Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 28

Thread: Masalah Anak di Amerika?


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Masalah Anak di Amerika?

    Saat menyimak acara di sebuah stasiun televisi tentang kasus yang membuat kita tercengah pada anak-anak yang terjadi di Amerika. Anak-anak di Amerika mencoba melakukan percobaan mengakhiri hidup karena tidak kuat menghadapi tekanan intimidasi dari teman-teman seusianya. Karena ketidakuatan mental inilah, yang akhirnya terjadi peristiwa yang mungkin bagi kita tidak umum. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi ?
    Saat di lingkungan sekolah dimana anak-anak sering berinteraksi dengan teman sebayanya, mereka mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakan. Memberikan ejekan-ejekan yang semestinya tidak patut untuk diberikan kepada anak-anak. Karena beberapa kumpulan teman akhirnya mengejek satu teman, entah karena status ekonominya, penampilannya, atau ejekan-ejekan lain yang mungkin lebih buruk. Salah satu yang paling buruk adalah ketika anak di ejek bahwa anak tersebut mempunyai permasalahan punya kecenderungan suka sama sejenis. Entah karena lingkungan atau apa sehingga bisa terjadi sedemikian rupa anak mampu mengungkapkan permasalahan orang dewasa. Sebagai akibatnya muncul kecenderungan-kecenderungan negatif yang terjadi pada anak. Anak mulai menerjemahkan konsep dirinya bahwa dia tidak pantas di lingkungannya dan ditolak karena sering mendapatkan intimidasi.
    Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah anak dalam dialog acara tersebut? Beberapa psikolog yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa anak harus diberi pelajaran bagaimana untuk membela hak-hak yang semestinya dimiliki. Anak diajarkan untuk membela diri bahwa pada dirinya tidak terjadi demikian, sebagaimana yang diutarakan oleh teman-temannya. Ada hak-hak pribadi manusia yang tidak boleh dilanggar atau dijadikan sebagai bahan untuk intimidasi apapun bentuknya. Dan tentu saja seorang anak sebagai dirinya pribadi jika mengalami kondisi demikian tidak mudah untuk bertahan. Malah kadang yang terjadi anak yang mengintimidasi ketika dilawan oleh anak yang dijadikan sasaran, dia akan semakin kukuh dan tidak mau kalah. Disinilah pentingnya peranan lingkungan pada anak yang diintimidasi tersebut. Lingkungan anak sekitar harus mencoba untuk membela anak yang terintimidasi, dan memberikan dukungan bahwa hal tersebut tidak benar.Anak biar tidak menjadi korban intimidasi diajarkan bahwa ada hak2 pribadi masnusia yang tidak boleh dilanggar. Apabila dilanggar maka diajarkan untuk membela diri. Tapi terlepas dari itu semua lingkungan sangat berperan untuk meminimalisir terjadinya intimidasi.
    Anak yang mengintimindasi teman2nya tidak bisa menerima nasehat dari orang lain. Anak itu harus dilawan dengan kekuasaan, ada pihak-pihak lain yang harus menolong agar anak tersebut tidak berbuat seperti itu lagi
    Kata-kata orang dewasa atau nasehat dari orang tua untuk mengabaikan anak-anak yang mendapatkan perlakuan intimidasi dianggap sebagai sebuah penyelesaian yang baik. Karena akan membawa keputusasaan dan akan menyebabkan peristiwa yang tidak inginkan. Dan apabila terjadi permasalah intimidasi terhadap anak, diharapkan penyelesaiannya dapat dilakukan secara cepat oleh keluarga, sekolah, dan tentunya lingkungan. Kata-kata dari teman anak, menurut mereka lebih menyakitkan daripada hanya dipukul secara fisik. Tentang bagaimana untuk membuat anak berani perlu dilakukan sebuah latihan untuk membela, dengan kekuatan hati, mata dan mungkin dengan kata-kata.
    Sebuah analisa
    Amerika sebuah negara yang maju dan tentunya dengan segudang permasalahan. Pemberian pendidikan mental, latar belakang untuk ditanamkan pada anak mungkin kurang. Satu sisi jika anak diajarkan untuk memberikan pembelaan ada benarnya juga, namun satu sisi juga tidak bagus untuk perkembangan mental anak. Yang menimbulkan perasaan dengan menang dengan mengalahkan orang lain. Disinilah peranan orang tua, guru, dan tentu lingkungan untuk lebih mengawasi pendidikan anak. Yang tentunya kita tidak hanya mengawasi bagaimana prestasi di setiap mata pelajaran, namun juga pendidikan moral yang tentunya juga mempunyai peranan yang penting.
    Bagaimana pendapat Anda?
    Last edited by maspras; 29-06-10 at 07:39 AM.

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    ada juga ya masalh kyak gitu di amerika..

    Tak pikir cuma di negara kita aja

  3. #3
    Advisor Cicilia, FL, + ND, USA's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    3,906
    Rep Power
    17

    Talking Re: Masalah Anak di Amerika?

    Amerika adalah free country, hanya rakyat yang bodohlah yang tidak melaporkan kepada authority yang berhak untuk mendapatkan info dan juga Justis

    America is the country stil believe, what our founding father believe and ideology

    Regards

  4. #4
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    Quote Originally Posted by Cicilia, FL, + ND, USA View Post
    Amerika adalah free country, hanya rakyat yang bodohlah yang tidak melaporkan kepada authority yang berhak untuk mendapatkan info dan juga Justis

    America is the country stil believe, what our founding father believe and ideology

    Regards

    Yap... America is a Free Country... as free as you can rape of your women soldier in ur platoon...

    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  5. #5
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    negara maju bukanlah jaminan tidak adanya bulliying pada anak sekolah.
    justru di negara yang lebih maju kasus bullying lebih marak terjadi sebagai ekses dari desakan sosial.
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  6. #6
    Senior Member techan's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jkt
    Posts
    2,185
    Rep Power
    9

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    masalah bullying di mana aja ada kok... tiap negara punya problem yg sama.

    Jadi inget masa kecilku...diejek rumahku jelek...padahal yg ngejek rumahnya jg sama kecilnya dan jelek, tapi namanya anak kepsek, merasa dirinya superior x

    Seharusnya anak dibekali keberanian, bisa membalas apa yg dilakukan temannya atau setidaknya lapor ke ortu atau pihak sekolah.

    Tapi biasanya yg menjadi korban adalah anak yg pendiam atau yg dianggap aneh oleh temannya. Karena tidak tahan tekanan bisa aja bunuh diri.
    Our mind is like a garden; if no good seeds are sown, nothing good will grow from it.

  7. #7
    Senior Contributor ~mamamia~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    in my cozy home (:
    Posts
    4,149
    Rep Power
    14

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    Quote Originally Posted by techan View Post
    masalah bullying di mana aja ada kok... tiap negara punya problem yg sama.

    Jadi inget masa kecilku...diejek rumahku jelek...padahal yg ngejek rumahnya jg sama kecilnya dan jelek, tapi namanya anak kepsek, merasa dirinya superior x

    Seharusnya anak dibekali keberanian, bisa membalas apa yg dilakukan temannya atau setidaknya lapor ke ortu atau pihak sekolah.

    Tapi biasanya yg menjadi korban adalah anak yg pendiam atau yg dianggap aneh oleh temannya. Karena tidak tahan tekanan bisa aja bunuh diri.
    Betul, Techan...
    Waktu saia kecilpun ngalamin hal yg sama... kebanyakan sih bully verbal...
    Karena bersekolah di sekolah Negeri, dan saia minoritas di sana... duh, bisa dibayangkan tuh. Setiap kali jalan sendiri dipanggil "C*** C***..."
    Belum lagi bully2 verbal lainnya
    "Character is not formed, nor are rewards earned in the absence of options"
    ~ Bill Johnson ~

  8. #8
    Senior Member techan's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jkt
    Posts
    2,185
    Rep Power
    9

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    Quote Originally Posted by ~mamamia~ View Post
    Betul, Techan...
    Waktu saia kecilpun ngalamin hal yg sama... kebanyakan sih bully verbal...
    Karena bersekolah di sekolah Negeri, dan saia minoritas di sana... duh, bisa dibayangkan tuh. Setiap kali jalan sendiri dipanggil "C*** C***..."
    Belum lagi bully2 verbal lainnya
    yup, susahnya jadi minoritas memang gt, sampai dulu pernah ga tahan gigit tangan temen yg co (bandel jg ya dulu )

    ternyata tuh temen sekeluarga terkena kasus penyiksaan PRT nya. jadi emang penting banget ya ajaran ortu ke anak. Anak bisa mengikuti apa yg dilakukan ortu.
    Our mind is like a garden; if no good seeds are sown, nothing good will grow from it.

  9. #9
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    Quote Originally Posted by ~mamamia~ View Post
    Betul, Techan...
    Waktu saia kecilpun ngalamin hal yg sama... kebanyakan sih bully verbal...
    Karena bersekolah di sekolah Negeri, dan saia minoritas di sana... duh, bisa dibayangkan tuh. Setiap kali jalan sendiri dipanggil "C*** C***..."
    Belum lagi bully2 verbal lainnya

    wah sama gw juga dulu ama temen2 c*** dipanggil t** t*** udah gitu dibilang t*** miskin...

    kalo bukan WN sini udah gw beri itu orang...
    belum lagi gw juga di pandang sebelah mata oleh mereka...
    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  10. #10
    Senior Member _Queen_'s Avatar
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    1,583
    Rep Power
    6

    Re: Masalah Anak di Amerika?

    Quote Originally Posted by ~mamamia~ View Post
    Betul, Techan...
    Waktu saia kecilpun ngalamin hal yg sama... kebanyakan sih bully verbal...
    Karena bersekolah di sekolah Negeri, dan saia minoritas di sana... duh, bisa dibayangkan tuh. Setiap kali jalan sendiri dipanggil "C*** C***..."
    Belum lagi bully2 verbal lainnya
    yang saya merahin
    sama kok, pernah mengalami juga
    plus kata2 lainya : K***r ....K***r
    padahal udah mengikuti mereka masih saja di kata2in.
    Lebih mudah mengubah plutonium dari pada mengubah sifat jahat manusia...

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0