Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 19
Like Tree3Likes

Thread: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    260
    Rep Power
    0

    Cool Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    Bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera tiba. Dan penetapan Ramadhan di Indonesia tahun ini kemungkinan besar akan berbeda karena adanya perbedaan metode penghitungan yang dilakukan oleh sejumlah organisasi serta posisi perjalanan bulan di angkasa.



    Hal ini sejalan dengan apa yag diprediksi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Menurut Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan Lapan, Thomas Djamaluddin, seperti yang dikutip dari harian Bisnis, Selasa (17/07/2012), dari pengamatan perjalanan bulan, diketahui bahwa pada maghrib akhir Sya’ban atau 19 Juli 2012 nanti bulan telah wujud atau tampak di Indonesia. Akan tetapi ketinggiannya kurang dari imkan rukyat. Ketentuan Imkan rukyat menggunakan kriteria yang disepakati ketinggian bulan minimal 2 derajat.



    Karena pada 19 Juli 2012 bulan sudah wujud tetapi kurang dari 2 derajat, maka pengguna hisab wujudul hilal akan menetapkan awal Ramadhan jatuh pada 20 juli. Pengguna hisab wujudul hilal ini di antaranya adalah Muhammadiyah.
    Sedangkan ormas yang menggunakan hisab imkan rukyat akan menetapkan 1 Ramadhan pada 21 Juli.

    Sementara itu, posisi hilal yang rendah tadi (antara 0-2 derajat) tidak mungkin akan berhasil di-rukyat pada 19 Juli. Maka pengguna rukyat kemungkinan be*sar menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 21 Juli. Pengguna rukyat ini di antaranya adalah pemerintah dan NU (Nahdlatul Ulama).


    Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat

    Hitungan berbeda juga dimiliki oleh beberapa organisasi lainnya. Sebut saja salah satunya Jemaah Tarekat Naqsabandiyah (JTN), jemaah yang sebagian besar pengikutnya berpusat di Sumatera Barat ini malah akan memulai puasa Ramadan pada Rabu (18 Juli 2012) esok.

    Harian Antara melansir bahwa Jemaah Tarekat Naqsabandiyah menggunakan metode hisab munjid, dimana penentuan awal Ramadan dilakukan dengan cara menghitung 360 hari dari awal Ramadan tahun lalu di mana dalam setiap bulannya hanya terdapat 29 dan 30 hari.

    Selain hisab munjid, biasanya para jemaah Tareqat Naqsabandiyah, juga melakukan rukyatul hilal (melihat bulan) yang dilakukan tanpa alat bantu pada 8, 15, 22 dan 30 Sya'ban. Namun untuk tahun ini, rukyatul hilal tidak dilakukan karena menganggap hisab munjid sudah tepat.

    "Pada tahun ini, rukyatul hilal tidak dilakukan karena hisab munjid sudah tepat," kata seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Surau Baitul Makmur, Kota Padang.


    Penganut Alif Rebo Wage

    Di lain tempat, penganut Alif Rebo Wage atau yang biasa disebut Aoge juga sudah menetapkan tanggal hari pertama melakukan puasa. Seperti halnya Muhammadiyah, penganut Islam kejawen ini akan memulai puasa pada Sabtu Manis atau Sabtu Legi penanggalan Jawa atau pada Sabtu (21/7) akhir pekan ini

    "Menghitungnya mulai dari kapan Lebarannya, terus ditarik 30 hari ke belakang. Itulah bulan puasa," kata Sumitro, Juru Bicara Trah Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Banyumas, seperti yang dikutip Merdeka.

    Meski terjadi perbedaan, tentunya kita berharap hal itu tidak menjadi persoalan atau setidaknya tidak menjadi simbol perpecahan di antara kalangan umat Islam. Semoga saja!


    Sumber: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    10 Cabang Olahraga Paling Janggal di Olimpiade
    Yulia Sj likes this.

  2. #2
    Junior Member Adigus's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    102
    Rep Power
    3

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    sip setuju...
    Indonesia Bisa...!

    Quote Originally Posted by Lovelywhit View Post
    ...
    Meski terjadi perbedaan, tentunya kita berharap hal itu tidak menjadi persoalan atau setidaknya tidak menjadi simbol perpecahan di antara kalangan umat Islam. Semoga saja!

    ....

  3. #3
    Member Cak Jok's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    malang
    Posts
    527
    Rep Power
    0

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    perbedaan ini, berkah apa laknat ya ? kenapa yang berpatokan pada mekkah ya ?

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,599
    Rep Power
    0

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    semoga perbedaan ini bisa disikapi dengan baik
    dan saling menghormati satu sama lain

  5. #5
    Senior Member kleirin's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    1,612
    Rep Power
    0

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    no komen gan.............gak punya ide nih buat masalah satu ini

  6. #6
    Junior Member not.troll's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    behind you!
    Posts
    172
    Rep Power
    3

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    Quote Originally Posted by Cak Jok View Post
    perbedaan ini, berkah apa laknat ya ? kenapa yang berpatokan pada mekkah ya ?
    laknat apalagi neh? maksud ente gimane?
    - Please do not feed the trolls -

  7. #7
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,293
    Rep Power
    8

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    Meski terjadi perbedaan, tentunya kita berharap hal itu tidak menjadi persoalan atau setidaknya tidak menjadi simbol perpecahan di antara kalangan umat Islam. Semoga saja!
    iya betul..............amin..........................

  8. #8
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2009
    Posts
    1,539
    Rep Power
    8

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    waktu (pagi, siang, malam) mengacu perputaran bumi
    hari dalam sebulan mengacu pada bulan mengitari bumi
    tahun mengacu pada bumi mengitari matahari
    semua siklus ini sudah baku sehingga ada kepastian, yang membedakan satu tempat dengan tempat lain adalah lintang, bujur dan ketinggian.
    mestinya 3 siklus itu bisa menjadi acuan baku, untuk tiap wilayah tinggal sedikit disesuaikan dengan lintang bujur dan ketinggian.
    yang pasti sebulan mestinya 30 hari, hanya di Indonesia yang bisa begini.

  9. #9
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    Marhaban ya ramadhan... mohon maaf lahir batin semuanya...

  10. #10
    Senior Contributor hon_hon's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Indonesia Tercinta
    Posts
    6,790
    Rep Power
    16

    Re: Berbeda, Inilah Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia

    Yah...mau beda apa nggak terserah deh.... aku sekeluarga pun suka beda.....awal puasa nggak bareng....Idul Fitri Nggak bareng..... Sholat Idul Fitri kadang nggak bareng sama Ibu atau Bapak....padahal masih serumah....hehehehe....tapi santai aja tuh, menghormati pilihan masing-masing.....biasanya kalo dirumah kompaknya sama adik...sama-sama memilih menunggu pengumuman "resmi" aja dah.
    paijo69 likes this.
    The Sea is Deeper Than Your Bathtub DUDE!!!!



Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0