Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Materi Pelajaran Disesuaikan dengan Usia Murid...


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Materi Pelajaran Disesuaikan dengan Usia Murid...

    Mohon tanya, adakah rekan2 pernah mengajar anak SD atau SMP terus merasakan bahan pelajaran yang dibebankan kepada murid terkesan terlalu padat kadang malah tidak sesuai dengan usia murid. Sy sering geleng2 kepala karena sudah mata pelajaran yang banyak terus beban per pelajaran pun amat sangat padat. Kasihan murid2 sekarang harus kehilangan masa kecil krn dijejali hapalan2 yang terlalu banyak. Apa tidak sebaiknya mata pelajaran dikurangi fokus pada yg penting2 saja tapi pemahaman materi benar2 meresap bagi anak didik. Coba periksa deh buku pelajaran anak2 anda...

  2. #2
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,825
    Rep Power
    13

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    memang sistematika dalam buku pelajaran saat kini seolah turut mencerminkan pula akan tingkat krisis yang terjadi dalam segala bidang termasuk pendidikan itu sendiri...mungkin dalam batasan kerangka berpikir, masih berpedoman pada faktor usia dimana usia dini dianggap masih fresh alias masih mudah dalam soal hapal menghapal dan kosa kata, berbeda dengan pola belajar tingkat lanjut yang serasa makin terbatas...namun sudah ada pula sekolah yang menekankan sistem pembelajaran tidak sekedar hapalan namun menyangkut cara berpikir abstrak misalkan, beberapa program aplikasi graphis sudah mulai dimasukkan kurikulum tingkat dini dengan harapan mereka belajar untuk berpikir abstrak sejak dini lantaran banyak penemuan2 kelas dunia berangkat dari hal tsb...jika melihat film layaknya Harry Potter ataupun film fiksi ilmiah yang cukup banyak beredar saat kini, banyak kreator animasi dalam film itu memulai karir sejak dini dan juga dalam pembuatan film itu sendiri seolah terkandung misi bahwa dunia anak memang menjanjikan suatu perubahan wajah baru bagi dunia di masa depan...

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    May 2011
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    memang pelajaran anak sekolah bearat dan banyak...seperti pengawasan dari dinas lemah....
    anak sd kelas satu sekarang pelajarannya lebih berat dari kelas dari kelas 4 jaman saya dulu sekolah...

    bayangin saja anak sd sekarang walau baru kelas satu pelajarannya sdh harus menghafal pelajaran berat padahal dulu saya kelas satu baru diajar baca tulis doang... belum lagi anak sd kelas satu sekarng dituntut sdh belajar bhsa inggris dan mandarin... ehhh masih harus belajar baca arab di TPA bagi yg muslim..... terus orang tua juga ga kira kira sampai dirumah anak dilesin lagi....apa ga rusak tuh otak anak....

    mentrinya seharusnya cepat turun tangan nich....agar hak anak untuk bermain masih bisa didapat....

    ada blog pendidikan bagus yg bisa dilihat

    http://satyawiyatama.blogspot.com/

  4. #4
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,825
    Rep Power
    13

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    serasa ada indikasi pula dari pemerintah yang seolah kehabisan cara untuk mengembalikan kondisi akibat krisis...dengan menggenjot pendidikan dimulai sejak dini diharapkan akan muncul generasi tangguh untuk kembali pada masa jaya republik tercinta...materi yang dipadatkan, menempatkan pula ujian nasional sebagai momok yang menakutkan di penghujung sekolah, membuat semua siswa baik pintar ataupun bodoh memiliki peluang untuk tidak lulus...cara ini masih terus dipertanyakan, diperdebatkan, mungkin saja efektif untuk memaksakan kemajuan...namun agaknya masih diperlukan satu hal, ialah atmosfer belajar itu sendiri...dengan atmosfer belajar yang baik, maka materi yang susah dan berat terkadang tidak menjadi masalah...dan agaknya dalam hal ini guru dan lingkungan rumah tempat tinggal anaklah yang akan berperan serta...

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    97
    Rep Power
    4

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    yang aneh sekarang tugas anak murid dikerjakan orang tua nya

  6. #6
    Beginner
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    74
    Rep Power
    0

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    Memang kalau dilihat, bahan bahan yang dulu saya dapat di sma, sekarang sudah banyak diajarkan di smp. Belum lagi hafalan mengenai hal hal yang harusnya tidak diberikan kepada anak didik.

  7. #7
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,382
    Rep Power
    16

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    pemerintah kita kepala batu, bebal..

  8. #8
    Senior Member Matroji's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Di bawah pu'un nangke
    Posts
    1,194
    Rep Power
    5

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    kagak nyanggup dah ame persyaratan mao sekoleh... ribed banget... udah pade mahal seragam ame bukunye

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    Banyaknya materi yang harus dipelajari seringkali bikin siswa malah stress. Seharusnya untuk SD nggak perlu berat2 materinya. Karena seumuran mereka, masih dalam masa bermain. Seharusnya kurikulum menjadikan bermain sebagai bagian metode belajarnya. Sehingga anak tetap merasa fun. istilahnya bermain sambil belajar.

  10. #10
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,382
    Rep Power
    16

    Re: Materi Pelajaran disesuaikan dng usia murid..

    Quote Originally Posted by dianaja View Post
    Banyaknya materi yang harus dipelajari seringkali bikin siswa malah stress. Seharusnya untuk SD nggak perlu berat2 materinya. Karena seumuran mereka, masih dalam masa bermain. Seharusnya kurikulum menjadikan bermain sebagai bagian metode belajarnya. Sehingga anak tetap merasa fun. istilahnya bermain sambil belajar.
    'au nie, pemerintah bikin pendidikan tu kaya metromini kejar setoran aja..

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0