Results 1 to 6 of 6

Thread: Buku LKS, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Buku LKS, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

    LKS atau lembar kerja siswa merupakan tugas yang diberikan kepada siswa untuk mengukur keberhasilan belajar yang telah dilakukan. Setiap kali menyelesaikan KD tertentu, guru memberikan tugas kepasa siswa, baik secara individual maupaun kelompok. Hasil pekerjaan inilah yang merupakan lembar kerja siswa. Namun LKS sekarang ini sudah dicetak menjadi sebuah buku yang menjadi sumber belajar siswa (bahkan menjadi satu-satunya sumber belajar) dan menjadi buku pegangan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Tugas-tugas yang ada di dalam buku LKS seharusnya dibuat oleh guru sesuai dengan materi pembelajaran yang telah disampaikan. Bukan kumpulan soal-soal yang telah disiapkan jauh sebelum pembelajaran dilakukan. Ironisnya, guru lebih senang menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan LKS daripada menyampaikan materi yang didasarkan pada SK KD yang telah dikembangkan menjadi silabus.
    Guru yang semestinya melaksanakan pembelajaran berpegang pada silabus, sekarang sudah beralih kepada buku LKS yang dicetak penerbit. Indikator pencapaian yang digunakan untuk menyusun buku LKS ini tentunya berbeda dengan indikator pencapaian pada setiap satuan pendidikan. Guru sudah melupakan silabus karena adanya LKS. Bahkan guru juga sudah mulai lupa menyusun RPP kecuali untuk keperluan administratif belaka. Guru menyusun RPP hanya untuk keperluan laporan kepada atasan dan atau untuk memenuhi syarat penilaian sekolah (akreditasi). Dengan LKS, guru tidak perlu lagi merancang tugas bagi siswa. LKS telah menyediakan berbagai persoalan dan tugas-tugas belajar yang cukup lengkap, bahkan melebihi yang dibutuhkan.
    Fenomena umum penggunaan buku LKS di sekolah pada akhir-akhir ini menunjukkan adanya beban tambahan belajar pada siswa. Siswa harus menyelesaikan berbagai macam soal yang ada di dalam LKS. Soal-soal tersebut belum tentu mengarah pada pencapaian indikator yang semestinya dikembangkan oleh guru dalam silabus sesuai kearifan lokal. Dengan buku LKS ini, siswa dipaksa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan. Siswa dipaksa untuk mengetahui dan menggali pengetahuan dari buku LKS yang disusun oleh orang yang sama sekali tidak mengenal budaya, lingkungan, dan kebutuhan mereka. Tidak jarang, guru sendiri tidak mengetahui jawaban dari sebagian soal yang ada dalam buku yang dinamai LKS itu. Dan tidak jarang pula, orang tua siswa dibuat kalangkabut mencarikan jawaban dari soal-soal yang ada dalam buku LKS.
    Yang pasti, sebagai guru, saya tidak setuju dengan penggunaan buku LKS karena alasan:
    1. Guru menjadi tidak kreatif, tidak inovatif, dan menjadi malas;
    2. Buku LKS hanya memberikan kecakapan aspek kognitif, sedang aspek afektif dan psikokmotorik terabaikan;
    3. Penggunaan buku LKS merupakan salah satu bentuk "robotisasi generasi" dan tidak memanusiakan manusia; dan
    4. Memberi kesempatan kepada pihak-pihak tertentu untuk mengembangkan "komersialisasi sekolah".

  2. #2
    Member normi's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    627
    Rep Power
    0

    Re: Buku LKS, apa kelebihan dan kekurangannya?

    setuju sekali bang...
    inget dulu ketika SMA tiap pergantian semester disuruh beli LKS. murid diwajibkan membeli kalo gak bisa membeli disuruh nulis ulang di buku.
    udah gitu yah.. semenjak ada LKS, si guru jadi jarang ngasih tugas dikteannya dia sendiri. jadi tinggal nyuruh aja begini "yak anak-anak buka LKS halaman 11 romawi 2 dikerjakan di rumah. besok dikumpulin yah!!"

    tapi kadang LKS itu penting juga sih.. yg saya rasakan.. LKS itu sebagai intisari yang ada di buku cetak. jadi kalo mau ujian.. saya suka belajar dari LKS aja

  3. #3
    Senior Member Matroji's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Di bawah pu'un nangke
    Posts
    1,194
    Rep Power
    5

    Re: Buku LKS, apa kelebihan dan kekurangannya?

    kalo menurut aye penting, soalnye bise buat latian kite diruma tapi nyang kagak nyanggup itu harge LKS-nye nyang nyekek

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Buku LKS, apa kelebihan dan kekurangannya?

    Benar banget bung, ini merupakan salah satu malpraktik pendidikan yang diakibat oleh Komersialisasi Pendidikan.
    Guru sekarang udah buat Silabus & RPP, kalo ada akreditasi tinggal Copy Paste. Akibatnya beda silabus dari semua sekolah hanya pada nama sekolah, guru, dan kepala sekolah.

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Thumbs up Re: Buku LKS, apa kelebihan dan kekurangannya?

    Hal yang sangat mendasar ialah Profesional guru yang menurun, guru tidak lagi berpikir sebagai pendidik, ia hanya berpikir ia bekerja dan digaji. guru tidak lagi menghiraukan kopetensi yang akan diperoleh siswa dari pelajaran yg diajarkan.
    Last edited by umbugoglog; 29-08-11 at 08:18 AM.

  6. #6
    Junior Member
    Join Date
    May 2012
    Posts
    103
    Rep Power
    3

    Re: Buku LKS, apa kelebihan dan kekurangannya?

    Buku LKS itu kenapa kayanya bebas, mestinya ada atauranya, atau ada tapi nggak dipatuhi ......

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0