Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal


  1. #1
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,474
    Rep Power
    36

    11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    11 Pemain Sepakbola yang Pingsan di Lapangan Lalu Meninggal




    Pemain Bolton Wanderes, Fabrice Muamba jatuh pingsan ketika bertanding melawan Tottenham Hotspurs pada laga perempat final Piala FA, di White Hart Lane Minggu (18/3/2012) WIB. Muamba terjatuh pingsan pada menit 42. Fabrice Muamba segera dilarikan ke rumah sakit. Pertandingan kemudian dihentikan oleh wasit Howard Webb. Sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai kondisi pemain yang mengawali karir sepak bola profesionalnya bersama Arsenal tersebut.

    Berikut ini merupakan daftar pemain sepak bola yang meninggal ketika bertanding :
    1. Marc-Vivien Foe
    Pemain tim nasional Kamerun ini pingsan ketika bermain di Piala Konfederasi 2006 di Lyon, Perancis melawan Kolombia 26 Juni 2003. Foe tiba-tiba terjatuh di tengah lapangan. Foe meninggal beberapa saat kemudian.


    2. Antonio Puerta
    Pemain klub Sevilla tersebut mengalami gagal jantung ketika menghadapi Getafe 28 Agustus 2007 pada partai pembuka La Liga.
    3. Jumadi Abdi
    Gelandang Indonesia yang bermain untuk Bontang FC ini mengalami benturan keras ketika bertanding melawan Persela Lamongan pada tanggal 7 Maret 2009. Delapan hari kemudian, pemain berumur 26 tahun ini meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif. Jumadi meninggal akibat kerusakan di sejumlah organ vital bagian dalam.
    4. John Tomson
    John Tomson merupakan mantan kiper Glasgow Celtic yang meninggal setelah bertabrakan dengan pemain Glasgow Rangers ketika laga Old Firm di Stadion Ibrox pada 5 September 1931. John Tomson meninggal dalam usia 22 tahun.


    5. Hugo Cunha
    Pemain tengah klub Portugal Uniao Leiria ini pingsan kemudian meninggal dalam sebuah pertandingan persahabatan pada bulan Juni 2005. Hugo Cunha meninggal dalam usia 28 tahun


    6. Marcio Dos Santos
    Striker Brazil berumur 28 tahun ini meninggal akibat serangan jantung beberapa jam setelah mencetak gol pada Oktober 2002. Dos Santos adalah pemain tim Peru, Deportivo Wanka.
    7. Miklos Feher
    Pemain Benfica ini pingsan akibat serangan jantung dalam pertandingan liga Portugal melawan Vitoria Guimaraes pada 24 Januari. Pemain tim nasional Hongaria ini tewas dalam umur 24 tahun


    8. Dave Longhurst
    Pemain York City berumur 25 tahun ini tewas setelah pingsan selama dua menit dalam pertandingan melawan Lincoln City pada September 1990. Hasil otopsi menunjukkan Longhurst meninggal akibat masalah jantung.


    9. Samuel Okwaraji
    Pemain Nigeria Samuel Okwaraji pingsan selama 10 menit ketika melakoni pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Angola di lagos pada Agustus 1989. Okwaraji meninggal karena penyakit jantung.


    10. Serginho
    Bek Sao Caetano ini meninggal karena mengalami masalah pernafasan ketika bertanding melawan Sao Paulo pada Oktober 2004.


    11. Eri Irianto
    Eri Irianto (Sidoarjo, 12 Januari 1974 - Surabaya, 3 April 2000) adalah seorang mantan pemain Persebaya Surabaya. Ia meninggal pada 3 April 2000 di RSUD dr Soetomo, setelah runtuh dengan serangan jantung di lapangan selama pertandingan liga melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Gelora 10 November.


    sumber

    -------------

    komentar saya :

    ini pemain usianya muda muda tapi mempunyai masalah dengan jantung ,apakah main bola beresiko tinggi terhadap serangan jantung ?

  2. #2
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Salah satu kecurigaan penyebabnya adalah kardiomiopati. Kardiomiopati itu kelompok kelainan jantung yg penyebab umumnya adalah kelainan struktur jantung. Kelainan ini bisa menyebabkan jantung menjadi mudah membesar, dsb. Karena pada umumnya atlit memiliki jantung yg relatif lebih besar (kompensasi kerja fisik), maka sulit mendeteksi kelainan ini pada atlit. Salah satu bahaya dari kardiomiopati adalah menjadikan jantung sangat rentan terhadap gangguan irama. Seperti kita ketahui, jantung mempunyai irama tertentu agar bisa berfungsi dengan baik. Jika irama itu terganggu, fungsi pompa jantung menjadi kacau. Sayangnya, aktivitas fisik berat atau emosi bisa memicu terjadinya gangguan irama khususnya pada penderita kardiomiopati. Karena itu, seperti cerita di atas, pesepakbola meninggal saat bermain atau saat melepas emosi ketika mencetak gol.

    Selain atlit, di masyarakat biasa juga bisa menderita gangguan ini. Istilah awamnya adalah "angin duduk". Tiba-tiba meninggal, terutama saat usia muda. Jika terdapat anggota kluarga yg meninggal mendadak saat usia muda (<45 tahun) ditambah sering tiba-tiba berdebar-debar, hati-hati dan perlu konsultasi ke dokter.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  3. #3
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,474
    Rep Power
    36

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Quote Originally Posted by Alphe View Post
    Salah satu kecurigaan penyebabnya adalah kardiomiopati. Kardiomiopati itu kelompok kelainan jantung yg penyebab umumnya adalah kelainan struktur jantung. Kelainan ini bisa menyebabkan jantung menjadi mudah membesar, dsb. Karena pada umumnya atlit memiliki jantung yg relatif lebih besar (kompensasi kerja fisik), maka sulit mendeteksi kelainan ini pada atlit. Salah satu bahaya dari kardiomiopati adalah menjadikan jantung sangat rentan terhadap gangguan irama. Seperti kita ketahui, jantung mempunyai irama tertentu agar bisa berfungsi dengan baik. Jika irama itu terganggu, fungsi pompa jantung menjadi kacau. Sayangnya, aktivitas fisik berat atau emosi bisa memicu terjadinya gangguan irama khususnya pada penderita kardiomiopati. Karena itu, seperti cerita di atas, pesepakbola meninggal saat bermain atau saat melepas emosi ketika mencetak gol.

    Selain atlit, di masyarakat biasa juga bisa menderita gangguan ini. Istilah awamnya adalah "angin duduk". Tiba-tiba meninggal, terutama saat usia muda. Jika terdapat anggota kluarga yg meninggal mendadak saat usia muda (<45 tahun) ditambah sering tiba-tiba berdebar-debar, hati-hati dan perlu konsultasi ke dokter.
    angin duduk ?

    memang angin duduk kejadiannya sama dengan kejadian diatas pas lagi aktifitas tinggi ?

  4. #4
    Member girlz's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    in my city
    Posts
    826
    Rep Power
    3

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    mungkin karena atlit jadi aktivitas jantungnya bekerja lebih berat, akibat latihan fisik yang berat juga. dan kemungkinan dari mereka ada yang sebenarnya tidak kuat.
    hmm yang jadi pertanyaan bukanya sebelum bertanding itu ada cek kesehatan ya?
    kok bisa tiba2 kena serangan jantung.

    semoga Muamba cepat sembuh jadi tidak menambah deretan nama diatas, amien
    tak ada yang tak mungkin selama dirimu yakin

  5. #5
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,474
    Rep Power
    36

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Quote Originally Posted by girlz View Post
    mungkin karena atlit jadi aktivitas jantungnya bekerja lebih berat, akibat latihan fisik yang berat juga. dan kemungkinan dari mereka ada yang sebenarnya tidak kuat.
    hmm yang jadi pertanyaan bukanya sebelum bertanding itu ada cek kesehatan ya?
    kok bisa tiba2 kena serangan jantung.

    semoga Muamba cepat sembuh jadi tidak menambah deretan nama diatas, amien
    sepakbola memang olahraga beresiko tinggi

  6. #6
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    angin duduk ?

    memang angin duduk kejadiannya sama dengan kejadian diatas pas lagi aktifitas tinggi ?
    Itu kan istilah awam. Mekanismenya jantung kehilangan irama secara tiba-tiba. Kalau angin duduk, sekonyong-konyong jantung kehilangan irama normal. Pada olahragawan juga sama, mekanismenya adalah kehilangan irama secara tiba-tiba. Tetapi, pada olahragawan itu ada pemicunya, kalau aktivitas kan banyak adrenalin. Nah, adrenalin ini membuat jantung rentan kehilangan irama normal.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  7. #7
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Quote Originally Posted by girlz View Post
    mungkin karena atlit jadi aktivitas jantungnya bekerja lebih berat, akibat latihan fisik yang berat juga. dan kemungkinan dari mereka ada yang sebenarnya tidak kuat.
    hmm yang jadi pertanyaan bukanya sebelum bertanding itu ada cek kesehatan ya?
    kok bisa tiba2 kena serangan jantung.

    semoga Muamba cepat sembuh jadi tidak menambah deretan nama diatas, amien
    Cek kesehatan kan terstandar. Kardiomiopati sering kali mesti dibiopsi, alias ada otot jantung yang diambil. Cek kesehatan sampai belah dada ya repot, siapa yang mau?

    Cek kesehatan standar paling di echocardiografi. Kalau pada orang biasa, jika dia mengalami kardiomiopati, biasanya diecho bakal keliatan ada bagian jantung yg gak normal karena membesar. Masalahnya, kalau pada atlit, pembesaran jantung juga peristiwa yg relatif normal. Ditambah angka kejadiannya lumayan jarang.

    Untuk kasus Jumadi Abdi, sepertinya bukan karena jantung. Sangkaan saya sih karena pecahnya pembuluh darah otak.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  8. #8
    Member girlz's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    in my city
    Posts
    826
    Rep Power
    3

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Quote Originally Posted by Alphe View Post
    Itu kan istilah awam. Mekanismenya jantung kehilangan irama secara tiba-tiba. Kalau angin duduk, sekonyong-konyong jantung kehilangan irama normal. Pada olahragawan juga sama, mekanismenya adalah kehilangan irama secara tiba-tiba. Tetapi, pada olahragawan itu ada pemicunya, kalau aktivitas kan banyak adrenalin. Nah, adrenalin ini membuat jantung rentan kehilangan irama normal.
    kalo angin duduk pernah denger, ada tetangga yang habis futsal juga tiba2 meninggal. kata dokter kemungkinan angin duduk. hmm apakah ini ada tanda-tandanya ya? soalnya serem ajah, padahal sehat2 aja eh tiba2 kena angin duduk

    Quote Originally Posted by Alphe View Post
    Cek kesehatan kan terstandar. Kardiomiopati sering kali mesti dibiopsi, alias ada otot jantung yang diambil. Cek kesehatan sampai belah dada ya repot, siapa yang mau?

    Cek kesehatan standar paling di echocardiografi. Kalau pada orang biasa, jika dia mengalami kardiomiopati, biasanya diecho bakal keliatan ada bagian jantung yg gak normal karena membesar. Masalahnya, kalau pada atlit, pembesaran jantung juga peristiwa yg relatif normal. Ditambah angka kejadiannya lumayan jarang.

    Untuk kasus Jumadi Abdi, sepertinya bukan karena jantung. Sangkaan saya sih karena pecahnya pembuluh darah otak.
    ​hmm berarti kalo untuk atlit susah ya deteksinya? serem juga ya?
    tak ada yang tak mungkin selama dirimu yakin

  9. #9
    Senior Member Alphe's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Banggai
    Posts
    1,621
    Rep Power
    7

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Disebut susah dideteksi juga nggak. Tapi karena langka, kita gak cukup waspada. Apalagi kalau sebelumnya gak ada tanda-tanda lain. Mirip kaya aneurisme otak. Biasanya kita tahu kalau udah pecah. Tiba-tiba waktu kerja, pembuluh otak pecah, pingsan, meninggal. Deteksi aneurisme sih gampang, CT-Scan. Tapi, orang sehat mana yg menyempatkan diri diperiksa CT scan otak. Terus, kalau cek kesehatan pake CT-scan, dirasa agak berlebihan.
    Meja kerja yang rapi adalah cerminan jiwa yang sakit

  10. #10
    Member girlz's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    in my city
    Posts
    826
    Rep Power
    3

    Re: 11 Pemain Sepakbola yang Pingsan Lalu Meninggal

    Quote Originally Posted by Alphe View Post
    Disebut susah dideteksi juga nggak. Tapi karena langka, kita gak cukup waspada. Apalagi kalau sebelumnya gak ada tanda-tanda lain. Mirip kaya aneurisme otak. Biasanya kita tahu kalau udah pecah. Tiba-tiba waktu kerja, pembuluh otak pecah, pingsan, meninggal. Deteksi aneurisme sih gampang, CT-Scan. Tapi, orang sehat mana yg menyempatkan diri diperiksa CT scan otak. Terus, kalau cek kesehatan pake CT-scan, dirasa agak berlebihan.
    apakah gag ada tanda-tanda fisik, semisal jantung berdebar-debar, atau sesak nafas, atau bagaimana gt?
    setauku kabanyakan baru bisa dideteksi ketika sudah kritis, apa penyebabnya.
    tak ada yang tak mungkin selama dirimu yakin

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0