Page 1 of 33 1234567891011 ... LastLast
Results 1 to 10 of 330
Like Tree23Likes

Thread: Roh, Adakah Bukti Ilmiahnya?


  1. #1
    Junior Member dr_solomon's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Surabaya, Palangka Raya, Banjarmasin
    Posts
    218
    Rep Power
    6

    Roh, Adakah Bukti Ilmiahnya?

    Roh adalah nama lain jiwa, atau lawan dari tubuh atau badan manusia.
    Beberapa agama membedakan roh dengan jiwa. Karena itu adalah terminology al ruh vs al nafs, pneuma vs psyche (Yunani), spiritus vs anima (Latin), neshama vs ruach (Ibrani). Waduh saya pusing apa bedanya ya?

    Dalam agama Hindu, dikenal terminologi atman, percikan kecil dari Brahman yang berada di dalam setiap makhluk hidup. Demikianlah atman itu menghidupkan sarwa prani (makhluk di alam semesta ini). Atman dalam badan manusia disebut : Jiwatman atau jiwa atau roh, yaitu sesuatu yang menghidupkan manusia.

    (sumber: Wikipedia)

    Terminologi ini hanya dijumpai dalam domain agama, kepercayaan dan beberapa cabang filsafat, dan dimaknai sebagai substansi non materi dari manusia. Diyakini bahwa roh ini mendiami tubuh dan membuatnya hidup dan akan meninggalkannya kalau manusia mati, sebab roh bersifat abadi.

    Secara umum dapat dikatakan bahwa dunia medis tidak mengenal terminologi ini dan mengatakan bahwa kehidupan adalah semata-mata oleh karena masih eksisnya reaksi biokimia dalam suatu organisme. Jika reaksi-reaksi biokimia yang secara makro terlihat sebagai fisiologi makhluk hidup tersebut masih normal, maka keadaan tersebut disebut sehat. Jika terjadi gangguan dalam homeostasis fisiologi, individu tersebut akan menderita penyakit. Dan akhirnya apabila terjadi kegagalan menyeluruh dalam sistem fisiologinya dimana tubuh tak sanggup memulihkan diri lagi, maka individu tersebut akan mati.

    Bagaimana pandangan anda tentang keberadaan roh.dipandang dari sisi sains? Mohon jangan dikelirukan dengan istilah jiwa dalam psikiatri/psikologi atau ilmu jiwa.

    Apakah hewan dan tumbuhan memiliki roh? Jika seseorang mendapatkan transplantasi jantung atau kelak otak, apakah dia mendapat roh dari donornya? Bagaimana jika yang ditransplantasikan itu organ dari hewan, apakah dia menerima roh dari hewan? Apakah kalau kita mengkloning sel-sel kita menjadi manusia-manusia baru, mereka mendapat roh dari kita? Kalau tubuh manusia dimutilasi di bagian mana roh itu berada: di jantung, kepala atau dimana? Pada seseorang yang jantung dan paru bahkan otaknya sudah mati, tetapi kehidupannya dipertahankan dengan mesin-mesin di ICU, masih adakah rohnya?
    Karena saya belum pernah mendengarnya, apakah ada rekan-rekan FK yang mendengar percobaan atau penelitian ilmiah untuk membuktikan fenomena roh ini? Mohon mendapat tanggapan secara ilmiah…

  2. #2
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    9

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    Bisa dibilang bahwa "Roh itu abadi sedangkan Badan itu Fana" adalah kekeliruan konsep dalam agama. Roh adalah istilah yang sumir, tidak jelas. Emang sejak kapan ada roh dalam manusia ? Roh harusnya diterjemahkan sebagai spirit dari Tuhan, yang membuat manusia menjadi hidup dan itu tidak terpisah dari tubuh itu sendiri.
    " Alam Padang, Poe Panjang, Jagat Kamanusaan"

  3. #3
    Beginner
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    68
    Rep Power
    6

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    Quote Originally Posted by Ki Sunda View Post
    Bisa dibilang bahwa "Roh itu abadi sedangkan Badan itu Fana" adalah kekeliruan konsep dalam agama. Roh adalah istilah yang sumir, tidak jelas. Emang sejak kapan ada roh dalam manusia ? Roh harusnya diterjemahkan sebagai spirit dari Tuhan, yang membuat manusia menjadi hidup dan itu tidak terpisah dari tubuh itu sendiri.
    Bagaimana konsep pemikiran pada saat prosesi tidur Ki?, dimana secara phisik pada rentan waktu tsb dianggap mati,, tetapi pada rentan waktu yang sama kadang kita masih mampu menerima dan berinteraksi thd pesan2, aktifitas kegiatan alam maya dalam bentuk mimpi?? dan juga bagaimana bentuk potensi sebagian manusia yang katanya mempunyai kemampuan untuk mengolah "indra ke enam".. Apakah fenomena2 tersebut tidak dapat dianggap suatu Indikator yang memisahkan 2 dimensi antara Roh dan Badan atau antara jiwa dan raga ?
    Last edited by riant_2706; 07-12-08 at 05:24 PM.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    9
    Rep Power
    0

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    tuk penjelasan ttg roh agak detail, baca penelitian seorg ahli hypnoterapi dr US. Dr. Newton melakukan riset ttg perjalanan roh setelah kematian. bukunya :JOURNEY OF SOULS. diceritakan bhw surga dan neraka itu sesungguhnya tdk ada. hanya konsep manusia. roh akan lahir melalui badan manusia tuk menuju pendewasaan. silahkan baca sendiri.
    selamat baca. yg jelas tdk ada kematian sesungguhnya. roh pun menunggu kelahiran tuk menuju penyatuan dengan apa yg disebut Tuhan. SIAPA DAN APA TUHAN? bahkan para rohpun tdk tahu. konon pula manusia. SEMAKIN BINGUNG. Tapi mengapa masih banyak yg mengabdi pada Tuhan, ujung2nya mereka mengklaim bahwa hanya tuhan mereka yg benar. Luar biasa tuh yg namanya manusia
    Last edited by al_amin; 07-12-08 at 07:26 PM.

  5. #5
    Junior Member trakulu's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    220
    Rep Power
    0

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    tadi pertanyaanya, adakah bukti ilmiah tentang roh?
    kok penjelasannya nggak ada yang yambung?

    memangnya bisa roh dibuktikan dengan sistem ilmiah yang nyata2 dibuah oleh manusia yang mempunyai "ROH"?

  6. #6
    Junior Member dr_solomon's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Surabaya, Palangka Raya, Banjarmasin
    Posts
    218
    Rep Power
    6

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    thx akhirnya bisa posting lg
    jaringan lg error

    thx for all posting
    tp sepertinya belum menyentuh topik pembicaraan kita: apa mungkin secara ilmiah sains bisa mendeteksi ruh? tidak bisa terdeteksi atau memang tidak ada secara ilmiah?

    gimana mas bimbim? atau itachi
    atau memang tidak perlu dikomentari, karena bukan sains?
    gimana rekan-rekan FK
    please share ide dong...

    untuk ki sunda
    kalau ki yakin ruh yg buat manusia hidup
    berarti ruh itu eksis
    tapi penjelasan ilmiahnya apa dong?

  7. #7
    Junior Member trakulu's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    220
    Rep Power
    0

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    Quote Originally Posted by dr_solomon View Post
    thx akhirnya bisa posting lg
    jaringan lg error

    thx for all posting
    tp sepertinya belum menyentuh topik pembicaraan kita: apa mungkin secara ilmiah sains bisa mendeteksi ruh? tidak bisa terdeteksi atau memang tidak ada secara ilmiah?

    gimana mas bimbim? atau itachi
    atau memang tidak perlu dikomentari, karena bukan sains?
    gimana rekan-rekan FK
    please share ide dong...

    untuk ki sunda
    kalau ki yakin ruh yg buat manusia hidup
    berarti ruh itu eksis
    tapi penjelasan ilmiahnya apa dong?
    tidak mungkin mas, ilmiah menyentuh ruh/ROH.
    itu hal yang kasat mata, tetapi harus diakui semua orang yang berkeyakinan.

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Talking Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    Quote Originally Posted by trakulu View Post
    tidak mungkin mas, ilmiah menyentuh ruh/ROH.
    itu hal yang kasat mata, tetapi harus diakui semua orang yang berkeyakinan.
    mas...mas...
    kasat mata tuh khan keliatan artinya?
    jadi roh bisa diliat dong?
    wah pake apa yach

    salam kenal bwt semua


  9. #9
    Member Uzmad's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    739
    Rep Power
    6

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    Quote Originally Posted by dr_solomon View Post
    Roh adalah nama lain jiwa, atau lawan dari tubuh atau badan manusia.
    Beberapa agama membedakan roh dengan jiwa. Karena itu adalah terminology al ruh vs al nafs, pneuma vs psyche (Yunani), spiritus vs anima (Latin), neshama vs ruach (Ibrani). Waduh saya pusing apa bedanya ya?

    Dalam agama Hindu, dikenal terminologi atman, percikan kecil dari Brahman yang berada di dalam setiap makhluk hidup. Demikianlah atman itu menghidupkan sarwa prani (makhluk di alam semesta ini). Atman dalam badan manusia disebut : Jiwatman atau jiwa atau roh, yaitu sesuatu yang menghidupkan manusia.

    (sumber: Wikipedia)

    Terminologi ini hanya dijumpai dalam domain agama, kepercayaan dan beberapa cabang filsafat, dan dimaknai sebagai substansi non materi dari manusia. Diyakini bahwa roh ini mendiami tubuh dan membuatnya hidup dan akan meninggalkannya kalau manusia mati, sebab roh bersifat abadi.

    Secara umum dapat dikatakan bahwa dunia medis tidak mengenal terminologi ini dan mengatakan bahwa kehidupan adalah semata-mata oleh karena masih eksisnya reaksi biokimia dalam suatu organisme. Jika reaksi-reaksi biokimia yang secara makro terlihat sebagai fisiologi makhluk hidup tersebut masih normal, maka keadaan tersebut disebut sehat. Jika terjadi gangguan dalam homeostasis fisiologi, individu tersebut akan menderita penyakit. Dan akhirnya apabila terjadi kegagalan menyeluruh dalam sistem fisiologinya dimana tubuh tak sanggup memulihkan diri lagi, maka individu tersebut akan mati.

    Bagaimana pandangan anda tentang keberadaan roh.dipandang dari sisi sains? Mohon jangan dikelirukan dengan istilah jiwa dalam psikiatri/psikologi atau ilmu jiwa.

    Apakah hewan dan tumbuhan memiliki roh? Jika seseorang mendapatkan transplantasi jantung atau kelak otak, apakah dia mendapat roh dari donornya? Bagaimana jika yang ditransplantasikan itu organ dari hewan, apakah dia menerima roh dari hewan? Apakah kalau kita mengkloning sel-sel kita menjadi manusia-manusia baru, mereka mendapat roh dari kita? Kalau tubuh manusia dimutilasi di bagian mana roh itu berada: di jantung, kepala atau dimana? Pada seseorang yang jantung dan paru bahkan otaknya sudah mati, tetapi kehidupannya dipertahankan dengan mesin-mesin di ICU, masih adakah rohnya?
    Karena saya belum pernah mendengarnya, apakah ada rekan-rekan FK yang mendengar percobaan atau penelitian ilmiah untuk membuktikan fenomena roh ini? Mohon mendapat tanggapan secara ilmiah…
    Saya belum menangkap maksud dokter dng baik
    1. apakah yang dimaksud dengan membuktikan adanya dengan metode empiris (ilmiah di sini diartikan sebagai metode ilmu empiris)

    2. atau membuktikan adanya roh dengan ilmiah dalam arti ilmu spekulatif: spt filsafat.

    3. atau membuktikan adanya roh secara ilmiah dalam arti logis: memakai ilmu logika. Logika tidak termasuk ilmu empiris maupun filsafat.

    Ketiga metode itu bersifat ilmiah.

  10. #10
    Senior Member may leonar's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Tanah Impian
    Posts
    1,538
    Rep Power
    7

    Re: Roh, adakah bukti ilmiahnya?

    Menurut salah satu sumber yg Gw baca nih..

    Roh?? Orang yang percaya kepada Tuhan sebagai Maha Pencipta pasti percaya adanya roh, merupakan enersi rohani yang menyebabkan mahluk hidup dapat melakukan aktivitasnya, begitu sang roh meninggalkan badan maka disebut mati.
    Dalam kitab suci Bhagawadgita dan Bhagavata Purana menjelaskan secara panjang lebar dan lugas tentang sang roh serta pengembaraannya dari satu badan ke badan lain, Inilah yg mereka sebut sbg Reinkarnasi.
    Reinkarnasi adalah suatu perjalanan panjang dan misterius dari sang roh dari badan satu ke badan lainnya. Roh itu bersifat kekal, oleh karena itulah hidup ini sebenarnya adalah kekal, bukan dimulai saat lahir dan berakhir saat meninggal dunia. Kini banyak sarjana yang telah membuktikan secara ilmiah bahwa ada kehidupan sebelumnya dan ada kehidupan setelah mati.
    ”informasi tentang reinkarnasi tidak akan didapatkan dalam literatur manapun didunia ini, peradaban veda adalah peradaban yang tertua dan masih eksis sampai saat ini, veda memberikan informasi yang lengkap tentang rahasia alam semesta .... ” demikian kata Stephen Knapp dalam sebuah bukunya. Dalam kedua kitab suci tersebut maupun dalam purana purana lainnya menyatakan bahwa kehidupan tidak dimulai pada saat kelahiran atau berakhir saat kematian.
    Meskipun demikian, istilah reinkarnasi atau dalam samsara bukanlah milik Hindu atau peradaban timur semata-mata, namun kata tersebut sudah dikenal didunia barat. Telah banyak sarjana barat yang berhasil mengungkapkan kebenaran reinkarnasi secara metode ilmiah, seperti juga dalam penelitian ilmu jiwa. Walaupun seorang ahli ilmu jiwa tidak dapat mengetahui seperti apa jiwa itu, dimana tempatnya, namun dapat memahami gejala-gejala jiwa itu secara ilmiah. Oleh karena itu ilmu jiwa dapat dimasukkan kedalam cabang ilmu pengetahuan modern dan diajarkan di universitas.


    Kehidupan itu abadi. Badan material yang selalu berganti, badan material ini bersifat sementara, namun sang diri sebenarnya adalah sang roh, yang bersifat kekal. Sang roh terus menerus berpindah dari satu badan ke badan lainnya sesuai dengan kesadaran dan perbuatannya (karma bandana) masing-masing. Lebih jauh weda menjelaskan bahwa sang roh di dunia material berpindah-pindah melalui siklus 8,400,000 bentuk kehidupan (spesies), dari kehidupan yang paling sederhana yaitu mahluk bersel satu, tumbuh-tumbuhan, hewan sampai bentuk manusia atau dewa. Bentuk manusia meruapakan satu-satunya kelahiran yang dapat menyediakan kesempatan bagi seseorang untuk kesempurnaan hidup diberikan kesadaran yang lebih sempurna dari pada mahluk hidup lainnya, dapat memahami jati diri kita serta mengerti bahwa tujuan hidup yang sebenarnya adalah bebas dari proses lingkaran kelahiran dan kematian. Sayangnya tidak ada lembaga pendidikan modern yang memberikan mata pelajaran tentang sang roh dan gejala-gejala keabadiannya.






    -> May Leonard <-
    "Charity suffereth long, and is kind"

Page 1 of 33 1234567891011 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0