Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 31

Thread: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris


  1. #1
    Advisor r4inbou's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ♥ ♥ C3LL ♥ ♥
    Posts
    18,629
    Rep Power
    30

    Wink Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Belajar bahasa Inggris tidak sulit, tetapi juga tidak semudah membalik telapak tangan. Yang penting adalah kemauan dan ketekunan. Pakar pembelajaran Bahasa Inggris, H. Douglas Brown mengemukan lima prinsip belajar bahasa Inggris yang efektif berikut ini. ...

    ------------------”Way of life”. Jika kita belajar bahasa Inggris di negeri tempat bahasa tersebut digunakan sebagai Bahasa Ibu, umumnya kita akan lebih cepat menguasai bahasa tersebut karena kita setiap hari dikelilingi oleh bahasa Inggris, dari bangun tidur sampai kembali ke tempat tidur. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Demikian pula yang harus kita lakukan di Indonesia, jika kita ingin belajar bahasa Inggris dengan efektif: kita harus menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan kita.

    Artinya, kita harus mencoba menggunakannya setiap hari di mana mungkin. Untuk itu, kita bisa membaca, mendengar, ataupun berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris pada setiap kesempatan yang kita temui atau yang bisa kita ciptakan. Misalnya, kita bisa menyisihkan waktu tiap hari untuk baca satu artikel bahasa Inggris dalam satu hari. Kalau satu artikel belum mampu, satu paragraf atau satu kalimat per hari pun tidak jadi masalah. Kita jadikan kalimat tersebut kalimat kita hari itu, dan kita gunakan kalimat tersebut dalam segala kesempatan yang mungkin ada dalam hari itu. Atau, kita bisa juga meluangkan waktu untuk mendengarkan segala sesuatu dalam bahasa Inggris (lagu, berita, atau kaset-kaset berisi pembicaraan dalam bahasa Inggris) untuk membiasakan telinga kita terhadap bahasa asing tersebut.

    Yang bisa kita lakukan antara lain adalah mendengarkan kaset-kaset (baik lagu, pidato, presentasi, atau kaset pembelajaran dalam bahasa Inggris) di mobil sepanjang perjalanan dari rumah ke kantor atau sebaliknya. Kita juga bisa mencoba untuk menulis dalam bahasa Inggris (menulis memo, surat pendek, ataupun menulis rencana kerja yang akan kita lakukan selama seminggu atau untuk hari berikutnya). Pada prinsipnya, kelilingi hidup kita dengan bahasa Inggris yang topik-topiknya kita senangi atau kita butuhkan.


    ----------------------”Total commitment”. Untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita, kita harus memiliki komitmen untuk melibatkan bahasa Inggris dalam hidup kita secara fisik, secara mental, dan secara emosional. Secara fisik, kita bisa mencoba mendengar, membaca, menulis, dan melatih pengucapan dalam bahasa Inggris, terus-menerus dan berulang-ulang.

    Secara mental atau intelektual, kita bisa mencoba berpikir dalam bahasa Inggris setiap kali kita menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, dalam memahami bahasa Inggris, jangan kata per kata, tapi arti secara keseluruhan. Kita bisa mencoba mengenali beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris yang memiliki arti yang kurang lebih sama, misalnya: How’re you?, How’s life?, How’s business? (jangan terpaku pada satu ungkapan saja). Dan, yang paling penting adalah keterlibatan kita secara emosional dengan bahasa Inggris, yaitu kita perlu memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar bahasa Inggris, dan kita perlu mencari ”hal-hal positif” yang bisa kita nikmati, ataupun yang bisa memberikan kita keuntungan jika kita mampu menguasai bahasa Inggris.

    Hal-hal ini akan memberikan energi yang luar biasa pada kita untuk tetap bersemangat belajar bahasa Inggris. Ketiga aspek (fisik, mental, dan emosional) ini harus kita libatkan secara total dalam proses belajar kita, jika kita ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih efektif.


    -------------------”Trying”. Belajar bahasa adalah seperti belajar naik sepeda atau belajar menyetir mobil. Kita tidak bisa hanya membaca dan memahami ”buku manual” saja, tetapi kita harus mencoba menggunakannya. Pada tahap pembelajaran (tahap percobaan), sangat wajar jika kita melakukan kesalahan. Yang penting adalah mengetahui kesalahan yang kita lakukan dan memperbaikinya di kesempatan yang berikutnya. Akan lebih baik lagi jika pada saat mencoba kita mempunyai guru yang bisa memberitahu kita kesalahan yang kita lakukan. Guru tidak harus guru formal di sekolah atau kursus bahasa Inggris. Guru bisa saja sebuah kaset yang bisa kita dengarkan dan kita bandingkan dengan ucapan kita, sebuah buku pelajaran yang bisa kita baca dan cek jawabannya, atau bisa juga kenalan, ataupun kerabat yang bisa membantu kita jika kita ada masalah atau ada hal-hal yang ingin kita tanyakan. Kita tidak usah malu bertanya, dan tidak usah takut melakukan kesalahan. Dari pertanyaan yang kita ajukan dan dari kesalahan yang kita lakukan, kita bisa belajar banyak.


    -----------------”Beyond class activities”. Jika kita belajar bahasa Inggris secara formal (di kelas, di kursus), biasanya jam-jam belajarnya terbatas: empat jam seminggu, enam jam seminggu ataupun delapan jam seminggu. Yang pasti jam belajar di kelas ini tentunya sangat terbatas. Agar belajar bisa lebih efektif, kita harus menciptakan kesempatan untuk ”belajar” juga di luar jam-jam belajar di kelas: berdiskusi dengan teman, mengunjungi websites yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris gratis, ataupun berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman-teman atau native speakers (baik melalui surat, email, ataupun percakapan langsung).

    Kita bisa juga mencoba membaca koran, majalah, buku-buku teks, mendengarkan radio, lagu, ataupun menonton acara-acara dan film. Agar proses belajar bisa lebih menarik, pilihlah topik-topik yang sesuai dengan minat kita, kebutuhan kita, ataupun yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang kita tekuni.



    --------------------”Strategies”. Jika komitmen, keberanian mencoba, dan menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian hidup telah kita terapkan, langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi belajar yang tepat untuk menunjang proses belajar kita. Strategi ini bisa kita kembangkan dan kita sesuaikan dengan kepribadian dan gaya belajar kita masing-masing. Ada yang lebih mudah belajar dengan menggunakan ”cue-cards”, yaitu kartu-kartu kecil yang bertuliskan ungkapan atau kata-kata yang ingin kita kuasai disertai dengan contoh kalimat yang bisa menggunakan kata-kata tersebut. Kartu ini bisa kita bawa kemana pun kita pergi. Kapan pun ada kesempatan (pada saat menunggu taksi, menunggu makan siang disajikan, ataupun pada saat berada dalam kendaran yang sedang terjebak kemacetan), kita bisa mengambil kartu ini dan membacanya serta mencoba melakukan improvisasi dengan kata-kata baru dalam struktur kalimat yang sama.

    Ada pula orang yang lebih mudah belajar dengan langsung berkomunikasi lisan dengan orang lain atau native speakers. Dari komunikasi ini mereka bertanya, mendengar, dan memperbaiki ucapan dan meningkatkan kosa kata mereka dengan gaya belajar kita.


    commentar :
    Untuk belajar bahasa asing yg bagus, kita harus rajin baca, denger, dan ngomong. Intinya harus rajin latihan.

    1. Ambil kursus yg diajarin sama Native-speakers.
    2. Rajin baca buku2 berbahasa inggris
    3. Cari arti dari lagu2 berbahasa inggris yg suka kamu dengar. Biasanya kalo dari lagu2 gitu, kosakata2 inggris-nya bisa lbh lengket di kepala.
    4. Latihan nulis. Contohnya kalo nulis daftar belanjaan, buku harian, dll, coba pake bahasa Inggris.
    5. Nonton film2 berbahasa inggris, dan coba ikutin gimana cara mereka ngomong.
    6. Harus berani ngomong. Gak usah malu sama orang2 yg suka kritik. Belom tentu inggris mereka bagus kok.
    7. Tips tambahan: ikutan yahoo answer-nya Amrik, Inggris atau Singapur.

    Semoga sukses
    Last edited by r4inbou; 18-11-09 at 09:48 PM.

    berada didalam pikiran mu adalah liburan yg paling menyenangkan : p

  2. #2
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    selalu gak pede saat ngomongnya, padahal ngerti n tau mau ngomong apa...

  3. #3
    Advisor r4inbou's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ♥ ♥ C3LL ♥ ♥
    Posts
    18,629
    Rep Power
    30

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Quote Originally Posted by Slump View Post
    selalu gak pede saat ngomongnya, padahal ngerti n tau mau ngomong apa...
    aku juga pernah ngalamin hal yg kek gitu om...sering malah,, tapi ya gitu aja...ni makanya lebih mencoba utk bersikap sedikit cuek, kadang membantu juga sedikit

    berada didalam pikiran mu adalah liburan yg paling menyenangkan : p

  4. #4
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    intinya nekadddddd!!!!!!
    belajar bahasa itu intinya sama semua.... NEKADDDD!!!
    sama kek waktu belajar bhs Jerman.....

    pdhl pas ujian bikin Frau Meyer nangis darah denger Oral Test gw
    Tapi tetep nekad nanya pulisi arah jalan... nanya beli tiket... ngomel2 ma petugas stasiun... walo ujung2nya gw pusing sendiri....

    sama aja kek Belajar Bhs JP or KOR...
    kagak ngarti die ngomong apa... minta ulang!!! sampe berkali2 sampe gw ngarti... biasanya mereka seneng kok elo berusaha ngomong bhs mereka...

    BHS Inggris gw baru fasih setelah lulus S1, sebelumnya mah B aja, baca majalah B inggris sering bingung... cuman gw nekad baca novel Bhs Inggris... novel pertama habis dalam waktu 3 minggu, novel ke2 habis dlm waktu 1,5 minggu, novel ke 3 habis dalam waktu 5 hari..... selanjutnya klo baca novel 300-500 halaman bisa 1-2 hari abis!!!intinya klo baca bacaan Inggris g perlu semua dimengerti... yg penting ngerti maksud n tujuan dari kalimat tsb... lama2 biasa n jadinya ngerti hampir semuanya....
    pengalaman pertama baca novel..... 50% kagak ngarti kata2nya, dibantu buka2 kamus, ke-2 35% masih kagak ngarti...dsb... sampe sekarang paling 3-5% ajah maximal g ngerti.

    Sama klo nonton pelem bhs inggris gw nyari yg g ada sub, or klo perlu subnya bhs yg gw kagak ngarti.. jadinya telinga gw biasa denger omongan mereka.... sama awal2nya gw dipaksa untuk presentasi pk bhs Inggris...
    sekarang malah klo bikin presentasi kudu bhs Inggris dulu, baru ke Bhs Indo.... malah kadang gw males, yah udah presentasi pake bhs Inggris ajah


  5. #5
    Advisor r4inbou's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ♥ ♥ C3LL ♥ ♥
    Posts
    18,629
    Rep Power
    30

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Quote Originally Posted by bantal View Post
    intinya nekadddddd!!!!!!
    belajar bahasa itu intinya sama semua.... NEKADDDD!!!
    sama kek waktu belajar bhs Jerman.....

    pdhl pas ujian bikin Frau Meyer nangis darah denger Oral Test gw
    Tapi tetep nekad nanya pulisi arah jalan... nanya beli tiket... ngomel2 ma petugas stasiun... walo ujung2nya gw pusing sendiri....

    sama aja kek Belajar Bhs JP or KOR...
    kagak ngarti die ngomong apa... minta ulang!!! sampe berkali2 sampe gw ngarti... biasanya mereka seneng kok elo berusaha ngomong bhs mereka...

    BHS Inggris gw baru fasih setelah lulus S1, sebelumnya mah B aja, baca majalah B inggris sering bingung... cuman gw nekad baca novel Bhs Inggris... novel pertama habis dalam waktu 3 minggu, novel ke2 habis dlm waktu 1,5 minggu, novel ke 3 habis dalam waktu 5 hari..... selanjutnya klo baca novel 300-500 halaman bisa 1-2 hari abis!!!intinya klo baca bacaan Inggris g perlu semua dimengerti... yg penting ngerti maksud n tujuan dari kalimat tsb... lama2 biasa n jadinya ngerti hampir semuanya....
    pengalaman pertama baca novel..... 50% kagak ngarti kata2nya, dibantu buka2 kamus, ke-2 35% masih kagak ngarti...dsb... sampe sekarang paling 3-5% ajah maximal g ngerti.

    Sama klo nonton pelem bhs inggris gw nyari yg g ada sub, or klo perlu subnya bhs yg gw kagak ngarti.. jadinya telinga gw biasa denger omongan mereka.... sama awal2nya gw dipaksa untuk presentasi pk bhs Inggris...
    sekarang malah klo bikin presentasi kudu bhs Inggris dulu, baru ke Bhs Indo.... malah kadang gw males, yah udah presentasi pake bhs Inggris ajah
    nekad + cuek = menghasilkan kombinasi bahasa inggris yg paten euyyyy

    berada didalam pikiran mu adalah liburan yg paling menyenangkan : p

  6. #6
    Senior Contributor anonymous's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    /dev/random
    Posts
    7,049
    Rep Power
    17

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    paling enak belajar bahasa Inggris lewat film, soalnya mudah diingat (imho). misalnya frase yg paling saya ingat itu dari film lawas Gone with the wind

    frankly my dear, i don`t give a damn
    selain itu point no 2 bener bgt tuh, harus banyak membaca referensi berbahasa inggris, buku, majalah dll
    Last edited by anonymous; 18-11-09 at 11:05 PM.
    И у стен бывают уши

  7. #7
    Advisor r4inbou's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ♥ ♥ C3LL ♥ ♥
    Posts
    18,629
    Rep Power
    30

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Quote Originally Posted by anonymous View Post
    paling enak belajar bahasa Inggris lewat film, soalnya mudah diingat (imho). misalnya frase yg paling saya ingat itu dari film lawas Gone with the wind



    selain itu harus banyak membaca referensi berbahasa inggris, buku, majalah dll
    n paling gampang melalui musik..dengerin lirik lagunya..
    yg paling berpengaruh sih sering praktek ngomong gitu...kalo aku mah jrg praktek, belum dapet ijin praktek sih..halahhhhh aku ngomong apaan yaa

    berada didalam pikiran mu adalah liburan yg paling menyenangkan : p

  8. #8
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Quote Originally Posted by anonymous View Post
    paling enak belajar bahasa Inggris lewat film, soalnya mudah diingat (imho). misalnya frase yg paling saya ingat itu dari film lawas Gone with the wind



    selain itu harus banyak membaca referensi berbahasa inggris, buku, majalah dll

    kirain klo Ano bacaannya yg pake Bhs Rusky

    kek klo mo bljr bhs Jerman nonton, Rent Lola, rent ato Goodbye Lenin yah.....


  9. #9
    Advisor r4inbou's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ♥ ♥ C3LL ♥ ♥
    Posts
    18,629
    Rep Power
    30

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Quote Originally Posted by bantal View Post
    kirain klo Ano bacaannya yg pake Bhs Rusky

    kek klo mo bljr bhs Jerman nonton, Rent Lola, rent ato Goodbye Lenin yah.....
    keknya dia pake bahasa .........






    bahasa gambar non, kek sarung bantal tadi, n yg lagi ngintip2 itu lho tal..hihi

    berada didalam pikiran mu adalah liburan yg paling menyenangkan : p

  10. #10
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Re: Prinsip Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

    Quote Originally Posted by r4inbou View Post
    keknya dia pake bahasa .........

    bahasa gambar non, kek sarung bantal tadi, n yg lagi ngintip2 itu lho tal..hihi

    Wihihihihihihihihihihihi
    kok tau sih booooo???

    ternyata emang nyambung elo berdua yahhhhhh
    hm...hm...hm........


Page 1 of 4 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0