klo SPG gitu susah buat ada lagi..sekarang kan sekolah2 minta ijazah itu S.Pd (sarjana pendidikan)..
    bagus sih klo emang ada lagi..tp yang mau jadi guru tk/sd juga jaman skrg kasian...guru smp sma aja byk yang gajinya kecil..gmn yang jadi guru tk atau sd..lagian menurut pengalaman saya guru2 muda itu mayoritas cuma 'nyasar' jadi guru,bukan bener2 niat jadi pendidik..
    kalo bisa dibandingin sama jerman misalnya..dulu saya perna punya data gaji beberapa pekerjaan disana, guru sd di jerman itu dibayar lebih mahal daripada guru sekolah lanjutan..kalo ga salah di jerman bagian barat 3000an euro dan di bagian timur 2000an...
    yah,di indonesia harga jasa mesti dibayar mahal dulu,biar bisa menarik orang2 untuk jadi guru biar lebih berkualitas tenaga pendidiknya..

    Kalo dah lulus nanti, dengan title S.Pd. harusnya sy jadi guru. Tapi dari sekarang sy sudah ancang-ancang, jadi guru kalo dah muepettt bgt ga dapet kerjaan. hehe..... jadi ngerasa bersalah.

    Tapi bener juga, jadi guru sekarang ini mungkin cuma jadi pilihan terakhir. Masa dengan gaji kecil harus mendidik anak-anak orang lain? Lha wong mendidik anak-anak'e sendiri aja sampe ga ada waktu gara-gara sibuk mikirin sambilan kerjaan yang lain...... duh kapan ya profesi guru jadi profesi yang prestigious???????????????????????

Page 1 of 13 1234567891011 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0